Saturday 8 August 2020

Cerita jomblo mencari jodoh pada buku Ganjil Genap


Sudah seminggu ketentuan Ganjil Genap kembali diberlakukan di jalan Jakarta. Setelah sebelumnya dihilangkan karena PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Ganjil Genap adalah aturan di jalan protokol Jakarta yang hanya mengijinkan mobil bernomor polisi ganjil di tanggal ganjil, dan nomor polisi genap di tanggal genap pada jam-jam tertentu. Ganjil Genap sudah diberlakukan, PSBB sudah dilonggarkan, padahal penderita Covid 19 masih meningkat. Huhu.. Mana jalanan Jakarta udah rame lagi kayak new normal. Kayaknya #dirumahAja udah mulai ga diterapkan orang-orang ya. Huhu.. Semoga pandemi ini cepat berlalu ya..

Jadi ini mau ngomongin novel atau lalu lintas, Ca? Hahaha.. Dari pada pusing mikirin pandemi, saya mau rekomendasiin buku seru untuk mengisi hari-hari #dirumahAja kalian. Ganjil Genap karya Almira Bastari. Tenang saja, ini bukan buku panduan lalu lintas kok. Ini adalah novel metropop kocak terbitan Gramedia.

Buku ganjil genap pdf

Blurb
Gimana rasanya diputusin setelah berpacaran selama tiga belas tahun?
Hidup Gala yang mendadak jomblo semakin runyam ketika adiknya kebelet nikah! Gala bertekad pantang lajang menjelang umur kepala tiga. Bersama ketiga sahabatnya, Nandi, Sydney, dan Detira, strategi pencarian jodoh pun disusun. Darat, udara, bahkan laut "disisir" demi menemukan pria idaman.
Akankah Gala berhasil menemukan pasangan untuk menggenapi hari-hari ganjilnya?

Gala, beberapa bulan lagi ia akan berumur 30 tahun. Punya pekerjaan bagus pada sebuah bank di Jakarta, hidup berkucukupan dengan orang tuanya, dan memiliki pacar yang menggenapkan hidupnya selama 13 tahun. Semua begitu sempurna sampai tiba-tiba, Bara, pacarnya itu memutuskannya tanpa sebab. Gala, menjadi ganjil karena sendiri. Belum lagi ia jadi bingung berangkat dan pulang kantor di tanggal ganjil karena plat mobilnya genap, karena selama ini di tanggal genap ia dijemput Bara. 😅

"Alasan sebenar-benarnya dari putus karena tidak cocok adalah ada orang lain yang lebih cocok" - Jomblo yang diselingkuhi mantan (hal 101)
Seakan masih kurang sial, ternyata adik Gala mau buru-buru menikah dengan pacar yang baru dikenalnya. Jadi Gala dipaksa orangtuanya segera menikah agar tidak dilangkahi adiknya. Ia kalang kabut, tidak mungkin ia menikahi Bara karena sudah diputuskan. Akhirnya dengan putus asa Gala mencari pacar baru. Minta dikenalkan oleh temannya, ikut short course yang memungkinkan ia bisa bertemu orang baru, sampai mencoba aplikasi tinder.

"Cinta gagal, dukun bertindak" - Jomblo yang mentok! (Hal 206)

Setengah pertama buku kita dihadapkan dengan Gala yang mencari pacar baru. Dengan bahasa Almira yang satir, membaca setengah awal benar-benar menghibur. Belum lagi cowok yang ditemui Gala ga ada yang bener. Awalnya terlihat berprospek, tau-tau ada aja yang salah. Udah beristri lah, pelit lah, sampai ada yang ganteng tapi hobinya curhat tentang mantan 😂 Page turner, udah lama saya ga baca novel lokal yang susah banget ditutup sebelum beres kayak gini 😁

Buku ini diceritakan Gala sebagai point of view orang pertama. Saya suka komentar-komentar Gala yang walaupun lagi patah hati, selalu terasa menceriakan suasana.

"Eh, tapi ganggu waktu kamu nggak?" Tanya Erick.
Kamu lajang, kan? Kalau lajang, nggak ganggu sih.
"Ngga sih" jawabku menggeleng lemah.
"Wah, makasih banget ya, Gala. Maaf saya ngerepotin kamu padahal kita belum kenal," kata Erick.
Nggak apa-apa, asal nanti kenalan.
Ini adalah kutipan percakapan Gala saat dimintain tolong orang lain, baru kenal, tapi ganteng. Kebayang kan se-desperate apa dia untuk memperoleh pengganti Bara? 😅

Sayangnya bagian awal buku yang menyenangkan tidak berlanjut sampai akhir. Selain karena Gala juga mulai galau, dan terbawa perasaan dengan seseorang yang mendekatinya, plus bayang-bayang masa lalu tidak bisa sepenuhnya hilang. Memang sih walaupun kita buru-buru mencari pengganti, belum tentu itu semua akan memperbaiki keadaan. Endingnya pun membuat saya makin yakin, happiness comes from within, tidak harus genap atau ganjil.

"Jodoh bukan sesuatu yang bisa dipaksa, sesederhana itu" - Jomblo yang dilangkahi. (Hal 244)

Beberapa hal menarik yang ingin saya highlight dari buku ini adalah :

Buku ketiga Almira Bastari
Buku ini adalah buku ketiga penulis setelah sebelumnya menerbitkan buku Melbourne Wedding Marathon dan Resign! Saya sudah membaca ketiganya, dan menurut saya pribadi, Ganjil Genap adalah buku terbaik dari seluruh bukunya. Tidak salah ya waktu pertama PO awal tahun lalu, bukunya habis 700 eksemplar hanya dalam 10 menit.

Berawal dari Wattpad
Mengapa fakta ini menarik bagi saya, karena selama ini steorotip cerita Wattpad menurut saya itu berputar-putar tentang perjodohan dan CEO tampan 😅 Sedangkan buku ini memberi nuansa yang berbeda. Pantas saja waktu belum diterbitkan, pembaca cerita ini di Wattpad sampai jutaan loh.

Spin off Novel Melbourne Wedding Marathon
Saat membaca buku ini, saya sempat bertanya-tanya, kenapa Almira mengambil setting cerita yang mirip dengan buku pertamanya, Melbourne Wedding Marathon. Seperti si tokoh sama-sama kuliah di Australia dan sempat pergi ke Malaysia. Padahal kalau mengambil setting negara lain kan lebih seru yaa.. Setelah akhir buku saya baru ngeh, ternyata Gala itu temennya Sydney yang di buku Melbourne Wedding Marathon 😁 Maklum baca bukunya udah agak lama, jadi udah agak lupa nama-nama orangnya😅

Pegawai Bank
Gala disini diceritakan sebagai karyawan bank yang bertugas menganalisa pemberian kredit kepada nasabah dan mencairkan kredit nasabah. Kalau di kantor saya, lebih dikenal sebagai Relationship Manager (RM). Mirip banget sama karakter-karakter yang suka diangkat Ika Natassa. Dulu saya suka baca karakter dengan profesi ini karena merasa sangat related. Tapi sekarang malah kerasa bosen. Subjektif sih, soalnya saya sekarang lebih penasaran sebenarnya dengan profesi lain itu kayak gimana.
Almira bisa fasih banget menceritakan profesi Gala, karena dia juga bekerja di bidang yang sama. Almira bekerja di perusahaan pembiayaan (bukan Bank, tapi bisnisnya mirip), yang memang berperan untuk memberikan kredit ke perusahaan-perusahaan besar. Bahkan setau saya, kantor Almira juga aktif dalam pembiayaan sindikasi, sama dengan bank tempat Gala bekerja 😁

Baca juga review buku Ika Natassa yang pernah saya tulis

Overall, 4 bintang untuk buku Ganjil Genap. Dan pastinya saya sangat menantikan buku Almira Bastari yang berikutnya.

Judul : Ganjil Genap
Penulis : Almira Bastari
Editor : Claudia Von Nasution
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit tahun 2020
344 hlm
ISBN 9786020638010

Jadi gimana dengan kamu, udah genap atau masih nyaman dengan ganjil? 😁

44 comments:

  1. halo mba.
    keren nih blognya. mba thessa suka baca buku nih pasti. bahkan sudah menulis buku solo. hebat keren euy.
    saya belum pernah baca buku karangannya almira bastari. mungkin bisa jadi referensi novel metropop. hehe.

    salam kenal. salam literasi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal Mba Mirna. Terima kasih sudah mampir 😊 Seneng banget ketemu sesama pencinta buku seperti Mba Mirna..

      Iyaa mba, aku suka banget sama buku.. hebat juga mba mirna sampai udah menerbirkan 2 buku antalogi 😍😍 Salam literasi Mba.

      Delete
  2. Seru sepertinya, mba Thessa 😍

    Saya masih bisa relate sama sosok Gala karena ceritanya yang sederhana, tentang kehidupan seorang wanita yang baru putus setelah belasan tahun lamanya kemudian berusaha mencari sosok baru sebelum usia 30 datang. Sepertinya akan ada banyak pembaca yang cocok dengan ceritanya 😆 ehehehehe.

    Sudah lama sekali saya nggak baca buku novel, sepertinya one day akan mulai baca novel lagi setelah buku-buku lainnya terselesaikan 😍 thanks for the review, mba 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu Mba Enoo. Alalagi bahasanya Almira kocak gitu, jd menghubur banget. Lumayan ngilangin suntuk kalau bosen sama rutinitas. Hehehe..

      Iya bener mba, kayaknya bakal banyak yg ngerasa related. Apalagi kan orang kita hobi banget nanyain 'kapan nikah?' kan 😂

      Makasii juga udah mampir Mba Eno 💖

      Delete
    2. Gara-gara review mba soal Ganjil Genap, beberapa hari lalu akhirnya saya beli untuk saya kasih ke mba ART saya sebab si mba suka baca 😂 niatnya habis si mba baca, saya mau pinjam hahahaha. Thanks for rekomendasinya, mba 💕

      Delete
    3. Wah asiik langsung dibeli 😍😍 Mudah2an Mba eno n Mba Art terhibur baca ini yaaa 😁

      Btw,art aku juga suka baca mba. Awalnya kayaknya ga terlalu, tp begitu liat dirumah banyak buku, dia kayaknya penasaran ikut baca. Skrng jd seneng baca juga jadinya 😁.

      Delete
  3. Wah Almira Bestari ada buku lagi. Saya terakhir baca "resign" sebulan sebelum saya resign dari kantor lama hahahah. Salah satu pendorong saya untuk resign.

    Yang menarik dari buku Almira adalah orang orang gampang relate dengan bukunya, karena karakter ataupun latar belakang tokohnya sangat dekat dengan kaum urban pekerja. Selain itu, percakapan dalam novelnya terasa organik sehingga pembaca merasa kejadiannya nyata.

    Semoga bisa mendapatkan novel ini dan terima kasih atas reviewnya Mbak Thessa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Cipu, baru terbit tahun ini buku ini..
      Wah mas cipu udah aca cerita para cungpret di Resign juga yaa 😁 Nah menurut aku buku ini lbh oke dr Resign.

      Bener mas, penderitaan Gala berasa banget kaya penderitaan kaum milenial yg berjuang di kerasnya ibu kota. Hehehe. Relatable.

      Iya Mas Cipu, semoga bisa berkesempatan buat baca buku ini juta mas. Makasi juga udah mampir Mas Cipu 😊

      Delete
  4. Wah.. Dari wattpad😃 keren banget mbk almira. Emang kebanyaakan cerita di wattpad itu soal perjodohan dan ceo gitu ya mbk, saya juga pernah baca😂 dan pembacanya yang paling banyak emang di genre itu. Jadi luar biasa banget kalau ceritanya mbak almira yang menceritakan perjuangan gala cari jodoh udah dibaca jutaan kali di wattpad😍

    Saya belum baca bukunya mbk almira, udah lama nggak baca buku. tapi sering baca reviewnya juga...jadi pasti bukunya keren.

    Makasih reviewnya mbk thessa😊, baca review buku di sini tuh bikin pengen baca buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kan Mba Astria, cerita wattpad banyak yg tentng perjodigan dan CEO ganteng kaya dan super cool 😂 Ga salah jiga sig, apalagi memang peminat cerota tipe itu banyak bgd di wattpad. Hehehe..
      Kalau mau nyoba baca buky Almira, Merlbourne Wedding Marathon dan Resign ada di Ipusnas Mba. Jd bisa diintip2 dulu siapa tau suka 😁

      Makasii juga udah mampir Mba Astria 😘

      Delete
  5. Keingetan kayak nama peraturan lalu lintas di Jakarta, ganjil genap 😁.

    Jujur aku belum pernah baca buku karya mbak Almira.
    Sepertinya gaya kepenulisannya khas remaja ya ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mas Himawan, memang ini nyerempet cerita peraturan ganji genap jalanan Jakarta 😁

      Ga terlalu kayak remaja sih Mas, lebih ke metropop. Related banget sama umur akhir 20 atau 30an menurut ku. 😁

      Delete
  6. Baca review nya menarik ya, karena ngga mau dilangkahi adiknya maka Gala cari segala cara agar bisa segera dapat jodoh dan menikah. Kok jadi seperti tetangga saya ya, cuma bedanya tetangga saya akhirnya dijodohkan saja.😂

    Oh, ini novel ketiga Almira Bestari ya mbak setelah Melbourne Wedding Maraton dan Resign. Mbak Thessa banyak sekali koleksi bukunya ya. Kalo aku koleksinya buku Wiro sableng.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadinya dijodohkan ya Mas Agus, gpp lah asal cocok ya. Hehehe.. 😁

      Sebenernya buku pertama dan kedua Almira aku bacanya di Ipusnas Mas Agus, jd ga punya buku cetaknya. Hehehe.. Ini Ganjil Genap beli karena keburu penasaran dan blm ada di Ipusnas 😁
      Wuaa, ketauan angkatannya ya Mas, bacaannya Wiro Sableng #eh 🤣🤣

      Delete
    2. Hahaha, saya malah koleksi hampir semua karya Bastian Tito, dari Wiro sableng, Mahesa edan dan Mahesa Kelud. Tapi sayangnya novelnya udah hilang semua, dipinjam teman ngga dibalikin.🤣

      Delete
    3. Yaah sayang ya pd hilang tak kembali. Padahal skrng2 buku2 jadul itu jd collectible item, sampe banyak yg nyari lg.
      Eh tp akupun jg punya bbrapa buku yg dipinjam tak kembali 😅

      Delete
    4. 😱 Beneran Mas Agus koleksi Wiro Sableng ??? hihihi... ketauan berarti lebih tua dari saya yah hahaha...karena waktu saya pengen baca, buku2 itu udah termasuk terbitan lama dan lagi dulu saya sempet dilarang baca oleh kakak temen saya, karena isinya itu ada yang belum boleh saya baca hihihi...

      Delete
    5. Dari bacaannya jd ketauan umurnya ya Mbaa.. hehehehe 🤣🤣

      Delete
  7. Sepertinya alur ceritanya mudah dipahami yaa mbak? Tapi bakal ada kejuta-kejutan yang ga terduga dari ceritanya yaa?
    cerita kayak gini rasanya banyak dialami orang. Pacaran lama, kemudian kandas. Akhirnya di fase malas cari penggantinya..hehhehe


    Aku sudah lama ga baca novel model percintaan kayak gini mbak. Malah sering beli buku tentang catatan perjalanan. Dan beberapa buku lainnya masih terbungkus plastik..hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, ceritanya santai dan gampang dipahami kok 😁 Kalau aku sih udah menduga2 endingnya, tp ttp aja seru bacanya. Hehehe..

      Wah lebih suka genre travelling ya Mas. Aku jarang baca itu karena takut ntr malah bikin mupeng pengen jalan2, pdhal kondisi blm tentu bs memungkinkan 😁 Tp aku pernah baca dan review buku Menjejak Andalusia di sini. Siapa tau berminat baca mas 😊

      Delete
  8. Sepertinya buku-buku terbitan Almira ini cukup terkenal ya kak. Aku sering lihat buku Resign! Dan Ganjil Genap berseliweran, jadi aku berasumsi buku-buku yang ditulis Almira termasuk best seller 😁

    Btw, kenapa kalau kak Thessa yang ngereview, aku jadi ingin ikutan baca ya 😂 padahal selama ini 2x lihay sinopsisnya kayak biasa aja gitu, tapi setelah lihat post ini, aku jadi ingin baca 🤣 kak Thessa berbakat nih dalam menebarkan ratjoen huahahaha.

    Btw lagi, Hujan Bulan Juni-ku belum selesai baca nih kak. Ternyata walaupun halamannya sedikit, aku juga bacanya lambat karena kata-katanya yang berat dan mungkin alurnya bisa dibilang lambat, isinya kebanyakan percakapan-percakapan dalam bahasa yang aku kurang paham jadi sulit terbawa arusnya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia, buku Almira terutama yg Resign! dan Ganjil Genap ini memang masuk ke buku best seller. Banyak peminatnya 😁

      Wah aku ngeracun yaa, asiikkk.. Ayo ikutan baca Liaaa 😁 Eh tp itu menurutku ya Lia, soalnya kan tiap orang bisa juga seleranya beda. Hehehe. Tp yg pasti aku baca ini bisa lebih cepet dr Hujan Bulan Juni.
      Ganjil genap 300an halaman beres 2 malem. Hujan Bulan Juni aku baru beres hampir 2 minggu padahal cuma 100an halaman.

      Delete
    2. Tadinya aku mau ikutan baca tapi di Gramedia Digital sama iPusnas belum ada 😥 jadi, aku masukin ke wishlist dulu deh kak. Terima kasih rekomendasinya ya kak 🙏🏻
      Hujan Bulan Juni lumayan berat ya kak walaupun tipis, aku aja udah 1 minggu-an, baru baca 50 halaman dan nggak tahu bakal lanjut atau nggak nih 😂

      Delete
    3. Wah belum ada di Gramedia Digital yaa.. Aku kira di Ipusnas aja yg blm ada.
      Sama2 Lia 😘

      Delete
    4. Kak Thessa, beberapa saat lalu akhirnya buku ini ada di Gramedia Digital dan aku udah baca karena racun kak Thessa 🤭
      Aku termasuk cepat menyelesaikan buku ini, sekitar 2 hari gitu. Aku cukup enjoy membacanya walaupun sepertinya banyak jokes yang nggak dapet di aku dan kesan dari kepribadian Gala yang terlihat mudah nempel sama cowok karena udah kepepet waktu 😂
      Tapi, aku malah kurang suka sama endingnya wkwk, mungkin karena aku udah berekspetasi lebih 🤣

      Delete
    5. Waah udah langsung baca ya Lia. Semoga ga nyesel yaa kena racun Ganjil Genap. Hehehe..
      Cepet kan, page turner banget soalnya bukunya. Akupun juga agak gimana gt sama kepribadian Gala, makanya aku suka endingnya karena realistis menurutku. Tp Lia malah kurang sukaa yaa.. Mudah2an ga kapok kena racun sama aku lg ya nanti2 :D

      Delete
    6. Nggak nyesel kok kak, aku cukup enjoy bacanya dan iri sama pertemanan Gala 😂
      Iya, cepat banget! Hahaha. Seru sih sebenarnya cuma endingnya tuh aku udah mikir Gala bakal jadi sama Aiman gitu kak. Makanya pas tahu endingnya nggak gitu, ku sedih 🤣
      Huahaha nggak akan kapok, ayo racunin lagi kak #lho

      Delete
  9. Cerita cinta itu jadi lucu kalau kita sudah mapan bersama yang sekarang. Hehe.
    Saat menjalaninya dulu, bisa stress kalau kita tidak bisa mengendalikan pikiran dan perasaan saat jatuh cinta atau putus cinta.

    Terima kasih kepada para mantan, karena sudah berkenan menemani perjalanan saya sampai bertemu dengan yang sekarang. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciee Mas Agung, mantannya banyak nih kayaknya. Hehehe..
      Tapi bener sih, sekarang kita bisa ketawa2 ya. Dulu kecengan tiba2 ga ngasi kabar aja langsung galau dan uring2an. 😅

      Delete
  10. berhubung uda ada di fase usia segini, jadi sekarang aku lebih sukanya karakter novel yang usianya jelang-jelang kepala 3, wanita urban dengan agenda yang mirip mirip gala dengah segala kedesperatedannya tentang masalah jodoh hihi...

    aku suka tema yang ngangkat masalah ini soalnya...jadi kebayang ga keruannya uda hubungan sekian lama, eh dipegat karena ga jodoh.. tapi tokoh cowoknya juga ga gitu ngasih kejelasan sih ya...makanya itu yang bikin nyeseg #php mode on...

    mana pun pake bahasanya satir yang biasanya aku semangat bacanya...kalau pengarang dengan gaya satir aku apalnya ama tulisannya Albertheine Endah..misalnya buku dia yang ngulas tokoh wanita urban kepala 3 yang belom ada jodoh juga, judulnya jodoh monika.

    tapi menariknya lagi, di buku ganjil genap ini ternyata ada sedikit benang merah dengan buku Almira yang lain ya, jadi semacam isi drama tv yang perkarakternya akan dipreteli satu per satu dengan porsi yang lebih gede sebagai tokoh utamanya...

    Oh ya, dan nama Gala sendiri di sini juga ga biasa ya, maksudnya kebacanya cukup unik.. walau kalau dari mba thessa pribadi yang seorang banker tentu uda khatam ya mba dengan profesi ini dan malah pengen eksplore profesi lainnya hihi

    eh baru tau mba thessa ternyata panggilannya mba ica yaaa ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget Mbul, bacaan, film, saya lebih suka yang sesuai usia, karena biasanya feel nya lebih dapat. That's why udah nggak mempan dengan cerita anak SMU wakakakaka

      Delete
    2. Tos Mba Nita, Mba Rey, aku skrng juga lebih suka cerita umur segini.. walau buku2 cerita romance SMA aku masih baca, tp ttp aja lbh asik baca yg kita lbh ngerasa related gini 😁

      Emank cowok kalau ga ngasi kejelasan mah ga perlu dipertahanin yaa.. hehehe..

      Jodoh Monica ya, ah jd penasaran juga.. Bhasa satir kalau dibaca buatku punya daya tarik sendiri,jd ngebayangin diceritain sama orng yg ceplas ceplos gt 😁

      Aku baruu ngeeh klo ini nyambung, eh kaya spin off ny buku Almira sebelumnya pas udah akhir2 mba. Hehehe.. berasa sintron yg ada season berikutnya gt yaa 😁

      Nama Gala emank unik, awalnya aku susah lg ngebayangin Gala ini nama cwek. Krna mnrt ku itu lbh cocok jd nama cwok sbnr ny 🤣 btw, tntng bankers, lbh krna penasaran aja sama kerjaan lain Mbaa. Hehehehe..

      Waah, Mba Nita meratiin aja panggilan aku 😍😍😍 ku klo ngenalin diri pasti Thessa, tp klo ngbrol suka manggil dri sendiri Ica. Jd aja bbrapa temen ada yg ikut manggil Ica, tp banyak juga yg ttp Thessa.. 😁

      Delete
  11. Sekilas lihat covernya teringat Resign! ya, Mbaa. Warnanya mirip-mirip hihi

    Sekarang aku baru ngeh, arti ganjil genap itu adalah angka 30, ya, hahaha. Unik banget pemilihan judulnya. Aku sendiri belum baca sih, baik ini maupun Resign. Waktu Resign masih di Wattpad aja udah nggak bisa dibaca, banyak part yang dihapus karena proses penerbitan 😅

    Kalau baca dari review-nya Mba Thessa sepertinya cerita keseluruhannya fun, ya. Bukan cerita romansa yang menye-menye.

    Terima kasih Mba Thessa untuk review-nya. Masuk daftar bacaan dulu, siapa tau nanti ingin dibeli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna ceraaah mencolok mata ya Mba Jane. Resign kuning, ini jingga 😁😁 Emank khas nya Almira yaa..

      Ganji genap bisa umur, bisa krna klo sendiri ganjil dan berpasangan genap, bisaaa... banyak artinya di novel ini mba 😁 Tp pesen terakhir di endingnya dapet bgd sih mnrt aku, mau ganjil atau genap ya ga msalah asal..... (takut spoiler 😅)

      Iya Mba, skrng metropop gramedia asik2 mnrt ku, ga menye2. Hehehe.

      Sama2 Mba Jane, Makasi juga mba udah mampir 💖💖

      Delete
  12. Menarik banget bukunya, saya juga pernah pacaran lama, memang lama-lama bosan hahaha.
    Apalagi gaje, hadeehhh.

    Baca tulisan ini jadi kepo deh.
    Meskipun saya setuju, alasan orang putus (mau lagi pacaran kek, nikah kek) / cerai yaitu tidak cocok, karena ada yang lain yang lebih cocok hahahaha.

    Yang penting, apapun yang terjadi, hindari dukun deh, kecuali dukunnya adalah nama orang yang ganteng dan kaya *plak, mamak halu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jd klise banget ya Mba Rey klo tiba2 ga cocok doank. Pasti krna nemu yg lbh cocok gt yaa 😁
      Apalagi lama pacaran ga ngasi kejelasan, patut dicurigai itu.. hehehe..

      Musysrik yaaa kalau sampai ke dukun. Jangan sampee deh 🤣🤣 Eh, klo nemu orng nama dukun ganteng dan kaya, kasi tau ya Mba.. hehehee..

      Delete
  13. Eiits kalau saya nggak kebayang itu susah moveon nya kayak apa kalau pacaran 13 tahun terus belum ke pelaminan udah bubar. Huaaa. Kayaknya ini ringan dan menghibur banget. Noted deh, kapan nyari bacaan berikutnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, 13 tahun gitu ya. Dari jaman putih abu2, sampai udah kerja. Makanya Gala jadi galau.. Iya mba, ringan dan menghibur. Walau karakternya patah hati, malah bikin lucu 😁

      Delete
  14. Sebenernya yang paling saya suka itu cara Mba Tessa mereview buku ini 😍, bikin bukunya semakin menarik, harusnya dapet fee juga dong dari hasil penjualan buku ini 😂😁, Mba Eno aja sampe penasaran dan akhirnya beli buat Mba nya, saya juga apalagi, penasaran bukan main (tapi dalem hati aja). 🤭

    Kalo ada yang mau minjemin, yah lebih enak minjem sih 😂😅. Kalo mo beli kan susah Mba, banyak banget rintangan yang harus dihadapi soalnya, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya bilang reviewnya menarik, makasi Mba Rini 😍😍 Soalnya kalau bukunya memang mnrtku bagus, nulis reviewnya pun jd enjoy. Hehehe..
      Kalau ada yg terpengaruh buat ikut beli itu bonus 😁

      Mudah2an aja bukunya cepat muncul di Ipusnas biar makin banyak yg bs menikmati, termasuk Mba rini 😍

      Delete
  15. Aku td coba nyari dulu dari ipusnas , berharap buku ini ada. Tp ternyata ga, cuma ada yg wedding marathon dan resign. Mungkin Krn ganjil genap masih baru kali yaaa.

    Menariiik sih sinobsisnya :). Aku suka buku2 ringan tapi suka relate ama kehidupan sehari2 :D. Jujur blm prnh baca karya2nya Almira Bestari. Aku mau cari yg ganjil genap ini, tp sblm dapet, kayaknya mau coba baca novel pertama dan keduanya dulu yg ada di ipusnas :)

    Ga banyak buku pengarang lokal yg bisa bikin aku males berhenti sblm tamat:p. So far baru alberthiene Endah, Alia zalea, S mara GD , dan Ika Natassa :). Semoga Almira Bestari bisa nambahin list pengarang lokal favoritku :)

    Eh btw, aku jd penasaran 13 THN pacaran, trus putus itu sakitnya gimanaaaa :p. Alasannya apa pulaaa :D. Duuuh ga kebayang dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kayaknya karena buku baru jd belum ada di Ipusnas. Aku rekoemndasiin baca Resign dulu aja Mba. Karena Melboure Wedding Marathon menurutku biasa aja, ga terlalu spesial.

      Dari list Mba Fanny, yg sama favorit kita Aliazalea dan Ika Natassa. Sama tambahan satu lagi, Ilana Tan 😁

      13 tahun memang waktu yg ga bentr yaa.. makanya bikin Gala super galau. Bikin penasaran yaa 😆😆

      Delete
  16. Wah aku baru tahu Ganjil Genap penulis yg sama dengan novel RESIGN. Aku jadi pengen baca karena Almira Bastari metropopnya kental dan bagus banget. nice review Thesa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Innda. Ganjil Genap itu novel ke3 nya, novel ke 2 Almira yg Resign. Metropop dan ceritanya related sehari2 kita, jd memang banyak peminatnya..
      Makasi Mba Innda, makasi juga udah mampir dan membaca postingan ini 😊

      Delete