Friday, 26 March 2021

3 Rekomendasi Blogger yang Suka Berbagi Tips Menulis Novel

Halo semuanyaa.. Terima kasih udah mampir (lagi) ke blog ini 😍. Karena sesungguhnya yang membuat saya semangat menulis adalah karena support teman-teman semua yang membaca bahkan meluangkan waktu untuk berkomentar... 

Masih dalam label random, karena saya mau ikut ke challenge yang diadakan oleh Mba Eno, tema kali ini adalah 3 Blogger Favorit. Tadinya saya mau memilih 3 blog dari teman-teman yang sering berinteraksi di sini, apalagi blog-nya pada keren-keren semua dan sangat insightfull. Eh, tapi saya malah bingung mau pilih 3 yang mana saking banyaknya yang bagus πŸ˜….

Setelah dipikir-pikir, saya mau masukkan 3 blog lain saja yang selama ini saya sering kunjungi. Kami tidak saling mengenal, saya pun hanya jadi silent reader tanpa meninggalkan komentar kalau mampir ke sana. Saya sering bolak-balik ke sana untuk baca isinya, bahkan reread berkali-kali postingan lama mereka. Penasaran? πŸ˜† Karena 3  blog ini menyajikan Tips Menulis Novel yang sangat bermanfaat. Ini dia daftar 3 Rekomendasi Blogger yang Suka Berbagi Tips Menulis Novel versi saya:

1. Blog Jia Effendie, tips menulis dari seorang editor

Jia Effendy adalah chief editor storial.co, salah satu platform menulis online populer di Indonesia. Sebelum di storial, Kak Jia udah malang melintang jadi editor dan penulis. Jadi ilmunya sudah tidak diragukan lagi. 

Banyak ilmu menulis yang saya dapat di blog Mba Jia, bahkan saya kenal pertama kali tentang cara menulis plot novel dengan metode Save The Cat itu dari Mba Jia, sampai akhirnya saya memutuskan untuk ikut training langsung dengan Jessica Brody.

Baca juga : 

Isi tips menulis novel di blognya sangat bermanfaat, mulai menyusun plot, premis, dialog, dll. Salah satu kekurangan blog ini Mba Jia hanya tidak terlalu sering update. Hahahha. Padalah saya craving for more banget sama materi-materi yang suka dibagikan Mba Jia.

Kunjungi blog Mba Jia di : https://jiaeffendie.wordpress.com

2. Blog Shireishou, tips menulis dengan sentuhan personal

Shireishou adalah seorang penulis yang sangat produktif. Ia sudah aktif di wattpad sejak enam tahun yang lalu, dengan 23 karya dan 192K follower. Buku-bukunya udah banyak yang diterbitkan, mulai dari Gramedia grup, Mizan grup, MCL Publisher dan penerbit-penerbit lainnya. 

Kak Shirei itu di blog aktif banget berbagi tips menulis. Bener-bener ga pelit ilmu 😍. Dan yang saya suka, Kak Shirei selalu menyelipkan cerita pribadinya. Ngerasa ga sih, baca blog dengan sedikit sentuhan personal gitu lebih bikin kita ngerasa related dari pada yang hanya berbagi tips kaku kaya media? Hehehe...😁 Misalnya pas Kak Shirei cerita dia juga sering ga menang lomba, atau ngasi pandangan tentang cerita penulis 17++ di wattpad yang dipinang penerbit dan menhebohkan jagad literasi beberapa bulan lalu. Yang terbaru, saya baru tau kalau di platform KBM bisa dapat penghasilan kayak Kak Shirei yang baru beberapa hari langsung mengantongi ratusan ribu 😍. Dan banyak sharing kepenulisan menarik lainnya... 

Baca juga : 

Kekurangannya, entah kenapa kalau dibaca dari HP tampilan blognya ga terlalu nyaman buat saya. Entah karena spasinya yang terlalu jauh, atau tampilan lainnya. Hahaha. Tapi ini hanya pendapat personal ya, bisa aja beda kalau buat teman-teman lain πŸ˜†.

Kunjungi blog Kak Shirei di :  https://shireishou.com/

3. Blog Sitta Karina, tips menulis dan berbagai ilmu bermanfaat lainnya

Blog berikutnya adalah yang saya paling suka tampilannya di antara semua rekomendasi ini. Dibuka dari HP atau komputer sama-sama menarik. Oiya, kita bahas dulu siapa Sitta Karina, yuk! Ada yang udah baca buku karyanya?

Sitta Karina adalah penulis banyak novel yang telah diterbikan dari berbagai penerbit mayor. Saya sudah baca beberapa, salah satu bukunya berjudul Rumah Coklat pernah juga saya posting di sini. Selain menulis novel, dia juga aktif menulis di majalah seperti Gogirl dan Cosmogirl.

Terdapat banyak tips menulis yang dibagikan Sitta Karina. Salah satu yang menarik, menurut dia kita ga perlu kirim naskah ke satu penerbit saja (seperti yang selama ini saya tahu), tapi kirimkan saja ke beberapa penerbit sekaligus biar kita ga rugi dengan waktu. Ada juga tips bahwa penitng bagi penulis untuk memiliki blog atau sosial media lainnya, sebagai salah satu sarana interaksi dengan pembaca. 

Blog Sitta Karina tidak hanya membagikan tips menulis, tetapi juga postingan lifestyle, finance, dan berbagai isi menarik lainnya. 

Kunjungi blog Sitta Kirana di :  https://blog.sittakarina.com/

😻😻😻

Demikian tiga rekomendasi blogger favorit yang saya suka baca postingannya. Kalau kamu, siapa aja blogger favorit kamu saat ini?


49 comments:

  1. Dari ketiga penulis novel itu saya belum kenal semua, bahkan ketika nyoba memaksa membaca tip bikin novelnya ???kepala udah ngebul duluan , mungkin saya patutnya membaca novel ringan deh ya??? Kayak novel anak, atau novel yang seperti mbak thessa kasih dulu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba tari, mungkin bisa membaca novel ringan, atau komik mungkin. Walaupun mnrt saya, kalau memang minatnya bukan di situ, jangan dipaksakan dr pd ga enjoy nanti membacanya. Saya yakin banyak blog2 lain yg lbh bikin mba tari enjoy πŸ˜‡

      Delete
  2. Wuuiihh Mantap.πŸ‘πŸ‘

    Semoga mbak Thessa bisa menjadi 5 besar atau mungkin juara pertama dalam lomba yang diadakan oleh blog mbak Kareen / Eno..

    Dan dari 3 blogger yang mbak Thessa jabarkan diatas, Dulu pertengah tahun 2018 apa 2019, Saya sering menjadi pembaca gelap pada ke 3 blog tersebut. Meski yang lebih dominan blog nomor 2 dan 3 yaitu Shirei dan mbak Karina.

    Sebenarnya ada banyak blog yang selevel dari 3 yang telah dijelaskan diatas... Karena era tahun 2015 sampai 2018 saya hobi jadi blogger siluman yang mendatangi banyak blog hanya untuk numpang membaca doang.πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜πŸ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe mbak tamara karenina eno tepatnya kang Sat
      aku manggilnya suka suka hehehe
      hai mba Enooo pasti baca ini ketawa tawa

      Delete
    2. Aku tadi mengira Kang Satria yg jadi rekomendasi..
      Ternyata Sitta Karina yaak πŸ˜…

      Delete
    3. Amiin, yaampun makasi doanya Mas Satria. Walaupun aku ikut hanya sebatas memeriahkan, apalagi liat sharing2 temen2 lain yg lbh keren, jadi aku ga nargetin menang. Hhehehe..
      Mas Satria ternyata malah udah lama suka mampir ke blog di atas yaa. Memang pasti banyak bgd ya blog selevel 3 itu. Apalagi pas baca rekoemndasi temen2 yg lain, ternyata banyak bgd blog2 keren di luaran sana.

