Tuesday, 21 January 2014

Q & A, Smart Parents for Healthy Children by dr Purnamawati

Berawal dari postingan beberapa teman di media sosial Path yg merekomendasikan buku ini, akhirnya tidak berapa lama setelah Titha lahir, saya minta beliin suami buku ini ke Gramedia.
Pendapat saya tentang buku ini adalah : Must Have!! Wajib buat ibu ayah dan calon ibu ayah. Apalagi untuk orang tua baru yang masih banyak ga tau nya dibanding tau nya kaya saya. Hehe.. Saya termasuk beruntung karena Alhamdulillah orang tua dan mertua masih lengkap, jadi masih punya tempat sharing. Tapi tetap saja, tidak semua kebiasaan yang selama ini kita tau ternyata sudah benar loh. Jadi, agar kita bisa memberikan yang terbaik kepada anak dan dapat bertindak smart dan tidak gegabah, kita perlu dibekali ilmu yang cukup. Hehehe..
Buku ini berbentuk question & answer. Hampir semua pertanyaan yang ada dibuku ini adalah pertanyaan yang sering muncul difikiran kita sebagai orang tua. Berikut penampakan buku nya (dan Talitha) : 


Dari buku ini ada beberapa hal yang saya mau sharing sbb : 
1. Kita sebagai orang tua harus bijak dalam pemberian obat. Dibuku ini dijelaskan kapan penyakit perlu penanganan segera dan kapan sebenarnya obat diperlukan. Banyak penyakit pada bayi seperti demam batuk pilek diare, akan sembuh dengan sendirinya. Tapi yang sering terjadi sekarang adalah anak baru sakit langsung diberikan macam-macam obat yang justru bisa berpengaruh buruk ke pencernaan bayi, termasuk pemberian antibiotik yang malah melumpuhkan bakteri baik sehingga antibodi bayi tidak dapat bekerja maksimal.
2. Upayakanlah pemberian Asi eksklusif selama 6 bulan. Upayakan juga mengindari pemberian Asip menggunakan dot agar anak tidak bingung puting. Bingung puting adalah bentuk penolakan anak untuk menyusu langsung dari ibunya karena mereka merasa minum melalui dot lebih gampang. Sedangkan apabila anak tidak menyusu langsung otomatis akan berpengaruh terhadap produksi Asi.
3. Jangan berikan Mpasi sebelum 6 bln. Upayakan pemberian Mpasi homade tanpa gulagaram sampai anak berumur 1 tahun, termasuk jangan berikan madu sampai anak berumur 1 tahun. 
4. Dibuku ini juga diulas tentang Penjelasan dan jenis-jenis imunisasi dan beberapa pembahasan parenting.

After all, intinya saya mencoba memberikan yang terbaik untuk si kecil Talitha, menambah pengetahuan dengan membaca buku ini adalah salah satunya.. :) 

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment