Saturday, 23 February 2019

Apa Yang Terjadi Kalau Mum Jadi Monster ya?

Buat kamu yang sudah menjadi ibu, pernah ga kalian merasa lelah dan akhirnya meledak di saat rumah berantakan, cucian numpuk, ditambah dengan anak-anak sedang tidak mau diatur? Sampai-sampai kamu jadi berteriak mara-marah dan anak-anak ketakutan karena mamanya berubah seperti monster? Ini lah yang terjadi pada Mum di buku "When Mum Turned Into a Monster" by Joanna Harrison.

 Buku When Mum Turned Into a Monster menceritakan tentang Mum yang tiba-tiba ditelpon sodaranya mengabari kalau sepupu-sepupu mereka akan datang untung untuk acara minum teh. Mum langsung kelabakan karena rumah berantakan dan tidak ada makanan. Mum akhirnya menyuruh 2 orang anaknya untuk membantu membersihkan kamar dan tempat tidur. Tapi anaknya tidak menurut dan membantu, mereka malah membuat kamar semakin berantakan, rewel saat dibawa ke supermarket, bertengkar di mobil, mengotori rumah yang sudah dibereskan dan memakan cemilan yang sudah disiapkan Mum untuk acara minum teh. Mum mulai tidak sabar dan perlahan berubah jadi monster. Dimulai dari tangannya menjadi hijau, telinganya menjadi runcing, muncul ekor panjang, mata tambahan juga muncul di keningnya, dan akhirnyaa "Oh No, She's gone completely BONKERS!"

Saya sebenarnya jarang membahas buku anak yang banyak gambar seperti ini, karena cerita buku anak biasanya sejenis tentang mengajarkan kebaikan. Kadang karakternya hewan, kadang manusia, tapi intinya sama, mengajarkan membantu dan kebaikan-kebaikan lainnya. Tetapi buku ini berbeda, ceritanya sangat unik. Tidak nyata karena tidak mungkin Mum akan jadi monster, tapi juga terasa nyata karena sebagai ibu pasti pernah merasakan saat ambang kesabaran sudah diujung tanduk 😁
Ceritanya unik dan saya langsung jatuh cinta sejak saat flashread sebelum membeli. Waktu dibawa pulang, anak-anak ternyata juga suka banget. Titha sekarang sudah 6 tahun, sampai minta bacain buku ini 4 kali berturut-turut saat baru beli. Dedek Tara sekarang 1,5tahun, biasanya suka saya bebaskan memilih buku yang dibaca sebelum tidur. Buku ini tidak selalu jadi pilihan pertamanya, tapi kalau sudah dibacain ini, pasti paling tidak minta diulang baca sampai 3 kali dulu sebelum mau dibujuk pindah ke buku lain.

Jadi 4 bintang untuk buku favorit anak-anak saya ini :

When Mum Turned Into a Monster
Joanna Harrison
Harper Collins Publisher, 1996
ISBN : 0 00 198128 5

4 comments:

  1. hahaha ini mah si Rey banget, astagfirullahhhh.
    Saya sering banget meledak2 kalau si sulung ga mau dengar perkataan saya, meskipun Alhamdulillah akhir2 ini saya jadi lebih bisa mengendalikan diri dengan cara banyak2 istigfar, langsung cuci muka, sekalian wudhu.
    Buku ini kayaknya bagus juga nih, dibaca anak saya, biar dia tau mamaknya bisa jadi monster hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Related bgd kan Mba Rey ceritanya? Hehehe.. saya pun awalnya beli karena ngerasa related bgd, eh ternyata anak2 juga suka 😁

      Delete
  2. Anak bungsuku kalau lagi seneng sama buku, bisa membaca berkali-kali, sampai saya lihatnya bosan. Apalagi kalau saya disuruh bergantian membaca dengan anak. Sampai hafal. Tapi saya tetap senang kalau dia suka baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa mbaa.. hehehe.. anak bungsu ku skrng 1,5th, 1 buku bisa minta bacain sampe 4 kali abis itu baru mau pindah k buku lain. Sampe hapal aku kata2 di bukunya 🤣

      Delete