Saturday, 24 March 2012

Artemis Fowl by Eoin Colfer

Rangkuman di belakang buku ini:

Artemis Fowl miliuner jenius yang baru berusia dua belas tahun. Karena ingin mendapat emas, ia berhasil masuk ke dunia peri. Tapi ternyata peri-peri yang dihadapinya bukanlah seperti ang ada dalam dongeng. Mereka bersenjata dan berbahaya, dan mereka mau melakukan apa saja untuk membebaskan teman mereka yang ditawan Artemis



Alkisah pada zaman dahulu kala para peri, yang dikenal dengan sebutan Kaum, hidup berdampingan dengan damai bersama manusia atau dikenal dengan Makhluk Lumpur. Seiring dengan berjalan waktu, kedua jenis itu tidak dapat lagi hidup berdampingan. Kaum menyingkir untuk tinggal di bawah tanah sedangkan manusia tetap tinggal di atas tanah. Pada akhirnya pada masa sekarang manusia hanya mengenal para peri sebagai suatu dongeng yang diragukan keberadaannya. Tetapi seseorang tetap yakin bahwa para peri itu memang ada, yaitu Artemis Fowl..

Artemis Fowl memiliki IQ yang luar biasa sehingga bisa dikatakan jenius. Keluarga Fowl secara turun temurun adalah keluarga penjahat miliuner kelas kakap, tinggal di sebuah kastil yang telah bertahan ratusan tahun dari perang saudara, bencana alam dan lainnya.  Dengan pencarian yang panjang ke berbagai belahan dunia, Artemis akhirnya berhasil menemukan copy Buku  kaum. Buku tersebut adalah pedoman segala hal tentang para peri, cukup memberikan Artemis informasi bahwa ia bisa memperoleh keuntungan berupa berkilo-kilo emas dari para peri tersebut. Walaupun ternyata semuanya tidak semudah yang direncanakan Artemis, karena teknologi manusia ketinggalan miliaran tahun dibandingkan dengan teknologi kaum.

Selalu menyenangkan membaca buku-buku fantasi dengan makhluk-makluk luar biasa. Pada buku ini diceritakan beberapa jenis peri seperti:
  • Leprechaun yang dikenal dengan peri berbaju hijau yang membawa emas. Tetapi pada buku ini  Leprechaun sebenarnya adalah salah satu profesi peri sebagai LEPrecon, cabang elite Lower Elements Police (kepolisian elemen bawah), semacam polisi yang menjaga keamanan seluruh peri. Sedangkan emas yang dimaksud ternyata adalah semacam emas tebusan yang akan dibayarkan apabila terdapat peri yang ditawan. ---emas inilah yang diincar oleh Artemis muda.
  • Sprite, peri yang memiliki sayap indah
  • Goblin, peri kasar yang bisa mengeluarkan api dari mulutnya. memang agak berbeda dibandingan dengan Goblin di buku-buku fantasi lainnya.
  • Kurcaci, peri penggali. Jenis peri yang bisa menggali terowongan dengan menggigit tanah/batu dengan rahangnya, menelan hasil galian dan mengeluarkannya dari pan**t nya. 
  • Santa Klaus, ternyata sosok pria baik hati yang membagi-bagikan kado pada malam Natal ini juga salah satu jenis Peri! 

Selain peri, juga terdapat centaurus dan troll dengan deskripsi yang tidak jauh berbeda dengan cerita-cerita fantasi lainnya. Here is some important character in dis book I've got from Artemis Flow's site:


Kesimpulannya, buku yang menarik untuk penikmat cerita fantasi. Jalan ceritanya menawarkan hal yang berbeda dibandingkan dengan buku-buku fantasi lainnya, karena juga disisipkan teknologi-teknologi seperti fiksi ilmiah.  Love it! Anyway, dis book is d 1st book in Artemis Fowl series..
Reaksi: