Sunday, 30 September 2012

Ensiklopedia Kehamilan & Kelahiran by dr Miriam Stoppard


Apabila beberapa portingan sebelumnya adalah tentang pernikahan, and life moves on, maka postingan kali ini adalah tetang buku kehamilan dan kelahiran.
Those all begun on last Mei, when my test pack showed positive result. I'M PREGNANT!! What a lovely.. ^^

Akhirnya untuk meyakinkan hasil test pack, akhirnya saya dan suami tercinta datang ke dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Mendical Care (RSIA-KMC), Dr. Agung Spog.  Hasil test lab juga mengungkapkan hal yang sama, (kalau dari hasil USG belum terlihat karena kehamilan masih terlalu muda). And here I am now, on my 17 weeks pregnancy.. :) :)
Mengingat ini adalah  my very first experience, I think I need good book to tell me more, more than I can read from internet. Mengingat (this word again, what a redundancy) bacaan dari internet belum tentu semua nya bisa dipercaya. dr. Agung juga menyarankan, jangan terlalu banyak membanding-bandingkan kondisi kehamilan kita dengan orang lain dan dari bacaan di internet, karena kehamilan setiap orang tidak bisa disamakan dengan orang lain. Dari hasil konsultasi dengan dr. Agung, dia menyarankan buku Miriam Stoppard untuk dibaca jika ingin menambah wawasan tentang kehamilan. "Walaunpun ada beberapa hal yang agak berbeda karena buku itu dibuat orang asing, tetapi isi nya cukup lengkap untuk menjelaskan tentang kehamilan" He said. Dan begitulah, sepulang dari rumah sakit, saya langsung memborong beberapa buku kehamilan, salah satunya buku ini.

Buku ini ditulis oleh dr. Miriam Stoppard, seorang dokter di Inggris, dan telah menerbitkan lebih dari 50 juta bukua yang menjual lebih dari 20 juta eksemplar. Sesuai dengan judulnya "Ensiklopedia", buku ini benar-benar membahas dengan lengkap tentang kehamilan dan kelahiran. Dengan ketebalan 376 halaman versi terjemahan yang diterbitkan oleh penerbit Erlangga, dan ukuran buku yang cukup besar, plus hard cover, it really has tons of information.

Bab di buku ini diawali dengan pembahasan terhadap persiapan kehamilan. (Ternyata seharusnya suplemen asam folat mulai dikonsumsi setidaknya sebulan sebelum rencana kehamilan), dilanjutkan dengan pembahasan kehamilan yang dibagi setiap trimester, pembahasan makanan selama hamil dan kehamilan yang sehat. Bab-bab berikutnya membahas tentang kelahiran, yang honestly I haven't read yet. hehehe.. I'll read that part later in my last trimester. :D

Anyway, terlalu banyak informasi di buku ini untuk diceritakn. But over all, buku ini very recommended, tidak hanya untuk ibu-ibu hamil, tetapi juga bagi ibu-ibu yang merencanakan kehamilan. Bahkan ada bab khusus yang membahas "persiapan menjadi ayah" yang memberikan informasi juga bagi pasangan. Plus, saat membeli ensiklopedi ini, ada buku bonus Baby Care untuk Ayah by Colin Copper. I haven't read it yet, but my husband said "bukunya bagus kok" -walaupun sebenarnya dia belum membaca semuanya, he doesn't really love reading actually-

Here I'm now ^^ :

Reaksi: