Friday, 28 August 2020

Rekomendasi Bacaan Aman untuk Anak-Anak


Buat para orang tua yang memiliki anak yang mulai meninggalkan fase toddler, mulai bingung ga mencari bacaan untuk mereka? Ga tau kalau yang lain ya, saya sempat merasa seperti itu soalnya πŸ˜… Anak sulung saya, Talitha, atau suka saya panggil Kakak Titha, tahun ini sudah 7 tahun. Dia udah ga tertarik lagi baca buku-buku yang biasa dulu dia suka baca. Karena memang sebelumnya koleksi buku anak saya itu banyaknya yang penuh gambar, dan cerita singkat. Sekarang Titha baca buku kayak gitu paling 5 menit juga udah tamat, jadi udah tidak menarik minat dia lagi. Kayaknya dia penasaran dengan buku yang lebih padat ceritanya, kayak buku komik atau novel. Pernah saya coba kasi komik Doraemon koleksi papanya dulu, dia sempat menamatkan beberapa komik Doraemon abis itu bosen. Pernah juga ikut baca novel klasik Heidi punya saya, saya tawarin Goosebumps, Trio detektif, dibaca sih, tapi kayaknya dia ga terlalu tertarik karena abis itu ditawarin lagi ga mau. Hahaha.. Paling buku-buku Roald Dahl saya, itu yang tipis-tipis udah abis semua dilahap Titha.

Baca juga cerita Titha dan buku di : 

Kembali ke kebingungan saya, jadi sebenarnya saya kalau mau kasi buku lain khawatir belum sesuai dengan umurnya, atau malah tidak sesuai dengan norma yang dimiliki di keluarga (walaupun buku anak-anak). Jadi biasanya saya harus baca dulu bukunya, baru dia boleh baca. Padahal saya kan juga ga selalu sempat dan mood  juga buat baca bukunya kan πŸ˜… Sampai akhirnya saya menemukan dua jenis buku yang aman untuk anak, yaitu :

1. Komik Next G



Awalnya justru yang tau komik Next G itu Titha sendiri loh. Dia beberapa kali baca di perpustakaan sekolah dan katanya bagus. Akhirnya waktu dia request buku ini buat hadiah ulang tahun ke-7 saya semangat donk buat beliin.  Saya waktu itu beli online dan begitu komik pesenan Next G nya datang, saya ikut baca dulu. Ternyata saya baru tahu, yang bikin cerita-cerita di komik Next G ini ya anak-anak juga. Rentang umur 8-14 tahun. Jadi anak-anak bisa mengirimkan komik yang mererka buat, nanti komik akan digambar oleh illustrator dan diterbitkan.
Karena ceritanya dibuat anak-anak, ceritanya aman banget buat dibaca anak kita. Jadi sekarang setiap datang buku Next G pesanan Titha, Mama Ica ga perlu baca dulu deh. Bisa langsung dilahap Titha bacaannya. Selain itu, konfliknya juga ga terlalu kompleks, jadi mudah dimengerti untuk anak seumur Titha. Komik Next G setipis itu biasanya di dalamnya ada beberapa cerita. Favorit Titha yang ada misterinya seperti ini: 


Jangan bayangin ceritanya serem ya, ga serem sama sekali kalau buat saya πŸ˜‚. Misalnya buku Jin Sekolah, cerita tentang anak yang baru pindah sekolah. Trus dia ketemu anak misterius di lorong, abis itu ketemu orang yang sama di ruangan lain. Dia udah takut jangan-jangan itu hantu yang bisa pindah-pindah tempat dalam waktu singkat. Eh, ternyata itu anak kembar donk πŸ˜‚πŸ˜‚

Yang kanan gambar asli dari anak yang mengirimkan karya, yang kiri yang sudah digambar illustrator (biasanya ada penambahan bumbu cerita biar lebih menarik)

Sejak sering baca Komik Next G, Titha juga jadi makin sering gambar buat ngisi waktu luang, atau kalau lagi bosen saat zoom PJJ (persis mamanya dulu pas sekolah suka gambar kalau udah ngantuk denger penjelasan guru). Hahaha..  Ini salah satu gambar Titha : 



2. Buku KKPK (Kecil Kecil Punya Karya)


Selain komik Next G, bacaan aman buat anak lainnya adalah KKPK terbitan Dar! Mizan (imprint Mizan yang khusus menerbitkan buku anak). Jadi waktu itu saya sempat baca salah satu komen di instagram di foto buku KKPK seperti ini:
"Wah buku KKPK, jadi ingat dulu pas SD berasa keren banget kalau udah baca buku KKPK"
Disitu saya sebagai emak-emak baru ngeh, ternyata anak-anak SD sekarang suka baca KKPK. Mungkin semacam suka baca Goosebums atau Lima Sekawan seperti jaman saya dulu. 😁
KKPK ini menurut saya bukunya memang pas untuk peralihan dari anak yang terbiasa baca buku bergambar menjadi mulai membaca novel. Karena halamannya ga banyak (80an halaman), tulisannya besar-besar dan tentu aja konflik yang dibahas ga terlalu kompleks. Soalnya penulis buku ini juga anak-anak loh, makanya disebut dengan Kecil Kecil Punya Karya.

Sejak pertama kali saya belikan komik Next G dan KKPK buat Titha saat ulang tahunnya awal tahun kemaren, Titha udah punya sampai 30an buku. Dia udah ngalah-ngalahin mamanya karena udah baca lebih banyak buku tahun ini. Hehehe.. Sejauh ini, semua cerita pada komik Next G dan KKKP aman untuk anak seusia Titha. Saya pribadi tentu mendukung semangat Titha dalam membaca, makanya saya sering beliin buku ini. (plus buku KKPK dan Next G sering obral murah-murah di toko buku online 😁).  Kalau pesanan buku baru udah datang, saya sampai harus membatasi Titha dengan  ngasih cuma satu buku per hari. Soalnya kalau ga gitu, dia bisa langsng baca semua dalam sehari, trus besoknya jadi ga ada bacaan. Hehehe..  Maklum karena selama pandemi ini dia kan di rumah aja, jadi memang butuh alternatif kegiatan positif. 

Baca juga rekomendasi buku anak : 



Nemenin Titha baca buku paling enak sambil ngemil. Eh pas banget Mba Eno kirimin Bakpia Kukus ini donk. Udah lama banget aku ga makan bakpia kukus, terakhir awal tahun sebelum pandemi waktu ada acara sepedaan di Prambanan. Ngemil ini kan jadi bikin kangen Jogja 😍

Mama Ica numpang narsis dulu, karena cemilan kiriman Mba Eno bikin kangen Jogja.

Btw, buat yang ga tau Mba Eno itu siapa, jadi Mba Eno adalah blogger kesayangan kami semua yang tinggal di Bali. Tulisannya bisa dibaca di www.creameno.com. Coba deh mampir, dijamin langsung jatuh cinta sama tulisannya. Tulisan Mba Eno biasanya memang ga panjang, tapi saya selalu aja nemu hal inspiratif dari tulisannya. Belum lagi ramahnya minta ampun, jadi walau baru ketemu di dunia maya berasa udah akrab 😍 Padahal saya ngasi alamat itu awalnya ke Mba Eno buat proyek buku yang disponsori  Mba Eno, eh tau-tau dikirimin cemilan enak ini. Serumah suka semua, suami, kakak Talitha, Kakak Tasymira, sama mba2 di rumah juga kebagian karena Mba Eno ngiriminnya banyaak! Baby Tafiya juga kebagian, tapi lewat Asi Mama Ica 🀣 Yaampun ga ngerti lagi deh baiknya πŸ’–πŸ’–  Makasi ya Mba Eno, semoga dibalas dengan kebaikan berlipat ganda oleh Allah. Kecup makasi juga dari Titha.. 


Selain komik Next G dan KKPK, apakah kamu punya rekomendasi bacaan aman buat anak seumur Titha? 




47 comments:

  1. Mba Thessaaa, seru banget yaa Titha hobi baca sampai semangat banget ngelahap buku-buku πŸ˜„

    Jadi mencoba inget2 waktu seumuran Titha dulu aku baca apa yaa. Bobo kah? Kayaknya iya deh, aku lebih sering baca majalah anak-anak gitu. Kalo sekarang buku bergambar kayak komik gini udah banyak sekali yaa ternyata. Semoga Titha makin semangat yaaa kegiatan membacanya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, seruu. Sebenarnya karena dia banyak waktu luang di rumah sejak PJJ. Mana gadget baru bisa pas weekend kan. Hehehhe.. jadi aja ngisi waktu dg baca.

