Sunday, 22 July 2012

Grimms' Fairy Tale by Brothers Grimms

Jacob dan Wilhelm Grimms, atau lebih dikenal dengan Brothers Grimms, adalah kakak beradik asal Jerman yang menerbitkan buku Children's and Household Tales, atau sekarang dikenal dengan Grimms' Fairy Tales.

Buku pertamanya dipublikasikan pada tahun 1812 dan terdiri dari 86 cerita, termasuk didalamnya cerita-cerita yang telah sering kita dengar seperti Rapunzel, Hansen dan Gretel, Cinderella dan puluhan cerita lainnya. Buku kedua dipublikasikan pada tahun 1814 dan terdiri dari 70 cerita.

Buku Grimms' Fairy Tale yang saya baca bukan kedua edisi yang di atas, tetapi buku gratisan dari salah satu aplikasi ipad bernama Kobo. Ini adalah buku pertama yang saya coba baca dari tab, and it was fun actually.. First, I don't need to buy this. Second, i can bring more books in one time, tanpa harus merasa keberatan.. Hohoho... The Grimms book i read contain 62 stories, some stories are from Grimms' first book, and others from the second book.

Why i read Grimms' Brothers? The reason is, because one of Grimms' character shows in some film I watch and I love, he is Rumplestilskin. Berbeda dengan tokoh Rapunzel, Putri Salju, Cinderella dan beberpa karekter Grimms lain yang familiar, Rumplestilskin not so that familiar for me, mungkin juga bagi beberapa pembaca lainnya. Rumplestilskin sempat muncul dalam salah satu film animasi terkenal Disney, yaitu Sherk Forever Afer dan salah satu serial Tv yang sedang booming saat ini yaitu Once Upon a Time.

Pada kedua film di atas, karakter Rumplestilskin digambarkan kurang lebih sama, yaitu seseorang yang licik yang selalu menawarkan deal atau suatu kesepakatan. Kesepakatan biasa nya dibuat apabila orang-orang membutuhkan bantuan, dan tidak tau harus meminta tolong kemana. Maka mereka akan datang ke Rumplestilskin, dan Rumplestilskin akan meminta bayaran atas bantuan yang diberikannya. Bayaran yang diminta bukan lah harta, atau pun uang, tetapi mungkin hanya benda-benda atau informasi-informasi yang menurut orang-orang tidak berguna. Sedangkan Rumplestilskin selalu punya rencana besar terhadap imbalan yang dia peroleh, dan membuat orang yang dibantu justru makin dirugikan.. Pada buku Grimms, cerita Rumplestilskin adalah
Alkisah pada suatu desa, hiduplah seorang penggiling jerami (miller) dan seorang putrinya yang yang cantik dan pintar. Pada suatu hari, seorang raja melewati tempat sang penggiling jerami tersebut. Sang penggiling yang suka melebih-lebihkan mengatakan kepada raja bahwa putri nya bisa memintal jerami menjadi emas. Raja itupun akhirnya membawa putri tersebut ke istana, dan memerintahkannya untuk memintal jerami menjadi emas dan meninggalkannya disuatu ruangan. Sang putri yang tidak bisa melakukan apapun hanya bisa menangis, ketika akhirnya tiba-tiba seorang lelaki kerdil melompat masuk keruangan. Dia pun menawarkan untuk membantu sang putri, dengan imbalan kalung milik sang putri, dan hari berikutnya dengan imbalan cincin di jarinya. Sang raja yang terkesan dengan kemampuan sang putri tersebut akhirnya berniat untuk menikahinya. Tetapi sebelumnya raja menginginkan sang putri untuk memintal jerami menjadi emas sekali lagi. Sang putri yang tidak lagi memiliki apa-apa untuk ditawarkan kepada manusia kerdil, akhirnya terpaksa menyetujui untuk memberikan anak pertamanya.. Waktu terus berlalu dan akhirnya raja dan ratu dikaruniai seorang anak. Tetapi kebahagian tidak berlangsung lama karena lelaki kerdil datang untuk menagih janjinya. Sang ratu yang sangat berat hati untuk memberikan anaknya menawarkan harta yang berlimpah, tetapi si orang kerdil menawarkan solusi lain... "I will give you three days' grace, and if during that time u can tell me my name, you shall keep your child" Berhasilkah sang ratu menebak nama tersebut dalam tiga hari? You better read by your self.. :)
Secara keseluruhan, membaca buku Grimms ini ringan dan menyenangkan. Cerita-ceritanya juga pendek-pendek, antara 7-15 halaman, jadi juga cocok dijadikan dongeng pengantar tidur untuk si kecil.. So, if u a a fantasy story lover, tidak lah lengkap kalau belum membaca dongeng-dongeng legenda sepanjang masa pada buku ini..
Reaksi: