Tuesday, 30 November 2021

Reportase Asik : Layangan Putus dan Kisah Nyata

Sudah akhir bulan lagi guys πŸ˜†πŸ˜† Artinyaaa, sudah waktunya reportase asiik (resik) lagii.. Hehehe. Reportase asik November 2021 kali ini akan membahas cerita yang sempat viral tahun 2019 lalu, dan sekarang difilmkan dan diperankan Reza Rahardian dan Putri Marino. Wuaaaa.... 

layangan putus kisah nyata

Layangan Putus, Bermula dari Grup Kepenulisan

Ada yang tau KBM (Komunitas Bisa Menulis) yang dikembangan oleh Asma Nadia dan suaminya? Sebelum KBM berbentuk platform menulis berbayar seperti sekarang, KBM adalah grup Facebook yang isi ceritanya tipikal cerita favorit ibu-ibu berkeluarga πŸ˜‰. Pada tahun 2019, akun Facebook bernama Mommy Asf menerbitkan cerita bersambung berjudul Layangan Putus dengan tagar #kisahnyata #truestory

Ceritanya tentang seorang istri yang tiba-tiba ditinggalkan suaminya. Padahal ia dan suaminya telah memilki 5 anak, yang kecil masih baby lagi 😭😭.  Pada suatu hari suaminya menghilang beberapa hari, istrinya ngira suaminya mungkin ke Timur Tengah untuk jihad, apalagi suaminya memang tipe yang taat beragama gito loh. Ternyata dia abis nikah dan malah honeymoon sama istri mudanya ke Capodacia Turki doongg. Kesel ga tuh? Apalagi Capodacia kan salah satu bucket list saya.. #eh πŸ˜‚πŸ˜‚ 

Ceritanya sudah banyak berhamburan di internet, jadi saya tidak akan cerita lebih banyak lagi. Tanpa embel-embel kisah nyata saja, cerita seperti ini udah pasti banyak peminatnya di KBM. Ditambah lagi ada tagar #truestory, langsung viral lah cerita ini. Netizen juga dengan kekuatannya langsung bisa menemukan siapa suaminya dong, termasuk media sosialnya dan istri mudanya, dan akun Youtube suaminya yang isinya banyak kajian agama. Fuiiff. Luar biasa memang netizen Indonesia ini 😁.

Dijadikan Buku Berjudul Layangan Putus

Cerita Layangan Putus ini akhirnya diterbitkan menjadi sebuah novel dengan judul sama. Diterbitkan oleh penerbit RDM Publisher. Saya tidak tahu sesukses apa bukunya, karena saya sebenarnya belum baca semua. Cuma sempat intip awal-awalnya saja. Menurut saya lumayan rapi kok penulisannya. Settingan waktunya juga menarik karena bergantian saat ia masih sama suaminya, dengan kondisi setelah berpisah. 

Yang pasti, bukunya tidak membuat saya mengernyit bacanya kayak waktu baca cerita bersambung yang di KBM. Yang tanda baca dan Peubi-nya bikin jiwa saya meronta-ronta. Hehehe.. πŸ˜†πŸ˜† 

Difilmkan dengan Pemeran Aktor Ternama

Tidak cukup diangkat menjadi buku saja, Layangan Putus akhirnya juga diangkat jadi mini seri oleh WeTV dan sekarang udah tayang 3 episode (dari yang rencananya 10 episode). Pemainnya juga nama besar semua, mulai dari Reza Rahardian, Putri Marino dan Anya Geraldine. 

Tapi kalau diliat-liat, jalan ceritanya agak beda sih. Kalau di bukunya, sang suami kan cukup agamais ya. Istrinya juga berkerudung. Anaknya udah 5. Sedangkan yang di film, suaminya lebih ga banget deh kelakuannya. Anaknya baru satu dan sekarang istrinya lagi hamil anak kedua. 

Layangan Putus dan Netizen

Viralnya ceritanya ini pasti tidak terlepas dari peran netizen. Mulai dari cerita ini di KBM, komennya udah penuh dari ibu-ibu yang kesal dengan sang suami dan prihatin dengan Mommy Asf. 

Mommy Asf padahal sudah sempat menghapus postingannya. Tapi apa yang sudah ada di internet akan selalu abadi πŸ˜†. Screenshoot-nya masih beredar dimana-mana. 

Ketika cerita ini difilmkan, netizen kembali heboh menyumpah-nyumpah sang suami. Bahkan postingan film ini di Facebook banyak dikasi emoticon anger πŸ˜†. 

Dan yang saya sayangkan sebenarnya adalaahh, tulisan ini: 

Mommy Asf bilang di ig story nya, cerita film ini banyak yang tidak sesuai kenyataan. Jadi netizen tidak seharusnya menghakimi suaminya, atau malah sampai memampang foto anak-anaknya 😒. Sedih ga siiihh... Bayangkan nanti anak-anaknya besar akan selalu diikuti oleh cerita masa lalu ayahnya, yang di-capture sebagai tukang selingkuh dan beradegan panas di kamar mandi seperti film Layangan Putus. Huhu..

Ini jadi pelajaran buat kita semua, sekali kita mengumbar cerita pribadi ke ranah publik apalagi internet, selamanya itu akan abadi. Kemaren saya sempat cerita tentang buku cerita tentang tim Buzzer yang bisa merusak hidup seseorang. Segitu besarnya memang dampak internet. Itu dilakukan orang lain. Apalagi jika dilakukan diri sendiri yang harusnya bisa mencegah hal itu. Jangan sampai emosi sessaat membuat kita gelap mata membagi cerita yang harusnya bukan milik publik. 

Ya, inti postingan Resik sekarang sebenarnya di bagian bawah ini, bukan review buku atau filmnya πŸ˜†. Saya bahkan tidak membaca buku Layangan Putus, filmnya pun hanya liat trailernya. 

Saya hanya ingin mengeluarkan uneg-uneg karena prihatin sama orang yang berkarya, tapi malah berujung dengan merugikan hidupnya. Saya tau banyak penulis (baik yang amatiran seperti saya, atau yang pro) main ke blog ini. Melalui postingan ini saya hanya mencoba mengingatkan, pikirkan baik-baik sebelum melempar karya ke publik. Pikirkanlah efek jangka panjangnya, buat kita dan anak-anak kita, buat keluarga kita. Misal kita sudah tidak ada di dunia ini, akankah karya itu malah membawa dampak baik atau buruk? πŸ€”

Demikian postingan Resik kali ini. Cerita yuk di kolom komen pendapat kamu, sebatas apa sih cerita pribadi yang bisa diceritain ke publik?

Monday, 29 November 2021

10++ Rekomendasi Novel Fantasi Tidak Berseri Yang Wajib Dibaca!

Halo semuanyaa!

Seperti teman-teman ketahui (buat yang tau) atau yang belum tahu juga gpp. hehehe.. Kalau salah satu genre bacaan favorit saya itu adalah fantasi. Tapi salah satu dilema baca buku fantasi itu biasanya adalah bukunya yang berseri πŸ˜†πŸ˜…. Masih mending kalau udah tamat dan buku sampai series terakhir udah terbit. Kalau ga, ya kan jadi pehape nungguin buku lanjutannya terbit. Eh, pas giliran terbit lanjutannya keburu lupa sama cerita sebelumnya πŸ˜‚.

