Tuesday, 15 October 2019

Demonata Series, buku bagus yang tidak kunjung beres dibaca


Siapa di sini yang penggemar Darren Shan? Saya awalnya tau Darren Shan dari buku series tentang vampir yang berjudul sama, Darren Shan. Total ada 12 buku, dan sukses membuat saya hang over saat menyelasikan seriesnya. Pokoknya sukaa pake bangeet.. Baca review saya di sini

Lama berselang, waktu itu ada yang garage sale Domanata Series by Darren Shan ini dengan harga super miring. Tanpa pikir panjang, saya langsung beli satu set yang terdiri dari 5 buku.

Setelah sekian lama mejeng di rak buku, saya akhirnya mengambil buku pertamanya tanpa harapan apa2 dan mulai membaca. Walau di Goodreads nilai setiap bukunya di atas 4, saya tidak berharap apa2 saat membaca karena apa? Karena cover bukunya. Hahahha.. I know, don't judge the book by its cover, tp cover series ini bukannya jenis cover buku2 yang biasa saya baca 😁


 Covernya gambar monster2 jelek kaya gini

Btw, kenapa dinamakan Demonata series? Karena buku ini bercerita tentang selain manusia, ada mahkluk iblis seperti monster yang tinggal di dunia mereka. Iblis2 ini biasa disebut dengan Demonata. Demonata kadang2 bisa menyebarang ke dunia manusia dan menimbulkan kekacauan. Walau hanya bisa menyebrang sebentar, selama di dunia manusia mereka akan membabi buta membunuh manusia, brutal nyaris seperti binantang buas. Di antara demonata yang tidak banyak berpikir dan berperasaan, ada juga demonapta yang pintar dan cenderung culas. Berusaha menipu daya manusia karena tidak ada yang lebih membuat mereka bahagia dari pada melihat penderitaaan manusia (penderitaan tidak hanya dalam siksaan fisik, tapi juga kesedihan, kehampaan kehilangan). Salah satunya demonata yang seperti itu adalah Lord Loss, demonata yang telah hidup ribuan tahun.

Book 1 : Lord Loss
Saat mulai membaca, seperti biasa Darren Shan udah bikin kita korban perasaan karena baru di awal2 buku si tokoh utama yang masih bocah (12 tahun) harus kehilangan seluruh anggota keluarganya yang dibunuh oleh demonata, dan dia harus masuk rumah sakit jiwa tanpa mengerti apa yang sebenarnya terjadi dengan keluarganya.
What I Think : Apa2an ini bukunya, temponya cepet banget, kenapa Grubbs yang awalnya hanya anak sekolah biasa tiba2 hidupnya jadi jungkir balik karena didatangi iblis yang dikenal dengan nama Lord Loss?


Langsung di situ saya jatuh cinta pada cerita Grubbs seperti saya jatuh cinta sama series si vampir Darren Shan. Bukunya bisa dibilang relatif tipis, tapi banyak banget yang terjadi yang membuat kita ga berenti kaget. Semuanya pelan2 membuka masa lalu leluhur Grubbs yang membuatnya bersinggungan dengan Lord Loss. 4 bintang untuk buku ini.



Book 2 : Demon Thief
Saat saya mulai jatuh cinta dengan kisah Grubbs, buku pertama berakhir dengan sedikit question ending dan betapa kagetnya saya ternyata buku ke 2 bukannya ngelanjutin cerita Grubbs tapi malah ngeceritain orang lain. Argg sebaal. 
Buku ke 2 menceritakan tentang Kernel, anak ajaib yang memiliki kekuatan magis untuk membuka jalan ke dunia Demonata, tempat Lord Loss tinggal. Karakter Kernel bukan tipe yang gampang disukai, ga tipe jagoan, botak agak gendut, ga populer juga. Jadi saya agak malas2an sebenarnya baca buku ke 2 ini. Tapi lama2 kok mulai keliatan Kernel ternyata heroic juga, dan pelan2 mulai suka juga sama ceritanya. Apalagi endingnya lumayan bikin kaget n tidak terduga. Di akhir buku saya jadi sedih n simpati sama Kernel, slowly I start to love his story.. Kasian udah bermasksud baik buat berjuang ternyata malah tetep ga bahagia. Huhu..


Book 3 : Slawter
Buku ke 3 akhirnya balik lagi ke cerita Grubbs, yeeyy!! Seruu. Petualangan Grubbs dengan pamannya saat terjebak di tempat syuting film yang ternyata adalah jebakan Lord Loss untuk menyiksa Grubbs dan pamannya. Beberapa kejutan juga disiapkan Darren Shan di cerita ini, membuat kita ga sabar buat beresin baca. Di buku ini juga awal mulai ketauan ternyata Grubbs punya kekuatan luar biasa untuk melawan demonata.


Book 4 : Bec
Buku ke 4 bukan tentang Grubbs atau Kernel. Aarggg, Darren shan, why you did this to me! 😭😭 


Cerita buku ini tentang remaja bernama Bec, penyihir jaman dahulu kala, yang juga bersinggungan dengan Lord Loss. Tapi entah karena alurnya lebih lambat, atau karena saya kepinginnya baca kelanjutan nasib Kernel atau Grubbs, akhirnya di setengah buku saya menyerah dan sampai sekarang saya belum berhasil menyelasaikan buku ke 4 ini.

Book 5 : Blood Beast
Buku ke 5 akhirny lanjut ke cerita Grubbs lagi yeeey.. Jadi kutukan di keluarga Grubbs yang membuat mereka bersinggungan dengan Lord Loss itu adalah mereka memiliki semacam kelainan gen yang bisa membuat mereka menjadi menjadi manusia srigala. Ketika kelainan itu muncul (biasanya di umur belasan tahun), secara berlahan srigala akan mengambil alih tubuh mereka. Mereka akan menjadi srigala buas sepenuhnya, tanpa ada tanda2 kalau dulu mereka adalah manusia. Itulah yang membuat mereka berhubungan dengan Lord Loss. Lors Loss bersedia membantu agar kutukan itu hilang dengan syarat yang tentu saja sebenarnya tidak menyenangkan. Di buku ke lima ini berisi perjuangan Grubs untuk melawan kutukan itu. 



Book 6 (Demon Apocalypse) & Book 7 (Death's Shadow)
Seperti yang saya sudah ceritakan di atas, saya membeli buku ini sampai buku ke 5 dan betapa terkezut nya saya ternyata series ini belum beres di buku ke 5. Dan bodohnya saya baru ngeh saat menutup halaman terakhir buku Blood Beast.


Yaampun kemana aja bu 😭😭 Nyari2 online kok ya ga nemu lagi yg jual hardbook nya, toko offline apa lagi, karena ini kan udah terbit dari belasan tahun lalu. Apa jangan2 emank Gramedia cuma terjemahin sampai buku ke 5 ya?

Akhirnya purchase english ebook nya, dan cerita berlanjut dengan petualangan Grubbs di buku ke 6 dan ke 7. Serunya masih, nilainya juga saya kasi 4. Malah petualangannya makin seru karena para Demonata mulai nyerbu ke bumi dan banyak korban jiwa. Huhu.. Demonanta ga hanya iblis tricky yang berusaha melakukan tipu muslihat kepada manusia. Tetapi mereka mulai melakukan penyerangan dan ingin menguasai dunia manusia. Di buku ini juga keliatan benang merah antara Grubbs, Kernel dan bahkan Bec.

Book 8 and still counting...
Buku ke 8, pasca demon apocalypse, saya entah kenapa merasa lelah membaca cerita demonata dan berhari2 tidak beranjak dari halaman puluhan buku ke 8..

Jadi intinya apa? Ga ada intinya, hahaha. Mau cerita aja pengalaman pas baca buku Demonata series. Bukan review juga sih, pengen cerita aja πŸ˜‚ Intinya, ternyata buku bagus juga bisa bikin overwhelmed sampai ga ada minat buat beresin baca ceritanya.

Hmm, ga over juga sih, mungkin nanti2 bakal lanjut baca lagi tapi ga tau kapan πŸ˜…

Demonata Series by Darren Shan
1. Lord Loss - 6 June 2005 (5 October 2005 in the US). Terjemahan Gramedia November 2009
2. Demon Thief - 5 October 2005 (7 June 2006 in the US). Terjemahan Gramedia Februari 2010
3. Slawter - 1 June 2006 (1 November 2006 in the US). Terjemahan Gramedia Mei 2010
4. Bec - 2 October 2006 (1 May 2007 in the US). Terjemahan Gramedia April 2011
5. Blood Beast - June, 2007 (1 November 2007 in the US). Terjemahan Gramedia Desember 2011
6. Demon Apocalypse - October, 2007 (1 May 2008 in the US)
7. Death's Shadow - May, 2008 (1 November 2008 in the US)
8. Wolf Island - 1 October 2008 (1 May 2009 in the US)
9. Dark Calling - 1 May 2009 (October 2009 in US)
10. Hell's Heroes - 1 October 2009 (May 2010 in the US)


Sumber gambar friends dari giphy.com karena sekarang lagi rewatch series ini πŸ˜‚


Monday, 8 April 2019

(Winner Updated) Giveaway & Blogtour : Melodi Senin

Welcome to thessaliviareza.blogspot.com

Apa sih yang terlintas di pikiran kamu kalau ada yang bilang SMA? Kalau saya pribadi, yang langsung keinget itu saat2 jatuh cinta yang rasanya kayak beneran bakal jodoh aja πŸ˜… (baca - cinta monyet). Lengkap dengan dinamika geng teman main, guru galak, bolos sekolah, diselingi dengan drama yang dulu terasa heboh, tapi kalau diingat2 sekarang padahal receh πŸ˜‚ Nah, buku Melodi Senin ini sukses membuat saya bernostalgia betapa menyenangkannya dulu masa2 SMA. Apalagi sepertinya penulis seangkatan sama saya mengingat cara dia menuliskan kelas menjadi kelas 2 IPA atau IPS, alih2 menggunakan istilah kelas sekarang kelas XI. πŸ˜‚ (ketauan umurnya) hahahha..

Blurb

Yuka Efelin, anak kelas 2 IPA 1. Dijuluki si Buronan Senin. Punya kebiasaan membolos dengan memanjat tembok belakang sekolah. Sering dikejar-kejar dan diberi hukuman oleh Pak Yogas. Heru Fernandes, anak kelas 2 IPS 1. Playboy sekolah. Harus punya pacar dan putus sebelum seminggu lalu menebar virus cinta lagi. Menjadi tempat pendaratannya Yuka saat jatuh. Pak Yogas, guru sejarah. Selalu memikirkan hukuman untuk dua muridnya itu, maksudnya biar kapok, lalu mereka kembali ke sekolah dan mengikuti pelajaran. Di tengah-tengah padatnya pelajaran di sekolah, Yuka yang bekerja di toko roti demi membiayai kuliahnya kelak, masih memikirkan cara untuk tetap bertahan di kelas unggulan. Tentu saja dibarengi hukuman dari Pak Yogas yang menjadi pengejar setianya saat bolos, juga seorang “pengejar” yamg tak kenal lelah lainnya.

Yuka, cewek pinter dari kelas unggulan 2 IPA 1. Anak baik2, manis dan selalu juara kelas. Tiba2 harus sering berurusan dengan Pak Yogas karena ia sering membolos, setiap Senin! Nilai2 Yuka pun merosot tajam, membuat posisinya dikelas unggulan hampir terancam. Ngapain Yuka bolos setiap Senin? Saya beri sedikit bocorannya, ini semua ada hubungannya dengan UANG. 

Yuka tersenyum tipis. "Sejak gue sadar kalau tanpa uang gue bukan siapa-siapa" - hal 76


Selain Yuka yang membolos karena 'terpaksa', ada Heru yang memang sukanya bolos tanpa perlu alasan yang jelas. Anak playboy dari kelas 2 IPS 1, yang secara kebetulan jadi sering bertemu Yuka. 

