Thursday, 31 December 2020

2020 Wrap Up

 Halo semuanya!

Akhirnya kita sampai di akhir tahun 2020, ya.. Semoga teman-teman semua diberikan kesehatan, dan bisa menutup tahun ini dengan manis dan menyambut tahun 2021 dengan lebih bersemangat πŸ’–πŸ’–πŸ’–

Di hari terakhir tahun 2020 ini, saya mau posting beberapa hal yang berkesan buat saya di dunia buku dan kepenulisan. Sebagai suatu saat kenangan betapa tahun pandemi ini telah membuat beberapa perubahan dalam hidup saya. Tulisan ini akan panjang, jadi silahkan ngambil nyemilan dulu sebelum baca yaa πŸ˜πŸ˜†

1. Book I Read in 2020

Pertama, tentu saja mau wrap up buku yang saya baca di tahun ini. Rekor, menurut Reading Challenge Goodreads saya berhasil menamatkan 56 buku. Senangnyaaa 😍😍😍 Hehehe.. Ini adalah jumlah buku terbanyak yang bisa saya bereskan dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu aja cuma berhasil beresin 40 buku. 

Baca juga postingan buku yang saya bereskan tahun lalu : My 2019 with Book



Mba Ira di postingan tahun lalu itu sebenarnya menyarankan saya masang target 50 buku, tapi saya ga berani. Awalnya sebenarnya saya menarget buku di Goodreads itu 30 buku tahun ini. Tapi karena saya memasukkan beberapa buku anak yang tipis-tipis juga di Goodreads, akhirnya target saya ganti jadi 40. Eh ternyata realisasinya alhamdulillah melewati 😁. Buku apa saja yang saya baca: 


Sebagian besar masih di dominasi oleh fiksi, terutama fantasy, romance metropop, dan cerita anak. Kalau non fiksi masih seputar gaya hidup dan pengembangan diri. 

Apa saja buku terbaik menurut saya? 

Buku Fiksi terbaik tahun ini yang saya baca itu Stardust, karya Neil Gaiman. Buku yang sangat magical tentang seorang pria yang mencoba mengejar bintang jatuh. 

Buku Non Fiksi terbaik tahun ini paling saya suka adalah Goodbye, Things : Hidup Minimalis Ala Orang Jepang. Walaupun saya buku penganut gaya hidup minimalis, saya merasa pesan buku ini bermanfaat sekali. Tentang bagaimana kita seharusnya menyingkirkan hal-hal yang tidak bermakna dalam hidup.

Baca Juga Review Buku :


2. Blog Posts

Pada tahun 2020, rekor karena saya berhasil publish tulisan sampai 47 post. Yeey!! 😁 Itu rekor terbanyak sejak blog ini pertama saya buat di tahun 2009. Hehehe..  Walau dibandingkan teman-teman blogger lain jumlah ini ga seberapa, tapi bagi saya pribadi jumlah ini termasuk prestasi 😁.

Dari seluruh postingan blog yang tidak seberapa ini, lima postingan yang paling banyak view-nya tahun 2020 ini adalah : 

Buku Lara Jean series (Jenny Han), Lockwodd & Co (Jonathan Stroud), Wimpy Kid Series (Jeff Kinney) dan Game of Thrones itu memang buku-buku favorit yang paling banyak dicari orang di mesin pencari. Bahkan postingan buku Game of Thrones saya itu selalu paling banyak pembacanya dari sejak pertama diposting tahun 2014. 

Baca Juga Review Buku :

Namun, yang saya heran, kenapa buku Kumpulan Cerita Pendek Janda Muda (NH Dini) itu juga ikut masuk ke popular post. Padahal itu bukan buku yang popular dan banyak dicari orang. Ketika saya liat di Google Search Console, ternyata key word orang-orang yang masuk adalah seputar "cerita janda muda ...." Titik-titiknya silahkan di isi sendiri, klu-nya terkait cerita enaena. Hahahha.. Kasian deh, berharap dapat cerita 17+, malah nyasarnya ke review buku πŸ˜‚πŸ˜‚.

Jadi, sebenarnya apa yang membuat saya termotivasi menulis sebanyak itu? Iya, bener kerena pandemi saya jadi lebih punya waktu buat nulis. Tahun ini saya juga ikut komunitas 1Minggu1Cerita, yang membuat saya semangat buat nulis blog. Tapi selain itu, alasan utama saya semangat nulis tahun ini adalah karena point berikut ini : 

3. Blogger Friends

Tahun ini blogging menurut saya terasa menyenangkan karena saya dipertemukan (secara maya) dengan teman-teman blogger yang sangat menyenangkan dan supportif. Bagi saya, blog sekarang terasa seperti media sosial tempat saling bertukar kabar dan bertukar pikiran. Bedanya sama media sosial lainnya, interasksi di blog terasa lebih positif. Support yang diberikan pun luar biasa. Padahal tahun lalu saya buat instagram khusus buku karena takut ga sempet nge-blog, eh ternyata malah lebih aktif di blog dibanding di instagram. Hehehe..

Jadi melalui post ini, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk teman-teman yang sudah meluangkan membaca blog ini (termasuk para silent reader yang tidak muncul di komentar tapi suka ngeemail buat diskusi buku), teman-teman yang meluangkan waktu untuk mengomentari isi blog dan bertukar kabar di kolom komentar, yang sampe nanyain kalau saya udah lama ga posting. 😭😭 Wuaa terharuuuu.. Tidak ada yang lebih saya tunggu-tunggu selain membaca update postingan teman-teman di blog masing-masing, dan saling bertukar kabar di kolom komentar. 

Seperti itu belum cukup, saya ternyata masih dikejutkan lagi dengan berbagai paket yang datang dari teman-teman blogger. 

Notes cantik dari Mba Eno, bahkan ada nama saya di bagian bawahnya. 
Makasii banyaak Mba Enoo 



Yang dikirimin Mba Fanny ini ga ada yang ga enak, bener deh.. 
Sampai di rumah langsung jadi rebutan.. Makasii banyak yaa Mbaa..


Semoga kebaikan Mba Eno, Mba Fanny dan teman-teman semua dibalas dengan kebaikan yang lebih berlipat ganda oleh Allah. Oiya, list teman-teman blogger sudah saya masukkan di bar bloglist di samping (di bawah kalau versi mobile). Kalau ada yang belum masuk, komen aja di bawah yaa..

4. Learn How To Write Novels

Selama pandemi ini, saya merasa ada waktu yang saya bisa maksimalkan buat diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dengan di rumah aja. Saya tidak mau saat pandemi berakhir, saya menatap ke belakang dengan penyesalan betapa saya udah menyia-nyiakan kelonggaran waktu yang diberikan dengan tidak belajar apa-apa selama pandemi. Saya bahkan sampai bilang ke suami, apa saya kuliah MBA Online saja ya. Karena banyak universitas-universitas bagus di luar negri yang memberikan kuliah MBA full online, dengan ijazah yang sama persis saat kita kuliah MBA di sana. Sebut aja Kings, Harvard, Manchester, dan banyaaak lagi. Saat ijin suami sudah dikantongi, tapi saya malah kemudian yang ciut duluan sambil kembali bertanya-tanya, sanggup ga nanti menjalaninya πŸ˜† #emakLabil. Kan itu akan jadi komitmen hanya selama pandemi, paling ga sampai 2 tahun kan.. 

Maaf jadi out of topic.. Hehehe.. Akhirnya saya punya ide yang lebih realistis untuk sesuatu yang bisa dihasilkan selama pandemi ini, saya mau menargetkan untuk menyelesaikan naskah novel! Tapi sesungguhnya, Mama Ica ini semangatnya di awal doang, harus ada motivasi lain yang membuat membereskan cerita. Hahaha.. Dan salah satu caranya adalah dengan ikut lomba menulis. Beruntungnya lagi, selama pandemi ini banyaaak banget lomba-lomba nulis yang diadakan penerbit besar. 
Akhirnya pada bulan Juli 2020, saya berhasil menyelesaikan satu naskah novel untuk diikutkan lomba menulis Gramedia Writing Project 2020. Novel saya yang berjudul 40 Hari Menjadi Ibu ini bisa dibaca di web GWP pada link INI (ini masih versi awal, sekarang ceritanya udah sempet saya ubah sesuai dengan saran di kelas pelatihan, namun belum di update di web GWP)

Tidak Menang Lomba dan Kelas Menulis
Sayangnya novel saya itu tidak berhasil sebagai pemenang. Namun itu jadi jalan bagi saya untuk belajar lagi tentang kepenulisan. Ini membuat saya sadar, ilmu saya dalam menulis sangat-sangat minim. Beruntungnya, selama pandemi ini banyak kelas yang diadakan online. Dulu keterbatasan saya untuk ikut pelatihan-pelatihan adalah tidak tega meninggalkan 3T. Tapi saat pandemi, berbagai training bisa saya ikuti dengan hanya duduk manis online di rumah. Kelas kepenulisan yang saya ikuti antara lain : 
1. Kelas menulis cerpen dari Jia Effendi (editor Storial)
2. Expert Class Project, Mencari Inspirasi Ide Menulis Novel dari Nara Lahmusi (penulis)
3. Expert Class Project, Menyusun Plot Novel dengan Metode Rebahan dari Vie Asano (penulis)
4. Write a Bestselling Novel in 15 Steps (Save the Cat!) by Jesica Brody (international best seller writer)
5. GWP Creative Writing Bootcamp oleh Didiet Prihasturi (editor Gramedia Pustaka Utama)

Training terkahir ini adalah training favorit saya, karena GWP Creative Writing Bootcamp ini bentuknya training intesif dengan peserta terbatas selama sebulan. Termasuk langsung dipandu menyelesaikan draft novel, sampai beres! Berkat training ini juga saya berhasil menyelesaikan sebuah draft novel lagi berjudul If I Met You First. 

Naskah ini bercerita tentang wanita karyawan perusahaan farmasi yang suka dengan teman kantornya yang telah bertunangan. Ketika ia menemukan mesin dingdong ajaib pengabul keinginan di Hong Kong, ia mengajukan keinginan : seandainya bisa bertemu duluan sebelum sang gebetan bertunangan, I wish to met him first. Mau tau apa yang terjadi kemudian? πŸ˜† Ini cerita romance dengan sedikit sentuhan fantasi, sebuah gabungan ganre yang saya suka. Jadi saya sangaat menikmati menulis naskah ini. 
Naskah ini udah sempat dipinang oleh salah satu editor penerbit mayor. Semoga saja memang berjodoh dan bisa terbit. Doakan yaa..

Oiya, hasil-hasil training akan saya posting di blog dengan label yang baru ada tahun ini yaitu Tips Menulis

5. Publish Books

Pada awal tahun 2020, saya dengan beberapa orang penulis menerbitkan buku antalogi cerpen tentang bulan yang berjudul The Moon on The Darkest Night. Terdapat beberapa cerita pendek pada buku ini, semua ada keterkaitannya dengan bulan. Genrenya beragam, ada yang romance, fantasy bahkan dark horror. Cerita saya sendiri bergenre horor, tentang seorang dokter yang membantu pasiennya melahirkan di sebuah daerah pelosok Riau. Namun, sang ibu justru mengalami pendarahan dan meninggal saat bulan purnama. Kelanjutannya? Mungkin kapan-kapan saya akan post di sini ceritanya. Hehehe...

Jujur, saya tidak terlalu puas dengan buku ini, baik dari isi maupun final editing. Itu jugalah yang membuat saya tidak pernah mempromosikan buku ini, takut yang baca merasa kecewa dengan isinya. Huhu.. Tapi, saya sadar, ini hanya salah satu fase dalam sebuah proses belajar. Jadi tentu saja saya tidak akan pernah menyesal dengan ini. 

Sebuah kejutan lain, saya mengikuti lomba menulis oleh Mba Eno. Walaupun tidak menang, saya berhasil jadi 5 besar cerita yang dipilih Mba Eno. Ternyata Mba Eno membukukan tulisan-tulisan yang dikirimkan teman-teman yang berpartisipasi. Terbitlah kemudian buku kedua saya tahun 2020,  THOUGHT, yang dispronsori oleh blogger kesayangan kita semua, the one and only Creameno.

Buku dengan tulisan saya, yang terbit di 2020 ini


Berikutnya, dalam rangka 100tahun ITB, dan 10 tahun ITBMotherhood, saya dengan beberapa alumni ITB lain juga membuat antalogi yang berjudul Jejak Kenangan dimana penjualannya nanti akan dialokasikan untuk amal. Tidak mau kejadian seperti buku sebelumnya terulang kembali, saya menawarkan diri langsung turun jadi tim editor dalam penyusunan buku ini. Terharunya, yang menawarkan jadi editor pada tim kami juga adalah alumni ITB yang sudah menerbitkan beberapa buku, mereka bahkan menolak saat diberikan fee editing. 😭😭 Terharu. How proud I am to be part of this community, ITBMotherhood.  

Ini sneak peek cover-nya. 
Water color gerbang ITB yang dilukis dengan cantik oleh salah satu alumni ITB juga πŸ’–πŸ’–

Awalnya buku ini akan terbit di Hari Ibu 2020, tapi ternyata ga kekejar. Jadi tunggu ini terbit tahun 2021 ya, karena akan banyak cerita inspiratif bagaimana perjuangan para wanita di ITB, kisah lucu bahkan kisah cinta, semua ada di sini.

Tadinya saya juga mau ikut satu lagi proyek antalogi, non fiski tentang parenting di komunitas 1Minggu1Cerita. Namun saya dengan berat hati akhirnya mengundurkan diri karena ternyata saya tidak bisa meluangkan waktu untuk menulis. Padahal tadinya mau menulis tentang meningkatkan minat baca pada anak. Semoga kapan-kapan bisa ikut lagi di kesempatan lain.

Tidak hanya saya, Titha pun juga berhasil menebitkan buku pertamnya di masa pandemi ini. Ia bersama teman-teman sekolahnya menulis pengalaman selama pandemi, dan Titha menulis tentang hari terkahir dia di kelas 1 SD saat masa pandemi. Oh, I am a proud Mom!  

6. Book Haul

Ngerasa ga selama pandemi ini diskon toko buku banyak banget? Mulai dari Gramedia, Periplus, Mizan, dan banyaaak lagii.. Bahkan Big Bad Wolf juga ada online di Tokopedia. Saya ga ngitung berapa book haul saya selama tahun ini, tapi waktu diskonan itu saya lebih banyak beli buku buat anak-anak sebenarnya. Saya membeli buku buat sendiri lebih banyak itu series fantasy yang memang sudah lama diincar paling. Selain itu, akhir-akhir ini saya lebih banyak baca di Ipusnas dan Gramendia Digital. Yang menyenangkan, tahun ini saya dapat sampai 12 buku gratis. Ada yang dari temen yang mengurangi koleksinya, kiriman dari penulis langsung untuk direveiw, hadiah dari toko buku online karena sudah mereview di web mereka, hadiah penerbit saat ikut lomba menulis, buku THOUGHTS dari Mba Eno, dan ada juga yang saya beli dari hadiah yang dapat dari Giveaway di blog Hicha. Terima kasih Penerbit Katadepan, Grobmart, Gerobak Buku, @rama.snugraha, @dhirviepages, Mba Eno dan Hicha.


⭐⭐⭐

Begitu banyak hal bisa saya syukuri pada tahun ini, namun yang paling menyenangkan tentu saja dengan banyak beraktivitas di rumah, saya jadi bisa memiliki banyak waktu bersama 3T dan papanya. Hal yang pasti akan sangat saya rindukan kalau kondisi sudah kembali seperti semula.

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah yang disyukuri dari tahun ini?   