Belum lagi waktunya yang susah karena berbagai kesibukan lain kalau harus beresin seluruh series kan. Siapa yang sama kayak saya? hehehe..

Salah satu alternatif lainnya, biasanya saya suka nyari buku-buku fantasi yang tidak berseri, atau stand alone fantasy. Tapi pilihan fantasi tidak berseri itu lebih dikit dari fantasi series sebenarnya πŸ˜†.

Saya punya beberapa rekomendasi novel fantasi tidak berseri yang wajib kamu baca. Ini kayaknya bakal agak panjang, jadi silahkan cari posisi nyaman πŸ˜„ dan ini dia list rekomendasi novel fantasi tidak berseri (stand alone fantasy novel) yang wajib kamu baca :

1. Petualangan Jack & Piggy Natal by JK Rowling

Blurb
Jack sayang sekali pada mainan favoritnya, Si Piggy. SP selalu ada untuknya, saat senang maupun sedih. Sampai suatu hari hal paling mengerikan terjadi---SP hilang! Tetapi ada malam untuk mukjizat dan semua yang terhilang, malam ketika segalanya bisa jadi hidup dan bernyawa... bahkan mainan. Dan mainan Jack yang paling baru punya rencana menegangkan: bersama mereka akan memulai perjalanan ajaib untuk mencari hal yang terhilang... menyelamatkan sahabat Jack.

Buku pertama yang saya rekomendasikan adalah buku terbaru karya penulis legendaris JK Rowling. Buku ini menceritakan pengalaman Jack yang kehilangan boneka piggy kesayangannya. Ternyata setiap benda yang hilang di dunia manusia, akan pergi ke dunia tempat benda-benda hilang berada. Semacam dunia paralel tempat benda-benda hilang tinggal sampai mereka ditemukan kembali. Tempatnya pun berbeda-beda untuk setiap benda, tergantung seberapa pemiliknya menginginkan mereka kembali. Semakin pemiliknya menginginkan mereka, semakin bagus tempat para benda.

Dengan keajaiban malam natal, Jack akhirnya berhasil ke dunia benda-benda hilang, dibantu oleh boneka piggy baru yang diberikan kakak tirinya. Mulailah petualangan Jack yang menurut saya imajinatif banget ini. Jack di dunia itu bertemu dengan benda-benda yang semuanya jadi hidup, untuk mencari boneka kesayangannya. Anak saya juga suka banget sama cerita ini, hampir dua minggu cerita pengantar tidur mereka ada petualangan Jack ini 😍

2. To Kill A Kingdom by Alexandra Christo

Blurb
Bukankah setiap putri layak mendapatkan seorang pangeran?
Masalahnya, Putri Lira menginginkan banyak pangeran … untuk diambil jantungnya. Sebagai siren, Lira yakin bahwa semakin banyak jantung manusia yang dikumpulkan, dia akan semakin kuat. Lira harus membuktikan dirinya pantas mewarisi takhta ibunya, sang Ratu Laut yang kejam dan tak kenal ampun. Sial bagi Lira, target berikutnya adalah Pangeran Elian yang terkenal sebagai kapten kapal bajak laut pemburu siren. Bagaimana cara dia mendekati pangeran yang satu ini?
Elian yakin bahwa sebelum Ratu Laut dibunuh dan seluruh siren musnah, bangsa manusia akan terus dicekam ketakutan. Ketika berlayar dalam misi terbarunya, Elian menyelamatkan seorang gadis yang terapung di tengah lautan. Gadis itu mengaku punya informasi penting terkait senjata untuk mengalahkan Ratu Laut. Bisakah Elian memercayainya, atau perdamaian dunia hanya sekadar mimpi?

Apakah kamu suka cerita retelling kisah-kisah dongeng yang sudah ada sebelumnya? Kalau iya, ini bisa jadi alternatif bacaan. To Kill A Kingdom karya Alexandra Christo ini menurut saya buku fantasi paket lengkap. Karena di sini ada tentang retelling-nya, ada bajak laut, siren, duyung dan magic lainnya. 

Tersebutlah, putri dari Ratu Laut bernama Lira yang selalu memburu jantung pangeran. Sementara itu, ada seorang pangeran dari kerajaan Midas (sound familiar? Midas, dongeng tentang raja yang menyentuh apapun akan berubah jadi emas) bernama Elian. Midas adalah kerjaan kaya diantara semua seratus kerjaan yang ada. Ada kerajaan yang terkenal dengan teknologinya, terkenal dengan bajak lautnya, dll. Tetapi semua kerajaan punya kesamaan, mereka memusuhi kerajaan laut.

Pertemuan Lira dan Elian ternyata mengubah jalan hidup. Tidak hanya jalan hidup mereka berdua, tetapi jalan hidup seratus kerajaan dan kerajaan laut juga.

3. Stardust by Neil Gaiman

Blurb
Alkisah, di padang-padang rumput Inggris yang tenang, lama berselang, ada sebuah desa kecil yang selama 600 tahun berdiri di atas tonjolan batu granit. Di sebelah timur desa itu ada tembok batu yang tinggi. Itu sebabnya desa itu dinamai desa Tembok. Di desa itu, pemuda Tristran Thorn jatuh cinta pada si cantik Victoria Forester. Dan di sini pula, pada suatu senja bulan Oktober yang dingin, Tristran membuat janji pada si gadis. Janji gegabah yang membawanya berkelana ke negeri di balik tembok, menyeberang padang rumput, masuk ke Negeri Peri. Dan di sana dimulailah petualangan paling mendebarkan dalam hidupnya.

Berikutnya adalah karya penulis fantasi favorit saya, Neil Gaiman dengan buku berjudul Stardust. Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Tristran yang berpetualang di negeri di balik Tembok, untuk mencari bintang jatuh. Banyak hal magical di buku ini yang memanjakan imajinasi pencinta fantasi, mulai dari bintang jatuh yg berupa wanita cantik, peri, penyihir jahat, pelaut yang menankap petir, hutan ajaib dan berbagai keajaiban lainnya. Buku ini bahkan sudah diadaptasi jadi film.

