Wednesday 16 September 2020

Illustrated Book

Menurut kamu, apa sih yang bisa dinikmati dari sebuah buku?

Pada awal kenalan akrab dengan buku, saya lebih banyak membaca buku novel yang nyaris tidak ada gambarnya. Bahkan saat masih kecil pun, pasti saya memilih membeli novel, bukan komik. Soalnya dulu saya mikirnya sayang kalau beli buku yang isinya banyak gambarnya, karena baru baca sebentar pasti udah beres bacanya. Jadi hanya hanya bisa menikmati bukunya sebentar. Apalagi saya dulu kalau mau beli buku harus bela-belain menyisihkan uang jajan, jadi ga mau rugi aja gitu 😅

Itu dulu...

Makin ke sini, saya makin ngeh kalau buku tidak hanya bisa dinikmati kata-katanya, tetapi juga keindahan ilustrasinya. Apalagi sejak saya mulai kenalan dengan buku berilustrasi sangat ciamik. Sebut saja ada bukunya Diana Rikasari, Love is series karya Puuung, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, Diary of Wimpy Kid, belum lagi juga ada buku Harry Potter seri illustrated.

Baca juga 

Selain buku-buku dewasa, juara ilustrasi memanjakan mata tentu saja banyak di buku anak. Itulah yang bikin saya sering kalap beli buku anak. Salah satunya di buku koleksi Titha ini, Stories of the Seasons.

Berawal dari Titha yang mulai sering nanya, summer itu apa, winter itu apa? Kenapa di Jakarta ga ada winter dan pertanyaan seputar musim lainnya. Pas banget seoarang teman menjual buku tentang musim ini di jastip BBW. Pas bukunya datang, really over my expectation 😍. Total ada 4 cerita di buku ini. Tadinya saya kira bukunya hanya membahas tentang musim seperti jenis musim dan ciri-cirinya. Ternyata kisah tentang musim di sini di bungkus bak cerita dongeng. Misalnya pada cerita pertama, dikisahkan tentang titik hujan yang awalnya tinggal bersama teman-temannya di awan. Setelah itu dia turun ke bumi dan masuk ke dalam tanah, sampai akhirnya ia kembali menguap dan tinggal di awan lagi. Penjelasannya yang seperti dongeng memudahkan sekali buat Titha mengerti siklus air.
Belum lagi kualitas kertasnya yang bagus, sampulnya hard cover kualitas bagus, gambarnya ga usah ditanya deh bagus banget. Saya aja sukaaa banget sama ilustrasinya 😍
Di antara buku-buku Titha yang lain yang ilustrasinya juga bagus, saya memilih menampilkan buku ini karena disetiap ilustrasinya ada pengetahuan yang diceritakan tanpa membuat anak merasa sedang belajar.

Cover depannya yang ciamik, dengan kertas super tebal jadi ga gampang rusak 

Cover belakang bukunya 💖

Selain membuat anak mengerti tentang musim, siklus air, siklus hidup binatang dan siklus tanaman, tentu saja buku dengan ilustrasi bagus bisa memotivasi Titha untuk membaca buku Bahasa Inggris. Titha sebenarnya sudah cukup aktif speaking and listening in English seperti ngobrol bahasa Inggris, mendengar video berbahasa Inggris atau mendengarkan saya membacakan English story book. Tapi kalau reading, dia memang belum terlalu sering. Jadi sekarang saya sedang menggalakkan Titha untuk membaca setidaknya 1 cerita Bahasa Inggris setiap hari untuk mengasah kemampuan reading-nya. Doakan bisa konsisten yaa.. 😁

Nah balik lagi ke illustrated book tadi, jadi membaca buku dengan ilustrasi cantik ternyata sangat menaikkan minat Titha buat baca. Apalagi Titha anaknya tipe visual, yang senang liat yang indah-indah 😍 Mungkin tips ini juga bisa diterapkan untuk kamu yang punya anak tipe visual seperti Titha 😁


Cerita pertamanya tentang tetes air, mulai sejak dia turun dari tetes hujan sampai kembali menguap ke awan

Setiap beres satu cerita akan ada ringkasan siklus


Cerita kedua tentang siklus acorn, sejak dia nempel di pohon, jatuh ke bumi dan tumbuh jadi pohon juga..


Acorn udah tumbuh jadi pohon yang besar


Cerita ke tiga tentang siklus beruang, sejak berhibernasi selama musim dingin sampai mencari makan di musim lainnya


Cerita terkahir tentang siklus keping salju. Ini cerita favorit Tasymira karena masih terpengaruh demam Frozen II 😁



Jadi, ternyata yang bisa dinikmati pada buku tidak hanya kata-katanya ya, tetapi juga keindahan ilustrasinya 💖💖 

Gimana dengan kamu?


30 comments:

  1. Ilustrasinya gemes-gemes sekali kak Thessa 😍 aku jadi ingin ikutan baca hahaha. Bagus banget buku seperti ini untuk anak-anak, sambil belajar sambil dipuaskan juga dengan visualnya 😍

    Aku sendiri juga suka membaca buku yang ada ilustrasinya, menambah semangat untuk membaca karena jadi nggak bosan lihat tulisan terus 😂. Aku paling suka kalau buku self-help bergambar, makanya aku suka buku Diana Rikarsari, Naela Ali, ada juga Journal of Gratitude by Sarah Amijo (ini ilustrasinya ciamik banget). Lewat buku-buku seperti ini, selain disuguhkan dengan ilustrasinya yang cantik, kita juga bisa belajar banyak tentang perkembangan diri. That's why aku lebih prefer buku non-fiksi yang berilustrasi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lia ilustrasinya gemees. Aku juga sukaa bgd. Sampe aku becandain Titha, boleh ga bukunya buat mama aja? Biar taro di rak buku mamanya gitu. Sama dia ga boleh lah. Hahaha.. 😆😅

      Sekarang buku self help memang banyak illustrated cantik2 yaa. Sama Lia, skrng aku juga mulai naksir buku2 non fiksi ilustrasi. Journal of Gratitude Sarah Amijo itu termasuk salah satu wishlistku, liat foto2 bukunya aja udah bikin adeeemm, apalagi klo liat langsung n baca bukunya. Semoga suatu saat kesampaian buat beli 😁

      Delete
  2. Duh.. Kayaknya saya juga cocok baca buku ini. Biar belajar bahasa inggris juga hi..hi..😁
    Kalah nih saya sama anaknya mbk Thessa, saya bisanya ngomong yes...yes... No..no...😂

    Memang buku cerita bergambar gini asyik banget buat dibaca. Saya dulu juga suka buku bergambar. Dulu pas SD biasanya kalau ke perpus suka pinjam buku ensiklopedia tentang langit, bumi dll dan isi bukunya bergambar semua dengan penjelasan di sampingnya. Jadi seru banget bacanya😁 pas smp juga baca kisahnya pak soekarno dari kecil sampai meninggal melalui buku bergambar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbaa, saya aja juga cocoook baca buku inii 😆 Anak jaman skrng, krna banyak nonton bhasa Inggris, tau2 udah cas cis cus aja, beda sama jaman kita dulu mbaa. Eh jaman saya dulu mksdnya.. hehhehe..

      Wah aku sejak SD udah bacanya yg ga bergambar malah kayak Goosebums gt. Buku bergambar kalau lagi baca di perpustakaan aja paling. Hehehe.. Wah keren Mba Astria, dr kecil udah baca biografi loh 😍

      Delete
  3. buku ilustrasinya unyuu.. tapi sepertinya paling cocok kalo dibacanya bareng anak kecil deh, biar bisa numbuhin minat baca anak-anak. kalo dibaca sensiri gini, paling buka-buka bentar terus lupa ceritanya. XD tipe gampang lupa soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa benerr mbaa, cocok banget buat dibaca bareng anak2 ini 😁
      Klo aku buka2 buku ini liat gambar2nya paling. Hehehehe..