"Enggak , Kak. Dia nggak naksir sama gue. Senin lalu, kami nggak sengaja ketemu saat membolos, terus besoknya ketemu lagi karena sama-sama dihukum Pak Yogas. Kemarin, kami dipertemukan di ruang guru karena sering berbuat onar di sekolah. Jadi pertemuan kami itu bukan karena kesengajaan atau karena dia yang pengen ketemu sama gue" - hal 78

Sering bertemu, tentu saja bisa ditebak, benih2 cinta tumbuh antara mereka. Namun dasar si Heru ini entah karena playboy entah karena denial, malah nembak cewek lain. πŸ˜… 
Tapi ada lagi Adit, tipikal ketua OSIS yang cakep, baik, dan idola sesekolah. 

Heru mengambil tempat di dekat Adit "Lu kebanyakan rencana, keburu disambar sama cowok lain si Yuka. Wajah-wajah manis kayak dia, pasti banyak yang suka"  - hal 67

Jadi sekarang kita punya Yuka, Heru, Adit, Pacarnya Heru yang ga usah disebut namanya (karena banyak πŸ˜‚), orang dari masa lalu Yuka, daan beberapa karakter lagi yang terkait dengan kisah mereka. Kusut kan?


Selain masalah percintaannya, tentu saja ada masalah utama yang menyebabkan Yuka harus membolos setiap Senin. Akhirnya gimana? Yuka bakal sama Heru atau Adit? Silahkan baca novelnya yaa.. 😊

Ceritanya ringan dan menyenangkan untuk diikuti. Konflik dibuka pelan2 dan tidak terburu2. Karakternya walau banyak, tapi porsinya pas. Penjabaran karakternya juga dapet, jadi membuat kita bisa ngebayangin mereka seperti apa. Konflik sebenarnya ga terlalu berat, penyelesaian konflik pun tidak susah, tapi kembali lagi, kalau dilihat dari kaca mata mereka sebagai anak SMA konfliknya pas sekali porsinya.

Ini adalah novel Yuukagem pertama yang saya baca, dan saya menikmati gaya bahasanya. Kekurangannya paling terdapat beberapa inkonsistensi dalam percakapan, seperti percakapan Heru dengan pacarnya. Dalam satu sesi obrolan, kadang mereka bilang gue, kadang bilang aku. Jadi kayak kurang pas aja jadinya..

Sekaraangg, waktunya GIVEAWAY!! 

Siapa yang mau seru2an baca cerita Yuka, Heru dan Adit? Penerbit Laksana Fiction (imprint Penerbit DIVA) yang baik hati mau bagi2 satu buku Melodi Senin gratis buat kamu. 😁 Yuk ikutan Giveawaynya : 

Aturan giveaway dan blog tour Melodi Senin :
  1. Follow twitter @laksana_fiction. Jika tidak ada twitter silakan like FB “Penerbit DIVA Press” atau IG @penerbitdivapress. Optional boleh follow twitter aku @mybooklyfe atau instagram @thessalivia 
  2. Share link postingan ini di sosmed kamu. Kalau di twitter jangan lupa mention @mybooklyfe @laksana_fiction. Kalau repost di Ig dan atau story, jangan lupa tag @thessalivia dan @penerbitdivapress. Post di facebook juga boleh. Sertakan dengan tagar #GAMelodiSenin saat share yaa..
  3. Jawab pertanyaan ini tanpa perlu penjelasan  apa2, di kolom komentar : “Hari favorit kamu dalam seminggu apa?"
  4. Pemenang akan dipilih acak sesuka hati aplikasi mr random yaa 😁
  5. Giveaway Melodi Senin ini hanya untuk peserta berdomisili di NKRI. Ongkir pengiriman ditanggung penerbit. Jadi kamu tinggal modal kuota buat share.. 😁
  6. Giveaway Melodi Senin berlaku mulai tanggal 8 - 14 April 2019 jam 23.59. 
  7. Pengumuman pemenang maksimal 2 hari setelah Giveaway selesai yaitu tanggal 15 April 2019. Jika dalam waktu 1x 24 jam tidak ada kabar dari pemenang setelah dihubungi, maka akan diberikan pada orang lain. 😊
  8. Foto buku hadiahnya jika sudah sampai yakni novel Melodi Senin dari DIVA Press.πŸ˜„Tag aku juga biar aku ngeh.. hehehe..
  9. Format jawaban :
Nama :
Akun socmed : @
Jawaban :

Jika belum beruntung memenangkan hadiahnya, kamu bisa ikuti jadwal Blogtour selanjutnya di blog nathaliabookshelf.blogspot.com mulai tanggal 15 - 21 April 2019 (Diary Gamophobia).

Judul Buku : Melodi Senin
Pengarang : Yuukagem
Penerbit : Laksana Fiction
Terbit : 2019
Tebal : 204 hlm.
ISBN : 978-602-407-460-9


(Updated)

Waktunya pengumuman pemenang yaa :


Selamat kepada "Hilal"

Silahkan hubungi saya untuk memberikan alamat di komen di bawah atau email ke mywonderfulbooklife@gmail.com


Selamaat yaaaa...

Tapi kalau menumpuk buku mudah2an bermanfaat 😁


Sumber foto : Facebook Qasidah Meme for all occasions



Friday, 15 March 2019

Safe and Sound

Masih dalam rangka book hang over setelah membaca Hunger Games Series, kali ini saya akan posting tentang soundtrack filmnya yang saya sukaaa banget. Safe and Sound yang dinyanyikan oleh Taylor Swift. Kalimat 'Safe and Sound' itu sendiri biasanya digunakan saat menyelesaikan suatu perjalanan, seperti "We arrived home safe and sound" Jadi di kalimat ini sound berfungsi sebagai kata sifat yang artinya bisa sehat, tidak terluka, aman-aman saja dan semacam itu lah. 😁
Menurut saya pribadi, lirik dan nadanya ngena banget. Pas denger lagu ini langsung inget gimana usaha Katniss agar bisa balik ke rumah dengan selamat, bagaimana Katniss dan Peeta berjuang di Hunger Games (2 kali), gimana Katniss mencoba semaksimal mungkin agar keluarganya tetap aman.. 😭😭 Ga usah panjang2, intinya saya cuma mau upload lirik lagunya aja.. 😁

I remember tears streaming down your face when I said I'll never let you go
When all those shadows almost killed your light
I remember you said don't leave me here alone
But all that's dead and gone and passed tonight
Just close your eyes, the sun is going down
You'll be alright, no one can hurt you now
Come morning light, you and I'll be safe and sound
Don't you dare look out your window, darling everything's on fire
The war outside our door keeps raging on
Hold onto this lullaby even when the musics gone, gone
Just close your eyes, the sun is going down
You'll be alright, no one can hurt you now
Come morning light, you and I'll be safe and sound
Just close your eyes, you'll be alright
Come morning light, you and I'll be safe and sound


























Songwriters: T Bone Burnett / John Paul White / Taylor Swift / Joy Williams-Yetton
Safe & Sound (from The Hunger Games Soundtrack) lyrics © Sony/ATV Music Publishing LLC, Warner/Chappell Music, Inc, BMG Rights Management, Universal Music Publishing Group




10++ Fakta tentang Game of Thrones : dari Buku, Film sampai Perangko


Siapa yang tidak sabar menunggu season 8 bulan April 2019 ini? Dalam rangka menyambut sesoan 8, mari kita bahas serba serbi Game of Thrones, beberapa fakta dan info receh tentang Game of Thrones πŸ˜

1. Buku pertama Game Of Thrones terbit 26 tahun yang lalu
Film Game of Thrones merupakan cerita yang diangkat dari buku series karya George R R Martin. Total sampai saat ini baru 5 buku yang terbit :
Buku 1 : A Game of Thrones (1996)
Buku 2 : A Clash of Kings (1999)
Buku 3 : A Storm of Swords (2000)
Buku 4 : A Feast of Crows (2005)
Buku 5 : A Dance with Dragons (2011)
Sudah 8 tahun sejak buku terakhir terbit, dan masih belum ada kepastian kapan opa George akan menerbitkan buku baru. 

2. 3 buku terjemahan
Dari 5 buku GOT, baru 3 yang sudah diterbitkan terjemahannya oleh Penerbit Fantasious.

 
3. 7 seasons, 67 episodes
Total sampai sekarang sudah ada 8 seasons film GOT yang ditayangkan di HBO. Season terakhir malah bukan berdasarkan buku yang sudah terbit. Tapi sih kabar-kabarnya jalan ceritanya tetap dari Opa George. Rilis HBO mengumumkan bahwa serial Game of Thrones (GoT) Season 8 akan tayang sebanyak 6 episode mulai 14 April 2019. Sudah pada intipin thrillernya : 



4. Nilai IMDB nyaris sempurna

Battle of the Bastards (Season 6, Episode 9) memperoleh rating nyaris sempurna imdb dengan nilai 9.9. Total telah dirating oleh 159K orang sampai saat ini. Ini juga merupakan salah satu episode favorit saya. Finally Bolton got what he deserves.. hahahha.. #ketawaPuas

5. Most Tragic Death
Game of Thrones, baik buku maupun serialnya memang terkenal karena agak brutal dan banyaknya kematian dari tokoh-tokohnya yang tidak terduga. Salah satu yang paling terkenal, dan juga paling menyayat hati saya tentu saja adalah Red Wedding. Robb Stark dateng untuk berkoalisi dengan pernikahan, tapi berakhir dengan dikhianati oleh Walder Frey dan Bolton. Robb, ibunya, istrinya, pamanya dan hampir 1500 tentaranya mati di Red Wedding. Dan Arya juga jadi liat waktu kepala Robb yang udah dipotong dari badannya diarak oleh tentaranya si Frey.

"My honored guests, be welcome within my walls and at my table. I extend to you my hospitality and protection in the light of the Seven."
LORD WALDER TO KING ROBB AND HIS ENTOURAGE
D*mn you Frey and Bolton! I hate you!!

6. Jaime Lannister, baik atau jahat?
Diantara karakter pontagonis, Jaime Lannister yang paling menarik hati saya sebenarnya. Walau dia cinta mati dengan Cersei, tapi dia tetap bisa jadi baik juga. Buktinya ia sampai bantuin Tyron buat melarikan diri saat akan dihukum mati. Dia jg sangat menghormati Brienne. Waktu jadi tawanan perang Stark, Jaime juga diperlakukan 'cukup' baik karena dia behave 😁 I'd really love to see him turn side in next season. Would him?

7. Cinta Lokasi
Namanya syuting, adaaa aja yang cinlok yaa.. Salah satunya pemeran Jon Snow (Kit Harington) dengan wilding Ygritte (Rose Leslie). Mereka melangsungan pernikahan pada 23 Juni 2018.
Happily Ever After you two 😍


8. Jubah Night Watch tersedia di Ikea
Ikea, yang tokonya ada di Tanggerang sana, dan merupakan salah satu toko furnitur terkenal di dunia, ternyata ngejual jubah bulu Night Watch. Ikea ngasi tau ternyata salah satu produk mereka digunakan di film GOT, dan itu adalah karpet 😁 Karpet bulu mereka ternyata dipake sebagai cape sama Night Watch. Ikea bahkan ngeluarin instruksi manualnya kalau kalian pengen nyoba pake juga πŸ˜†

9. Dany ternyata dijual ke Khal Drogo di usia sangat muda
Kita pertama kenalan sama Daenerys Targaryen itu pas season pertama di episode Winter Is Coming. Pada episode ini, Dany dan kakak laki-lakinya Viserys berada di kota Pentos. Dany akan dijual Viserys kepada bosnya Dothraki, Khal Drogo. Viserys menjual Dany untuk ditukar dengan kuda dan pasukan perang, yang akan digunakannya merebut kembali Westeros. Bejad banget kan kakaknya? Tau ga ternyata di bukunya malah lebih parah, Dany itu dijual saat masih umur 13 tahun, sinting ga tuh? Anak sekecil itu dijual buat jadi budak sex Khal Drogo. Untung aja Khal Drogo nya baik 😍


10. Perangko Game of Thrones
Dalam rangka menyambut season terakhir GOT, kantor pos Inggris atau Royal Mail menerbitkan perangko Game of Thrones. Ada beberapa koleksi ya diterbikan UK Royal Mail sejak Februari 2019 lalu. Kalau kamu filateli, dan penggemar GOT, pasti seneng banget deh koleksi perangko GOT ini. Detail series-nya bisa cek di sini. Kalau punya saya kebetulan koleksi yang tahun 2018 seperti ini:

Selain perangko, di halamannya juga ada penjelasan tentang house di GOT. 


11. Dibahas Jokowi
Namun akhir-akhir ini, hubungan antar negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti "Game of Thrones". Balance of power dan aliansi antar negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan. Lemahnya kerja sama dan koordinasi telah menyebabkan terjadinya banyak masalah seperti peningkatan drastis harga minyak mentah dan juga kekacauan di pasar mata uang yang dialami negara-negara berkembang.
Hadirin Yang Terhormat... 
Dalam serial"Game of Thrones",sejumlah Great Houses, Great Families bertarung hebat antara satu sama lain, untuk mengambil alih kendali "the Iron Throne", "Mother of Dragons" menggambarkan siklus kehidupan. Perebutan kekuasaan antar para "Great Houses" itu bagaikan sebuah roda besar yang berputar. Seiring perputaran roda, satu Great House tengah Berjaya, sementara House yang lain menghadapi kesulitan dan setelahnya House yang lain Berjaya, dengan menjatuhkan House yang lain.
Namun, yang mereka lupa tatkala para Great Houses sibuk bertarung satu sama lain, mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari Utara. Seorang evil winter, yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia dengan es dan kehancuran.
Dengan adanya kekhawatiran ancaman Evil Winter tersebut, akhirnya mereka sadar: tidak penting siapa yang duduki di "Iron Throne". yang penting adalah kekuatan Bersama untuk mengalahkan Evil Winter agar bencana global tidak terjadi. Agar dunia tidak berubah menjadi tanah tandus yang porak poranda yang menyengsarakan kita semua.
Bahkan saat pidato pada plenary session IMF-WB 2018 di Nusa Dua Hall - Bali lalu, presiden Jokowi ikut menyebut-nyebut Game of Thrones 😁


12. Khaleesi nama favorit bayi di US

Dilansir dari situs newsday.com, banyak bayi perempuan yang diberi nama Khaleesi, lebih dari 300 bayi tiap tahunnya. Saya juga sebenarnya sempat berencana ngasi nama tengah anak ke2 kemaren Khalesi tapi suami ga setuju. Hahaha.. AnywayGpp sih mau kamu ngasi nama anak Khaleesi, asal ga ngambil nama Dany yang panjang banget itu semua aja πŸ˜‚
Daenerys Stormborn of House Targaryen, Queen of the Andals, the Rhoynar and the First Men, Protector of the Realm, Queen of Meereen, Yunkai and Astapor, Khaleesi of the Great Grass Seat, The Mother of Dragons, The Unburnt, The Breaker of Chains, Lady of Dragonstone. 

13. Biaya Pembuatan yang Mahal
Serial GOT digadang-gadang merupakan salah satu serial dengan biaya yang sangat mahal. Diperkirakan, biaya produksi tiap episode di season terakhir Game of Thrones ini mencapai 15 juta dolar AS atau setara Rp220 miliar. Jumlah ini meningkat 5 juta dolar AS dari biaya produksi per episode pada musim sebelumnya yang menghabiskan 10 juta dolar AS. Tapi, bayaran per aktornya ternyata kalah dengan The Big Bang Theory loh. Sheldon aja per episode bisa mencapai 1 juta dolar AS, sementara Jon Snow cuma setengahnya lebih. Tapi tetap aja, kalau diitung2 bisa Rp 8 Miliar lebih per episode. Itu sama kayak gaji kalian berapa tahun guys? 😁

14. Borong penghargaan
Sejak pertama ditayangkan sampai dengan saat ini, serial GOT sudah ratusan memperoleh nominasi dan puluhan penghargaan. Yang terbaru, setelah sempat absen dari ajang penghargaan Emmy Award tahun lalu, akhirnya Game of Thrones kembali ke Emmy Award yang ke-70 tahun 2018 memenangkan Serial Drama Terbaik. Peter Dinklage, juga dinobatkan sebagai aktor pendukung terbaik lewat perannya sebagai Tyrion Lannister dalam Game of Thrones.

Okaayy segitu dulu kayaknya.. Nanti akan ditambahin lagi kalau ada lagi yang kepikiran =D

sumber gambar gif : giphy.com

Saturday, 9 March 2019

Jatuh Cinta Bersama Lara Jean di Film 'To All the Boys I've Loved Before'

Lagi nyari film yang bisa bikin senyum-senyum sendiri ga? Kalau iya, saya merekomendasikan film To All The Boys I've Loved Before. Film ini sebenarnya udah tayang di Netflix sejak akhir tahun lalu, tapi saya baru nonton dan sukseeeess bikin senyum-senyum sendiri.. 

 Yang udah baca bukunya, pasti udah tau ceritanya. Hahaha.. yaiyalah yaa. Baca juga postingan tentang bukunya yang pernah saya tulis di sini dan di sini. Yang belum baca, kurang lebih ceritanya gini : 

Lara Jean Song Covey adalah anak SMA yang sukanya baca cerita romantis, half korean, walaupun cukup manis tapi ga begitu populer di sekolah. Hidup SMA Lara Jean yang datar-datar saja tiba-tiba jungkir karena surat-surat yang pernah ditulis Lara Jean kepada beberapa cowok yang pernah disukainya tidak sengaja terkirim. Surat kepada pacar kakaknya, cowok paling populer di sekolah dan teman masa kecil Lara Jean. Padahal surat-surat itu ditulis Lara Jean sudah lama dan ia sudah hampir tidak lagi memiliki rasa kepada mereka seperti dulu. 

Peter Kavinsky, salah satu yang menerima surat Lara Jean, cowok populer di sekolahnya, punya banyak teman dan atlet lacrosse. Peter dan Lara Jean sepakat pura-pura berpacaran. Lara Jean yang semula invisible di sekolah tiba-tiba ikut2an populer karena 'pacaran' dengan Peter.

Being with Peter was so easy that sometimes I let myself pretend that it wasn't fake. - Lara Jean

Bikin kontrak pacaran dulu..

Tapi konflik muncul karena Lara Jean jadi benar2 suka pada Peter, dan sepertinya Peter juga begitu. Masalahnya diantara mereka ada Gen, mantan pacar Peter yang tidak semudah itu merelakan Peter untuk Lara Jean.
There's no one like you, Covey. - Peter

Filmnya ga persis sama dengan bukunya ya, misal Josh di film agak berasa tempelan doank. Padahal di buku kan kerasa banget tuh kedekatan Lara Jean dengan Josh. Salah satu adegan yang ga muncul di film, Halloween saat Lara Jean dan Josh ga sengaja pake kostum sama2 dari film Harry Potter (sementara Peter pake kostum Spider Man). Josh di film berasa terlalu ke kanak2an, sedangkan di buku dia bikin kita ngebayangin dia lebih dewasa, like big brother we never had. 😁 Margotnya juga ketuaan. 

Terlepas dari banyak bedanya, feel pas nontonnya dapet banget, persis feel kaya waktu baca bukunya. Sparks antara Lara Jean dengan Peter dapet banget, apalagi Peternya ganteng maksimal gitu 😁 Kedekatan Lara Jean dengan keluarganya juga kerasa di film. 

Saya tidak terlalu tahu tentang sinematografi dan hal pro lain tentang film, jadi jangan salahkan saya kalau postingan ini isinya kebanyakan foto Peter. Hahahha.. Tapiii yang saya tahu pasti ini film sukses bikin ikut kita ngerasain gimana jatuh cinta 😍😍 Super cute movie! Favorit saya tentu saja Peter, Peter dan Peter.. Senyum Peter abis tau ternyata Lara Jean juga sukanya kaya gini bikin meleleh ga sih :

I need you to know that I love you, Peter Kavinsky ❤❤❤

Movie Detail

Directed by Susan Johnson
Produced by Brian Robbins, James Lassiter, Will Smith, Matthew Kaplan
Written by Sofia Alvarez Based onTo All the Boys I've Loved Before by Jenny Han
Starring :
Lana Condor
Noah Centineo
Janel Parrish
Anna Cathcart
Andrew Bachelor
Trezzo Mahoro
Madeleine Arthur
Emilija Baranac
Israel Broussard
John Corbett
Music by Joe Wong
Cinematography Michael Fimognari
Production companies :
Overbrook Entertainment
Awesomeness Films
Distributed by Netflix
Release date
August 17, 2018 (United States)
Running time
99 minutes
Country : United States
Language : English

Jadi ga sabar nunggu film berikutnya, secara kan seri ini ada 3 buku.. Ada yang tau kapan rilis film berikutny? 

Malem2 posting ini dan kayaknya udah kepanjangan, mau balik tidur lagi dulu yaa.. Nite all!


Sumber gambar : imdb dan giphy.com

Sunday, 3 March 2019

(Novel Nikah Muda) Order Now!

Novel Nikah Muda

Judul: Nikah Muda
Penulis: Thessalivia
Editor: Dimas Abi dan Anastasha Eka
Penerbit: Stiletto Indie Book
Cetakan: 1, Juni 2018
Tebal: 255 halaman
ISBN: 978-602-336-711-5
Harga : Rp 62.000


Pesan melalui CS Stiletto di WA: 0881-2731-411
(Buku terbitan Stiletto Indie Book merupakan buku Pre Order yang hanya dijual online dan buku pesanan akan dicetak setelah pembeli melakukan konfirmasi pembayaran dengan waktu cetak kurang lebih 10 hari kerja)

Pembelian juga bisa melalui dm instagram ke penulis @thessalivia, siapa tau ada ready stock jd ga perlu nunggu 😁

Versi digital (ebook-nya) bisa didapatkan di Google Play Book di link ini


Blurb

Ketika Kirana dihadapkan pada pilihan antara kekasih yang dicintainya atau membahagiakan Ayah di saat-saat terakhirnya.
Kirana, 16 tahun. Ia kira hidupnya berjalan cukup baik untuk seorang anak yang telah kehilangan ibu. Kirana memiliki Ayah yang sangat menyayanginya, pacar yang keren, sekolah yang berjalan cukup baik, dan tentu saja hobi baletnya. Tetapi hidup Kirana tiba-tiba jungkir balik saat Ayah didiagnosis kanker usus, ditambah dengan rencana Ayah untuk menjodohkannya dengan orang yang sama sekali tidak dikenalinya.
Keno, 16 tahun. Seorang anak urakan yang tanpa perlu belajar, selalu bisa memperoleh nilai tinggi di kelas. Dia akan melakukan apa pun untuk dapat menyenangkan hati cinta pertamanya, Kirana.
Aji, 26 tahun. Sehari-hari sibuk dengan pekerjaannya sebagai analis bank. Sampai suatu hari dia diberi tanggung jawab untuk menjaga seorang anak atasannya, yang ternyata malah membuat Aji jatuh cinta pada pandangan pertama.

Saturday, 23 February 2019

Apa Yang Terjadi Kalau Mum Jadi Monster ya?

Buat kamu yang sudah menjadi ibu, pernah ga kalian merasa lelah dan akhirnya meledak di saat rumah berantakan, cucian numpuk, ditambah dengan anak-anak sedang tidak mau diatur? Sampai-sampai kamu jadi berteriak mara-marah dan anak-anak ketakutan karena mamanya berubah seperti monster? Ini lah yang terjadi pada Mum di buku "When Mum Turned Into a Monster" by Joanna Harrison.

 Buku When Mum Turned Into a Monster menceritakan tentang Mum yang tiba-tiba ditelpon sodaranya mengabari kalau sepupu-sepupu mereka akan datang untung untuk acara minum teh. Mum langsung kelabakan karena rumah berantakan dan tidak ada makanan. Mum akhirnya menyuruh 2 orang anaknya untuk membantu membersihkan kamar dan tempat tidur. Tapi anaknya tidak menurut dan membantu, mereka malah membuat kamar semakin berantakan, rewel saat dibawa ke supermarket, bertengkar di mobil, mengotori rumah yang sudah dibereskan dan memakan cemilan yang sudah disiapkan Mum untuk acara minum teh. Mum mulai tidak sabar dan perlahan berubah jadi monster. Dimulai dari tangannya menjadi hijau, telinganya menjadi runcing, muncul ekor panjang, mata tambahan juga muncul di keningnya, dan akhirnyaa "Oh No, She's gone completely BONKERS!"

Saya sebenarnya jarang membahas buku anak yang banyak gambar seperti ini, karena cerita buku anak biasanya sejenis tentang mengajarkan kebaikan. Kadang karakternya hewan, kadang manusia, tapi intinya sama, mengajarkan membantu dan kebaikan-kebaikan lainnya. Tetapi buku ini berbeda, ceritanya sangat unik. Tidak nyata karena tidak mungkin Mum akan jadi monster, tapi juga terasa nyata karena sebagai ibu pasti pernah merasakan saat ambang kesabaran sudah diujung tanduk 😁
Ceritanya unik dan saya langsung jatuh cinta sejak saat flashread sebelum membeli. Waktu dibawa pulang, anak-anak ternyata juga suka banget. Titha sekarang sudah 6 tahun, sampai minta bacain buku ini 4 kali berturut-turut saat baru beli. Dedek Tara sekarang 1,5tahun, biasanya suka saya bebaskan memilih buku yang dibaca sebelum tidur. Buku ini tidak selalu jadi pilihan pertamanya, tapi kalau sudah dibacain ini, pasti paling tidak minta diulang baca sampai 3 kali dulu sebelum mau dibujuk pindah ke buku lain.

Jadi 4 bintang untuk buku favorit anak-anak saya ini :

When Mum Turned Into a Monster
Joanna Harrison
Harper Collins Publisher, 1996
ISBN : 0 00 198128 5

Friday, 22 February 2019

Katniss Everdeen, favorite heroine in favorite dystopia

Welcome to thessaliviareza.blogspot.com
Kalian pernah ga punya heroine favorit? Saya pribadi sebenarnya jarang sekali memfavoritkan karakter wanita, apalagi tipe wanita super hero. Saya banyak menyukai buku-buku dengan karakter wanita, tapi yang saya suka adalah ceritanya, bukan karakternya. Di Harry Potter favorit saya adalah Ron. Lockwood di Lockwood & Co, Darren di Darren Shan series, Newt di Maze Runner, dan banyaak karakter (yang semuanya laki-laki) lainnya.
Namun semua berubah ketika negara api menyerang saya pertama membaca Hunger Games series beberapa tahun lalu, dan membaca ulang kembali tahun ini, saya mengukuhkan Katniss Everdeen adalah heorine paling favorit diantara buku-buku yang pernah saya baca.

Terlepas dari bukunya yang saya sukaaa pake bangeet bangeeet, karakternya juga kuat dan sangat menarik hati.
Saya sebenarnya pertama kali kenal dengan karakter Katniss saat menonton film pertama Hunger Games. (Saya nonton dulu baru baca bukunya). Pada film yang diadaptasi dari bukunya, karakter Katniss diperankan oleh Jennifer Lawrence. Kesan yang saya tangkap: ini orang kuat banget yaa.. Kaya udah mau nangis tapi ga nangis dan tetap berjuang. Segala pergolakan batin Katniss yang diceritain di buku (karena bukunya menggunakan POV Katniss orang pertama), keliatan banget di ekspresi Jennifer Lawrence
Love your acting JLaw

Anyway, biar lebih enak bacanya, saya mencoba nge list apa sih yang bikin saya cintaa banget sama Katniss.
Seperti biasa, spoiler alert dulu yaaa.. Bakal ada cerita apa yang saya suka dari Katniss, ada yang dari buku 1 sampai buku 3, jadi mau ga mau bakal jadi spoiler πŸ˜…

1. HEROIC

Katnis waktu baru mau 12 tahun itu harus mikirin cara ngasi makan ibu n adiknya, sampe hujan2an kelaperan mau pingsan buat jualin baju adiknya yang udah ga kepake biar bisa makan. Ibunya aja lagi stress berat di tinggal mati suaminya, Prim (adik Katniss) masih terlalu kecil, dan Katniss berusaha tetap kuat ga nyerah biar adik dan Ibu nya bisa makan. Sediiihhh.. Tapi Katniss tetap kuat bertahan..
Di umur 16 tahun -berarti baru mau SMA kalau di sini ya- tau2 nama adiknya kepilih harus ikut Hunger Games, dan Katniss tanpa pikir panjang langsung menawarkan diri buat gantiin adiknya.

Kebayang anak semuda itu harus siap mengantarkan nyawanya demi adiknya bisa selamat.
Di Hunger Games dia rela mempertaruhkan nyawa buat ngambilin obat buat Peeta.
Belum lagi di buku ke 2 Cathing Fire, tujuan utama Katniss adalah biar Peeta selamat lolos Hunger Games. Mau dia sendiri mati Katniss bomat, yang penting Peeta selamat.
Waktu Gale dicambuk, Katniss langsung otomatis ngelindungin Gale sampe ikut kecambuk juga.
Ada juga Katniss yang tanpa pikir panjang langsung lari ngejar buat manahin pesawat yang ngebom rumah sakit distrik 8.
Katniss yang rela dihukum (bahkan berencana mati minum racun) karena dia memutuskan memanah Coin agar rakyat panem terlepas dari tirani. Agar panem ga keluar dari mulut singa masuk mulut buaya.