      Wuaa, kok aku baru tau nama panjang Mba Eno. Jd nama panjangnya Tamara kaenina eno, mba ainun? Hhahaha.. Coba kita tunggu klarifikasi lngsng dr dia yaa 😁😁

      Dooo, Sitta Karina dg Kang Satria mirip memang yaa? Mirip namanya atau mirip fotonya? πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    4. Soalnya blog aku satunya memang sepintas hampir sama namanya mbak sama punya mbak Sitta, 😊😊 Makanya jarang di on..🀣🀣🀣

      Delete
    5. Wuaa blog yg mana mas? Ku kan jd kepoo n pengen mampir ke sana jadinyaa 😁

      Delete
    6. ow sekarang memang hadiahnya ada berapa termin...jadi kepow deh eyke hihi

      sukses semuanya yang ikutan yak, semoga bisa menang mendapatkan uang tunai senilai....

      jeng jeng jeng

      Delete
  3. Belajar memang ngga ada kata selesainya. Dari tiga blog diatas, kayaknya saya baru berkunjung ke Jia Effendy dan Sitta Karina. Itupun karena rekomendasi kak Thessa juga. Meski sudah jarang nulis cerita bersambung, teknik save the cat itu menarik.

    Kalo soal desain, blog Sitta Karina memang simpel dan menarik. Untuk dibuka lewat hape juga enak untuk dibaca. Meski begitu, ketiga blog diatas juga sama-sama responsif. Jadi ngga gitu masalah untuk saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka bgd sama kata2 Mas Rahul, belajar memang ga ada kata selesai, dan bisa dari mana saja. Salah satunya dr blog2 ini..
      Wah, semoga mendapat ilmu bermanfaat dg berkunjunga ke sana ya Mas Rahul 😍.
      Tiga2nya udah responsif, dan cukup nyaman. Memang yg paling enak tampilannya punya Sitta Kirana yaa..

      Delete
  4. Saya paling familiar dengan yang nomor 2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, udah sering berkunjung ke blog Mba Shirei ya mbaa...

      Delete
  5. Dari semua blog yang disebutkan Kak Thessa, aku hanya tahu yang nomor 2. Dia juga aktif di page Facebooknya, sih.

    Makasih untuk rekomendasi blognya. Kapan-kapan aku akan baca-baca blog mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Shirei memang cukup aktif di sosmed, Mba. Selain di facebook, juga di ig udah punya banyak follower.
      Sama2 Mba Sella. Makasi juga udah mampir yaa. Semoga mendapat ilmu bermanfaat nanti saat mampir ke blog mereka ^^

      Delete
  6. Aku cuman tau sitta karina aja itu pun taunya dari kakakku karena dulu langganan majalaj gogirl hehehe. Wah iya loh bener tampilan blognya bagus banget kak, smoothy gitu pas dibuka gak lambat.

    Terima kasih kak Thessa untuk rekomendasi blogger favoritnya. Aku belum tau dua dari blogger diatas, akan kutengok blog mereka 😁 Goodluck kak Thessa untuk CRChallengenya, aku pengin ikutan tapi nunggu mood dulu semoga ada dorongan buat nulis wkwkk πŸ‘πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, tampilan blog Sitta Karina itu nyaman n enak bgd ya mbaa..
      Klo aku malah taunya dr novel2nya. Baru tau dia punya blog belum lama ini malah. Hehehe.. Mba Reka malah taunya dr majalah yaa dulunyaa 😍.
      Makasi juga udah baca Mba Rekaa.. Amin, makasi yaa.. Good luck jugaa yaa buat Mba Reka, yuk kita ikutan n ramaikan CR Chalange 😁 .

      Delete
  7. Kak Thessa, thank you so much for sharing πŸ₯Ί
    Aku langsung ceki-ceki ke semua blogger yang ada di list Kakak dan semuanya menarik 😍. Kayaknya aku mau ubek-ubek lebih dalam ke blog di atas 🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii juga udah baca Liaa 😍.
      Semoga Lia menemukan banyak hal menarik dari tiga blog di atas yaaa.. 😁

      Delete
  8. Ketiga nama yang disebutkan, baru sekali ini saya tahu. Terima kasih telah berbagi Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Bu Nur. Terima kasih juga udah membaca postingan ini 😁

      Delete
  9. Aku sempat rutin ngunjungin blognya Mba Jia Effendi, dia juga pernah aktif ngadain kelas-kelas nulis gitu bareng Reaterary di Bandung. Pernah ikutan dua kali dan ketemu Mba Jia orangnya ramah banget, terus snack-nya siomay bikinannya enaak *penting* πŸ˜‚πŸ˜‚

    Sitta Karina juga pernah tau blognya, tapi udah lama ga ke sana. Kalau yang kedua aku baru tahu dari Mba Thessa ini, barusan lihat blognya dan kayaknya menarik tulisan-tulisannya. Memang segala sesuatu kalau ditulis secara personal pasti lebih seru yaa bacanyaa πŸ˜†

    Thank you Mba Thessa rekomendasinya πŸ’•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pernh ikut training Mba Jia. Tp online, jd ga nyoba siomaynya deh πŸ˜‚ Suaranya empuk bgd, adem dengernya. Hehehe..

      Wah mba eya udah pernha mampir2 di blog Sitta Karina juga yaa 😍😍 Setuju Mba, blog kak shirei krna ada cerita personalnua jd bacanya lbh asik. 😁

      Masama mba eyaa, makasi juga udah baca rekomemdasi ini yaa 😘

      Delete
  10. Ah aku pernah baca blognya mba Sitta dan memang menarik sekali gaya nulisnya mba Thessa. Untuk dua blogger sebelumnya aku belum pernah tau. Makasih sharingnya, jadi punya referensi buat tips menulis di wattpad nih aku hehehehehhehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mba endah udah biasa mampir di blog Sitta Karina yaa 😍 Gaya tulisan n tampilan blognya memang menarik yaa..
      Masamaa mba endaah, makasi jg udah baca. Semoga bs menemukan hal brmanfaat dr blog mereka buat mba endah nulis di wattpad yaa πŸ’–πŸ’–

      Delete
  11. Mbak thesa posting blogger yang berhubungan dengan tulisan dan novel. Sejalur dengan mbak thesa πŸ˜„
    Aku beberapa kali baca tulisannya mbak sitta. Tulisannya bagus dan mudah dipahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya mau nulis tntng blog temen2, tp bingung milihnya krna bagus2 semua πŸ˜† Akhirnya balik ke basic aja deh, Mas rivai. Nulis yg memang aku suka, ga jauh2 tntng buku n nulis novel. Hhehee..
      Bener, tulisan Sitta Karina memang bagus n mudah dipahami yaa 😊

      Delete
  12. mbak sitta ini aku "kenal" dari zaman mba sitta muda dulu, berarti aku masih piyik yak hahaha
    yang jelas namanya nggak asing lagi di dunia pernovelan dan sering muncul di rubrik majalah majalah yang aku beli
    di blognya mba jia, aku jadi belajar istilalh istilah pernovelan, aku aja baru tau istilah save the cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sitta Karina memang udah nerbitin novel dr dulu ya Mba.. Nulis di majalah juga. Hehehe..
      Aku jg pertama tau tips Save The Cat dr Mba Jia, Mba Ainun. Menarik ternyata caranya.. dan buat aku sangat bermanfaat 😍😍

      Delete
  13. Dari ketiga blogger itu sayangnya aku belum pernah kesana mbak, maklum ngga terlalu hobi baca novel karena kalo novel biasanya panjang, enakan baca cerpen lebih cepat selesainya.πŸ˜‚

    Ternyata banyak blogger yang baca blognya mbak sitta ya, jadi tertarik kesana buat baca artikelnya.