      Delete
  4. Apa yg bisa dinikmati dari buku???? Ya ampuuuun itu duniaku di mana aku bisa imajinasiin apa aja :D. Aku bersyukur papa ngenalin anak2nya buku dari sjk masih bayi. Tiap pulang dari bisnis trip ke LN, oleh2 kami pasti buku anak2 bergambar. Yg mana aku ngeliat gambarnya aja lgs seneeeeng banget mba. Walo ga ngerti artinya apa Krn dlm BHS Inggris dulu. Setelah bisa Baca, papa slalu nyetokin setiap bulan buku2 bergambar HC Andersen ato buku dongeng lainnya yg mana sblm sebulan juga udh abis kami baca :p. Tp sejak SD kls 1 aku udh mulai tertarik novel anak2 karangan Enid Blyton mba, walopun msh suka buku bergambar. Tapi toh di buku2 Enid juga ada gambar2nya kan walo ga banyak.

    Kalo dulu prinsip ku beli buku, sebisa mungkin beli yg tebel, supaya bisa dibaca lama hahahahaha. Kalo minjem beberapa buku, aku slalu baca yg tipis dulu, baru yg tebel :p.

    Sbnrnya semangat baca buku begitu yg pgn aku tularin ke anak2 :). Ga msalah kalo mereka suka buku bergambar atopun buku yg banyak tulisan, yg ptg suka baca dulu :D. Si adek nih yg ku msh blm bisa ajarin baca :p. Agak beda dari kakanya, tapi setidaknya dia msh seneng tiap aku dongengin buku sblm tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah seruu yaa Mbaa, dr kecil udah bisa menikmati buku2 menarik. Pasti jadi kenangan tersendiri setelah dewasa yaa 😁 Klo aku pas kecil nemu buku2 bergambar bagus paling di perpustakaan PEMDA gt

      Buku2 petualan Enid Blyton aku juga dulu baca.. ada gambarnya tp cma dikit biasanya. Hehehe..

      Samaa mbaa, sebisa mungkin yg tebel dulu aku, karena beli buku paling sering sebulan sekali kan. Jd ga mau yg cepet beres gt bukunya 😁

      Bener mba, yg penting tanamkan kecintaa ke buku aja dulu. Masalah bisa bacanya nanti bisa kemudian hari dg sendirinya.. Semangat mba, menikmati buku bersama anak2 😊

      Delete
  5. Titha selera bukunya sama dengan kakak (((kakak))) hahahaha. Saya pun suka buku bergambar ilustrasi mba, sebab saya anaknya visual banget, kalau dikasih buku bergambar lebih semangat bacanya 😆

    Bahkan sampai hari ini, karena kesukaan saya itu, saya masih hobi beli buku komik, ensiklopedia bergambar dan buku cerita anak-anak 🤣 sebab semakin ke sini, variasi buku cerita anak semakin banyak dan alur ceritanya sangat menyenangkan 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toooss Kakak Eno 😁 Sama kayak Titha karena tipe visual yaa.. biasa ya tipe ini seneng sama yg indah2..Kaya Titha itu lbh semangat blajar sama guru yg lbh cantik.. (eh itu sih semua orang kayaknya ya 😂)

      Bener mba, variasi buku anak makin kesini makin beragam. Apalagi akses buat buku2 impor yg ilustrasinya n ceritanya bagus2 makin terbuka lebar..

      Saya juga hobi mbaa 🤣 alesannya beli buat anak, tp pdhal mamanya aja yg kepengen juga. Hahahaa...

      Delete
    2. Dulu saya sangat penyuka komik
      Bahkan maniak banget

      Delete
    3. Aku baca komik kadang2 banget dulu. Baru baca banyak komik malah sejak kuliah karena pinjem punya temen2. hehehe.. :D

      Delete
  6. Kalau aku gimana ya?

