Thursday, 8 April 2021

Helo April!

Wuaa, ga berasa udah masuk bulan April ajaa. Bulan favorit saya sepanjang tahun datang lagiii 😍😍.

Postingan kali ini akan super random, berisi cerita perjalanan blog saya sejak pertama dibuat di April 2009. Wua, berarti umur blog ini udah 12 tahun. Walaupun isinya ga seberapa, malah jumlah postingannya kalah dari temen-temen yang baru satu atau dua tahun ngeblog πŸ˜…. 

Oiya, tulisan ini bakal panjang ya. Siapin cemilan dan cari posisi yang nyaman buat baca, karena nanti di akhir tulisan akan ada kejutan πŸ˜†.


The Begining

Pertama kali saya bikin blog itu pas kuliah. Waktu itu saya ingat kita lagi di lab fisika komputasi, lagi nungguin jadwal kuliah berikutnya, dan seorang teman ngajakin saya bikin blog. Setelah blog-nya jadi, saya malah bingung mau nulis tentang apa πŸ˜†. Karena kebetulan waktu itu saya baru beres baca buku ke tiga dari series Golden Compass, saya akhirnya nulis tentang buku itu pake komputer di lab πŸ˜…. 

Sejak awal bikin blog ini, saya memang ga dikhususkan ke niche tertentu (istilah niche blog aja saya baru tahu tahu  kemarin 🀣). Tapi saya memang tidak bisa bikin postingan yang benar-benar full curhat atau pengalaman pribadi. Jadi karena kecintaan saya dengan buku, blog ini berujung diisi dengan tulisan-tulisan tentang buku. Dua label besar pada blog ini adalah BOOKS (berisi review singkat buku) dan RAMDOM (postingan non review, tapi masih seputar buku seperti quote, toko buku, film yang diangkat dari buku, tips buku, tips menulis, perpustakaan dan berbagai hal random lain seputar dunia literasi).

Tulisan pertama blog ini :  The Amber Spyglass 

Setelah itu, sayangnya blog ini sempat vakum lama πŸ˜†. Baru mulai diisi lagi tahun 2011 sampe sekarang, walaupun isinya masih jarang banget. Hehehe. 

Sekitar tahun 2014an, saya gabung  Blogger Buku Indonesia (BBI). Itu menjadi komunitas blog online pertama yang saya ikuti. Dari BBI juga saya kenal beberapa blogger buku lain, dan ternyata menyenangkan juga ketemu orang dengan hobi yang sama 😍. Ikut BBI juga ngasi pengalaman pertama merasakan dapet buntelan buku, buku yang dikirim gratis oleh penulis atau penerbit buat direview.  Sayangnya sekarang BBI udah ga terlalu aktif. Karena banyak yang beralih jadi bookstagtam, mereview buku lewat instagram. Websitenya aja sekarang udah ga bisa dibuka. Huhu..

Tulisan tentang Blogger Buku Indonesia : BBI - Blogger Buku Indonesia 

Pada tahun 2016, saya pernah mengadakan event di bulan April juga untuk meminta masukan tentang blog ini. Rata-rata masukannya adalah meminta untuk lebih rajin posting πŸ˜‚πŸ˜‚ (percayalah saya juga maunya begitu). Selain itu juga masukan tentang isi review harusnya lebih detail dan memasukkan info bukunya. Awalnya dulu saya menulis blog ini memang tidak bertujuan untuk mereview buku, hanya untuk menyimpan tanggapan saya tentang buku. Makanya postingan yang dulu-dulu bahkan ada yang isinya cuma dua paragraf πŸ˜‚. Kaya postingan tentang buku  Autumn in Paris by Ilana Tan atau buku All You Need is Love by Fakhrisina Amalia 

Baca juga pendapat orang-orang terhadap blog ini pada tahun 2016 pada postingan : GIVEAWAY APRIL!! 

Akhirnya sejak tahun 2016, saya mulai menulis review dengan (sedikit) lebih lengkap, mencantumkan informasi detail buku, dan memberikan rating berupa bintang dari 1-5. Keterangan bintang yang saya berikan bisa dibaca di sini.

Life Journey

Banyak yang nanya kepada saya, apakah tidak berniat untuk membeli domain? Dengan alamat blog yang .com, tanpa embel-embel blogspot.com. Jawabannya untuk sekarang adalah, belum...

Sejak awal menulis blog, saya tidak pernah berniat memonetasi blog (kalau banyak kiriman buku dari penulis atau penerbit untuk direview, itu saya anggap bonus). Blog saya jadikan tempat berbagi cerita melalui buku-buku yang saya baca. Dan saya tidak mau suatu saat, saat saya tidak (bisa lagi) memperpanjang domain, tulisan saya di sini jadi tidak bisa dibaca lagi. 

Banner blog tahun sejak tahun 2018

Banner blog saat ini.
T5 Family (Tommy Thessa Talitha Tasymira Tafiya)
Cari 3 perbedaannya? πŸ˜‚ 
Salah satunya rambut Papa Tommy yang sejak pandemi ga pernah dipotong dan dibiarkan panjang. Hahaha..

Apalagi blog dan tulisan di sini menemani sejak saat saya single, menikah, hamil, punya anak, sampai sekarang. Terlalu banyak moment di sini selama beberapa tahun ini. Bahkan kalau diliat di arsip tulisan-tulisannya pun, bacaan dan postingannya berubah seiring dengan perubahan pada kehidupan saya.

Mulai dari postingan bertema pernikahan saat saya sedang menyiapkan pernikahan: 
Setelah itu, alhamdulillah saya diberikan rejeki hamil dan bacaan pun beralih ke buku-buku kehamilan: Ensiklopedia Kehamilan & Kelahiran by dr Miriam Stoppard 

Sejak kelahiran Talitha, akhirnya blog ini pun punya label baru, buku anak dan baby book. Rasanya tidak percaya saat membaca rekam jejak postingan di sini, waktu berlalu terlalu cepat. Sejak Talitha pertama lahir, mulai dari buku pertama yang saya belikan untuknya. Sampai dia semakin besar dan bisa baca buku sendiri, bahkan sampai akhirnya mulai membaca novel sendiri. Talitha bahkan berhasil menerbitkan bukunya sendiri tahun lalu. Berlanjut dengan tulisan setelah kehamilan Tasymira anak kedua saya, sampai cerita tentang kehamilan Tafiya, anak ketiga saya. 

Buku Pertama Talitha sekaligus foto pertama dia waktu lahir: Talitha's first book : Impian Aneh si Kucing 

Bacaan buku anak lain: 
Dari buku full bergambar, Talitha juga udah mulai bisa baca novel. Baca tulisan tentnag novel yang dibaca Taliha di : 

Lanjut dengan tulisan pertama saya setelah vakum berbulan-bulan setelah hamil dan kelahiran anak kedua saya, Tasymira : Kumpulan Dongeng Menjelang Tidur by Enid Blyton 

 Buku kesukaan Tasymira yang sampai sekarang sepertinya udah saya baca sampai ratusan kali tapi dia ga pernah bosan:  Apa Yang Terjadi Kalau Mum Jadi Monster ya? 