    Semoga menang lomba ya mbak.πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas agus lbh suka baca cerpen yaa.. pantesan nulis cerpennya jg bagus2, krna udah sering baca cerpen jg buat referensi yaa. Mantab!
      Iya nih, lumayan terkenal jg blog nya Mba Sitta trrnyata dan banyak dikunjungin temen2 blogger 😁

      Amiin, makasi ya mas agus 😍

      Delete
  14. Wowww.. emnk beda ya kalau rekomendasi novelis mah.. mantul2.. πŸ˜„
    Aku langsung ceki2. Dan yah Mba Sitta Karina tampilan templatenya keren banget 😍. Rapi dan nyaman banget buat mata..
    Salah satu poin penting di blog selain tulisannya juga ttg kerapihan tata letak juga. Soalnya mereka yg membuat impresi pertama.. *blog saya masih jauh dari situ. πŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekoemndasi novelis kelas teri yg harus banyak belajar, Mas Bayu. Jadi rekoemndasinya tempat yg suka berbagi ilmu menulis juga. Hehehhe..
      Iyaa kan bener, nyaman bgd di mata baca blog Sitta Karin. Aku setuju, tampilan blog itu mempengaruhi pembaca bgd. Blog aku juga jauh dr itu. Hahaha.. Blog Mas Bayu bagus kok, simple tapi udah nyaman dibaca di any device..

      Delete
  15. Wiii makasih Mba Thessa, dapet blog2 baru lagi deh buat di blogwalking hehehe
    Btw, baru tau Mba Jia ada blognya.... ya ampun aku kemana aja 🀦‍♀️ Aku dulu pernah ikut kelas nulis yang pengisinya Mba Jia dan aku seneng banget sama cara beliau sharing, seneng banget pas tau ternyata Mba Jia ada blog juga 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, makasii juga mba tika udah baca rekoemndasi inii 😍.
      Sama, aku awalnya tau Mba Jia malah di instagram krna suka berbagi tips nulis n ngasi training2 nulis. Eh ternyata juga ada blog nya. Hehehe..

      Delete
  16. ternyata beliau beliau ini punya blog ya mba thessa
    takirain bikin buku saja

    kalau dari ketiganya yang familier di kupingku baru mba sitta karina...apa mungkin karena aku sering lihat cover bukunya di gerai buku kali ya

    atau ada pula yang uda difilmkan malah?

    kalau yang dua teratas baru banget aku tahu, coba takceki ceki dulu tampilan blognya seperti apa. tapi kalau dilihat dari berbagai platform baik mobile, tab, atau leptop okey sih bikin betah ya...soalnya kan sekarang blig itu kebanyakan uda diakses via mobile juga..ga tampilan laptop atau layar gede aja

    sukses untuk lombanya mba, aku jadi tim hore hore di kolom komentar yang ikutan wes ^______^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nita, selain nulis buku, mereka juga punya blog.. Walau kaya Mba Jia gt ga terlalu rajin update sih. Hehehhe..

      Sitta Karina krena sempat hits bbrapa tahun lalu dg buku2 metrpop dan mengisi tulisan di majalah2 mba. Mungkin krna itu Mba Nita cukup familiar dg namanya. 😍

      Iya, cukup nyaman kok Mba tiga2nya. Ga mengurangi kenymanan saat baca tulisannya. Hehehe.. Walau yg paling bagus tamplate nya Sitta Karina, ya menurut ku😁

      Makasii banyak Mba Nita, makasi udah baca n ikut hore2 di komen.. 😍😍

      Delete
  17. Wah langsng aku kepoin nih blog mereka. Dan nggak lupa,, mau kepo ludes blognya mbak :) bdw salam kenal ya mbak :) aku vera :) maaf kalau hbs ini bakalan nyepam riaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Vera, terima kasih udah mampir ke sini, semoga betah yaa.. πŸ˜‰πŸ˜‰

      Cus mba, buruan kepoin tiga blog di atas, semoga menemukan banyak hal bermanfaat di sana..