    Sewaktu masih kecil aku lebih suka buku yang banyak gambarnya mba thessa, cuma kebanyakan memang model-model buku tipis lhas perpus sd yang gambarnya itu ada, tapi tulisannya juga ada...macam buku terbitan balai pustaka itu loh, kan selalu ada di perpus jaman skulah dulu ya...nah selain itu aku juga suka buku fabel yang satu halaman fullll gambar, nanti sebelahnya ada ceritanya. Kalau ga semacam gambar-gambar yang bawahe adalah caption berupa ceritanya. Buku anak tentang teknologi dan pengetahuan atau budi pekerti juga sama sih, lebih suka yang ada gambarnya kalau umur2 Tk sd...
    Jadi pas kecil memang uda suka yang ilustrasi...nah baca yang full tulisan paling smp-an sih ke atas sih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh buku yg tipih trus banyak gambarnya yaa, aku inget dulu juga suka baca di perpus. Mostly cerita2 dongeng daerah2 gt. Tapi ya itu, banyaknya baca buku itu di perpus aja. Klo beli sendiri hampir ga pernah karena sayang biasanya harganya mirip sama novel tapi ceritanya dikit. Hehehhe..
      Buku anak tentang teknologi n non fiksi gt aku waktu kecil nyaris ga pernah baca deh, karna akses mendapatkannya susah. Jadi paling baca di majalah Bobo, sama kaya Mba Nita yg juga favorit Bobo jaman dulu :D

      Delete
  7. Sependapat banget kalau buku ini ilustrasinya digarap apik banget.
    Anak-anak, bahkan mungkin juga orang dewasa bakalan berimajinasi lihat ilustrasi keren seperti itu.

    Sama seperti pengalaman kak Thessa pertamakali baca buku ...,novel dewasa tanpa gambar juga pilihanku.
    Baca komik malah pas SMA, wwkkkk .., gegaranya aku ikutan adikku terkecil yang selisih umurnya jauh sama aku 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ilustrasinya cakeep.. Apalagi klo megang kertasnya yg juga bagus, lengkap deh. heheh..

      Waah sama tooos Mas Himawan.. Novel2 anak sih aku dulu yg tebelnya paling banyak 100an halaman. Baca komik aku malah banyaknya pas kuliah, karena minjem temen yang pada suka ngikutin komik2..

      Delete
  8. Wahhh bukunya penuh dengan warna dan gambar yang lucu ya, pasti si dede seneng banget tuh bacanyaa hihi.. Ilustrasinya pas banget buat anak-anak sekarang, andaikan buku disekolah gitu pasti seru hha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mas Andre, kalau buku sekolah seperti ini pasti anak-anak makin semangat belajarnya yaa.. Hehehe.. Tapi sayang juga sih, jadinya ntr harga text book jd ga bisa terjangkau semua orang yaa..

      Delete
  9. Melihat kover2 buku di ats jadi kepengen lagi beli buku2 bavaan anak2. Dulu wkt anakku msh kecil, aku rajin beliin buku2 cerita bergambar. Eh, tapi jangankan anakku, mamaknya aj paling suka baca buku anak2. Dongeng2 anak, duh suka bangeet🤗

    Lemari buku anak penuh dg bacaan2 anak yg bagus, and msh tersusun rapi.

    Aku sempat berpikir utk mau menyumbangian buku2 ini sebagian...
    Moga2 aja lepas pandemi ini bisa pergi berbagi buku..

    Slm kenal y mbk Thesa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Ike :)

      Iya mba, jangankan anak2 ya, kita aja yang dewasa liatnya suka. hehehe.. Waah sama donk mba, salah satu genre yang masih sering aku baca sekarang ya buku2 anak, apalagi yang dongen dan fantasi..

      Semoga pandemi ini segera berlalu yaa, jd Mba Ike bisa berbagi buku ke orang yang membutuhkan :)

      Delete
  10. Kalau untuk anak-anak, ilustrasi itu penting bisa meningkatkan daya hayalnya. Imajinasinya bisa lebih hidup
    Kalau saya secara pribadi, paling cukup sampul depannya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas Djang, anak2 biasanya butuh gambaran lebih visual buat bisa membayangkan atau mengerti sesuatu.. Beda mungkin dg Mas Djang yg cukup dengan covernya saja, seperti saya yg kalau beli buku buat diri sendiri pasti milihnya dulu yg ga bergambar.. hehehe..

