Saturday 22 February 2020

Talitha Menjadi Anggota Perpustakaan

Postingan ini adalah postingan random tentang emak yang super excited pas tau anaknya jadi anggota perpustakaan, karena itu artinya upaya ia meracuni anak dengan buku cukup berhasil 😁
Talitha (yang saya suka panggil Titha), anak pertama saya, umurnya baru 6 tahun dan sekarang sudah kelas 1 SD. Bagi yang mengikuti blog ini dari dulu, mungkin tau bagaimana saya sudah mulai "meracuni" anak dengan buku sejak dini. Saya sudah mulai membacakan buku ke mereka sejak umurnya masih hitungan bulan.

Baca juga cerita tentang buku pertama Titha di sini.

Seiring berjalannya waktu, mereka yang awalnya dibacakan dan dipilihkan buku mulai bisa memilih sendiri buku mana yang ingin dibacakan. Saat Titha sudah TK, dia mulai membaca buku sendiri, terutama untuk buku-buku anak bergambar yang masih dominan gambar dari pada tulisannya. Saat awal masuk SD, Titha akhirnya berhasil menamatkan membaca novel pertamanya.

Baca juga cerita novel pertama yang dibaca Titha di sini.

Nah akhir-akhir ini, Titha suka cerita kalau saat free play di sekolah, dia suka ke perpustakaan. Ia dan teman-temannya suka membaca buku-buku di perpustakaan saat jam istirahat. Trus Titha suka bilang "Titha ga sabar buat free play lagi besok, soalnya Titha belum selesai baca buku tau-tau sudah bell" yaiyalah istirahat kan cuma 15 menit 🤣 Jujur saat denger Titha cerita gitu, saya rasanya seneeng banget. Tanpa disodorin buku sama mamanya (kaya biasanya), dia udah nyari buku sendiri. Mudah-mudahan kesenangan Titha dengan buku bisa awet terus. 😁

Lanjut lagi ya.. Jadi, akhirnya saya ngobrol sama Titha ngejelasin tentang perpustakaan
MC : Mama cantik 😁
T : Titha si anak manis

MC : Titha tau ga, kan buku perpustakaan boleh dipinjam buat dibawa pulang.
T : tapi temen-temen Titha ga ada yang bawa pulang mamah
MC : soalnya baru boleh pinjam buku kalau kita udah jadi anggota perpustakaan. Yang udah punya kartu perpustakaan. Titha udah punya kartu perpustakaan belum?
T : ga punya
MC : di perpustakaannya ada petugas yang jaga ga? Pustakawan gitu (sebelumnya Titha pernah baca buku yang ada cerita pustakawannya)
T : ada, dia duduk di deket pintu masuk perpustakaan biasanya.
MC : nah, besok Titha tanya ya sama pustakawannya. Kalau mau bikin kartu perpustakaan caranya gimana. Oke?
T : oke

Besokannya, Titha udah berhasil bikin kartu perpus belum? Tentu belum ferguso 😂 anaknya malu nanya. Hahaha.. Yaudah saya motivasi lagi, sambil bilang besok ajak temennya nanya bareng-bareng. Siapa tau kalau sama temen dia lebih pede nanya kan. Saya sengaja ga titip ke bu guru. Sebenernya titip ke bu guru wali kelas juga bisa sih, tapi saya mau ajarin anaknya mandiri, biar Titha punya pengalaman ngurus sendiri 😁.

Besokannya berhasil, Titha akhirnya udah nanya bareng-bareng temennya. Sama pustakawan dia dikasi kertas yang diisi data diri. Titha nulis sendiri formulirnya, dengan tulisan dia yang masih kebalik-balik. Hahaha. Nama, kelas, alamat. Gpp deh yang penting kebaca.
Setelah formulir dibalikin hari berikutnya, anaknya difoto sama pustakawannya, dan resmi lah Titha menjadi anggota perpustakaan sekolahnya.

Kartu perpus pertama Titha


Buku perpustakaan pertama yang dipinjam Titha. Cerita rakyat Papua tentang burung kasuari yang sombong


Sekarang sejak Titha jadi anggota perpus, pulang suka bawa buku perpus buat dibaca. 1 buku maksimal boleh dipinjam 1 minggu. Lumayan nambah variasi bacaan tanpa perlu beli buku terus. Hehehe.. Jadi inget dulu saya juga suka banget minjem buku di perpustakaan, tapi perpustakaan Pemda. SD saya ga punya perpustakaan soalnya 😅 

Demikian postingan random kali ini. Intinya apa? Ga ada.. hahaha. Cuma mau kasi saran aja, jangan lelah meracuni anak dengan buku. Karena kita ga tau kapan ia akan mulai tertarik juga membaca.. 

4 comments:

  1. Wah, selamat buat Titha. Nanti kapan-kapan bisa ikut proyek baca buku perpus nih, hihihi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mba Ira 😁 Wah iya juga yaaa, mau ah ikut proyek Mba Ira yang baca buku perpus.. hehehe..

      Delete
  2. Kereeennn Thita cantiiikkk :*
    Btw, sharing dong Mba, gimana caranya mengajri anak suka baca, tapi juga nggak tenggelam larut banget dengan bacaannya.

    Atau mungkin karakternya ya?

    Jadi anak saya itu suka baca banget, akan tetapi dia kalau baca sama kayak saya, terlalu serius, sampai kalau di foto candid itu keliatan banget wajah kayak orang yang lagi ujian, dahinya berkerut kayak mikir hahahaha.

    Terlalu mendalami, sampai kalau dipanggil gitu nggak sadar.
    Itu baik nggak sih?

    Jujur di saya itu nggak baik buat pelajaran, karena jadinya saya kebayang terus ama ceritanya dan itu penyebab nilai saya turun dulu.

    Tapi sisi positifnya, ada beberapa cerita yang melekat di ingatan saya sampai sekarang, padahal saya bermasalah dalam mengingat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pribadi sih, lbh baik anak larut dg buku dr pd larut dg gadget (main game n nonton youtube). Hehehe. Tp ya gitu, hrs dipastiin tugas sekolah n belajarnya beres. Kalau ga, biasanya ga aku kasih mba.
      Soalnya aku dulu waktu kecil juga gt. Hehehe.. malah waktu dilarang, aku nunggu orang tua pd tidur, trus aku lanjut baca lagi 🤣🤣 jd aku maklum klo liat anak2 keasyikan baca..

      Delete