Tips buku anak-anak:

Tidak hanya membaca buku, Talitha bahkan suda menerbitkan bukunya sendiri tahun lalu. Baca ceritanya di : Ketika Anak Berkarya Selama Pandemi 

Ada juga cerita tentang mengajak anak jalan-jalan ke perpustakaan

Semoga setelah pandemi akan bisa berkesempatan untuk jalan-jalan ke perpustakaan lagi. Saya udah lama banget pengen ngajakin anak-anak ke Perpusnas πŸ˜†.

Sejak punya anak, saya pun pelan-pelan mulai membaca buku parenting untuk menambah masukan tentang merawat anak. Beberapa postingan bertema parenting yang pernah saya tulis antara lain: 
Dan yang terakhir, saya menulis pengalaman kehamilan ketiga saya saat di Paris pada tulisan: 5 Buku Berlatar Paris yang Wajib Kamu Baca


Writing the books

Blog ini juga menjadi saksi betapa selama ini saya menjadi penikmat buku selama bertahun-tahun, tapi baru berani menuliskan buku sendiri dan menerbitkannya pada tahun 2018. Apalagi kalau bukan novel Nikah Muda. 

Pengalaman saya menulis buku ini dapat dibaca pada tulisan : Novel Nikah Muda dan Paris, mimpi yang menjadi kenyataan 

Sedangkan review dari orang-orang tentang buku ini bisa dibaca di : 
Selain novel Nikah Muda, saya juga sempat menceritakan pengalaman menulis buku yang lain seperti buku kumpulan cerpen The Moon on The Darkest Night, buku Thoughts dan buku Jejak Kenangan. Buku Thoughts yang disponsori oleh Mba Eno di sebuat event menulis, tulisannya bisa dibaca di : Quote of THOUGHTS 

Buku Jejak Kenangan, yang merupakan proyek nulis bersama saya dengan beberapa teman sealmamater di ITB. Cerita tentang buku ini bisa kamu baca di : 15 Fakta Unik tentang ITB 

Selama pandemi ini, saya juga memiliki kesempatan untuk belajar untuk bisa menulis dengan lebih baik. Hasil belajar itu beberapa saya tuangkan pada blog ini dengan label Tips Menulis. Bukan, bukan karena saya udah ahli dalam menulis, saya hanya menyimpan hasil belajar saya di sini agar bisa bermanfaat juga buat orang lain. Beberapa tulisannya yang bisa kamu baca : 


The Gift

Kayaknya ga lengkap kalau ga ngadain giveaway di bulan April gini yaa. Hehehhe.. Apalagi di bulan ini saya juga bertambah umur πŸ˜†. Jadi kali ini saya akan bagi-bagi hadiah buat kamu, iya kamu..

Caranya gampang, cukup tulis di kolom komen : 
  1. Jawab pertanyaan saya : Silahkan tebak, siapa penulis favorit saya? Boleh tulis satu, atau lebih juga boleh. Selain JK Rowling yaa. Hehehe.. Karena ini tebak-tebakan, jawaban salah pun ga masalah. Semua pemenang belum tentu yang jawabannya benar πŸ˜πŸ˜†
  2. Tulis pendepat kamu tentang blog ini atau saran kamu ke depannya untuk blog ini
  3. Yang terakhir ini sifatnya optional ya, kalau ada pertanyaan tentang apapun, tentang isi blog, tentang tips buku, atau kalau ada pertanyaan tentang saya juga gpp (kaya bakal ada aja yang mau nanya tentang saya aja. Hahhaa.. πŸ˜†)
Oiya, yang punya instagram, silahkan follow ig saya di @thessalivia dan ig khusus membahas buku saya di @mybooklyfe. Ga wajib kok ini, kalau mau (dan punya ig) aja 😊.

Nanti pertanyaan atas poin 3 akan saya jawab di satu postingan sekaligus di pengumuman giveawaynya. 
Jawaban di kolom komen ditunggu sampai tanggal 25 April 2021. Pengumuman pemenang tayang di blog ini tanggal 1 Mei 2021. 

Hadiahnya apa saja? Saya nanti akan pilih 4 pemenang untuk mendapatkan: 

Speaker original JBL Bluetooth

Saldo OVO/Gopay/Shoppepay sebesar 100K

Buku Jejak Kenangan

Novel Nikah Muda


Gimana? Cukup menarik ga hadiahnya? Hehehe.. Kalau pesertanya banyak, saya akan tambahkan satu pemenang lagi yang akan mendapatkan secret book gift. Jadi, buruan ikutan! 😁😁

Sampai ketemu di postingan berikutnya...



51 comments:

  1. Kak Thessa, pertama-tama aku ingin ucapkan selamat ulang tahun untuk blog Kakak dan selamat ulang tahun untuk Kak Thessa πŸ₯³ semoga panjang umur baik blog dan ownernya, juga bisa selalu menginspirasi 😍😘. 12 tahun dengan niche blog yang sama! Salut banget sama Kak Thessa yang bisa konsisten seperti ini 😍 kerennyaaaa πŸ˜πŸ‘πŸ». Pssst, blog banner yang baru too cute! Realistis sekali ya sampai rambut si papi dibuat sesuai kenyataan 🀣

    Nah, aku mau ikutan iseng-iseng berhadiah aaah.
    1. Fav author Kak Thessa Neil Gaiman, terus kalau genre YA John Green 🀭

    2. Kalau aku minta Kak Thessa untuk lebih sering update, apakah aku akan ditimpuk pakai tomat oleh Kakak? 🀣. Yes, aku ingin Kakak bisa lebih sering update πŸ€ͺ soalnya aku suka dengan cara Kakak membahas sesuatu. Other than that, nggak ada sih~ aku suka Kakak apa adanya lho eh lho.

    3. Sejauh ini di tahun 2021, adakah genre buku baru yang Kakak explore? So far apakah udah ketemu buku baru yang menjadi favorit Kakak di awal tahun ini? 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa makasii yaa Liaaa.. Aku pun jg berharap begitu, semogaa dpt terus konsisten nih nuli di blog. Hehehehe.. Bannernya memang dibuat sesuai kondisi terbaru. Termasuk Papa Tommy juga 🀣🀣

      Jawaban poin 1 dan 3 aku keep yaa Lia. Akan aku jawab di postingan pengumuman blognya. Makasii banyaak yaa udah ikut berpartisipasi 😍😍 Buat poin 2, percayalah Lia, aku pun juga berharap begituu.. Tapi adaaa aja halangannya (termasuk halangan karena mager πŸ€ͺ🀣🀣

      Delete
  2. Uwoow, luarbiasa perjalanan blog mba Thessa selama 12 tahun..
    Angkat dua jempol. Spesial ucapan selamat ulang tahun untuk blognya mba Thessa, dan sekaligus selamat ultah mba Thessa. Panjang umur. Kesehatan, kekuatan dan kebahagiaan menjadi milik mba Thessa bersama keluarga.