4. Tujuh Kelana by Nellaneva

Blurb
“PERMATA itu adalah kunci suatu ‘gerbang’ yang telah kaumku jaga beratus-ratus tahun lamanya. Aku belum pernah mendengar cerita bahwa dia bisa bersinar di dalam genggaman tangan, atau dapat menimbulkan rasa sakit.... Pasti ada sesuatu di baliknya, sesuatu yang belum kami ketahui,” lanjut Alto, terduduk di atas karpet dan membenamkan kepala pada telapak tangan. “Nyatanya, kamu membuat fragmen kunci bersinar. Kamu juga tahu letak fragmen kunci lainnya. Lagi-lagi kutanyakan ini, siapa kamu sebenarnya?”
Aku pun tidak tahu jawabannya. Yang jelas, saat aku membereskan gudang di rumah, tanpa sengaja aku menemukan sebongkah permata merah di dalam kotak beledu. Jika kusentuh, permata itu akan menyala terang. Bingung bercampur panik, kututup kotak itu. Namun, sejak saat itu pula aku dipertemukan dengan si lelaki bermasker hitam, Alto Rialtiorre. Dia memaksaku untuk menyerahkan permata merah, tapi aku menolaknya. Betapa tidak? Ini adalah peninggalan dari kakekku. Mana boleh aku melepaskannya begitu saja?! Anehnya, beberapa kali seorang perempuan berambut pirang dengan jubah merah terus mendatangi mimpiku, berkata bahwa aku adalah dia, dia adalah aku. Kami adalah satu, dan aku harus bersatu dengan Kaum Pelindung untuk mengalahkan Para Pengkhianat.
Aku, Zarra Mediana, bersama permata merah, kini hidupku berubah

Sepertinya kurang lengkap kalau kita tidak memasukkan rekomendasi cerita fantasi lokal ya. Berikutnya adalah fantasi karya anak dalam negri Nellaneva berjudul Tujuh Kelana. Menceritakan hidup Zarra, seorang mahasiswi yang berubah drastis sejak menemukan permata merah peninggalan kakeknya di gudang. 

Awalnya, permata itu sudah cukup aneh dengan memancarkan cahaya terang benderang. Kemudian Zarra mulai didatangi orang-orag aneh, dan mimpi aneh. Permata itu juga membawanya ke petualangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

5. Weathering With You by Shinkai Makoto

Blurb
Pada suatu musim panas, Hodaka--seorang siswa SMA kelas 1--kabur dari pulau tempat tinggalnya ke Tokyo. Di tengah hujan berkepanjangan, dalam hiruk pikuknya kota tersebut, Hodaka bertemu dengan seorang gadis dengan kekuatan ajaib bernama Hina. Gadis itu hanya perlu memanjatkan doa untuk membuat cuaca menjadi cerah.
Akan tetapi, cuaca semakin tak keruan, hidup mereka dirusak oleh takdir, dan mereka harus memilih cara hidup mereka....

Dari karya lokal, kita beranjak ke novel fantasi dari Jepang. Buku ini diangkat dari anime berjudul sama, Weathering With You. Menceritakan kisah gadis berkekuatan aneh bernama Hina, yang bisa mengendalikan cuaca. Tapi ternyata, berhasil mengendalikan cuaca tidak selalu bisa membuat lebih baik loh. 

6. Kita Pergi Hari Ini by 

Blurb
Mi dan Ma dan Mo tidak pernah melihat kucing seperti Nona Gigi. Tentu saja, mereka sudah pernah melihat kucing biasa. Tapi Nona Gigi adalah Kucing Luar Biasa. Kucing Luar Biasa berarti kucing yang di luar kebiasaan. Nona Gigi adalah Cara Lain yang dinantikan oleh Bapak dan Ibu Mo untuk menjaga Mi, Ma, dan Mo ketika keduanya keluar rumah mencari uang. Sebab di Kota Suara, semua uang yang tersedia di dasar laut sudah diambil oleh para perompak, uang di bawah tanah diambil oleh para perampok, dan uang di ranting pohon diambil oleh pengusaha kayu yang jahat.
Nona Gigi mengajak Mi dan Ma dan Mo dan Fifi dan Fufu—anak kembar Tetangga Baru bertualang mengunjungi tempat-tempat indah. Mereka naik Kereta Air, bertemu Kolonel Jagung, bermain di Sirkus Sendu, dan menyaksikan kemegahan Kota Terapung Kucing Luar Biasa.
Kita pergi hari ini. Ke tempat-tempat indah dalam mimpi-mimpi anak-anak baik-baik. 

Bagi pencinta literasi, pasti sudah tidak asing lagi nih dengan penulis lokal bernama unik ini. Sudah banyak buku Ziggy Z yang terbit selama ini, dan buku terbarunya yang berjudul Kita Pergi Hari Ini, berhasil menarik perhatian para pembaca. Saat PO beberapa bulan lalu, 1000 eks buunya laku habis hanya dalam 15 menit. Keren kan? 

Cerita yang diangkat Ziggy Z pun cukup unik, tentang kucing bernama Nona Gigi yang merawat anak-anak. Walaupun ini bisa dikatakan adalah cerita fantasi anak, banyak sekali isu-isu sosial yang coba diangkat di buku ini. 

7. Dial a Ghost (Agen Hantu) by Eva Ibbotson

Blurb
Agen hantu Dial A Ghost mencarikan rumah-rumah yang cocok bagi para hantu. Segala macam hantu, dari hantu pengantin perempuan bebercak darah, hantu tanpa kepala, sampai setan kuburan. Fulton Snodde-Brittle yang jahat dan serakah berniat memiliki Helton Hall, rumah besar keluarga Snodde Brittle yang kini diwarisi keponakannya, Oliver. Fulton datang ke Dial A Ghost, memesan hantu paling menyeramkan, dengan harapan Oliver akan mati ketakutan dan Helton Hall ke tangannya. Oliver yang memang sudah sangat ketakutan tinggal sendirian di rumah tua itu merasa riwayatnya akan tamat pada hari Jumat tanggal 13. Benar saja, tepat tengah malam ketika dia terbangun, muncul hantu... sekeluarga. Tetapi ternyata hantu-hantu itu tidak seperti yang dibayangkannya. Rupanya telah terjadi salah kirim hantu!

Novel fantasi berikutnya adalah kisah yang sangat menghibur dan bisa dibaca untuk semua umur. Kebayang ga kalau ternyata yang butuh rumah ternyata bukan hanya manusia? Ternyata hantu juga butuh rumah, dan biasanya ada agen hantu yang mengurus itu πŸ˜† 

Masalahnya, pada suatu hari agen hantu melakukan kesalahan menempatkan hantu. Tempat hantu baik dan hantu menyeramkan tertukar. Kastil tua yang harusnya dikirimkan hantu menyeramkan, malah dikirim sekeluarga hantu baik hati. Kebayang kan gimana kacau balaunya? Hehehe.. Buku ini sangat menghibur dan cocok untuk anak-anak juga loh. 

8. The Phantom Tollbooth by Norton Juster 

Blurb 
For Milo, everything’s a bore. When a tollbooth mysteriously appears in his room, he drives through only because he’s got nothing better to do. But on the other side, things seem different. Milo visits the Island of Conclusions (you get there by jumping), learns about time from a ticking watchdog named Tock, and even embarks on a quest to rescue Rhyme and Reason! Somewhere along the way, Milo realizes something astonishing. Life is far from dull. In fact, it’s exciting beyond his wildest dreams. 

Masih buku fantasi anak, kali ini tentang seorang anak yang merasa sangat bosan dengan hidupnya bernama Milo. Pada suatu hari, ia mendapatkan sebuah mainan pintu tol. Ketika Milo naik mobil mainannya melewati pintu tol, ternyata ia sampai di dunia ajaib yang mengajarkannya banyak hal tentang hidup. Ia bahkan ditemani oleh seoarag anjing bernama Tock, yang memiliki jam menempel pada tubuhnya. 

The Phantom Tollboth ini adalah novel fantasi anak klasik, karena sudah terbit sejak tahun 1960.Ceritanya tidak hanya imajinatif, tapi juga ringan dan penuh pesan moral. 