Itu cuma sebagian, dan masih banyaaakkk lagi adegan lainnya yang menunjukkan betapa heroic nya Katniss.

Jadi kebayang ga kenapa saya suka Katniss? Dia jadi super hero bukan karena dia dari awal bervisi menyelamatkan orang banyak, bukan ingin tampil menggerak masa. Ia jadi pahlawan tanpa bermaksud untuk jadi paling hebat, jadi super power dan semacamnya. Pokoknya bukan tipe heroic kaya gitu.


Bukan tipe Khaleesi

Katniss cuma ingin nyelamatin orang yang dia sayang, dan itu bikin dia otomatis bergerak tanpa takut melawan apapun halangannnya. Ga kebayang remaja sekecil itu, udah melalui banyak hal dan ia tetap tidak menyerah. It's a genuine feeling.. Bahkan tanpa dia sadari, dia udah menjadi inspirasi seantero Panem untuk bergerak melawan ketidakadilan Capitol

2. Polos
Karakter kuat dan hebat? Udah biasaaa.. tapi yang bikin beda itu, Katniss kuat tapi sekaligus sebenernya masih polos kaya remaja di umurnya. Dan ini lumayan bikin senyum2 di tengah kesuraman Hunger Games πŸ˜† Kadang kalau udah keluar heroicnya, bikin lupa kalau Katniss masih 16 tahun. Tapi kemudian kita diingatkan lagi tentang seumur berapa Katniss dengan sikap polosnya. Suzanne Collins Juaraak!
Contohnya waktu beres Hunger Games di buku pertama, Katniss baru tau ternyata kakinya Peeta diamputasi dan diganti kaki palsu saat wawancara yang disaksikan Capitol dan Panem. Saking kagetnya pas baru tau, Katniss sampe nangis ga bisa lanjutin wawancara. Tapi karena Katniss ga mau ketauan nangis, dia ngumpetin muka ke baju Peeta. Yauda sih kalau ga kuat ya jangan dipaksa Katniss, gemes liatnya. Hehehe.. eh btw, jadi tuh sebenernya Katniss itu dari awal ada rasa ke Peeta yaa, tapi dia aja yang ga nyadar. πŸ˜„

3. Rapuh
Karakter kalau perfect banget, kuat ga ada lemah2nya itu sih karakter wattpad ya. Hehehe. πŸ˜… Jadi Katniss itu favorit karena dia itu juga manusia biasa yang bisa stress dan terguncang.
Kalau di buku pertama kita disuguhkan Katniss yang aktif dan inisiatif, maju tak gentar melawan ketidak adilan, maka di buku ke 2 dan ke 3 kita mulai kenalan dengan Katniss yang selalu mimpi buruk.
Pada buku pertama dia dengan mantap mengajukan diri menggantikan Prim tanpa mau kelihatan nangis sama siapapun, di buku ke 2 Katniss lari, berteriak, nangis, menyembunyikan diri sampai mabuk2an saat mendengar pengumuman ia harus ikut Hunger Games lagi. Pada akhirnya, setelah kengerian berakhir dipenghujung buku ke 3, Katniss bahkan tidak mampu beraktifitas sama sekali saat kembali ke distrik 12.
Saya sebagai pembaca merasakan kepedihan Katniss, berkali2 saya dibuat sesak dan hampir menangis. (Apalagi kalau inget Katniss sambil dengerin sountrack Safe & Sound Taylor Swift nya ya). Sedih aku tuh 😒
Ga mungkin lah abis ngerasain kengerian Hunger Games (dua kali lagi), ditambah kota tempat tinggalnya dan orang yang dikenal dibom, kehilangan keluarga tersayang, dan segala kengerian lainnya, orang bisa baik-baik aja. She's not okay. Jadi karakter Katniss pas banget lah dibikin trauma gitu. Trus tau ga ya bikin Katniss bisa tenang pas mimpi buruk? Kalau tidurnya dipeluk Peeta.. 😭😭
 "Peeta, kenapa aku tidak pernah tahu kapan kau mimpi buruk" tanyaku
"Aku tidak tahu. Kurasa aku tidak menjerit atau meronta-ronta atau semacam itulah. Mimpi-mimpi burukku biasanya tentang kehilangan dirimu." Kata Peeta "Aku baik-baik saja setelah aku sadar kau ada di sini" - Catching Fire Hal 100
4. Katniss Loves Peeta and Peeta Loves Katniss
Yang tetakhir ini agak ga nyambung sih, dan bukan terkait sifat Katniss juga. Tapi berhubung saya sukaa sekali liat hubungan Katniss-Peeta, jadi saya akan masukkan ini ke dalam list.
Okay, I'm definitely tim Peeta πŸ˜†πŸ˜† Gpp kan Gale? Hehhe.. gpp kayanya, soalnya Gale aja di buku ke 2 sempat bilang ke Katniss gini pas cemburu sama Peeta "Akan lebih baik jika dia lebih mudah dibenci" Peeta emank karakter yang susah untuk tidak disukai,  Capitol dan Panem, semuanya menyukai Peeta. Bahkan saat Peeta dibikin disorientasi sama Capitol, tetap susah bagi saya berpaling dari Peeta πŸ˜…
Berhubung Katniss bukan tipe menye2 dan romantis mengungkapkan sayangnya ke Peeta, ia nyaris tidak pernah bener2 bilang cinta ke Peeta. Tapi dari sikapnya doank udah cukup menggambarkan gimana Katniss peduli dan sayang banget sama Peeta. Jadi percakapan favorit saya adalah kalimat penutup pertanyaan Peeta ke Katniss sebelum buku berakhir.
"Kau mencintaiku. Nyata atau tidak?"
"Nyata"
Itulah kurang lebih alasan mengapa saya sangat mefavoritkan Katniss 😁 Untuk bukunya sendiri, saya beri rating 4,5. Best dystopian book I've ever read ❤❤
Terima kasih sudah membaca, sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya..

Sumber gambar gif : giphy.com