    Harapanku, mba Thessa terus mereview buku2 yang menarik, karena aku selalu bertamu di rumah mba Thessa ini untuk membaca berbagai post-nya tentang review buku. Meskipun sering gak ninggalin jejak. Salah satu blog favorit aku Thessaliviareza.blogspot.com hehe..

    Mba Thessa, apakah ada buku yang author nya orang Jerman? Wenn da etwas ist, review donk..
    Vielen dank...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uwowww makasii atas ucapan dan doanya Mba Ikee. Doa yg sama juga buat Mba Ike dan keluargaa yaaa 😍😍
      Mba ike udah berkunjung pun aku udah seneng, tanpa harus selalu meinggalkan jejak. Hehehe.. Semoga ya mbaa, aku juga berharap gitu. Dapat terus berbagi tentang buku di sini 😘
      Kayaknya buku yang authornya orang Jerman yg pernah aku tulis di sini itu Parfume, karya Patrick Suskind. Tp walau ditulis orang jerman, bukunya mengambil latar di Paris.
      Bitte schΓΆn Mba Ike..

      Delete
  3. Mba Thessa.. pas saya nulis ini beberapa layanan google lagi down termasuk blogger. Jadinya lemot beuds πŸ˜…πŸ˜…

    Btw happy birthday Mba buat blognya 😁πŸ₯³πŸ₯³. 2009 smpe skrang bukanlah waktu yg sebentar. Salut sama konsistensi, perjuangan dan pencapaian Mba Thessa selama ini. Keren2 πŸ˜‡πŸ€—

    Harapan dan doaku semoga segala hal baik selalu tercurahkan kepada blog ini dan keluarga Mba juga tentunya. Aminn

    Aku ikutan ahh. Tapi pertanyaan nomor 1 aku nggk tau blas. Soalnya, aku kenal sama Mba Thessa dari sepanjang 2020 ini. Agak nyesel sebenarnya, kenapa nggk dari dlu nemuin blog bagus kaya gini. πŸ˜…πŸ˜… hehe.

    1. Tere Liye kah?? Tapi ragu sih πŸ€”.. haha. Mau jawab Nail Gaiman tapi udh keburu dicup sama Lia. Haha. Soalnya saya ingat kalau Neil Gaiman penulis fantasi favorit mba..

    2. Overall sih saya nggk ada masalah sama gaya tulisan mba, gambar yg digunakan, atau template blognya juga.. saya masih nyaman setiap baca postingan mbaπŸ˜…πŸ˜…. Tapi kalau suruh ngasih saran. Hmmm πŸ€” apa yah. Otak saya smpe ngebul mikirin ini🀣🀣. Karena serius mba.. nggak ada yang flaw menurut saya. Jadi saya paling bisanya ninggalin pesan aja buat Mba Thessa untuk selalu jaga kesehatan.. 😁 dan terus semangat nulisnya terutama Novel.. kalau semisal udah ada yg rilis buru2 kasih tau kita yahh 😁

    3. Prinsip yng mba pegang dalam menjalani kehidupan apa mba? Saya tuh orangnya suka dilemaan. Prinsipnya nggk pasti. Sering berubah2 dan gampang rubuh. Jadi, saya perlu mendengatmr prinsip orang2 hebat seperti Mba Thessa.. πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii yaa Mas Bayu, udah sampai menyempatkan berpartisipasi saat layanan blogger lagi down Terharuuu.. πŸ˜‡πŸ€—
      Harapan dan doa yang sama juga buat Mas Bayu yaaa..
      Jawaban poin 1 dan 3 aku keep dulu yaaa. Akan aku jawab di postingan akhir bulan ini.
      Buat yg no 2, yaampun aku seneng banget bacanyaaa.. Walaupun blog ini masih jaauuuhh dr sempurna, baca komen Mas Bayu bikin aku super happy dan jd semangat terus untuk ngeblog (dan beresin revisian naskah dari editor. hehehe).. Mas bayu juga terus semangat nulis dan berbagi di blog yaa.

      Delete
  4. Selamat ulang tahun Kak Thessa (dan blog My Wonderful Book Life) :D

    Ternyata Kak Thessa pernah mampir ke Perpus Bung Hatta ya...
    Salam hangat dari sesama pembaca/blogger kelahiran Bukittinggi juga hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi yaa Kak Farah 😍😍 Waah samo2 urang awak ruponyo. Hehehhe.. Salam hangat Kak Farah. 😁 Aku jd kangen mudik nih jadinyaa, udah setahun lebih ga mudik gara2 pandemi.

      Delete
  5. Selamat ulang tahun kak Thessa dan blognya My Wonderful Book Life :)) keren kak udah 12 tahun konsisten buat ngeblog. Blog ini udah jadi saksi dari kehidupan kakak dari single sampai punya anak ya hehe.

    omong-omong kayaknya aku mau ikutan quiznya aah..bismillah :D

    1. Buku favorit kk Thessa selain JK. Rowling yang aku tau cuman Neil Gaiman
    2. hm..dari awal aku berkunjung kesini, aku udah suka sama cara penyampaian kak Thessa dalam menulis. Apalagi kalo udah ngereview buku, sistematis dan lengkap, bahasanya juga mudah dipahami ><. Kalau saran, kayaknya belum ada ya kak hahaha. Aku belum baca semua isi postingan kak Thessa, dan baru kenal beberapa bulan lalu, jadi kayaknya saat ini belum ada kepikiran kasih saran.

    3. ada kepikiran atau rencana untuk menerbitkan buku? tapi dengan genre lain yang gak pernah terbesit sama sekali oleh kak Thessa. Misalnya genre misteri atau fantasy? :D

    anywayy sehat selalu ya untuk kak Thessa & keluarga :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiii yaa Mba Rekaaa. Wuaa sebenernya klo konsisten ga juga yaa, karena itu 12 tahun banyak bolong2nya. Hahahha 😁 Iya, setelah aku liat2 arsip blog ke belakang, ternyata banyak juga tulisan yg jd saksi cerita hidupku di sini.