      Delete
  11. Kalau saya malah kebalik mbak. suka dulu sama buku komik waktu kecil. dari jaman cuma langganan bobo sampai beli komik yang berseri. eh makin tua jadi merambah ke novel. ya salah satu nya Harry Potter (eh tapi saya baru tau kalo ada versi illustrated nya hahaha telat banget..)

    walaupun saya belum punya anak tapi saya suka ngebeliin buku anka-anak buat sepupu saya yang masih kecil. kesulitan saya itu cari buku anak-anak indonesia di toko buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dari kecil udah suka komik ya Mba, klo aku waktu kecil jarang bgd baca komik. Tapi kalau Bobo suka jugaa..
      Waah pembaca Harry Potter juga ya Mba? Itu salah satu buku favorit aku Mbaa.. Hhehe.. Sekarang buku illustratednya udah keluar sampe buku ke 4, ilustrasinya oleh Jim Kay. Cakeepnya kebangetan Mba HP ilustasi itu. Hehehe..

      Sekarang buku2 anak Indonesia makin banyak pilihan yg bagus2 mba, dibanding dulu. Favorit aku klo buku anak itu keluaran Erlangga For Kids, Dar! Mizan anak, sama Tiga Ananda.

      Delete
  12. Dulu waktu kecil, hal yang menarik dari sebuah buku itu percakapannya.
    Jadi kalau saya nemu tulisan yang ada tanda percakapannya, udah deh, saya semangaaatt banget :D

    Sebenarnya sampai sekarang sih, saya lebih suka baca percakapan ketimbang cerita tanpa percakapan, cuman memang waktunya aja yang enggak sebebas dulu, dan saya punya kekurangan sulit berhenti kalau melakukan sesuatu, jadinya jarang baca novel atau apapun yanga da percakapannya :D

    Kalau anak saya beda lagi, dia suka komik, pokoknya yang ada ilustrasinya, meski hitam putih juga gak masalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sampe skrng juga lbh suka buku yang banyak percakapannya Mba Rey. Hehehe... Entah kenapa klo baca buku yg kebanyakan deskripsi n kurang percakapan, bawaannya ngantuuuk.

      Anak2 memang banyak suka komik ya Mbaa, apalagi anak cowok. Suamiku aja jg koleksi komiknya dr kecil masih banyak bgd. Hehehe.. Tp bagus sih, sebagai langkah awal membuat anak hobi baca.

      Delete
  13. Aku suka buku ilustrasi atau biasa. Pertimbangan nggak beli buku ilustrasi biasanya karena harganya lebih premium. Bisa dimaklumi karena kertasnya lebih berkualitas.
    Kecuali yang hanya sketsa di dalam cerita ya.
    Gambar membuat cerita jadi seru...namun kalau mau bebas berimajinasi memang lebih baik yang nggak bergambar mungkin ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba, harganya biasanya lebih mahal karena kualitas kertanya beda sama buku yg hanya tulisan aja. Tapi makin ke sini, karena banyak diskon buku kaya BBW, itu sangat membantu sih karena harga bukunya bisa jauh lbh muraah..
      Beberapa buku memang lebih bagus tanpa ilustrasi, jd kita bisa bebas membayangkan ceritanya ya :D

      Delete
  14. Sementara ini, karena anak saya belum bisa membaca, maka cuma buku bergambar saja yang kami belikan. Ceritanya bagaimana, itu tugas kami sebagai orang tuanya untuk mengarang kisah yang sesuai dengan gambarnya. Haha.
    Kalau saya sendiri, karena suka baca buku tentang sejarah, kadang butuh ilustrasi untuk bisa mengerti gambaran suatu lokasi terjadinya suatu peristiwa sejarah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun banyak kenalan dg buku bergambar bagus2 sejak punya anak Mas Agung, mungkin sama kayak Kai, anak2ku pasti lebih semangat liat buku berilustrasi, ditambah mama papanya suka bacainnya dilebay2in. Jd anaknya ikutan exited. Hehehe..

      Wah kalau buku sejarah berilustrasi pasti bagus ya. Apalagi lengkap dg foto2 momennya, tempat bersejarah dan orang2nya..

      Delete