42 comments:

  1. Mbak Thessaaa, aku buru-buru habiskan baca tulisannya sebab ingin berkomentar soal naskah terbaru mbakk, baru dengar sekilas aja udh gemaaashhh sama ceritanya😭 sepintas jadi ingat drakor yg genrenya romance-fantasy gitu, huhu. Semoga lancar proses 'lamaran' sama penerbitnya yaaa mbak😍

    Lagi-lagi aku selalu salut dengan teman-teman blogger yg ngabisin buku bacaannya sebanyak ini dalam satu tahun. Apalagi ini mbak juga bisa sambil nulis novel, cerpen, ikut kelas online, dll, liatnya aja aku kayak udah pusing duluanπŸ˜‚ *efek kebanyakan rebahanπŸ˜†*. Kayaknya aku jadi ngefans deh sama mbak Thessa😁😍

    Ditunggu karya-karya dan postingan terbarunya di tahun yg baru yaa mbak😍 oh iya, by the way, selamat tahun baru untuk mbak Thessa! Semoga sehat selalu dan bisa terus menelurkan karya-karya yg bermanfaat untuk kita semua, Aamiin✨.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaa Awl kok aku terharu banget baca ini yaa 😭😭 Ku kan jd malu sampe dibilang ngefans segala gituuu πŸ˜† Doakan ya Mba, lancar proses naskah If I Met You First nyaaa πŸ’–πŸ’–

      Amiin.. selamat tahun baru juga buat Mba Awl 😊 semoga di tahun baru ini Mba Awl selalu diberikan kesehatan, kebahagian dan dimudahkan rejekinyaaa πŸ’–πŸ’– Sukses selalu dan tetap berkarya Mba..

      Delete
  2. Halo mbak Thessa. Apa kabar?

    Selamat untuk pencapaian yang sudah diraih tahun 2020. Banyak rekor pribadi yang terpecahkan ya. Artinya tahun ini dan seterusnya makin berat lagi tergetnya. Hehe.

    Saya tahun ini tidak membeli satu buku pun untuk diri saya pribadi. Sementara untuk anak, cukup banyak yang kami beli karena benar kata mbak, harga buku tahun kemarin cukup murah karena banyaknya potongan harga.

    Tak ada satu pun buku yang tuntas saya baca tahun ini. Menyedihkan sekali. Saya lebih banyak membaca artikel berita, atau artikel pendek di beberapa website. Blog juga pastilah, termasuk beberapa tulisan di blog yang mbak punya.

    Semoga tahun ini saya punya semangat baca yang lebih baik. Malu juga sama anak saya umur 3 tahun yang lebih sering membaca buku daripada saya, walopun dia baru bisa membaca gambar, bukan tulisannya. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Agung, alhamdulillah baik 😊 Semoga Mas Agung n keluarga jg dlm keadaan baik dan sehat selalu yaaa..

      Iya Mas, banyak rekor2 pribadi yg alhamdulillah bs dilewati, membuat makin semangat menyongsong thn baru. Hehehe..

      Buku2 yg aku baca itu, sebagian itu buku yg aku bacain ke anak2 Mas. Hehehe.. jd buku2 tipis2 selama ada di Goodreads aku masukin aja, makanya angka ny jd segitu πŸ˜‚πŸ˜‚ Pdhal aslinya mah yg bener2 buku bacaan aku ga segitu..

      Ngomong2 bacaan, literasi mnrt aku ga hanya buku, banyak hal menarik ga hanya ditemukan di buku. Mungkin Mas Agung menemukanny di web n berbagai artikel, mnrt aku itu juga keren. Karena berbagai informasi yg didapet. Klo aku kebetulan ngambil buku sebagai jalan ninja ku. Hehehe..

      Mantaab Key, udah mulai suka buku dr kecil, pasti ga lepas dr support yg besar dr orang tua juga 😊

      Delete
  3. Waahh.. Mbak Thessa, pencapaian 2020-nya keren!!! Walaupun mbak bilang, bacaan GRC-ku lebih banyak, tapi pencapaian mbak yang lain ternyata lebih keren.. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaa Wening makasii banyak.. semoga di tahun baru ini pencapaian kita makin luar biasa yaa.. hehehe 😁

      Delete
  4. Mbaaa, aku lgs penasaran Ama tulisan If I Met You First. Beneran ga sabar buku itu bisa terbit, Krn alur fantasy gini aku juga sukaaa :D.

    Mumpung awal tahun aku juga udh bikin target buku utk setahun kedepn. Tapi kayaknya masih sama kyk thn lalu, 54 aja, jd tiap Minggu 1 buku. Apa aku juga daftar di goodreads yaaa :D. Biar bisa tapi tercatat gitu. So far kan aku cuma tulis di agenda, dan baru2 aja mulai tulis reviewnya di IG.

    THN kemarin aku jg banyak beli buku, tp mostly dr temen yg udh jd langganan beli buku bekas. THN kmrn aku ga beli dr Gramedia dan BBW blaaasss :D.

    Dan akupun seneeeeeeng THN 2020 walo banyak sedihnya, tp aku juga ngerasa banyaaak sisi positif yg dirasain. Trutama dlm hal blogging. Baru kali ini ketemu temen2 blogger yg seakan Deket banget kayak udh ketemu :). Sekian tahun aku ngeblog, blm prnh ketemu temen2 blogger kayak kalian ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny, senangnyaa bs bikin penasaran.. doakaan yaa mba agar lancar2 terus proses If I Met You First-nyaa 😊

      Wah 1minggu 1 buku ya? Keren Mba, sama kaya tahun kmren yaa.. Kereen.. Mba fanny coba deh install Goodreads. Klo aku selain buat ngitung buku yg kita baca tahun ke tahun, aku paling sneng bacain review orng2 begitu beres baca sebuah buku. Semacam penasaran, orng2 pendapatnya sama atau beda dg aku. Hehehe..

      Aku juga penggemar buku bekas. Unhaul temen2 juga bnyk yg aku beli, rekor paling murah kmren aku beli 8buku itu 135K πŸ˜†

      Setujuu Mbaa Faan. Makasii ya Mba, udah jd temen blogger yg bikin aku semangat selalu buat posting n lbh dr itu, udah kerasa deket walau blm prnh ketemu 😘😘

      Delete
  5. Melalui postingan yang ini (dan postingan2 lain di blog ini), terlihat banget gimana cintanya Ica sama buku. Saluttt...

    Buat poin No. 2, kirain gara-gara ada tugas sekolah/kuliah yang mengharuskan mereview NH Dini. Beliau kan populer banget di dunia sastra Indonesia. Ternyata... :)))

    Dan bener banget, Ca. Kayaknya dunia blogging itu yang paling down-to-earth dibandingkan hiruk-pikuk media sosial. Entah beneran begitu, atau bisa aja karena kita beruntung kenalnya sama para blogger yang humble.

    anyway, semoga tahun ini kita (dan dunia) bisa lebih baik lagi dari segala hal ya, Ca... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa chaa, secinta itu memang ca sama buku πŸ˜†πŸ˜† hehehhe..

      Nah, kalaupun nyari NH Dini, misal buat tugas sekolah, biasanya lbh banyak buku2 dia yg lbh populer kaya Namaku Hiroko, atau Pada Sebuah Kapal. Ca ngakak sendiri pas liat key word yg ini memang 🀣🀣

      Iyaya, apa krna kita kebetulan ketemuny temen2 blogger yg humble yaa. How lucky we are 😍

      Amiiinn.. Di tahun baru ini, Semoga Hicha juga selalu sehat n sukses selaluu yaaa πŸ’–πŸ’–

      Delete
  6. Luar biasaaaaa. Awak yo menurun tahun iko dalam blogging apalagi baca buku, wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reishaaa, dirimu juga luar biasaaa. Lah jadi runner 😍 Ca thn patang blas ndk ado olah raga, pdhal thn 2019 sedang semangat2ny olah raga, pas pandemi jd terlalu parno keluar2. Hehehhe..

      Delete
  7. Ngga kalah sama kak Lia, kak Thessa juga dapat puluhan buku tahun ini. Keren.

    Menbahas tentang keanehan popular post, satu tulisan saya juga termasuk ke area itu. Kebetulan judulnya memang agak ambigu, jadi sampai sekarang tulisan itu masih cukup sering dicari. Ngeri euy, pencarian orang di google πŸ˜…

    Soal buku, kak Thessa mah ngga perlu diragukan. Ulasan buku kak Thessa yang saya baca sejauh ini sudah sukses buat bilang kak Thessa itu storyteller yang keren. Saya belum baca bukunya, tapi sangat tertarik untuk membacanya. Apalagi sama premis antologi cerpen tema bulan itu, saya suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Rahul, saya sendiri jg ga nyangka bs beresin buku sebanyak itu tahun ini πŸ˜†

      Iya juga ya, ngeri pencarian orang2 di google πŸ˜‚πŸ€£ Judul2 nya nyerempet jd kebagian traffic juga jadinya. Suka ngakak sendiri ngebayangin orang yg nyasar gt, pasti zong bgd 🀣

      Yaampunn aku terharu dibilang storyteller yg keren 😭😭 Aku masih banyak kurangnya Mas rahul, makanya masih suka rajin belajar krna ngerasa blm apa2..
      Nah buat cerpen tentang Bulan, kayanya aku bakal post di blog kapan2 😁 Hehehe..

      Delete
  8. Wuiiih keren banget nih kiprah kak Thessa ..dari mulai rekor baca jumlah buku, perbloggingan, launching buku, de el el semuanya lancar jaya.

    Semoga tahun ini juga yang dicita-citakan kak Thessa akan terwujud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih banyak Mas Hima 😊 Amin, doa yg sama juga buat Mas Hima ya, semoga thn ini makin sukses dan bahagia selalu, trus corona cepet hilang biar mas hima makin leluasa jalan2nya 😁

      Delete
  9. Alhamdulillah mbak Ica tahun ini banyak mencatatkan rekor bagus biarpun tahun 2020 ini banyak ketidakpastian karena pandemi Corona.

    Pertama soal jumlah buku yang dibaca di goodreads, ngga nyangka sampai 56 buku, kalo aku belum baca disana sama sekali.πŸ˜‚

    Jumlah postingan juga naik ya, tahun 2020 ini dapat 49 artikel, mungkin karena banyak waktu luang di rumah saja.

    Soal postingan populer, aku sih ngga aneh kalo artikel Kumpulan Cerita Pendek Janda Muda jadi yang banyak dicari, tahu sendirilah.🀣

    Jadi sebenarnya mbak Ica bikin cerpen horor tentang bulan ya, jadi penasaran ceritanya seperti apa. Ayok mbak dishare disini.πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyaak ya Mas Agus, iya alhamdulillah banget ternyata banyak hal menggembirakan di thn ini 😊

      Bacaan buku dan postingan blog, aku juga ga nyangka bakal bs sebanyak itu. Hehehe.. Ada hikmah nya juga banyak di rumah 😁

      Iyaa, pdhal aku pas posting dulu ga kepikiran itu. Lngsng post aja pas beres baca buku Janda Muda itu. Ternyataaa.... πŸ˜‚πŸ˜‚

      Wuaa malu sbnrnya aku mau share, ceritanya ga sekeren Mas Agus. Hehehe.. Ntr kapan2 aku bakal share Mas, mudah2an ga malu2in yaaa πŸ˜†