9. James dan Persik Raksasa (James and The Giant Peach) by Road Dahl 

Blurb
Kedua bibi James, Spiker dan Sponge, selalu mengejeknya. Mereka memukulinya, membiarkan kelaparan, dan membuat hidupnya sengsara. Coba orangtuanya tidak tewas dimakan badak. Tapi suatu hari ia bertemu pria miterius yang memberinya sekantong lidah buaya ajaib, dan mulailah petualangan ajaibnya..

Road Dahl adalah salah satu penulis cerita anak terkenal dari Inggris. Dari sekian banyak novel karyanya, saya merekomendasikan buku James dan Persik Raksasa. Karena ceritanya menurut saya sangat unik. Tentang James dan beberapa hewan yang menyebrangi lautan dengan buah persik raksasa. Apalagi selama ini James yang yatim piatu, sudah cukup hidup sengsara bersama bibinya yang jahat.

10. Elantris by Brandon Sanderson

Blurb
Elantris, pusat dari Arelon, kota nan indah, bercahaya dan dihuni oleh makhluk abadi yang menggunakan kekuatan sihir mereka demi kemanusiaan. Penduduk Elantris berasal dari manusia biasa yang disentuh Shaod sehingga mereka dikaruniai kekuatan abadi. Sepuluh tahun lalu, tiba-tiba saja kekuatan Elantris musnah. Shaod mengubah penduduk Elantris menjadi penyakitan, berkeriput dan tak berdaya bagai penderita lepra. Kota yang dulu indah dan bercahaya kini kumuh, kotor, dan diambang kehancuran.
Putri Sarene dari Teod tiba di Arelon untuk menikahi pangeran Raoden demi kepentingan politik. Ternyata Raoden sudah meninggal dan Sarene harus hidup tanpa pelindung di bawah ancaman serangan kaum Fjordell yang fanatik. Tetapi, tak ada yang tahu bahwa sebenarnya Raoden telah disingkirkan sang Ayah ke kota Elantris yang terkutuk. Karena Raoden telah ternoda oleh Shaod yang menyerang penduduk Elantris. Sementara itu, Hrathren dan para pendukung fanatiknya dari Fjordell ingin menghancurkan Elantris yang mereka anggap sebagai bukti kebusukan dan kejahatan penghuni kota itu. Bisakah Arelon bertahan dari serbuan Fjordell? Raoden harus menguak rahasia terpendam di Elantris demi menyelamatkan negara dan tunangannya.
Sebuah kisah fantasi epik yang lengkap, kuat dan penuh kejutan. Sebuah debut menyegarkan di dunia high-fantasy.

Dari fantasi anak, kita beralih ke high fantasy berjudul Elantris. Buku debut karya Brandon Sanderson, penulis fantasi terkenal dari Amerika. Selama ini kita tau Elantris sebagai kota megah yang hilang. Sedangkan di buku ini diceritakan Elantris sebagai kota dan penghuninya yang  dikutuk. Ada konflik kerajaan dan politik, semua penuh fantasi. Cukup berat karena banyak istilah asing yang digunakan dan konflik yang diangkat juga cukup banyak. Tokoh yang terlibat juga tidak kalah banyak. Tapi buku ini sangat rekomen untuk pencinta fantasi, apalagi high fantasy.

11. A Monster Calls by Patrick Ness


Blurb
Sang Monster Muncul Persis Lewat Tengah Malam. Seperti Monster-Monster Lain. Tetapi, dia bukanlah monster seperti yang dibayangkan Conor. Conor mengira sang monster seperti dalam mimpi buruknya, yang mendatanginya hampir setiap malam sejak Mum mulai menjalani pengobatan, monster yang datang bersama selimut kegelapan, desau angin, dan jeritan… Monster ini berbeda. Dia kuno, liar. Dan dia menginginkan hal yang paling berbahaya dari Conor. Dia Menginginkan Kebenaran. 

Mungkin pembaca blog ini lumayan ngeh kalau saya udah ngebahas buku ini beberapa kali. Memang sesuka itu sih saya dengan karya Patrick Ness yang satu ini πŸ˜† A Monster Calls menceritakan tentang Conor, anak 13 tahun yang hidup bersama ibunya yg sedang sakit keras. Hingga suatu malam, Conor didatangi monster yang berbentuk pohon yew besar yang hidup. Sejak itu, monster tersebut sering datang menemui Conor tepat pada pukul 00.07 malam. Conor tidak takut pada monster yang datang padanya, karena dia pernah memimpikan yang lebih menyeramkan. Alasan pohon itu datang, dan kisah-kisah yang diceritakan pohon yew kepada Conor sangat menarik.

Buku ini suram dan menyentuh di saat bersamaan. Bukunya tidak tebal dan penuh ilustrasi gelap karya Jim Kay. Jadi sangat bagus untuk dikoleksi. Buku ini juga sudah diangkat menjadi film, dan baik film dan bukunya sukses membuat saya berkaca-kaca 😒. 

πŸ¦„πŸ§š‍♀️🧜‍♀️

Wuaaa, lelah juga ternyata nulis sepanjang ini πŸ˜…. Semua fantasi di atas memang keren-keren sih. Kamu juga bisa kepoin ratingnya di Goodreads. Bagus-bagus semua. Nanti kalau ada tambahan lain saya akan edit di postingan ini. Sekarang saya udah lelah duluan ngetik sebanyak ini πŸ˜†πŸ˜†.

Dari semua daftar di atas, buku mana kira-kira yang menjadi favorit kamu? Share di komen yaa. Sekalian share juga kalau kamu punya rekomendasi fantasy stand alone yang bisa saya tambahkan di list ini.

Sampai jumpa lagiii.. 

Sunday, 28 November 2021

Review Novel Pasukan Buzzer, Ketika Internet Bisa Menghancurkan Kehidupan

Selamat akhir pekan semuanya!

Pada akhir pekan yang mendung ini, saya aka merekomendasikan sebuah buku terjemahan Korea yang diterbitkan oleh penerbit GPU. Judul bukunya adalah Pasukan Buzzer karya Chang Kang-Myoung. 

Review Novel Pasukan Buzzer

Apa sih yang ada di pikiran kamu kalau mendengar kata buzzer? Kalau saya, biasanya langsung ingat dengan perang di internet saat Pilpres πŸ˜‚.  Biasanya kan kalau ada yang membela calon tertentu dan menjelek-jelekkan calon lain, langsung dianggap buzzer tuh. 

Pengamat media sosial Enda Nasuiton mengatakan 'Buzzer adalah lebih ke kelompok orang yang tidak jelas siapa identitasnya, lalu kemudian biasanya memiliki motif ideologis atau motif ekonomi di belakangnya dan kemudian menyebarkan informasi' (kompas.com). Intinya, jangan percaya apapun yang kamu baca di internet. Banyak kebohongan di sana, bahkan kebohongan yang diambil dari fakta-fakta yang membuatnya terlihat seperti suatu kenyataan. 