      Poin 1 dan 3 aku keep ya Mba Reka, akan kau jawab di postingan nanti. Nah untuk poin 2, aku makasih bgd Mba Reka udah meluangkan waktu menuliskan kesan dg postingan blog ini. Waaupun tulisan di sini jauuuuhh dr sempurna, baca komen mba reka bikin aku semangat buat positng2 review 😍😍

      Sehat selalu juga yaa buat Mba Reka ^^

      Delete
  6. Horeeee??? Ada giveaway??? Mahu ikutan ah, siapa tahu menang. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ulang tahun untuk untuk blog thessa livia yang ke 12 tahun konsisten menulis di blog ya ? dan blog ini bagaikan rumah bagi kalangan blogger untuk berkumpul mencari berbagai ilmu ,bertukar pendapat, dan lain sebagainnya.


      ikut meramaikan giveaway - nya :

      1. buku favorit thessa livia adalah : ` novel singgasana karya Abidah El Khaliegy
      `novel Rijo Tobing judul The Cringe Stories
      ` novel asma nadia , sakinah bersamamu.


      2. kesan pertama berkunjung di blog tante thessa livia itu adalah : penyampaian dalam penjelasan tulisan sangatlah detail dan mudah dimengerti . untuk saran : tidak kepikiran untuk membuka sebuah even zoom yang mengajarkan tentang bikin novel dari awal hingga novel diterbitkan ke pasaran ?


      3. lalu ? apa rencana tante thessa livia, setelah ini ? akankah menerbitkan novel kembali, atau break sejenak untuk liburan setelah corona surut. terima kasih.

      Delete
    2. Makasii atas uacapannya dan udah ikut berpartisipasi yaa Mba Tari 😍😍
      Jawaban poin 1 dan 3 aku keep dulu yaa, akan aku jawab di postingan berikutnyaa..
      Wuaa, alhamdulillah kalau tulisan di sini cukup bisa dimengerti. Senang dengar pendapat Mba Tari. Kalau untuk zoom tips novel blm ada rencana skrng Mba Tari, karena aku pun masih harus banyak belajar untuk menghasilkan novel yg baik. Hehehe.. Jd untuk saat ini aku akan sharing2 di blog dulu saja jd bs dibaca kapanpun oleh yg membutuhkan. Makasii ya sarannyaa.. 😁

      Delete
  7. Jujur, aku baru sadar tentang ulang tahun blog ini setelah baca komentar. Biarpun aku gak tahu tanggal pastinya, selamat ulang tahun untuk blog ini!

    Iseng jawab perbedaan banner dulu dan sekarang. Selain panjang rambut yang sudah dikasih tahu, slogannya beda dan anak ketiga di banner sekarang.

    Oke, jawaban pertanyaan dari Kak Thessa.

    1. Tadinya ingin jawab Neil Gaiman, tapi sudah banyak yang jawab itu. Bagaimana kalau aku jawab Dimas Abi? Oke, sepertinya kalau nama itu lebih ke teman untuk Kak Thessa, tapi aku gak terpikir jawaban lain.

    2. Saran, mungkin ditambahkan bagian arsip. Karena aku lebih suka membaca-baca postingan lama blog lewat arsip. Ini lebih ke preferensi pribadi, sih.

    3. Pertanyaan, siapa yang menggambar banner dulu dan sekarang untuk blog ini?

    Oke, itu saja. Semoga sukses untuk Kak Thessa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mba Sella untuk ucapan dan partisipasinyaa 😍😍
      Wah Mba Sella jeli juga. Hehehe.. Iyaa, di banner yg bau udah ada gambar baby T no 3. :D
      Jawaban no 1 dan 3 aku keep yaa mbaa, ntr aku jawab di postingan berikutnya yaa..
      Noted untuk sarannya Mbaa. ^^ Sama dong kita, aku juga klo mampir ke blog orang suka ubek2 arsip lama. Hehehhe.. Suka nemu postingan2 menarik soalnya di arsip lama

      Semoga sukses jugaa yaa buat Mba Sella ^^

      Delete
  8. Saya mau komentar saja tanpa menjawab pertanyaan. Lah, gak tahu jawabannya ee. Hahahaa .

    Dari tulisan ini saya baru tahu kalau Thwssa alumni ITB. Astaaagaa. Malu saya yang alumni FS. Perjalanan literasiku gak semilitan kamu. Setelah kupikir-pikir, aku justru banyakan jadi editor. Kamu adalah orang ITB kedua yang bikin aku kagum dalam bidang penulisan/literasi. Yang pertama Bu Sofie Dewayani, yang kebetulan barusan aku usai jadi editor bukunya. Tahu beliau gak?

    Dari tulisan ini pula aku jadi tahu kalau Mas Dion Yulianto ternyata editor Diva. Amppuuun, deh. Padahal, aku pernah menang GA bukuyang dia adakan . lho. Hehehehe ..

    Oke. Selamat nambah usia, ya. Semoga kian berkah segalanya. Segera akan ku follow IG mu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe, iyaa gpp mbaaa. Udah diluangkan waktu buat komen di sini aja aku udah seneng, tanpa hrs ikut partisipasi givewaynyaa ^^

      Wah kerena Mba Tina udah berpengalaman jd editor. Aku kagum loh sama editor2 gt, apalagi dg kemampuan editting aku yg parah bgd gni. Hehehe.. Bu Sofie Dewayani aku taunya memang penggiat literasi, walaupun aku blm kenal secara personal sama beliau.
      Iyaa mbaa, Mas Dion itu editor Diva Press. Penerjemah n penulis juga dia. Hehehe.. Aku juga sering kecipratan buku gratis dr Mas Dion. :D

      Amiin, doa yg sama juga buat Mba Tina yaa ^^ Yuk yuukk kita saling follow ig..

      Delete
  9. Waaah gagal jadi komentator pertama nih karena kelupaan kepo. Abis ubek-ubek barusan dan ternyata kita belum berteman di ig ya mbaak. Barusan ku udah follow yaa. πŸ˜„

    Selamat untuk perjalanan 12 tahun di dunia blog mba thess, apa mba ica ya aku manggilnya? 😁 sungguh perjalanan panjang nih, keren-keren. Pertanyaanku terjawab jg, ternyata emang mba ica tdk ingin menTLDkan blognya yaa. Alasanya itu aku dulu ga kepikiran malah terus jadi inget obrolan ini jg di blognya mas Anton, tapi ujungnya emang bener, ga ada yg abadi memang yaa


    Kebanyakan intro nih. Aku mau coba jawab pertanyaan mbak icha yaa.

    1. Penulis favoritnya mba ica adalah Neil Gaiman. Eh tp kok udah bnyk yg bilang itu yaa. Kalau gt, tak tambahin Eka Kurniawan juga deh.

    2. Blog thessalivia ini salah satu blog yg ngasih bnyk referensi bacaan buatku yg masih buta pernovelan yg bagus gitu. Kalau ngasih komentar nggak sekadar good doank, tp kalau kasih kritik juga bagus dan mendetail.

    Selain itu, gaya bahasanya yg enakeun banget buatku yakin nih orang emang aslinya juga ramah. Abis kepo ig dan ternyata emang ramah yaaa (agak sok tahu ini mh. Punten).


    3. Aku kadang pengen ngereview novel jg, tp blm pede karena bingung memulai. Ada tips utk membuat riview nggak di tulisan mba ica? Sarannya, semoga konsisten aja memberi info buku-buku yg menarik. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiiik, udah aku follback yaa Mba Ghina di IG ^^ Iyaa, kalau ngobrol aku lbh sering pake dg panggilan Ica sbnrnya Mba. Hehehhe..

      Memang tidak ada yg abadii yaa. Tp setidaknya tanpa beli domain blog ini mudah2an bisa berumur lbh panjang. :D

      Poin 1 dan 3 aku keep yaa mbaa jawabannya. Akan aku jawab di postingan berikutnya yaa ^^ Makasii udah berpartisipasi Mba Ghina. Buat poin 2, seneng bgd baca pendapat Mba Ghina tntng blog aku. Amiin, mudah2an memang sesuai dugaan yg ramah ya Mbaaa. Hehehe.. Mba Ghina juga ga kalah ramah, makanya aku jg betah mampir ke blog nya Mba Ghina. ^^

      Delete
  10. Happy anniversary buat blognya Mba Thessa πŸŽ‰πŸŽ‰ Dan buat Mba Thessa jugaaa πŸŽ‰πŸŽ‰ Ih kok gemes amat siih bulan ulang tahunnya barengan πŸ˜† 12 tahun itu waktu yang luar biasa banget Mba Thessa, walaupun mungkin tulisannya enggak sebanyak itu, tapi bisa konsisten aja udah sesuatu yang patut dibanggakan πŸ’–

    Aku mau iseng jawab aah...
    1. Aku inget pas komen di tulisan Mba Thessa tentang Neil Gaiman, karena kita samaan suka buku-bukunya si Om πŸ˜† Tapi karena kayaknya banyak yang jawab Neil Gaiman, aku mau nambahin hmmm Eka Kurniawan dan Enid Blyton kali yaa *ga yakin gitu wkwk* Aku sering lihat Mba Thessa mention Enid Blyton siih πŸ˜†

    2. Aku belum lama kenal Mba Thessa dan blognya, tapi suka deeh banyak dapet ilmu tiap berkunjung ke sini. Aku suka gimana Mba Thessa ngereview buku atau bahas author, enak bacanya πŸ˜† Terus aku suka bangeet sama banner dan icon back to the top-nya Mba Thessa ini karena gemes bangeeet, terutama banner-nya yang nunjukin banget kalau Mba Thessa sekeluarga suka baca buku, what a lovely family πŸ’–

    3. Ini niih aku penasaran wkwkwk, Mba Thessa kan suka baca buku fantasi yaa? Pernah enggak Mba Thessa kepikiran buat nulis cerita fantasi? Atau pernah bayangin gitu cerita dengan latar dunia fantasi?

    Mba Thessa semoga bisa lebih banyak lagi berbagi cerita tentang buku yaaa πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaa makasiii yaa Mba Eyaaa 😍😍 walaupun 12th itu jg ga bs dibilang konsisten sih mba, karena kebanyakan bolong2nya ughaa. Hehehehe...

      Jawaban no 1 n 3 aku keep yaa Mbaa, ntar aku bahas di postingan berikutnya.
      Buat poin ke 2, seneng bgd baca kesan Mba Eya. Semoga desain blog n isi di sini bisa bikin betah mampir yaa. Salam hangat dr t5 family yg di banner 😘😘

      Amiinn, semoga aku bs terus ngeracun n cerita berbagai buku di sini yaa πŸ’–πŸ’–

      Delete
  11. Mba Thessa selamat blognya udah berusia 12 tahunπŸ‘πŸ‘πŸ‘ wahhh lama banget kalau diibaratin manusia, blog ini dari lahir sampai anak itu lulus SD nggak sihπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Aku belum lama ngikutin blognya mba Thessa jadi aku nggak tau penulis favorit mba Thessa selain JK Rowling itu siapa wkwkwkwk. So untuk pertanyaan pertama aku tetep jawab JK Rowling🀣🀣🀣 eh...sama ini deh Jenny Han😜 ngejudge dari mba Thessa yang suka sama trilogi To All The Boys I've Loved Before hahahaha.

    Pertanyaan kedua, sejauh ini aku suka berkunjung ke blog mba Thessa karena ringan, temanya juga ramah di mata, nggak ribet, simpel, dan hurufnya nggak kekecilan dan nggak kegedean. Pas aja pokoknya semua. Navigasi juga jelas.

    Ketiga, pertanyaan untuk mba Thessa adalah kalau misal mau menerbitkan buku lagi setelah Nikah Muda, rencananya genrenya apa? Kepo anaknya🀣

    Oh iya aku suka baca2 tipe postingan kayak begini, karena bisa tau sejarah blog seseorang dalam waktu yang singkat. Dan sama kita mba, aku juga belum minat self hosting, takut suatu hari nggak bisa nerusin pembayarannya karena satu dan lain hal. Jadi sejauh ini masih betah pakai domain blogspot.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii yaa Mba Endaah πŸ’–πŸ’– iya juga yaa mbaa, udah mau lulus SD nih ibaratnya blog 🀣🀣

      Jawaban no 1 n 3 aku keep yaaa. Ntr aku jawab di postingan berikutnya.
      Buat kesannya, makasi ya mba endah udah menyampaikan kesanny atas blog ini 😍 Semoga isi blog n temanya bisa bikn betah buat sering berkunjung ke sini ya. Hehehe..

      Tooos dulu Mba Endah, kita pake domain blogspot dulu aja. Yg penting ttp semangat posting 😁

      Delete
  12. Wah.. Mbak thessa udah ngeblog lama banget😍 nggak terasa ya mbak udah bertahun-tahun. Mau dapat hadiahnya tapi kayaknya udah dijawab duluan😁
    Jadi saya doain aja deh biar mbak thessa makin sukses dan bisa bikin karya lagi. Saya juga salut banget pas baca kalau anaknya mbk thessa juga udah punya karya sendiri😍
    Sukses juga buat anak-anaknya ya...😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin makasiii banyaak yaa mba astriaa πŸ’–πŸ’– doa yg sama juga buat mas astria, sukses selaluu yaa mbaa 😘

      Delete
  13. Woaaahh.. Udah sangat senior nih mbak Thessa. April 2009, itu aku masih kelas 6 SD πŸ˜‚πŸ˜‚
    Boro-boro nge-blog. Saat itu, bisa cari cari gambar di warnet pake google aja udah seneng banget hahahah

    Bismillah.. Mau ikutan deh.

    1. Tere Liye. Bener ga mbak? Tebakan ini atas dasar aku pernah menang give away, dan itu buku Tere Liye. Heheheee

    2. Pendapat tentang blog ini adalah edukatif. Terutama mengenai buku dan tips tips menulis. Sedikit banyak aku banyak mengambil manfaat dari blog nya mbak Thessa.. πŸ˜€

    3. Di bulan ini katanya Mbak Thessa ulang tahun. Yang ke berapa nih? πŸ˜€πŸ˜€πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masa sih tahun 2009 mas Dodo masih SD, tapi kok sudah main ke warnet. Hayo ngapain aja tuh.😱

      Delete
    2. dodo mah mentang mentang anak milenial kalau ada postingan teman nulis tahun langsung ngitungin umur....nih tabok si dodo mba thessa hahhahahahhahaah

      Delete
    3. Dodo, makasiii yaa πŸ˜† Jangan bilang senior bgd lah, kan aku jd brasa tua 🀣🀣

      Pertanyaan 1 n 3 aku keep yaa, ntr aku jawab di postingan berikutnya. Buat poin 2, alhamdulillah senangnya kalau blog ini bisa bermanfaat 😊

      Mas agus jangan kaget gitu dong 🀣🀣 Iya nih mba nita, hahahaha.. Dodo lngsng ngitungin umur, padahal aku kan umurku berenti di (hitung) di angka 20 🀣

      Delete
    4. Ya kaget saja mbak thessa, soalnya saya sampai umur 25 juga belum pernah ke warnet, baru setelah itu ke warnet tapi sebentar doang cari info.πŸ˜‚

      Selamat bulan Ramadhan ya mbak thessa, mohon maaf kalo ada salah selama ini dalam ngeblog maupun komentar.πŸ™

      Delete
    5. Beda jamaaan Mas Agus. hahahha.. Aku juga dulu pake internet pas SMA, jaman chat masih pake Mirc. 🀣🀣
      Maaf lahir batin jugaa Mas Agus. Maafkan kalau ada interaksi yg tidak berkenan selama inii ^^

      Delete
  14. Wah sudah senior banget ya jadi blogger... Saya kenal blog sejak 2005-an waktu masih doyan sedot lagu-lagu... Tapi punya blog tahun 2010 kalau tidak salah, heheheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ga jauh beda brarti ya bang acis, udah ngeblog dr 2010. Sungkem dulu aku sama senior πŸ˜†

      Delete
  15. Mbaaaaa, mau ikutaaaan :D.

    Pertama, mau ucapin happy anniversary buat blognyaaaa. Semoga makin semangat nulis, dan review bukunya juga makin rutiiin ;). Aku seneng baca cara mba mereview buku. Jd pelajaran buatku yg sdg belajar mereview buku. Supaya ga ngereview hotel dan makanan muluuu hahahhaah.

    Ok, pertanyaan 1. Yg aku tahu, mba thessa suka juga Ama Neil Gaiman. Makanya aku pernah tanya waktu itu, apa buku2 Neil Gaiman bagus2? Penasaran kaaan. Secara aku ga nemuin buku fantasi yg menyamai Harry Potter lagi. Kangeen loh baca buku dengan tema begitu. Jd kalo ini ke sesama penyuka fantasi, jawabannya lebih valid :D. Walopun genre favoritku dr dulu thriller, tp aku suka dgn cerita fantasi kayak harpot. Pgn aja ada buku penerus yg sama serunya.

    2. Pendapatku ttg blog mba thessa, ini blog ttg buku dan hal2 menulis yg paling seru buatku. Ga peres loh iniii hahahaha. Alasannya , Krn mba thessa responsive membalas komen, daaaaan ramah, buktinya mau BW. Aku banyak kok baca blog2 ttg buku. Sedikit yg mau membalas komen apalagi mau BW :D. Jd buatku, itu kayak nilai tambah lah.

    Trus, cara menulis review bukunya, ato tips ttg menulis, tulisan mba thessa menarik dibaca. Ya ga heran juga sih, secara penulis gitu loh hahahahah. Huruf-hurufnya ga terlalu kecil, background bersih, jadi tahan mau berlama2-lama :D.

    3. Pertanyaanku pribadi nih, mba, serius, itu beli rak bukunya custom ato beli jadi? hahahahaha. Aku sukaaaaaaa πŸ˜‚❤️❤️❤️. Rak-rak bukuku masih yg model plastik, dan kadang lemari biasa. Akutuh pengen custom, tapi ternyata muaahaaal ya bok. Masa cuma bikin lemari dr kayu di bawah tangga, ngabisin 10 juta wkwkwkwkwkwk. Aku mau cari referensi lain dulu nih. Jangan2 harga rak buku memang udh semahal itu :p. Kalo rak nya custom, bisikin pesen dari mana, kalo bisa budgetnya Juga πŸ˜….

    Itu aja mba thessa 😘. Walopun mungkin ga menang, tapi tolong tetep bisikin yg masalah rak πŸ˜… *teuteeeuppenasaran.

    Sukses untuk GA nya dan blog pastinya. Aku selalu berharap mba ttp nulis sampai kapanpun. Juga buku baru yg mau terbit, aku pasti peseeen loh ntr 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi Mba Fanny, makasiii banyaak yaa udah ikut meramaikan giveaway inii 😘 Senang sekali baca pendapat Mba Fan dg blog ini. Semoga mba fanny juga semangat selalu berbagi tentang kuliner dan traveling di blog yaaa.. Aku pembaca setia blog nya Mba Fanny, walapun ga selalu sempat ninggalin komen. Hehehe..

      Jawaban no 1 n 3 aku keep yaa Mbaa. Ntr aku jawab di postingan berikutnya. Hehehe..
      Buat no 2, aku terharu baca kesan mba fanny. T.T So sweet bgd mbaaa.. Eh tp memang iya sih, jarang juga skrng book blogger yg responsif yaa. Atau aku yg belum nemu yaa? :D

      Sukses selalu juga buat Mba Fany yaaa. Wuaa, aku lngsng semangat beresin revisian naskah dari editor nih jadinyaa. Hehehhe...

      Delete
  16. Wow mbak Thessa mulai bikin blog ini tahun 2009, hampir sama denganku , bukan sama waktu ngeblog tapi itu mulai beli hape Nokia java 3110 yang bisa internetan setelah sebelumnya cuma bengong saja lihat orang internetan karena hapeku waktu itu Nokia 3310 yang layarnya hitam putih. Ah lupakan komen tidak penting ini.πŸ˜‚

    Memang blog bisa jadi kayak buku diary ya, jadi tahu perkembangan kita dari kuliah, menikah, punya anak bahkan merawat anak.

    Wah ada giveaway lagi nih, coba ikutan ah siapa tahu beruntung.

    1. Sepertinya penulis favorit mbak Thessa Neil gaiman, pernah mengulas bukunya di blog ini.

    2. Pendapatku tentang blog ini, bagus blognya terutama informasi tentang buku buat anak-anak, karena aku jarang menemukan blog yang berisi buku untuk anak kecil, jadinya aku punya rekomendasi buku untuk anak yang masih sekolah.

    3. Bagaimana kalo mbak Thessa nulis buku misteri, sepertinya seru nih. Kalo tidak buku ya cerpen biar aku bisa dapat inspirasi juga. Entah kenapa aku suka genre misteri

    Sukses selalu buat mbak Thessa dan blognya. Semoga nanti bisa menerbitkan buku baru lagi mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama ya ternyata ya mas Agus kita mulai2 ngeblog nyaa. Bedanya aku blognya ga serame Mas Agus, yg katanya di MWB trafik hariannya sampe ribuan. Kereen!
      Iya Mas agus, walaupun blog ini bahas buku, ternyata ada benang merahnya juga tentang cerita kehidupan aku di sini ^^

      Makasii udah berpartisipai mas agus, jawaban no 1 dan 3 aku keep yaaa..
      Buat no 2, senangnya dengaer blog ini cukup informatif buat buku2 anak. Karena aku memang pencintan buku anak yang fun, jd bisa dibaca untuk semua usia. Jadi harapannya juga bisa membuat pembaca blog n anak2nya menemukan bacaan yg menarik juga ^^

      Sukses selalu juga buat mas agus. Amiin, doakan semoga tahun ini aku bisa menelurkan buku baru yaaa.. :D

      Delete
  17. umur blog yang sudah 12 tahun menunjukkan betapa konsistennya mba mengelola blog ini, wow, jadi kepengen belajar, he-he, apalagi menulis novel, itu tidak semudah yang di bayangkan ya mba, kecuali yang udah terbiasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sebenernya klo masalah konsisten juga ga terlalu Mas Kuanyu, banyak bolong2 nya juga itu selama 12 th. :D
      Yuk yuk mas kalau mau bikin novel, selama ada niat, pasti ada jalan ^^

      Delete
  18. Happy anniversary blognya Ica... udah masuk ABG, ya... XD
    Semoga mama Ica dan blognya semakin berjaya. XD XD
    Coba ikut meramaikan, ah...
    1. Kalau dilihat-lihat kayaknya author favorit Ica itu seperti yang sudah disebutkan di kolom komen, Neil Gaiman, ya? *apakah ini semacam nyontek? wkwkwk* Sama satu lagi Roald Dahl.

    2. Sejujurnya, Hicha sendiri jarang baca book blog, karena memang jarang baca buku �� Bisa dibilang, Ica itu bookblogger pertama yang diikutin. Isinya ringan dan minim spoiler, jadi bikin penasaran buat baca buku yang di review. Selain itu, banyak tips-tips menulis juga. Buat Hicha yang emang pengennya menulis hanya sekadar hobi, jadi cukup membuka wawasan. Karena (sampai saat ini) nggak akan googling atau belajar sendiri tentang kepenulisan. �� Untuk sarannya, kalau memungkinkan bisa ditambahkan benang merah dengan kehidupan sehari-hari dari buku-buku yang di-review kali, ya... Biar berasa lebih relate. Hehe.

    3. Mungkin udah banyak yang nanya, gimana cara Ica bagi waktu antara bekerja, mengurus keluarga, baca, dan nulis novel? dan apa rencana Ica ke depannya terkait dunia kepenulisan?

    Sukses selalu dan semoga buku terbarunya bisa segera terbit <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn, makasii Hichaaa. Semoga Hicha juga selalu berjayaaa yaaa ^^

      Buat poin 1 dan 3 aku keep dulu yaa, akan dijawab di postingan berikutnyaa..

      Waah, ternyata blog ini jadi book blog pertama yg suka Hicha ikutin yaa ^^ Terima kasih atas kesan2nya chaa. Doakan ku bisa tetap terus konsisten berbagi racun2 buku n tips menulis di sini yaa. Makasi juga buat sarannyaa ^^ Memang tulisan yg diselipin dg kehidupan pribadi terasa lebih relate yaa, dan klo aku nulis postingan dg kehidupan pribadi juga trafiknya lebih tinggi. Hehehhe.. Berarti ga hanya hicha yg berpikiran seperti itu ^^

      Sukses selalu juga buat Hichaa. Amiin, semoga ku tahun ini bisa menelurkan karyaa lagi ^^

      Delete
  19. Selamat Kak Thessa! Blognya sudah masuk umur remaja yang rawan mencoba hal-hal baru karena penasaran wkkk

    Aku ikutan coba jawab ya kak walaupun nggak yakin menang hehe

    1. Kalau penulis novel fantasy favorit Kak Thessa itu Neil Gaiman, itu ada di postinga yang judulnya 5 Alasan Pecinta Fantasi Harus Membaca Buku Neil Gaiman

    2. Aku baru pernah berkunjung ke blognya Kak Thessa dan menurutku tampilannya udah menarik kak, tulisannya juga rapi jadi nyaman di baca. Mungkin lebih banyak dikasih gambar aja kak :D

    3. Aku suka liat headernya kak, itu gambaran keluarga Kak Thessa ya? Berniat nambah anak lagi nggak kak? :D

    Semoga blognya sukses terus ya kak dan bisa bermanfaat bagi banyak orang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii Kak Zakia, iya nih udah mulai masuk usia remaja ternyata blog ini yaa. Hehehe ^^

      Buat point 1 dan 3 aku keep dulu yaa Kak :D
      Buat poin 3, makasi atas kesannya kak. Dan noted untuk masukannya. Aku juga tipe yg seneng postingan didukung gambar2 sih, nanti aku coba sesuaikan kedepannya.

      Aminn, sukses selalu juga buat Kak Zakia ^^

      Delete
  20. Penulis favorit Kakak sepertinya Neil Gaiman.

    Pendapatku soal blog ini, aku suka sih, setengah personal, setengah nonpersonal, hehe. Topik yang beragam juga jadi daya tarik tersendiri karena menurutku dan seperti yang sudah Kakak akui, topik-topik tersebut masih punya benang merah (dan tentunya karena aku pun punya ketertarikan yang serupa). Kuharap blog ini tetap bertahan lama aja sih. Sukses selalu untuk Kakak sekeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah berpartisipasi kak ^^
      Toos kak, sebagai yg punya ketertarikan dg dunia literasi. Makasi atas kesan yg diberikan yaa kak, aku pun jga berharap blog ini bisa bertahan selama mungkin :D
      Sukses selalu juga buat Kakak dan keluarga..

