Saturday, 12 May 2018

Always and Forever, Lara Jean by Jenny Han

Bagi yang mengikuti buku "To All the boys I've loved before" dan "P.S. i Still Loved You" pasti sudah akrab sekali dengan karakter Lara Jean. Dan setelah setahun buku ke 3 nya terbit, "Always and Forever, Lara Jean" saya berkesempatan juga untuk membacanya. 

Bagi yang belum mengikuti dari buku pertama, saya akan menceritakan sedikit tentang Lara Jean. Lara Jean awalnya adalah anak SMA yang 'biasa saja'. Dia bukan anak populer dengan teman yang banyak, tapi bukan nerd juga. Lara Jean merupakan anak ke-2 dari keluarga Song Covey dan ibunya yang keturunan Korea telah lama meninggal. Lara Jean hidup bersama ayahnya yang dokter, kakak yang baru masuk kuliah Margot dan adik bungsunya Kitty yang masih SD. So, Lara Jean just a simple family girl who loves to cook in her spare time, and definetly not a party girl. 


Pada buku pertama, Hidup SMA Lara Jean yang datar-datar saja tiba-tiba jungkir karena surat-surat yang pernah ditulis Lara Jean kepada beberapa cowok yang pernah disukainya tidak sengaja terkirim. Surat kepada pacar kakaknya, cowok paling populer di sekolah dan teman masa kecil Lara Jean. Padahal surat-surat itu sudah ditulis Lara Jean sudah lama dan ia sudah hampir tidak lagi memiliki rasa kepada mereka seperti dulu. 

Pada buku kedua, menceritakan kisah cinta Lara Jean dengan Peter. Peter, salah satu yang menerima surat Lara Jean di buku pertama, cowok populer di sekolahnya, punya banyak teman dan atlet lacrosse. Peter dan Lara Jean sepakat pura-pura berpacaran. Kebayang kan, anak biasa saja tiba-tiba pacaran dengan anak populer di sekolah. Di tambah lagi dengan karakter Peter yang sweet dan perhatian. Akhirnya bisa ditebak, pacaran yang awalnya settingan akhirnya malah jadi serius..


Pada buku terakhir pada seri ini, menceritakan perjalanan akhir tahun Lara Jean. Bagaimana Lara Jean memanfaatkan sisa waktunya di rumah sebelum pindah ke universitas, termasuk memaksimalkan waktu bersama Peter sebagai anak SMA. Cerita dibumbui juga dengan hubungan romansa Ayah Lara Jean dengan tetangga mereka. Dibandingkan dengan buku ke 1 dan ke 2, buku terkahir ini terasa agak datar buat saya. Beberapa kali saya tidak sabar agar disuguhkan konflik yang agak klimaks, tapi relatif tidak ada hal yang tidak terduga yang terjadi. Konflik utama berpusat pada Lara Jean dalam mencari dan berusaha masuk ke universitas yang diinginkannya. Hubungannya dengan Peter juga diuji saat Lara Jean selalu teringat dengan pesan ibunya dulu "Jangan jadi gadis yang pergi kuliah meninggalkan pacar"

What I like about this book? Buku ini menyajikan kasih sayang yang terasa nyata. Bukan hanya kasih sayang antara sepasang kekasih, tetapi juga kasih sayang di keluarga. Bagaimana keluarga Lara Jean selalu mendukungnya walau Lara Jean tidak diterima di universitas yang sangat dia inginkan, dan kasih sayang Peter yang tidak menyerah dengan keadaan untuk bersama Lara Jean. Semua diceritakan dengan seimbang membuat kita merasa "how lucky you are Lara Jean"


Karena saya lebih menyukai buku-buku sebelumnya dari series ini, 3,5 untuk buku ini. Tambah 0,5 lagi buat covernya yang super chic, me love it.. jadi 4 bintang untuk tahun terakhir Lara Jean yang ditutup dengan manis..



Penulis : Jenny Han

Penerbit : Spring

ISBN : 978-602-6682-06-2

Terbit : September 2017

Ketebalan : 356 halaman



Baca juga : 

3 things I love about "To All The Boys I've Loved Before 1 & 2"

0 komentar:

Post a Comment