Kombinasi yang tepat antara kebohongan dan kebenaran menghasilkan efek yang jauh lebih besar daripada 100% kebohongan - hal 24

 

Sebelum cerita lebih jauh, mari kita intip dulu blurb dari buku ini: 

Blurb
Sam-goong, Chatatkat, dan 01810 pada awalnya membentuk Tim Aleph sebagai perusahaan pemasaran online yang menawarkan jasa mempromosikan produk atau perusahaan. Dengan Sam-goong yang ahli menyusun strategi, Chatatkat yang pintar merangkai kalimat, dan 01810 yang jago komputer, mereka pun dengan cepat menguasai cara memanipulasi orang-orang melalui internet.
“Kalian pernah mendengar situs bernama Kafe Jumda? Jika kalian berhasil menghancurkan situs itu dalam waktu satu bulan, aku akan memberi kalian sembilan puluh juta won.”
Dengan keyakinan polos dan menggebu-gebu bahwa mereka bisa mengubah dunia, Tim Aleph pun mulai beraksi. Ketiga pemuda itu sama sekali tidak menyadari bahwa mereka mungkin terlibat dalam permainan politik berbahaya dan organisasi rahasia yang tidak segan-segan menyingkirkan siapa saja yang dianggap bisa merugikan mereka... dengan cara apa pun.

Tim Aleph dan Permintaan Pekerjaan Yang Aneh

Buku ini menceritakan 3 pria geeks, ahli komputer & internet, anggota buzzer yang disebut Tim Aleph. Tim Aleph terdiri dari tiga orang, yang bekerja di sebuah apartemen sekaligus berfungsi sebagai kantor mereka. Sam-goong, bisa dikatakan adalah ketua mereka, yang memiliki startegi dan kreativitas untuk menjalankan misi. Chatatkat adalah yang pandai merangkai kalimat untuk bahan buzzer mereka dan satu lagi 01810 adalah cowok canggung yang tidak bisa bergaul, tapi jago komputer. 

Pekerjaan yang mereka terima aneh-aneh. Misalnya membuat sebuah film tidak sukses di pasaran, atau menghancurkan sebuah forum di internet. Semua cukup mereka lakukan dengan membuat berbagai postingan yang menggiring opini publik. Suatu pekerjaan mereka bahkan  diberikan imbalan puluhan jutaan Won hanya dalam sebulan (setara hampir 1 Miliar Rupiah πŸ™‰). Dan cara kerja mereka menurut saya cerdas sekali, sampai saya sering terkaget-kaget sendiri sambil bergumam Eh kok bisa gitu? Wah ternyata bisa gitu ya? πŸ˜† Sebegituanya cara mereka sampai bisa menghancurkan kelompok yang dituju, bahkan menyebabkan kematian banyak orang. Segitu besarnya memang pengaruh internet. 

Semakin lama kita menenggelaman diri ke dalam internet, semakin sering kita melihat apa yang ingin kita lihat, dan semakin dalam kita percaya pada apa yang kita percayai selama ini. Jelas sekali itu bias konfirmasi - hal 70

Buzzer dan Isu Sosial di Korea Selatan

Banyak isu sosial yang dibahas pada novel ini, terutama isu sosial di Korea Selatan. Tentang bagaimana kesenjangan populasi pria dan wanita, karena pada suatu masa banyak pengguguran kandungan apabila anak yang dikandung perempuan. Belum lagi isu nternet, kebiasaan anak muda, konspirasi pemerintah, dan  berbagai isu lainnya. Isu lain yang terlihat gamblang adalah bagaimana pria-pria Korea kadang bekerja terlalu keras dan sepulang kerja mereka harus mencari kesenangan di tempat karoke plus-plus dan panti pijat.  Oiya, jadi ini bukunya 21 tahun ke atas ya, karena banyak adegan dewasanya πŸ‘Ώ.

Beberapa orang menganggap isu yang dianggkat buku ini cukup berat, tapi saya pribadi sangat menikmati membaca buku ini, Awalnya kecepatan baca masih biasa untuk sepertiga awal, dan setelah itu langsung ngebut sampai tamat karena saya kagum dengan cara kerja Tim Aleph ini. Jadi pengen buru-buru beresin baca bukunya 😁.

Twisted Ending yang Tidak Terduga

Tadinya saya akan memberikan rating 3,5 saat mebaca buku ini. Apalagi saya termasuk jarang membaca buku terjemahan Korea sebelumnya, alasannya simpel sebenarnya, karena saya susah mengingat nama-nama orangnya πŸ˜… Apalagi saya juga bukan penggemar film atau Kdrama. Untung saja tokoh utama di buku ini tidak terlalu banyak, dan namanya cukup 'unik'. Sehingga saya pusing dengan namanya cuma di awal-awal aja, berikutnya makin bisa mengikuti. 

Ketika mulai mendekati akhir, saya dikejutkan oleh sasaran misi Tim Aleph ini. Belum lagi ending yang terjadi dengan karakter Tim Aleph. Jadi saat menutup buku ini, saya langsung mikir, 'Gila, keren banget!'. Konflik yang ditawarkan cukup kompleks, melebihi ekspektasi saya di awa. 

Jadi, tentu saja 4 bintang untuk buku Pasukan Buzzer karya Chang Kang-Myoung.

Review Novel Pasukan Buzzer
Judul : Pasukan Buzzer (λŒ“κΈ€λΆ€λŒ€)
Penulis :  Chang Kang-Myoung
Penerjemah : Lingliana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (GPU)
288 halaman
Terbitan 1, 2021
Bagaimana menurut kamu buku Pasukan Buzzer karya Chang Kang-Myoung ini? Apakah tertarik untuk membaca juga? Atau apakah kamu punya rekomendasi novel Korea yang menarik juga?





Sunday, 31 October 2021

Reportase Asik Dunia Literasi Oktober 2021

Wuaaa, hari terakhir Oktober udah dateeeng πŸ˜†. Tahun ini tinggal 2 bulaan guuyss. Sebelum bulan Oktober ini berakhir, saya mau paksain diri sendiri buat nulis Reportase Asik Dunia Literasi untuk Oktober 2021. Sebenarnya saya sedang padat-padatnya, πŸ˜… tapi kalau tidak dipaksakan maka reportase asik dunia literasi akan perdana bolong. 

Padahal kan pengen juga setahun tanpa bolong kayak postingan JanexLia yang udah anniversary ke1 bulan ini 😁. 
Jadi saya mau maksain nulis. Yaaa, walaupun isinya ujung-ujungnya alakadarnya. Hehehe πŸ˜…. Jadi kalau kamu mengharapkan reportase yang woow banget, mendingan ga usah lanjut scroll ke bawah gpp, kok. Saya relaa.. #sambil nangis di pojokan. Hehehe.. 

Reportase asik kali ini ada tiga hal yang akan saya bahas, ini dia:

1. Menamatkan sebuah buku tanpa perlu membacanya di Minterin.id

Pernah gak sih kamu pengen banget  namatin buku nonfiksi tapi ternyata waktu bacanya nggak cukup? Atau, kamu udah nyoba baca tapi ternyata bahasanya cukup berat dan berujung akhirnya bukunya tidak selesai dibaca? Atau pengen baca, tapi ga punya akses ke bukunya? Atau kamu memang males aja baca πŸ˜†, tapi pengen tau dan pengen dapet ilmu dari bukunya?  