      Delete
  18. MAkasih rekomendasinya. sejak baca cerpen Sitta KArina di majalah CG! Indonesia jadi suka banget. Eh ada blognya. MEluncuur.

    BTW Shirei tu sohibku dan dia ngeblog sejak zaman multiply berarti sebelum tahun 2011 kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mba udah suka bacain tulisan Sitta karina sejak jaman di majalah yaa 😍😍 Cuuss meluncur lngsng ke blog nyaa.. Hehehe..

      Wuaaaa sohibnya Kak Shirei yaaa.. Salam ya mba ke Kak Shire, dari pembaca setia blog nya πŸ˜‰

      Delete
  19. Halo Mbak Thessa , blog yang sering dikunjunginya tetep nggak jauh2 dari masalah nulis ya 😁

    Btw, saya pernah denger nama Jia Effendi sama Sitta Karina, tapi nggak pernah mampir ke blognya πŸ˜†

    Terus nyoba ngintip2 blognya Sitta Karina ternyata tulisannya Sitta Karina bagus2 ya, cocok banget buat yang suka nulis, bisa dapet banyak manfaat di blog ini ... πŸ˜πŸ‘πŸΌ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Edot, iya nih, nyasarnya ke blog2 yg barbagi tips nulis lagi nih πŸ˜†πŸ˜†

      Dua nama itu udah familiar yaa. Hehehe.. Memang udah terkenal di jagad perbukuan kalau mereka. Nah klo Kak Shirei lbh terkenal buat yg suka baca di wattpad Mas.
      Semoga dpt banyak hal bermanfaat di blognya Sitta Karina yaaa Mas Edot 😁😁

      Delete
  20. Halooo mba tessaaa. wih nemu beberapa review blog nih.

    Dari ketiga nama di atas, aku cma kenal mbak sitta karina. Dulu, acuanku bikin kategori blog itu mengamati blognya mba sitta ini. Tulisannya mengalir banget, dan emang nggak pelit ilmu ya apalagi ttg kepenulisan.


    Paling suka emang kalau penulis juga tetap apdet tulisannya di blog yaa, jadi fansnya tetap bisa mantengin tulisan2nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Ghinaa πŸ˜‰

      Wuaa, Mba Sitta Kirana ternyata memang banyak peminatnya yaa. baik dr segi isi dan tampilan blognya.
      Nah itu, bener banget Mba Ghina, kadang kita pengennya mereka rajin update terus yaa. Hehehe.. Kaya pengen ilmu2 lain gitu yg dibagiin. Hehehe..

      Delete
  21. Sitta Karina aku ga tau blognya malah, tp aku sukaaa Ama semua novel2nya :D. Pertama baca kayaknya pas awal2 kerja, dipinjemin Ama ponakanku. Eh lgs suka Ama tokoh2nya, Chris, Diaz dll :D. Aku sampe kepengen koleksi semua bukunya skr . Tapi udh susah nemuin. Sampe minta tlg ke toko buku langgananku supaya cariin, dan lgs kabarin ke aku mba :D. Saking pengennya punya

    Kalo 2 blogger lainnya, aku blm pernah baca :D. Ntr coba aku main2 ah ke blog mereka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Novel2nya juga aku bacaa. Lebih ke Metropop atau ga momlit ya genre nyaa. Dan lumayan bikin pembaca ngerasa related, makanya banyak penggemarnya. Hehehe..
      Cus main ke blog lainnya Mba Fan, semoga menemukan hal bermanfaat yaa dari tulisan2 mereka..

      Delete
  22. Selain Sitta Karina (yang pernah liat namanya doang, belum pernah baca karyany), dua blogger yang lain baru pertama kali denger. Kayaknya menarik juga, sekalian BW, sekalian nambah2 referensi menulis. Thank you, Ica... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masamaa chaa.. Menarik kok, cus buaruan mampir2 ke blognya. Mudah2an menemukan hal2 bermanfaat di situ yaa :D

      Delete