      Delete
  10. tahun 2020 yang cukup produktif mbak, aku yang ingin ikutan lomba novel sampe nggak terlaksana karena takut nggak bisa memenuhi deadlinenya, padahal pengen banget dari dulu coba ikutan lomba novel
    tahun 2020 kemarin juga dipenuhi dengan teman teman blogger yang baikkkkkkkk kayak mba eno, mb rey, mba thesa, kang sat, duhh banyak bangettt. kenal meskipun masih sebatas via online aja tapi berasa udah kenal lama

    sayangnya waktu sale buku di toped kemarin aku ga ikutan, lah aku bingung beli yang mana hahaha
    semoga tahun 2021 ini makin berwarna ya hari hari kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat standar aku yg suka mager ngapa2in, segini produktif bgd Mba. Hehehee.. 😁 Sebenernya lomba novel bagus buat kita beresin naskah Mba, walau klo aku pas baca lg kaya banyak kurangnya krna terburu2 jd editingnya ga bersih. Tp dg berhasil membereskan aja udah prestasi buat diriku sendiri 😁 Ayo Mba Ainun, semangat ntr kapan2 ikut lomba nulis novel πŸ’ͺ😍

      Beneer, walaupun hanyak kenal online rasanya udah dekeet dan saling bertukar kabar.. Terima kasih ya Mba Ainun, udah bikin aku semangat ngeblog πŸ’–πŸ’–

      Amiin, semoga thn 2021 ini lbh baik lagi. Sukses n bahagia selalu buat Mba Ainun 😊

      Delete
  11. Kak Thessa, selamat tahun baru ya πŸ₯³ semoga di tahun ini lebih banyak lagi berkah berlimpah untuk Kakak 😁. Terima kasih telah mengisi hari-hariku sampai detik ini. Aku sungguh bersyukur menemukan blog Kak Thessa πŸ₯Ί. Selamat untuk Kak Thessa dan Titha karena telah menghasilkan buku-buku karya pribadi pada tahun 2020 kemarin πŸ₯³ duo ibu dan anak ini sungguh keren! Mungkin nanti Kak Thessa bisa mengikuti jejak Reda Gaudiamo dan Soca anaknya, ketika mereka duet membuat buku Na Willa 😁

    Diam-diam Kak Thessa ternyata banyak juga baca bukunya dalam setahun 😍 wah~ aku salut dengan Kakak! Karena biarpun sibuk, tapi masih bisa membaca buku sebanyak itu 😍 kerennn!

    Lalu, aku nggak sabar menanti novel terbaru dari Kak Thessa dong! Baca blurb singkat dari Kakak udah membuat aku excited sekali πŸ˜†. Semoga bisa segera terbit di tahun ini πŸ™πŸ» bilang-bilang kalau bukunya udah terbit ya, Kak πŸ˜‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaa terima kasih yaa Liaaa.. aku juga seneng bgd bs dipertemukan dg Lia di dunia blogging ini 😍 eh aku baru ngeh kalau Na Willa itu bikinan ibu dan anak, aku kira hanya sudut pandangnya aja yg anak2. Makin penasaran sama bukunya πŸ˜†

      Liaa lbh keren, yg baca bukunya sampe 70an lbh. Hehehe.. aku baca segini krna sebagian itu buku anak n illustrated book πŸ˜†πŸ€£

      Senangnyaa.. terima kasih supportnya Liaa. Doakan prosesnya lancaar yaaa πŸ’–πŸ’–πŸ’–

      Delete
  12. Wah, selamat ya mbak :) Jujur aja, belakangan ini aku belum pegang buku malah. Apalagi membacanya duuuuh mamah rempong bener deh. Promo2 donk bukunya di FB, eh kita udah temenan belum ya? hihihihi :D Tulisan mbak cakep2 bener, kudu dijadwalin bacanya tuh. Mantap. Met tahun baru ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru Mba Nurul 😊 Semoga di thn baru ini Mba Nurul diberikan kehagiaan dan kesuksesan selaluu yaa πŸ’–πŸ’–

      Siaap, ntr aku promo di FB. 😁 Mau dong Mva temenenan di FB, link FB aku ada di bawah foto about me yaa. Makasii sblmnya Mba Nurul 😊

      Delete
  13. Halo kak Thessa!! Selamat ya kak bahkan buku yang bisa kakak selesaikan melebihi 50 buku, buat aky yang baru mencoba ikut goodreads challenge tahun ini punya target 30 aja udah modar kak hahaha. Salut!! Dan buku yang kk baca juga sangat beragam, seneng aku lihatnya.

    Aku juga turut senang bisa kenal kak Thessa lewat komentar-komentar yang seliweran di blogger lain hehehe, nama kak Thessa ini sering muncul. Aku ucapkan selamat sekali lagi untuk kakak atas pencapaian di tahun 2020, rasanya ingin curhat dengan kak Thessa gimana caranya bisa konsisten menulis sampe bisa nerbitin buku :D

    Anyway makasih loh kak udah mencantumkan Reka ke dalam blog list πŸ˜† . Oiya kak selamat tahun baru!! Semoga tahun 2021 semakin sukses dan sehat selalu ya kak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga Mba Reka ^^ Itu 50 lbh krna aku masukin buku anak n illustrated book kak. Gpp lah ya, kan itu juga buku #pembenaran Hehehhe..

      Senang juga kenal dg Mba Reka, terima kasih juga udah mewarnai dunia blogging aku ya Mbaa ^^ Semoga di tahun baru ini Mba Reka selalu sukses dan sehat selaluu, semakin konsisten juga nulisnyaa. :) Klo aku mah blm patut dicontoh konsistensinya Mbaa, itu beres nulis krna dikejar deadline pas lomba buku semua soalnya. Heheheh... Mungkin Mba Reka kapan2 bs ikut daftar lomba nulis juga buat memotivasi ikut beresin naskah :)

      Delete
  14. Hari ini baca beberapa pencapaian membaca buku dari teman-teman dong dan membuat saya bergetar kagum.
    Keren banget sih orang-orang dengan konsistensi kecintaannya membaca buku!

    Btw, saya sering baca tentang goodreads, dan kayaknya udah punya akun deh di sana, tapi saya belom ngeh banget, itu untuk apa sih? hahahaha.

    Jadi kepo pengen utak atik juga, agar bisa menelurkan *halah! banyak bacaan tahun ini.
    eh nggak perlu banyak sih ya, sebulan 1 buku juga nggak masalah :D
    Ampun deh saya jarang banget bisa baca, karena sifat nggak mudah puasnya saya akhirnya malah bikin saya terkungkung.

    Maksudnya, saya tuh kalau udah melakukan 1 ha, susah buat berhenti jika belom selesai.
    Itu mengapa saya jarang nonton drakor, saya nggak mau berhenti sebelum selesai semua episodenya.
    Nah sama dengan baca buku, kalau baru baca terus dipotong itu jadinya uring-uringan sendiri, hahahaha.

    Ya selain memang agak jungkir balik sih menata waktu :D
    *banyaaakkk banget alesannya! hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Mba Rey kagum dg jumlah bacaan, aku kagum dg kosistensi Mba Rey untuk membesarkan blog dan posting setiap hari ^^ Wajar klo Mba Rey sampe jungkir balik nata waktu. Semangaat Mba Rey :)

      Goodreads itu mirip IMDB sih, klo IMDB buat film, Goodreads buat buku. Bisa buat list buku aja yg dibaca, dan yg paling aku suka liat review dan bintang dr orang2. Salah satu yg mempertimbangkan aku mulai baca buku atau bahkan membeli, biasanya sblmnya aku liat bintangnya dulu di Goodreads, selain dr blurb di belakang buku ^^

      Btw, aku jg sampe skrng blm berani mulai ngedrakor. Sama kaya Mba Rey, takut keterusan n keteteran sama waktu nya :D

      Delete
  15. Aku selalu ngiri kalau ada postingan membaca seperti ini. Kemarin di mbak lia, eeh sekarang di mbak thessa. Dan kalian berdua berhasil menyelesaikan banyak buku dalam satu tahun ini. Apalah aku yang menyelesaikan beberapa buku saja..huhuhuu
    Tahun 2021 ini jadi pengen rajin baca buku..hahahaha

    Tahun 2020 aku juga merasa ketemu dunia blog yang baru dan blogger² yang keren dan saling kasih semangat untuk terus berkarya. Rasanya tahun 2020 banyak publish tulisan dibandingkan tahun sebelumnya..hahaha

    Selamat menjalani tahun 2021 mbak thessa. Semoga project yang sedang dikerjakan bisa berjalan lancar. Ditunggu karya-karya πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh Mas Rivai Propic baru nih kayaknya ^^ bagus fotonya..

      Lumayan Mas, tahun ini jg rekor buat aku pribadi bs beresin sebanyak itu. Semoga thn 2021 Mas Rivai juga bisa lbh banyak lg yaa ^^ Walau mnrt aku, lbh penting kita bs menikmati bacaan, terlepas dr berapa pun jumlah bacaannya..

      Selamat menjalani 2021 juga buat Mas Rivai. Sukses selaluu ya Mas ^^ Senang bisa kenal Mas Rivai di dunia blogging.. :)

      Delete
  16. Mba Thessa keren bangettttsssss! I'm your fan 😍

    Saya tahun kemarin hanya baca 10 buku mba total kurang lebihnya ahuahaha seperlima total buku mba Thessa πŸ™ˆ Tapi masih better kan mba *puk puk diri sendiri ceritanya* πŸ˜‚ Eniho, saya berharap buku mba berikutnya bisa segera deal dan release, and I would love to pre-order dengan tanda tangan mba Thessa, apalagi cuplikannya terlihat menarik secara latar belakangnya HONG KOOOONG which is salah satu tempat yang punya banyak memori indah untuk saya πŸ˜† Eh saya jadi ingat mba Thessa pernah komentar di salah satu post saya kalau mau pakai background cerita saya. Jadi penasaran 😍

    Semoga tahun ini bisa jadi lebih baik untuk kita semua ya, mba. Semangatttt! πŸ₯³πŸŽ‰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaa Enooo, aku justru yg fans berat Mba Eno 😍😍 Blogger yg ga henti2nya mewarnai dunia blogging jd kaya skrng ini. Makasi untuk semua inspirasinya ya Mbaa..

