Sunday 1 March 2020

The Gateaway : Liburan kocak Wimpy Kid dan keluarganya


Minggu lalu di bandara Adisucipto, sambil nunggu boarding saya mampir ke Periplus. Nyari buku ringan buat dibaca dan akhirnya beli ini, The Gateaway, buku ke 12 dari seri Diary of Wimpy Kid

Greg Heffley and his family are getting out of town.
With the cold weather and the stress of the approaching holiday season, the Heffleys decide to escape to a tropical island resort for some much-needed rest and relaxation, instead of staying home. A few days in paradise should do wonders for Greg and his frazzled family.
But the Heffleys soon discover that paradise isn't everything it's cracked up to be. Sun poisoning, stomach troubles, and venomous critters all threaten to ruin the family's vacation. Can their trip be saved, or will this island getaway end in disaster?


Greg Heffley, bocah yang selalu berhasil mengocok perut saat baca pengalamannya. Di buku ini ceritanya keluarga Heffley alih-alih merayakan Natal bersalju di rumah seperti biasanya, mereka memilih liburan ke tempat tropis di Meksiko. Tetapi bukan Greg namanya kalau semua berjalan manis dan menyenangkan. Ada saja masalahnya, mulai dari pesawat yang delay, kehilangan koper sampai kejadian-kejadian seru selama mereka berada di 'paradise' resort. Buku 'The Gateaway' ini sukses memotret bahwa liburan tidak selalu menyenangkan, apalagi buat kaum rebahan seperti Greg yang sebenarnya lebih memilih santai-santai di rumah dari pada pergi jalan-jalan jauh.

Greg si kaum rebahan

Anyway, buat yang ga tau, Greg Heffley itu bocah yang jadi karakter utama di buku ini. Di buku pertama umurnya 12 tahun, di buku ini saya ga tau pasti mungkin lebih-lebih dikit dari 12 tahun. Karakter Greg ga banget sebenarnya, anaknya egois pengen 'untung' sendiri. Jadi aja dia selalu nyari cara buat ngegampangin apapun. Greg juga agak lebay, kayak waktu dia ngebayangin di perutnya bakal ada kuda laut yang berkembang biak cuma gara-gara dia ketelen air laut 😂

Dia aja ga peduli temennya cerita tentang liburannya, karena buat Greg yang utama adalah diri dia sendiri. Kebayang kan dia tipe egois kayak apa 😅

Selain Greg, karakter lain itu ada Dad, Mom, adiknya Manny dan kakaknya Rodrick. Biasanya karakter favorit saya selain Greg ada Rodrick, kakaknya yang ga banget itu 😅 Di buku ini karakter lain lagi ga terlalu banyak ceritanya, mayoritas tentang Greg. Tapi saya mau cerita dikit tentang ibunya Greg, saya kok ngerasa relate banget sama ibunya Greg yang selama liburan pengen banget dapetin foto keluarga yang bagus (sampe bela-belain trespassing) 🤣 Seolah-olah kalau belum ada foto bagus, liburan berasa ada yang kurang. But the struggle is real, ga gampang dapetin foto bagus sama 3 orang anak yang ga bisa diem 😆

Super seru deh baca pengalaman Greg dan keluarganya pergi liburan. Lengkap dengan ilusttasi-ilustrasi kerennya. Bikin ketawa sendiri pas di pesawat 🤣 untung yang duduk di sebelah temen-temen saya semua. Kalau ga saya bisa dikira bermasalah. Hahaha.

Saya jarang ngumpulin buku serial selain buku fantasi sebenarnya. Eh, setelah diingat-ingat, Diary of Wimpy Kid malah satu-satunya serial non fantasy yang saya punya kayanya deh. Awalnya ngumpulin yang bahasa Indonesianya terbitan Atria, makin ke sini karena susah nyarinya, akhirnya beli yang english version. Hasil kepoin web penerbitnya, ternyata terjemahannya memang baru sampe buku ke 7. Sedangkan series ini sampai sekarang udah 14 buku.

Baca juga tulisan saya tentang buku Wimpy Kid yang lain di sini

Jadi, 4 bintang untuk buku Wimpy Kid ke 12 ini



Review Buku Diary of Wimpy Kid #12 : The Gateaway
Pengarang : Jeff Kinney
Penerbit : Puffin Books (UK)
Tahun terbit pertama 2017, edisi 2019.
Isbn : 978-0-141-38525-9

4 comments:

  1. Wah sepertinya saya juga bisa dimasukkan ke golongan kaum rebahan nih, wkwkwk.

    Sudah lama sekali sejak terakhir kali saya baca buku anak macam ini. Jadi kangen XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku suka banget mba buku2 anak kayak gini.. bacanya santai tp menghibur 😁

      Salam kaum rebahan 🙏

      Delete
  2. Wah saya jadi pengen baca juga kisahnya si Grey ini Mom. Toss dulu kita, sama-sama suka baca. Heheheee ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toos mom sama 😁 Baca deh mom, lumayan buat hiburan baca kekonyolan greg ini. Hehehe..

      Delete