      Delete
  21. Wah keren juga dikau mba...pas ngelab fisika komputasi akhirnya bisa bikin blog dengan iseng iseng pake komputer lab 😊☺

    Blog mba sudah bagus menurutku. Maksudnya nichenya jelas. Ada bahasan utamanya yaitu buku. Justru ga pa pa terspesifikais begini di tengah teman teman lainnya yang kebanyakan mungkin di sebagain circle mba thessa isinya daily life. Nah dengan adanya blig mba thessa yang beda sendiri ini justru menambah warna bacaan blog kita kita hehe

    ya memang jika kita meminta pendapat pembaca seringnya disarankan sering update...tapi apa daya ya..waktu kadang keteteran...terlebih karena yang dibahas buku pastinya butuh sedikit waktu agar mengulasnya bisa informatif atau paling ga sama kayak modelan review mba thessa yang dulu dulu paa awal awal ngulas review unyuk memberi kesan saja pada si buku jadinya kadang ya bisa ditulis panjang maupun pendek, sesuai dengan apa yang ada dalam benak kita ketika menilai buku itu tentu saja ya.

    Sukses untuk giveawaynya mba thessa...☺😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kemumetan dg fisika komputasi n programingnya sbnrnya Mba, maka berujung jd bikin blog aja. Hahaha.. Aku paling lemah dulu pas kuliah memang di programing. Syediih :D

      Makasii Mba Nita udah meluangkan waktu memberi kesan blog ini. Aku senang ternyata niche buku juga masih menarik banyak orang dan menambah warna dunia blogging yaaa ^^
      Naah itu dia mbaa, kadang kita pun juga pengen update sering2, tapi ada daya kondisi dg semua (sok) kesibukan dan kadang rasa mager yg suka dateng. Hahhaha.. Iya juga yaa mbaa, ga harus selalu posting review panjang n detail pun gpp ya sebenrnya, cukup kesan tntng buku itu aja kaya dulu pun gpp yaa. Thank you for the input mbaaa ^^

      Amiiin, Sukses selalu juga buat Mba Nitaa yaa ^^

      Delete
  22. horayyyy selamat bertumbuh blognya mbak Thessa dan aku juga menganggap April ini bulan yang menyenangkan hahaha, jangan jangan zodiak kita samaan nih mbak
    sukses terus sama passionnya mbak plus jangan patah semangat, gaskeunnn mbak Thessa

    bentar ahhh aku mau ikutan ramein giveawaynya hahaha
    1. aku bingung siapa favorit mba Thessa, banyak bener soalnya hihihihi. Aku pilih Asma Nadia aja kalau gitu

    2. waktu pertama kali duluuuu main ke blog mba Thessa, aku udah mengira kalau mbak Thessa adalah bookholic. Malah lebih ...holic daripada aku hehehe
    disela-sela kesibukannya masih sempet baca buku, acungin jempol dulu ahh
    dari segi tampilan blog, udah mencerminkan mba Thessa banget dengan banner dikelilingi buku buku. Warna biru juga adem(aku liatnya kesannya biru karena tulisan di sub sub nya warna biru mba hehehe), dannn mungkin nih dibulan April ini akan ada perubahan dari segi warna. Itung itung hadiah buat blog mb Thessa biar tampil sedikit beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ainun ulang tahunnya April jugaa? Tooosss 😁😁 Aku aries mbaa, sama ga?
      Bulan April memang membawa keseruan tersendiri yaa πŸ˜πŸ’–
      Sukses terus jugaaa buat Mba Ainun yaaa πŸ’–πŸ’–πŸ’–

      Jawaban no 1 aku keep ya Mba 😊
      Makasi Mba Ainun, udah meluangkan waktu memberikan kesanny sama blog ini πŸ’–πŸ’–
      Beneeer mba, biru toska ini favorit aku bgd. Hehshs.. Pengen ngasi nuansa baru, tapi udah terlanjur cinta sama warna ini. Mungkin nanti aku kasi nuansa baru di bagian lain (walau klo skrng blm kebayang apa πŸ˜†πŸ˜)

      Delete
  23. Halo Mbak Thesaa... baru sempet main kesini lagi nih, haha
    Selamat ulang tahun buat blognya, keren banget bisa konsisten selama 12 tahun lamanya, walaupun tentu saja ada masa-masa hiatusnya selama jadi blogger. :-D
    Kalo ibarat anak, blognya Mbak Thessa sekarang lagi daring di rumah persiapan mau ujian sekolah kelas 6.. haha

    Salut buat konsistensinya ngebahas buku-buku yang bisa jadi rekomendasi buat para pembacanya, pertama kali saya tersesat ke blognya Mbak Thessa ini saya langsung 'klop' dan baca-baca postingan Mbak Thessa lainnya soalnya relate sama saya yang juga suka sama buku. Mungkin bedanya, kalau Mbak Thessa bukunya dibaca, kalau saya bukunya ditumpuk entah kapan mau dibaca haha

    Semoga terus konsisten nulisnya ya ... semoga buku terbarunya juga lancar, udah penasaran nih~ ditunggu bocorannya di postingan :-D

    Mau ikutan jawab ah...
    1. Karena jawabannya Neil Gaiman udah terlalu banyak dipake. Penulsi favorit Mbak Thessa (lainnya) Enid Blyton, R.L. Stine dan Alfred Hitchcock
    2. Sarannya, lebih rajin update blog (hahaha), lebih rajin ngebahas buku-buku lain juga, soalnya review Mbak Thessa ini bagus loh.. sebagai seorang Tsundoku, saya sering ikutan kepengen beli juga haha
    3. Kalo pertanyaan, ada beberapa nih...moga nggak nyusahin ya haha
    - Lebih suka beli buku baru apa bekas?
    - Pendapat Mbak Thessa sama buku yang kondisinya bekas eks. rental (ada stempel, staples), masih tetap layak koleksi atau ada standar tertentu dari Mbak Thessa untuk buku-buku yang layak koleksi?
    - Sering nggak beli buku akhirnya nggak dibaca? Terus gimana nasib buku-bukunya?

    Sekian ya Mbak Thessa :-D

    ReplyDelete
  24. Ternyata mbak Thessa udah cukup lama juga ngeblognya udah 12 tahun dan niche blognya pun tetap bertahan,hebat.

    Mau ikut jawab.
    1. Penulis favorit mbak penulis novel Lima Sekawan, Enid Blyton kalau ngga salah ingat pertama kali saya main ke blog ini post-nya tentang novel Lima Sekawan.

    2. Kalau menurut saya tampilkan blog ini sudah bagus dan adem di lihatnya cuma kalau bisa ditambahkan bagian arsip biar gampang untuk mencari post yang sudah lama.

    3. Pertanyaan saya apa mbak ada keinginan menerbitkan buku bergenre fantasi?

    ReplyDelete