      Aku seumur Titha juga blm baca novel Mba Jane. Sama, paling majalah Bobo. Sama dulu suka ada buku cerita rakyat yg tipis2 gt 😁

      Delete
  2. Kendalikan hobi ngemilmu, kak .. ntar tau-tau lihat timbangan kaget loh, wwkkkk πŸ˜„.

    Kalau aku lagi baca ngga sambil ngapa2in. Lagi nonton film juga gitu.
    Ngga ngemil juga ngga nyruput minuman.
    Konsen gitu ceritanyaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mas Himawan, kalau ada cemilan enak susah banget nge stop mulut buat ngunyah. Apalagi cemilan enak kayak bakpia tugu ini πŸ˜†

      Wah, saking fokusnya sampe ga disambi makan atau minum ya mas. Mantaaab..

      Delete
  3. Aku senang banget lihat anak-anak kak Thessa dari kecil udah senang baca buku :D
    Bahkan udah bisa rekomendasiin mamanya perihal buku yang dia suka baca lho, hebat hahaha.

    Komik Next G ini juga keren banget sih. Baru pertama kali aku dengar konsep komik yang seperti ini dan aku salut sama inisiatornya, bisa kepikiran aja untuk mengolah karya anak-anak menjadi sebuah buku bacaan untuk anak-anak juga. Kalau kayak gini kan pasti minim sekali unsur cinta-cintaannya, jadi lebih aman untuk dibaca anak-anak ya :D

    Btw, terima kasih atas rekomendasinya ya kak! Semoga anak-anak kak Thessa akan selalu gemar membaca buku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, dia yg kasi tau soalnya dia suka baca di perpus sekolah. Trus katanya klo baca diperpus ga bs lama2, keburu bel istirahat habis πŸ˜‚

      Aku juga mikir gt Lia, keren banget sampai mewadahi anak2 uat berkarya. Apalagi gambar asli anaknya juga ditampilin di bukunya. So far di semua Next G yg aku baca ga ada cinta2annya Kia. Temanya lbh ke frienship, family atau petualangan. Jadi aman banget buat anak2.

      Sama2 Lia. Terima kasih juga yaa.. Semoga ditengah gempuran gadget mereka tetap menikmati membaca 😊

      Delete
  4. Assalamualaikum...mampir lagi mbak Thesa

    Ya Allah mbak, beda banget dengan masa kecilku, komik alias cergam justru menjadi barang haram alias verboden. Yang diperbolehkan hanya buku text. Ya maklumlah, jaman dulu cergam dikuasai tema dewasa seperti perkelahian (cergam-cergam kungfu).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam. Makasi udah mampir lg, jangan kapok ya Pak dokter 😁

      Waah mantaab, dr kecil udah baca textbook makanya besarnya bisa jd dokter ya. Hehehee.. Aku waktu kecil paling bacanya majalah bobo, sama buku cerita2 rakyat. Komik2 dulu cuma ada cergam kungku atau petruk. Kalau mau beli komik yg terbitan Elex dulu soalnya harus ke kota, jd aku ga punya krna di tempat tinggalku ga ada Gramedia. Hehehehe..

      Delete
  5. Nice info mba... btw gmn ya biar anak2 suka membaca. Sekarang pengaruh gawai udah susah diatasi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi bang day 😁 Ga ada tips khusus sih, lebih ke menyediakan banyak bahan bacaan di rumah aja. Trus gadget mereka baru boleh pake bebas di weekend. Jadi pas weekdays kalau bingung ngapain, ntr ujung2nya ubek2 buku di rak buku. Hehehe..
      Sama aku udah ngenali buku dr mereka kecil banget, bahkan sebelum setahun. Mungkin itu yg bikin mereka terbiasa dg buku mas day 😁

      Delete
  6. seneng banget kak.. anaknya suka baca. kadang imajinasi itu lebih berkembang jika baca buku di banding nonton. gimana kak cara membiasakan anak baca yaah? usia anakku 4 tahun.. sudah pelan2 aku ajarin baca.. masih rada susah lebih milih gadget..hehhee. nice share kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren mba kalau anaknya sudah suka baca.. tinggal dipupuk terus aja 😁
      Anakku waktu 4 th masih blm bs baca sendiri mba. Jd masih dibacain buku. Jd sebelum tidur dia suka milih buku sendiri, trus kasi ke kita buat dibacain.
      Gadget memang menggoda bgd sih mba, jangankan buat anak2, buat kita yg dewasa pun begitu kan 😁 tinggal kita batasin waktunya aja.

      Delete
  7. Alhamdulillah mbak Tessa dapat oleh oleh dari mbak Eno, saya juga dapat mbak.😁

    Saya baru tahu komik next G, sepertinya seru untuk bacaan anak-anak ya. Coba saya beli ah, biar ngga ngga main hape terus dan mau membaca. Susah kalo disuruh membaca, maunya main YouTube saja.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah rejeki ga kemana, dikirimin Mba Eno 😁

      Saya jg baru tau awal2 tahun ini dr Titha. Hehehe.. beli online aja banyak mas agus, diskon2 juga. Dibanding beli di Gramedia normal price. 😁
      Samaa, anakku juga walaupun suka baca, nonton youtube ya suka banget jugaa πŸ˜†

      Delete
    2. Ok deh, nanti saya cari komik next G saat tanggal 9 September nanti biar gratis ongkirnya mbak, lumayan biar ngirit.��

      Kayaknya hampir semua anak kecil suka YouTube ya, ponakan saya juga gitu, kadang berantem sama bapaknya karena kuota sedikit.��

      Delete
    3. Lho, kok emotnya jadi tanda tanya semua ya? Padahal tadi pake emot nangis.

      Delete
    4. 9 September ya Mas Agus. Aku juga lah kalau gt, lumayan gratis ongkir ya. Hehehe..
      Iyaya, knapa emotnya ga muncul yaa.. πŸ˜… Maapkan mas ini settingan blognya mood2an nih kayaknya. Hehehe.

      Delete
  8. Mbak thessa.. Seru banget kayaknya😍 nggak anak nggak ibu suka baca semua ya, bahkan thita sampai ngalahin ibunya, bisa baca beberapa buku dalam sehari😁
    Rasanya sekarang udah jarang nemu anak kecil yang hobi baca buku lebih sering pada main gadget. Padahal baca buku buat anak kecil banyak manfaatnya lho. Masa kecil saya dulu juga dipenuhi sama kegiatan baca buku mbk. Bisa seharian penuh duduk di rumah baca buku dari perpus😁

    Tapi emang nggak semua buku cocok buat anak-anak ya, harus dipilih dan dipilah karena takutnya nggak sesuai umur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Mba Astria, sampai ngalah2in mamanya dia udah baca lebih banyak buku. Walaupun komik. Hehehehe..

      Wah sama donk mba, baca buku minjem dari perpus. Kadang aku malah ke perpus bisa sampe perpusnya tutup karena keasyikan baca di sana 😁

      Iya nih, jaman sekarang buku pun jg harus selektif. Soalnya walau buku anak2, pernah juga udah mengkampanyekan LGBT. Kan ga sesuai dg norma keluarga kalau gitu..

      Delete
  9. Kalo yg KKPK aku tau, tp memang blm pernah baca secara lgs. Yg next G baru tau nih mba. Ntr aku mau coba beli 1 deh, kali aja Fylly suka. Selama ini anak2 ku juga seneng baca dan dibacain. Fylly yg udh LBH gede kdg mulai baca buku2 koleksiku. Krn aku memang penyuka buku dr kecil, jd koleksi buku2 zaman aku masih SD masih ada semua, kayak lima sekawat, empat serangkai, STOP, pasukan mau tahu, Sapta siaga dll.

    Naah Fylly masih suka bacain novel2 anakku yg itu. So far dia lebih suka Ama Sapta siaga Krn masih tipis kan bukunya. Msh pas buat dia.

    Kdg suka bingung memang milih buku utk anak. Ada yg menurut kita bagus, tp pas dia baca dibilang bosenin ceritanya hahahaha. Tp untungnya dia suka Ama cerita2 detektif ala Enid blyton :D. Aku blm coba ksh trio detektif karangan Alfred Hitchcock , ntr aja. Itu LBH cocok utk SMP ke atas kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Fylly keren hobi baca macem2 buku ya Mba.. Sekarang Fylly umur berapa mba?

      Kalau menurut aku pribadi, buku2 Enid Blyton sebenarnya lebih menarik dr KKPK mba. Tp kan kalau selera anak beda kali yaa.. Jadi dia lebih suka baca yg konfliknya lebih 'sederhana'. Hehehe..

      Delete
    2. Skr dia 7 thn mba. Sbnrnya agak telat kalo mau bandinginnya Ama emaknya dulu tergila2 baca hahahahah. Tapi dulu papaku telaten sih, ngajarin baca sejak batita. Lah aku nyerahin semuanya ke guru paud :p.

      Makanya ntr aku mau coba beli dikit dulu yg buku KKPK, untuk tau apa Fylly suka ato ga. Tapi memang susah sih berpaling dr Enid blyton :D. Aku sendiri pernah baca buku anak yg zaman skr, tp msh ga dapet feel-nya kayak buku2 anak zaman dulu. Kali aja Fylly bisa LBH ngerti :D

      Delete
    3. Waah Fylly seumuran sama Titha yaa mba 😍😍
      Iya Mba, cobain aja kasi KKPK mba. Buat variasi bacaan kan. Makin beragam ntr dia lama2 jd makin ngeh sukanya genre apa kayanya. Hehehe. 😁

      Delete
  10. Ilustrasi komik nex g itu mirip karakter model gambarnya mba thessa ya, cute hihi

    Aku jadi kepengen baca, gini gini aku malah sukanya bacaan anak loh, padahal udah tuwek aku hahhahah

    Aku suka cerita anak, soalnya ceritanya sederhana dan hangat, tapi polos gituh

    Selama ini berhubung anakku masih di bawah 3 tahun jadi aku baru yang koleksi mizan punyak, yang gambarnya aja yang gede, ceritanya seuprit2...tapi unyuk #itu yang bikin aku ga bisa nahan buat ga belik wkkwk

    Boleh bungkus duluk ah, siapa tahu ntar aku mau liat referensi ini pas anakku agak gedean, makasih mba thessa :D

    #salfok ma futu di candinya, ga keliatan kayak mamah anak 3, masih cute dan unyukkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gambar2 komik Next G tipenya pd cute gt mba, mungkin itu juga salah satunya yg bikin Titha suka (dan mamanya πŸ˜‚).
      Buku anak Mizan memang favorit ya Mba. Gambarnya bagus, ceritanya juga beberapa baris doank. Sekarang yg lahap buku2 kayak gt anak ke2 ku mba 😁 seumuran sama anak Mba Nita, 3 tahun juga..
      Setuju sama mba nita, buku2 anak memang menghangatkan hati. Dr sisi cerita, bahkan juga ilustrasinya.

      Sama2 mbaa, makasii juga udah baca rekomendasi ini yaa 😘

      (Yaampun aku jg malu dibilang unyukk, padahaal yg komen ini jauh leebih imuuuts 😍😍)

      Delete
  11. Bersyukur mba Thessa punya anak yang gemar membaca buku., padahal banyak anak-anak jaman sekarang yang doyannya main game melulu. Sekarang sudah banyak sekali pilihan komik-komik yang bagus buat anak-anak seusianya. Kalau dulu mah saya baca nya cuma buku serial 5 sekawan dan sejenisnya. Paling enak tuch baca sambil ngemil ya mbak hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mba Cherry alhamdulillah 😍 anakku juga suka main game kok mba. Apalagi papanya gamers juga. Hahaha.. tp kita berusaha seimbang aja semuanya.
      Iya mba, aku juga baru tau ini buku2 anak seperti ini 😁 Waah sama donk mbaa, bacaannya 5 sekawan jaman dulu. Toooss.. πŸ˜†

      Iya nih Mba, baca sambil ngemil ga berasa tau2 udah abis banyak. Hahahaha..

      Delete
  12. Mba Thessa, rekomendasikan komik ramah anak buat anak laki dong, kalau yang ini keknya buat ciwi-ciwi ya, anak saya biasanya kurang tertarik :D

    Btw anak saya sukanya baca komik, dia koleksi komik keluarga super irit ya itu, saya beliin setiap bulan satu-satu gitu sebagai hadiahnya, terus kadang kalau nemu diskonan itu ada komik yang murmer, tapi khawatir juga kalau bahasanya aneh-aneh.

    Kayak kapan hari dia nanya, apa itu homo mi?
    Ternyata dia baca di komiknya, hadehhh...

    Memang kudu saya baca selesai dulu ya, baru dikasih ke si kakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next G memang gambarnya cute gt yg lebig menarik buat anak cewek ya Mba.. Walau ada juga sih beberapa cerita NextG yg asik juga buat anak cowok.
      Hmm, komik aman buat anak cowok aku paling tahunya series Educomics terbitan BIP. Atau ada juga komik Battle Science. Walau itu ga murni cerita krna ada selipan pengetahuannya gitu mba..

      Kata2 homo di komik Keluarga Super Irit mba? Aku blm pernh baca series ini sih. Tapi padahal aku kira itu seriesnya cukup aman buat anak2 loh.. Keren mba rey anakknya suka baca. Senangnyaa 😍

      Delete
    2. Kayak pernah baca ya educomics BIP itu :D
      yang komik-komik pengetahuan itu bukan?

      Kayaknya udah sebagian dibaca sih,dia pinjam dari perpus sekolahnya.
      Dulu tuh hampir tiap 2 hari sekali dia bawa pulang komik dari sekolahnya.

      Dia sukanya membaca, tapi maunya komik, pernah saya ajak ke BBW di Surabaya, dia sibuk cari buku komik, terus saking kelamaan saya pilihin dia buku sembarang yang covrnya komik, ternyata bukan komik, kayak novel anak-anak gitu, dan dia nggak baca sampai selesai dong.

      Kalau komik, dibaca berrrkali-kali, yang Super Irit punyanya ini, kayaknya sampai hafal deh, saking kalau dia bosan ya ambil itu buat dibaca :D

      Delete
  13. Hebat kak Titha hobby membaca. Semoga anak saya juga nanti suka membaca. Kalau untuk membelikan buku, saya akan selalu usahakan uangnya tersedia. Boleh cerita tidak mbak, kapan pertama kali mengajari anak mengenal huruf dan membaca?
    Saya sendiri merasa, anak saya berumur 3 tahun masih terlalu dini untuk mulai mengenalkan huruf kepada anak. Walaupun saya melihat anak saya punya potensi hobi membaca, karena sering berceloteh sendiri "membaca" gambar-gambar pada buku-buku yang kami sediakan di rumah untuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Apalagi K dr kecil sudah sering dikenalkan buku. Jadi kalau sudah besar mudah2an suka baca ya Mas Agung..
      Anak2nya baru belajar baca dan mengenal huruf pas play grup Mas. Hehehe.. saat lebih kecil dg aku di rumah, lebih fokus untung pemahamannya dulu, bukan 'simbol' nya. Misal saat dibacakan ceritax lebih ke dia paham ceritanya, sehingga dia bisa memceritakan kembali cerita dg bahasa dia. Dan bisa menarik hal2 positif di cerita itu.
      Kalau angka, lebih ke pemahaman, misal dia lihat ada 3 gambar rumah, dia akan menghitung ada 3 rumah. Bukan ke menghapal angka 3 seperti ini.
      Karena dg dia paham, saat waktunya tiba dia hrs memahami huruf dan angka, anak2 akan lebih tertarik dan cepat paham mas. Hehehe.. tp itu yg aku terapkan ya, ga tau sebenrnya harusnya seperti apa pastinya. πŸ˜…

      Delete
  14. Buku KKPK anak2ku punyaaaa lumayan banyak loh. Kita suka baca buku, belanja buku juga tentunya. Kangan BBW lagi maunya belanja offlne ga mau online hihihihi. Komik juga punya malah semacam Candy2 jagoel aku masih ada di lemari tersimpan rapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah toos sama Mba.. pada suka KKPK juga ya Mba Nurul anak2 nya 😁
      Iyaa Mba, kangen belanja langsng saat BBW ya. Saat kmren pas BBW online di tokped aku malah ga beli apa2 donk.soalny dr dulu pas tokped kalau mau beli buku anak seringnya aku liat2 dulu isinya baru beli. Nah kalau online kan ga tau isinya gimanaa.. hebehe..
      Yaampun Candy2 komik jaman aku SD mba Nurul 😍 #feelingNostalgic

      Delete
    2. Anakku padahal kepengen mborong buku di BBW tapi ogah yang online. AKu juga kepengen beli buru2 desain rumah, buku masakan dll biar bisa variatif urusan di dapur hahaha :D

      Delete
  15. Bersyukur banget mbak punya anak yang gemar membaca, kalau saya perhatikan anak-anak kecil sekarang senangnya main hp entah nge-game atau nonton YouTube dibandingkan membaca terkadang ada orang tuanya juga yang memberikan hp biar anaknya anteng hasilnya anaknya jadi kecanduan hp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, alhamdulillah mau dipengaruhi buat baca nih. Walaupun dia nge game n nonton youtube juga suka banget juga. Hehehe.. aku coba berusaha tetap imbang aja 😁

      Delete
  16. aku punya dua keponakan yang usianya 7 dan 5 tahun, kadang bingung mau ngasih buku bacaan yang seperti apa kepada mereka. Walaupun kadang yang besar juga baca beberapa halaman buku omnya. Sedikit berat untuk anak seusianya.
    Dari artikel ini, aku mencari tahu tentang next g di olshop. Ternyata bagus dan banyak serinya. Bisa jadi bahan bacaan untuk keponakan. Makasih mbak Ica.

    Waah bakpia tugu dari mbak eno yaa, kemarin aku juga dapat. Ternyata sangat enak, aku dan teman-temanku jadi suka bakpia tugu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru juga ya Mas, keponakannya pd penasaran ikut baca.. Iya, coba aja beliin nextG ini mas, ada banyak serinya. Trus ceritanya juga ga nyambung, jd bs bebas milih beli yg mana dulu. Hehehe..

      Iya nih mas rivai, alhamdulillah dpt rejeki juga dr Mba eno. Tooos.. enak yaa bakpia tugunyaa 😍😍

      Delete
  17. Nahla juga suka ku bacain bukunya KKPK tp dia maish belum betah kalo dibacain itu Karen msh umur 4 th kali yaa.

    Buki2 yg awal mbak rekomendasikan bust kakak this ini kayaknya malah saya blm kasihan ke Nahla. Mau berburu buku Roald dahl ah nanti.. Makasih infonya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku waktu 4 tahun juga lbh tertarik dg buku yg gambarnya banyak dan full color mba. Kalau yg tulisannya banyak kadang suka ga betah dia. Kkpk dia baru baca pas udah bs baca sendiri. Hehehe.. Roald Dahl coba yg buaya raksasa Mba, aku udah bacain itu sejak sebelum Titha 3 th dan dia suka bgd. Pas udah bisa baca dia baca sendiri Roald Dahl yg lain kayak Magic finger, charlie n cholate factory, dll..
      Sama2 mba, makasi juga udah mampir dan ikut baca 😊

      Delete
  18. Saya baru tau comic Next-G mba, hihihi. Kalau buku KKPK sudah sering belikan untuk pasukan bodrex alias ponakan-ponakan karena lumayan terkenal dari dulu dan memang kebanyakan dari mereka jaman kecil berasa keren kayaknya kalau baca KKPK �� -- sampai-sampai mereka jadi terpacu untuk mengarang indah, mana tau bukunya bisa diterbitkan hehehe ��

    Kalau masa kecil saya, lebih sering baca Bobo, dan bukunya kebanyakan serial Lima Sekawan, dan sejenisnya. Atau kalau comic nggak jauh dari Detective Conan, Doraemon, Ninja Hatori dan teman-temannya �� hihihi. Next time saya mau coba hunting Next-G untuk gift ke cucu-cucu (eakhhh nasib beberapa ponakan sudah pada punya anak) hahahaha. Siapa tau mereka suka. Terima kasih untuk rekomendasinya, mbaaaa ��

    Dan terima kasih sudah suka Bakpia Tugu yang saya kirimkan. Saya jadi salfok sama foto mba Thessa, cantiiik banget syiiiih. Sehat selalu ya, mba ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaya Mba Eno, efek punya anak baru masuk SD. Jd saya baru tau kalau sebaya mereka merasa keren kalau udah baca KKPK. Hehehe.. Waah selamat hunting NextG Mba Eno neda (nenek muda) buat cucu2nya 😁 hehehe

      Bacaan kita sama mba pas kecil berarti. Toooss.. Hehehe.. sama aku klo komik dulu jg baca komik Sailor Moon 😍

      Yaampun foto kucel keringetan abis sepedaan dibilang cantik, ku terharuu. Maaciih Mba Enoo 😘😘😘

      Delete
  19. terimakasih rekomendasinya, semoga bermanfaat, dan aka aku coba kepada adikku
    https://bit.ly/32HD2Eq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2. Terima kasih juga udah membaca 😊

      Delete
  20. Buku-bukunya Enid Blyton gimana ca? IMO sih cukup aman lah buat anak usia 7 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa buku Enid Blyton yg dongeng tipis2 itu Titha udah baca. Tp novel2 petualangannya kayak 5 sekawan, itu udah ditawarin tp belum tertarik dia ca 😁

      Delete