Baru-baru ini, penerbit Mizan meluncurkan sebuah situs berjudul Minterin.id, yang isinya adalah ringkasan buku-buku non fiksi yang bisa kamu baca. 


Minterin.id adalah platform yang menyajikan konten buku non-fiksi best-seller dengan konten singkat tapi cukup lengkap. Konten yang disajikan bisa dibaca hanya dalam 15 menit. 
Caranya gampang, kamu tinggal register. Abis itu, pilih deh ringkasan buku yang kamu mau baca. Ringkasannya dibuat dengan bahasa santai, dan bisa diselesaikan ga nyampe dalam 15 menit baca. Untuk saat ini, semua ringkasan buku masih bisa dibaca gratis. 
Buku yang dibahas beragam banget. Mulai dari buku pengembangan diri, manajemen, bisnis, dan tidak menutup kemungkinan buku-buku nonfiksi lainnya.

Oiya, fun fact, saya saat ini juga jadi salah satu freelance content creator di Minterin.id loh. Jadi beberapa ringkasan itu ada yang saya buat πŸ˜† Buruan daftar ya, mumpung masih gratis..

2. IIBF datang lagi

Indonesia International Book Fair (IIBF) tahun ini akan hadir lagii guuys 😍😍. Ini salah satu pameran buku favorit saya dan tidak pernah absen saya kunjungin saat sebelum pandemi. Biasanya diadakan di JCC Senayan, dan ada jutaan buku, ratusan stand serta tentu saja diskon menggila. Surgaaaa banget pokoknya buat pencinta buku.

Ada yang kangen ke pameran buku kayak gini? πŸ˜†
Ini foto IIBF 2019, dari tempo.co

Tahun ini, IIBF akan diadakan tanggal 17-21 November 2021. Mengusung tema IIBF Hybrid 2021, jadi akan tetap ada offlinenya di Assembly Hall JCC (Jakarta Convention Center) guys 😍. Jangan lupa siapkan aplikasi pedulilindungi kamu kalau mau hadir yaaa.

Oiya, buat yang online juga ada di Shoppe.id, jutaan buku akan diskon πŸ˜†πŸ˜†. Akan banyak acara menarik juga selain diskon-diskon, kayak meet & greet penulis, booktalk dll. 

Fun fact, saya sudah ditawarkan juga untuk ngisi salah satu sesi di IIBF buat ngomongin buku Semangat, Tante Sasa! Yeeyy.. Doakan mudah2an ga ada halangan apa-apa yaa, guys 😍 Biar saya jadi nampang di IIBF nanti 🀣

3. JanexLia Anniversary

Siapa yang di sini suka menunggu-nunggu tayangan postingan tentang buku di blog Mba Jane dan Lia setiap akhir bulan? Ga kerasa, bulan Oktober 2021 ini tepat 1 tahun sejak postingan JanexLia pertama kali terbit loh 😍 Buat yang belum tahu, Mba Jane dan Lia borkolaborasi untuk posting tulisan tentang buku, mulai dari book swab, review, bahkan cerita tentang journey mereka bersama buku, tidak ketinggalan juga kadang suka ada giveaway-giveaway menarik.

Ga kerasa pokoknya, berasa baru kemaren saya antusias baca postingan pertama mereka, tau-tau sekarang udah setahun aja. 
Fun fact, buat postingan anniversary, Mba Jane dan Lia ngajak saya ngobrol bareng loh. Terharu 😒 Kita ngomongin buku, ngomongin gimana saya awalnya suka membaca dan sekelumit cerita saya sebagai penulis 😍 Seru banget diajak ngobrol dua orang ini, sungguh rasanya positive vibes banget. Ga salah kalau JanexLia banyak penggemarnya πŸ˜†πŸ˜

Baca tulisan Mba Jane dan Lia di: 
πŸ’–πŸ’–πŸ’–

Demikian Reportase Asik / Resik kali ini guys 😁. Oiya, sebelum ditutup, ada satu bonus Resik lagi, nih. 


Jadi, bulan Oktober kemaren, saya perdana instagram live guys πŸ˜‚ Hahahha.. Maaf agak norak, maklum baru perdana. Kemaren saya live bareng editor buku Semangat, Tante Sasa! dan editor GWP (Gramedia Writing Project). Kita ngobrol santai tentang penerbitan buku Semangat, Tante Sasa! yang berawal dari GWP. 
Buat yang ga sempet ikut dengerin kemaren, ini ada rekamannya di save di ig @gwp_id


Jadi, Resik nomor berapa yang jadi favorit kamu kali ini? Share di komen yaaa... 😊

Wednesday, 27 October 2021

Order Now! Buku Terbaru Saya 'Semangat, Tante Sasa!'

Kadang masih percaya ga percaya buku ini akhirnya terbit 😍😍 Hari ini, 27 Oktober 2021, buku Semangat, Tante Sasa! telah tersedia di seluruh Gramedia, Togamas, dan marketplace, seluruh Indonesia...

Perjalanan buku ini panjang, lebih dari setahun sejak kata pertama naskah ini diketik sampai akhirnya sampai ke tangan pembaca. 17 September 2021 resmi rilis di Gramedia Digital, dan hari ini tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya Sasa yang disemangati oleh Ve, tapi saya juga disemangati untuk tidak pernah berhenti bermimpi dan berusaha mewujudkannya πŸ’–πŸ’–.

Semangat, Tante Sasa! Thessalivia
Blurb
Demi apa Sasita yang seorang wanita karier tiba-tiba diminta menjaga anak kecil? Sudah cukup hidupnya disibukkan dengan pekerjaan, sekarang harus memikirkan anak kecil pula. Sasita terpaksa mengorbankan kebiasaannya bersenang-senang sampai larut malam, kadang sampai mabuk, dengan teman-teman kantornya.
Belum lagi Mama yang tidak memercayai Sasita sanggup mengurus Velisa, keponakannya, anak almarhum Kak Vania. Mama tahu kebiasaan Sasita pulang malam, hura-hura, apalagi Sasita malah dekat dengan laki-laki beristri! Sasita sama sekali bukan contoh yang baik bagi Velisa. Kalau sudah begini, apakah tugas yang terpaksa Sasita emban justru akan semakin meretakkan hubungannya dengan Mama? Apakah Sasita sanggup memenuhi janjinya kepada Kak Vania?

Kalau kamu berminat baca, cus langsung ke toko buku buat beli πŸ˜†. Atau buat kamu yang mager, sobat rebahan, bisa juga cukup menggerakkan jempol buat pesan di marketplace resmi Gramedia misalnya di sini , atau banyak juga toko online lain yang menawarkan diskon menarik 😁


Oiya, yang mau pesan edisi ttd, juga bisa loh. Tinggal dm saya di instagram @thessalivia atau email ke mywonderfulbooklife@gmail.com.

Semangat, Tante Sasa! Thessalivia
Banyak bonusnya dan free ongkir 😍😍

Btw, sebelum postingannya ditutup, ada yang mau gratisan ga nih? Hehehe.. Satu buku Semangat, Tante Sasa! gratis buat kamu yang komen di postingan ini. Komennya bebas, nyapa doang, atau sekedar bilang 'mau' doang juga gpp, atau mau promo tulisan kamu juga gpp, asal ga pake link ya. Suka masuk spam soalnya kalau komen yang ada link-nya πŸ˜† Atau mau bantuin promosi juga boleh banget. #ngarep. Hahahha..
Komen yang diperhitungkan untuk giveaway adalah yang masuk paling lambat tanggal 7 November 2021, yaaa..



Tuesday, 19 October 2021

SCRUM, Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Berkali Lipat dari Jeff Sutherland

Halo semuanyaa!

Udah lama nih ga bahas buku nonfiksi 😁. Sekarang saya lagi on the mood baca buku non fiksi terkait manajemen atau ga keuangan. Padahal saya ga ada latar belakang pendidikan di manajemen sama sekali πŸ˜…. Justru itu menariknya, ternyata banyak hal di manajemen yang bisa diterapkan tidak hanya di manajemen perusahaan, tapi juga di kehidupan sehari-hari.

Buku kali ini yang akan saya bahas adalah buku SCRUM (Meningkatkan Produktivitas Dua Kali Lipat dalam Waktu Setengahnya Saja) oleh Jeff Sutherland

Buku Scrum Jeff Sutherland

Scrum yang diperkenalkan oleh Jeff Sutherland

Pernahkan kamu sudah merencanakan dengan detail sebelum melakukan proyek bersama dalam sebuah tim, tapi pada realisasinya berbeda? Itulah yang sering sekali kita hadapi, realita tidak seindah rencana atau pencapaian tidak sesuai dengan target. Padahal, kita sudah mengalokasikan banyak energi, waktu, dan segala sumber data untuk membuat perencanaan detail di awal.

Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, maka buku ini adalah bacaan yang tepat. Salah satu metode diperkenalkan oleh Jeff Sutherland untuk mengatasi kendala tersebut bernama Scrum. Scrum tidak hanya meminimalisir kesalahan perencanaan, tetapi juga bisa meningkatkan produktivitas berkali-kali lipat, bahkan juga penghematan biaya. Awalnya Scrum digunakan dalam proyek IT dan Sutherland berhasil mereformasi sistem basis data di FBI pasca 9/11 dan memuluskan berbagai proyek di Silicon Valley.

Scrum bisa diterapkan di hampir semua bidang

Seiring berjalannya waktu, Scrum ternyata tak hanya dapat diaplikasikan dapat proyek di bidang teknologi saja, tetapi hampir semua bidang lain seperti pendidikan, jurnalistik, hingga sesuatu yang personal seperti merancang pesta pernikahan. Di Indonesia sendiri, Gojek bahkan dibangun dari nol menggunakan metode Scrum.

Jeff Sutherland sendiri lahir pada tahun 1941. Merupakan creator dari Scrum, konsultan IT dan seorang pilot pesawat tempur. Ia merupakan lulusan Akademi Militer AS dan kemudian melanjutkan Doktor di University of Colorado School of Medicine untuk data collection and IT systems development.

Apa itu Scrum?

Scrum adalah kerangka kerja yang memungkinkan sebuah tim meningkatkan kinerja sampai berkali-kali lipat, dengan menata ulang perencanaan, waktu dan tim yang terlibat. Pada buku ini kita akan diberikan gambaran bagaimana cara mengaplikasikan Scrum mulai dari mengenal asal muasal dan teori Scrum, bagaimana membuat tim hebat yang ideal dengan Scrum sampai cara bagaimana membuat perencanaan, mengatur waktu, prioritas dengan Scrum

Yang Menarik dari Buku Scrum

Jujur saja, tidak semua yang dijelaskan di buku ini saya paham juga detail cara prakteknya. Hahahha.. πŸ˜… Tapi iya juga sih, kalau lewat buku aja semua orang bisa mengaplikasikan, ga akan perlu Jeff Shuterland sampai membuat perusahaan konsultan Scrum. Namun, yang saya suka saat membaca buku ini adalah cerita sukses pengaplikasian Scrum ini di berbagai conoh perusahaan dan bilang lainnya.

Salah satunya adalah awal penggunaan Scrum di proyek FBI. Kabarnya, kalau saja proyek ini selesai lebih cepat, bisa saja mencegah pengeboman 9/11. FBI waktu itu memiliki sebuah proyek untuk memperbarui seluruh perangkat lunaknya yang dikenal dengan proyek Sentinel. Proyek itu sudah jauh melebihi jangka waktu penyelesaian, 3 tahun dan belum membuahkan hasil sama sekali, nyaris gagal total. Sentinel juga mengeluarkan biaya jauh lebih besar dari anggaran awal. Sudah menghabiskan USD 100 Juta masih memerlukan tambahan USD 70 Juta jika ingin proyeknya selesai.

Dengan Sentinel, proses manual di FBI akan diubah dengan perangkat lunak yang lebih canggih 

Ketika Jeff Sutherland mengambil proyek ini, orang mengira ia akan juga akan gagal seperti kontraktor sebelumnya. Tapi ia mengurangi karyawan kontrak dari 220 orang menjadi 40 orang, karyawan FBI yang ditugasi juga berkurang dari 30 orang menjadi 12 orang. Ajaibnya, proyek selesai dengan sisa anggaran yang hanya USD 20 Juta dan 12 bulan sejak kerangka kerja Scrum diterapkan. Semua berkat kerangka kerja Scrum.

Itu hanya salah satu contoh. Banyak lagi contoh lain yang bikin saya berdecak kagum 😍😍.

Scrum's Fun Fact

Kayaknya ga mungkin merangkum cara mengaplikasikan kerangka kerja Scrum di satu postingan blog πŸ˜…. Tapi ada beberapa yang bisa saya highlight di sini, antara lain:

  1. Tinggalkan rencana jangka panjang, apalagi sampai bertahun-tahun kemudian. Buat rencana seperlunya saja. Perencanaan mendetail pekerjaan untuk jangka panjang pasti banyak melesetnya.
  2. Kunci utama pada Scrum adalah memoles rencana sepanjang pelaksanaan proyek, alih-alih membuat keseluruhan secara detail di awal.
  3. Pecah pekerjaan menjadi beberapa jangka waktu pendek (maks 1 bulan), yang disebut Sprint. Pasang target yang harus diselesaikan setiap Sprint, dan evaluasi setiap akhir Sprint
  4. Pajang pekerjaan yang harus diselesaikan di setiap Sprint, beserta statusnya (sudah selesai, masih proses, dll). Agar setiap anggota tim bisa mengetahuinya
  5. Jangan tentukan waktu penyelesaian proyek sejak awal. Tapi coba beberapa Sprint untuk mengukur kecepatan anggota tim. Baru putuskan waktu penyelesaian proyek/pekerjaan
  6. Setiap evaluasi Sprint, bahas apa saja hambatannya dan cara menyingkirkannya. Dan dapatkan kinerja tim sampai berkali-kali lipat.
  7. Buat tim seramping mungkin agar bisa bekerja lebih gesit dari pada tim besar. Jumlah anggota tim ideal adalah 7 orang plus minus 2
  8. Pastikan semua orang di tim tahu misi besar yang ingin dicapai, agar mereka bisa ikut merasa bonding dengan pekerjaan yang akan diselesaikan
  9. Beri tim otonom yang cukup, agar terhindar dari birokrasi yang berbelit-belit
  10. Hindari pemborosan tak berguna, seperti kebijakan yang tolol, formulir tidak berguna, rapat bertele-tele, persetujuan berbelit-belit, standar yang berkesan sembarangan. Stop itu sekarang juga, ya!
  11. Dalam mempraktekkan Scrum, Jeff Sutherland menganalogikannya dengan belajar Shu Ha Ri dalam bela diri Jepang. Jangan main tebak-tebakan, pertama pelajari aturan main dan jurus-jurusnya. Begitu kita menguasai, baru buatlah variasi. Akhirnya ketika mencapai tingkat ahli, jurus-jurus bisa dikesampingkan dan kita tinggal mengada, sebab pembelajaran telah otomatis dalam diri kita dan proses pembuatan keputusan berlangsung secara hampir tidak disadari.
Salah satu cara memajang pekerjaan di setiap Sprint pada Scrum, memanfaatkan sticky notes

Poin ke berapa yang paling menarik buat kamu? 😁 Share di komen yaa...

Rating

Walaupun saya tidak langsung mengerti secara keseluruhan isi buku ini, saya tentu saja tetap merekomendasikan buku ini buat kamu. Terutama kalau kamu lagi mencari insight berbeda tentang manajemen. Atau buat kamu yang sekedar pengen tahu atau ingin memaksimalkan fungsi tim kamu sekarang. Selain karena isinya yang sangat berbobot, bahasanya cukup ringan untuk dibaca siapapun, walaupun orang tanpa background pengalaman sejenis.

4 bintang untuk buku SCRUM (Meningkatkan Produktivitas Dua Kali Lipat dalam Waktu Setengahnya Saja) oleh Jeff Sutherland

SCRUM Meningkatkan Produktivitas Dua Kali Lipat dalam Waktu Setengahnya Saja
Penulis : Jeff Sutherland
ISBN: 9786022913870
Tahun Terbit: Juni 2017
Halaman: 304 Halaman
Penerbit: BENTANG PUSTAKA
Baca di Ipusnas
(Sumber gambar : Canva dan freepik.com)

Bagaimana, apakah kamu berminat juga untuk membaca buku ini? Atau kamu punya rekomendasi buku nonfiksi untuk saya baca berikutnya? Share di komen yaa guys πŸ˜‰

Thursday, 30 September 2021

Reportase Asik : Cerita Tentang Novel 'Semangat, Tante Sasa!'

Halo semuanyaa...

Tidak terasa kita udah masuk di hari terakhir bulan September 2021. Dan saya baru inget belum nulis tetang Reportase Asik Dunia Literasi, Resik September 2021. Setelah ga pernah bolong untuk posting tulisan Resik sejak Mei 2021, saya jadi mau memaksakan diri buat bulan ini biar ga bolong. Setelah mikir-mikir nyari ide, saya kepikiran, kenapa ga nulis tentang buku sendiri aja? Hahhaha.. Lumayan kan sekalian promosi πŸ˜†


Buku 'Semangat, Tante Sasa!' telah terbit September 2021

Waktu editor saya bilang buku ini akan terbit bulan September 2021, rasanya langsung perasaan saya melayang-ayang sekaligus  dag dig dug gitu loh. Walaupun menurut saya dan editor ini ceritanya oke, belum tentu yang baca juga beranggapan sama kan πŸ˜… Akhirnya waktu terbit tanggal 17 September 2021 kemaren, saya bawaannya keringet dingin kalau ada yang ngetag di instagram. Hahahha..

Tapi, alhamdulillah, sejauh ini tanggapan orang-orang yang baca cukup positif. Bahkan ada yang bikin saya berkaca-kaca waktu baca komennya. Salah satunya seperti ini: 

Ini DM instagram dari salah satu penulis yang karyanya baru aja terbit dan hist di GPU

Bahkan di Goodreads, ada yang ngasi saya full star kaya gini. Wuaa, langsung hari saya terasa bersinar cerah ceria gembira pas baca.

Teh Reytia ini udah ikut baca naskah ini saat masih berjudul 40 Hari Menjadi Ibu di web gwp.id

Baby sitting vs Parenting

Buat yang belum tau novel ini tentang apa, novel 'Semangat, Tante Sasa!' menceritakan tentang Sasita yang harus merawat keponakannya Velisa selama 40 hari. Baby sitting selama ibunya Sasita, atau neneknya Velisa berangkat ibadah haji. Sasita yang wanita karir, single dan ga pernah punya pengalaman ngerawat anak, pasti kelimpungan merawat anak kelas 1 SD kayak Velisa. 

Jadi, menurutku apa yang diangkat di buku ini komplit banget. Mulai dari bagian yang dekat dengan keseharian kita, ada kocaknya juga ketika melihat Sasita yang panik dengan tingkah Velisa, haru dengan apa yang dialami oleh Velisa dan Sasita, proses pendewasaan tiap tokoh yang ada dan tentunya ending yang memuaskan! - Mba Tika di tikbookholic.com

Ini salah satu contoh kejadian Sasita dan Velisa yang bikin geleng-geleng kepala: 


Ada yang pernah mengalami kejadian di atas? Saat pagi serba buru-buru, tau-tau anak baru bilang butuh ini itu buat ke sekolah? hehehe.. Atau pernah ada yang ngalamin kayak Tante Sasa waktu nemenin Ve sakit perut? πŸ˜‚

Bicara tentang tema, Semangat, Tante Sasa! benar-benar terasa dekat buat saya, seorang bapak-bapak yang punya anak kelas 1 SD. Membaca beberapa tindak-tanduk Velisa bikin saya manggut-manggut dan berguman, "Lah, kelakuannya sama kaya anak saya!"πŸ˜‚πŸ˜‚ Selain itu, kebingungan yang dialami Sasita juga beberapa pernah saya rasakan. Membaca cerita ini rasanya seperti mengingat-ingat pengalaman pribadi. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†  - Dimas Abi di dimasabi.my.id

Pada akhirnya, sebenarnya saya ingin pembaca ikut merasakan bahwa menjadi ibu itu bukanlah pekerjaan yang gampang. Parenting itu hal yang rumit. Tetapi, setiap tetes keringat yang mengalir, insya Allah worthed dan selalu terbayar saat liat anak tersenyum bahagia 😊

Jadi, terima kasih untuk temen-temen yang sudah meluangkan waktu membaca kisah Sasita dan Velisa. Bahkan sampai ikut membantu posting baik di sosmed maupun blog. Your support really mean a lot πŸ’—πŸ’— Semoga cerita ini, walaupun receh, bisa ikut memberikan kehangatan yaa...

Booktour

Sampai sejauh ini, udah bikin kamu pengen baca bukunya belum? Please bilang pengen, biar saya riang gembira di akhir bulan ini πŸ˜‚πŸ˜‚ 

Kalau belum yakin untuk baca lebih lanjut, kamu bisa intipin dulu review orang-orang di Goodreads, atau ikutin booktour Semangat, Tante Sasa! di temen-temen blogger dan bookstagram pada jadwal ini yaa..




Demikian postingan resik bulan ini yang ujung-ujungnya promo buku sendiri. hahahha 😁 Ada ide ga teman-teman untuk postingan resik bulan depan?