      Better Mbaaa, kereen bgd udah baca segitu, karena salah satunya itu buku aku #eh hahahah.. Tp beneran mba, segitu juga udah keren, apalagi bacaan Mba Eno kan lbh berat ga receh kaya aku. πŸ˜†

      Novel If I Met You First latarnya bbrapa tempat di dunia, mulai dari Eropa sampai Hong Kong. Dan untuk Hong Kong, itu latarnya di Nathan Road karena terinspirasi dr postingan Mba Eno waktu itu. Hehehhe.. Doakan smoga prosesnya lancaaar yaa Mbaa ^^

      Amiin, semoga tahun ini bisa lbh baik buat kita semuaa yaa.. Sukses dan bahagia selalu buat Mba Eno πŸ’–πŸ’–

      Delete
  17. Haloo mbak Thessa, selamat yaaa atas pencapaiannya di tahun 2020. Produktif sekali nih..
    Total yang dibaca 56 buku jg keren..
    Kemudian untuk ambil kelas MBA online, aku jg sempat kepikiran mau ambil kuliah onlen itu. Sebab katanya ada yg murah. Tapi nyatanya, tidak semurah yg aku bayangkan wowkwowkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Dodo 😊
      MBA di universitas favorit harganya memamg lumayan ya πŸ˜… Apalagi mereka ga buka beasiswa buat sekolah yg full online. Tp klo Mas Dodo penasaran, ada University of People di USA yg full online n cm bayar adminstrasi aja yg mudah bgd. Siapa tau berminat 😁

      Delete
  18. Hai mbak Thessa, selamat tahun baru!
    Mbak keren banget bisa menyelesaikan baca buku sampai 56 buku. Aku jadi malu sendiri karena baca buku nggak sampe 10 tahun ini. Hiks. Tapi emang aku nggak narget baca buku macam mbak Thessa. Apakah aku perlu bikin target untuk baca buku yak..
    Mbak Thessa juga keren, bisa menyelesaikan naskah novel dan mempraktekkan ilmu-ilmu dari kelas menulis. Aku tunggu share-nya untuk tips menulis ya.
    Selamat untuk buku-bukunya yang berhasil terbit tahun ini. Sepertinya di tahun mendatang bakal ada buku-buku yang menyusul untuk terbit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Mbaa, selamat tahun baruu jugaa yaaa πŸ’–πŸ’– Makasii banyak yaa Mbaa, bahkan aku sndiri juga ga menduga bs beresin sebanyak itu. Hehee..
      Seenjoynya aja mba, mnrt aku membaca itu hrs dinikmati. Kalau mba bisa menikmati dg menarget bacaan, do it. Klo ga, ya jangan.. Nanti malah jd kena reading slump πŸ˜†πŸ˜†
      Siap Mba, ntr aku share lg ilmu2 yg didapat dr kelas menulis, sebagai pengingat diri sendiri jugaa.. 😊 Doakan ya Mba, smoga thn ini ada buku solo aku yg bs terbit jugaa..

      Delete
  19. Halooo mba Thessa, mt tahun baru 2021.
    Moga di tahun ini mba Thessa punya banywk gebrakan baru. Dalam arti, semua keinginan mba Thessa yang blm dicapai di thn kemaren, dan dlm thn ini dapat tercapai semua. Amin y...

    Aku salut, n kagum baca tulisans mba Thessa. Wooow banget bisa baca 56 buku.

    Terlslu jauh dari apa yg aku lakukan dlm thn 2020, cuma bisa baca 3 buku hiks.....

    Aku sering hadir disini sbg [silent Rider].

    Slm sukses y mba ThessaπŸ˜‡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn.. Semoga mba juga sukses selalu di tahun yg baruu inii yaaa πŸ’–πŸ’–
      Senangnya, terima kasih udah sering hadir di sini ya Mba. Semoga bs menikmati tulisan saya n ga kapok mampir lg. Hehehhe.. 😁

      Delete
  20. Halo mbak Thessa salam kenal...
    Wahh beruntung beud bertemu sama teman2 yg suka baca.. apalagi kiprah Mba Thessa juga seorang Novelis..

    Bayu pengen banget baca If I met you first.. Genre romantis lagi cocok banget karena Si hati lagi berbunga2.. wkwkwk..😁😁

    Wahh pencapaian yg luar biasa yah mba Tahun 2020.. bukunya itu lohh.. buanyak banget kaya bacaan Lia.. hoho. Saya sendiri baca buku paling sebulan 2. Kadang mangkir... baru akhir2 desember ini agak getol beliin buku di shoopee gegara diracunin Lia.. wkwk Na Willa sama semua ikan di langit bagus2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Bayu,
      Salam kenal, terima kasih udah mampir ke sini 😊

      Doain yaa mas, If I Met You First bisa lancar2 sama terbit. 😁

      2buku per bulan jg udah lumayan bnyak kok itu mas. Keren! Aku bs segini krna banyak buku illustrated n buku anak sbnrnya mas. Hehehe.. 😁

      Delete
  21. Mba Thessaaa, keren banget ihh pencapaian di tahun 2020 kebanyakan didominasi oleh menulis. I'm a fan! 😍 salut banget dengan kesibukan Mba Thessa masih bisa menyempatkan untuk menulis bahkan menyelesaikan draft novel untuk diterbitkan kembali. Sejujurnya Mba Thessa juga yang menyemangatiku secara nggak langsung untuk melakukan hal yang sama dalam hal menulis hihi

    Semoga tahun 2021 lebih keren lagi yaa, Mbaa. Siapa tahu 2021 udah bisa baca buku barunya Mba Thessa lagi *AMINNN* XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa baca akomen mba jane really made my day. Makasi banyaak yaa Mbaa 😍😍
      Ayoo mbaa semangat nulisnyaa. Inget mba aku udah ngajuin diri jd beta readernya yaa. Hehhee... Ditunggu naskahnya beres mba 😊

      Amiin, semoga 2021 ini bisa terbit buku novel solo lagi nih Mba. Makasi ya Mba jane..

      Delete