Sunday, 17 May 2020

Review Novel Nikah Muda di Instagram


review novel nikah muda


Sudah setahun lebih sejak buku pertama aku Novel Nikah Muda diluncurkan ke pasaran. Alhamdulillah respon yang didapat sangat menyenangkan. Jadi aku mau  menyimpan beberapa di sini sebagai kenang-kenangan







[IG BOOK REVIEW] Day 5 #novelnikahmuda by @thessalivia @stiletto_book Eh, ini novel finalis GWP 3 lho๐Ÿ˜„ . "Kita enggak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, jadi jalani saja semuanya semaksimal yang kita bisa setiap harinya. Toh, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan diambil dari kita di kemudian hari." Hal. 71 . Novel dengan tema perjodohan mungkin sudah banyak di luar sana. Bedanya, novel ini juga mengangkat sesuatu yang bagi sebagian orang cukup menarik untuk dibicarakan, nikah muda. Well, ini terkait prinsip sebenarnya. Aku suka ketika penulis menggiring pembaca untuk memasuki konflik. Terutama perang batin Kiran untuk memenuhi permintaan ayah atau tetap menomorsatukan egonya. Awalnya, aku kira dibab pertama akan langsung disuguhi acara perjodohan. Dan aku bersyukur ketika konfliknya berjalan secara bertahap, jadi perjodohan di dalamnya tidak terkesan ujug-ujug. Aji baru dimunculkan di pertengahan bab. Sedangkan bab sebelumnya berisi kehidupan Kiran dan Keno. Melalui beberapa flashback penulis menceritakan bagaimana hubungan keduanya terjalin serta betapa kuatnya hubungan tersebut. Menggunakan alur campuran dengan sudut pandang orang ketiga. Sayangnya masih ada beberapa hal yang cukup janggal, Kiran nggak masuk sekolah tiga minggu tetapi nggak ada sanksi apapun dari pihak sekolah? Atau ada kelonggaran? Juga masih cukup banyak paragraf yang diawali dengan nama tokoh, namun itu bisa tertutupi dengan bahasa yang rapi dan mengalir. Minimnya typo juga semakin membuatku menikmati novel ini. Dan jangan lupakan pada bait-bait lagu kece baik dalam maupun luar negeri di setiap babnya. Bisalah diputar untuk menemani waktu bacamu. Untuk moralnya, mungkin lebih kepada sebuah bentuk kepatuhan pada permintaan orang tua. Ada yang bilang bahwa feeling orang tua terkadang lebih tajam. Dan di sini, Kiran menunjukkan rasa sayangnya pada sang ayah dengan memenuhi permintaannya. Kita juga akan belajar untuk melepaskan, mengikhlaskan sesuatu yang kita miliki. Karena sejatinya itu hanya sebuah titipan. Terakhir, terimakasih untuk Kak @thessalivia @rizkymirgawati dan @stiletto_book yang telah memberikan kesempatan untukku. Ditunggu karya selanjutnya Kak Thessa ❤
Sebuah kiriman dibagikan oleh Ani Widihastuti (@randombooks_) pada







#kilasbuku #ulasulasbuku . . "Selalu ada yang dapat diusahakan selain mengeluh, karena hidup tidak pernah berhenti berjalan." -Hlm. 35 . . ๐Ÿ“N I K A H M U D A Penulis : Thessalivia - 255 Hlm, 3.5/5 ☆ STILETTO BOOK Ketika dihadapkan pada pilihan antara kekasih yang dicintai atau membahagiakan Ayah di saat-saat terakhirnya. Mana yang kamu pilih? Begitulah lingkaran kehidupan Kirana Martha (16 th). Dihadapkan pada pilihan sulit. Antara kebahagiannya dengan tanpa mengindahkan perasaan orang lain atau membahagiakan dengan mengorbankan kebahagiannya sendiri. Cukup pelik. Tapi itulah hidup. Selalu punya cara untuk membuat kita terkadang merasa sudah saatnya menyerah lalu pasrah. Walau pada akhirnya takdir juga selalu punya cara untuk menenangkan dan membuat kita mengikhlaskan segala ketentuanNya. Kaenu Danaswara (16 th) a.ka Keno. Seseorang yang biasa-biasa saja tetapi selalu ada untuk Kiran. Bisa dibilang sahabat yang dengan pesona urakannya mampu membuat Kiran tak bisa lepas barang sehari untuk tidak bersamanya. Keduanya ternyata saling menyimpan rasa yang sama. Cinta. Lain halnya Aji Laksmono (26 th). Seseorang yang dengan lancangnya hadir di kehidupan Kiran lewat Ayahnya. Yang terperangkap di tengah-tengah gaung asmara Kiran dan Keno. Merusak paksa takdir percintaan mereka. . . Lalu, bagaimana kisah mereka pada akhirnya? Segera baca! ;D . . // Membaca Kisah Kiran, Keno dan Aji cukup membuat saya yakin kalau cinta hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berhak mendapatkannya. Cinta bukan sekedar keinginan bersama. Tetapi melepaskan dengan merelakan untuk membahagiakan orang yang dicintai juga bagian dari itu. . . Thessalivia benar-benar berhasil mengemas kisah cinta mereka dengan apik. Saya bahkan tidak bisa berhenti membaca sebelum menamatkannya. Sedikit berharap halamannya bisa lebih diperbanyak lagi ;D. . . . // The last. Terima kasih Hadiah kerennya. 255 hlm habis semalaman ;D #NovelNikahMuda #book #bookstagram #bookgams #bookreview #stiletto #bookworm #bookstore #currentlyreading #noveladdict #book๐Ÿ“– #books #bookaddict #bookblogger #bookish #bookishstory #bookishindonesia #bookstagram #bookstagrammer #bookstagramindonesia #reads #igreads #readersquad
Sebuah kiriman dibagikan oleh DIDI SYAPUTRA | GR๐Ÿ†” (@bookishman95) pada






❝You know what, tiap orang menyikapi masalahnya dengan cara berbeda-beda, entah itu menjadi lemah atau malah menjadi semakin kuat.❞ —[Nikah Muda, hlm. 99] . . Bertemu Aji. Kesan pertama waktu tau karakter dia tuh kok ya ngerasa, emm... Sok kenal sok dekat. Ya mungkin memang itu salah satu cara tokoh ini untuk membangun komunikasi dengan Kiran yang notabene akan dijodohkan dengan dia. YAPPPPSSS! Jadi itu permintaan ayah Kiran. Kiran diharuskan menikah... Apakah dia setuju dijodohkan dengan Aji? Lalu bagaimana nasib Keno sendiri? Kok ya aku jadi kasian sama Keno :( . . Sedikit membahas tentang karakter-karakter tokoh utama dari cerita ini. Ada, ๐Ÿ’• Kirana : Karakter Kiran di sini berusai 16 tahun. Ceria dan manja apalagi kalau sudah sama Keno... Seakan dunia... milik berduaa *nyanyi* . . ๐Ÿ’• Keno : Keno ini gambaran cowok idaman zaman SMA. Baik, perhatian, penyayang, suka antar-jemput. Pokoknya boyfriend material deh!๐Ÿ˜Œ . . ๐Ÿ’•Aji : Pria dewasa jelasnya. Sangat filosofi sekali hidup Aji dengam cerita-ceritanya tentang wortel-kopi dan telur lalu Raja dan cincinnya. Tipikal pria bertanggung jawab terhadap sebuah keputusan dan amanah yang diberikan. Pria favorit wanita jaman sekarang ini mah ๐Ÿ˜‚. . . Buat yang suka sama cerita cinta dengan tema perjodohan dan pernikahan, #Novelnikahmuda ini cocok untuk jadi bacaan kalian. Dan kalau ingin pesan buku ini, bisa langsung ke @stiletto_book di no wa 08812731411 . . Sore nanti akan ada giveaway #novelnikahmuda Yeayyy... jangan lupa ikuti terus yaa๐Ÿ˜— . #NovelNikahMuda #Thessalivia #StillettoBook #Bacaituseksi #Mystilettobook #bookstagrammer #bookstagramfeature #bookstagram #book #weddingstory #bookishfeature #bookishlove #aesthetictumblr #aesthetic #bookphotography #vsco #vscocamphotos #vscobook #instabook #photography #bacaituseru #Jakarta #160818 #Indonesia
Sebuah kiriman dibagikan oleh est. 91•Scorpio girl•ํ•˜๋‹ˆ•ID (@caramelmachiato91) pada






#IGBookReview Judul Buku : #NovelNikahMuda Penulis : @thessalivia Penerbit : @stiletto_book Tebal : 255 Hlm Terbit : Juni 2018 . . 131 - 2018 . . Novel Nikah Muda merupakan novel pertama Kak Thessalivia yang kubaca. Novel ini pernah diikutkan dalam Gramedia Writing Project 3 Tahun 2017 dan terpilih sebagai salah satu finalis. . . Novel ini mencoba mengangkat tema perjodohan dan nikah muda. Ide yang sebenarnya sudah tidak asing lagi, tapi tetap diramu dengan sesuatu yang berbeda. . . Ini tentang kisah Kirana, seorang gadis remaja berusia 16 tahun yang "terpaksa" menerima perjodohannya dengan pria pilihan ayahnya yang usianya jauh di atasnya. Padahal Kirana sebelumnya telah memiliki Keno, kekasih yang seusia dengannya. . . Layaknya remaja seusianya, Kirana tentu saja kecewa dengan keputusan ayahnya, dia menyalahkan semuanya, terutama pria itu, Aji yang hadir mengacaukan semuanya. . . Namun, Kirana tak punya pilihan lain, dia tahu inilah jalan terbaik yang dipilihkan ayahnya untuknya. . . Bagaimana akhir kisah Kirana, Aji dan Keno? . . Sebuah kisah romansa sederhana dan ringan tentang perjodohan. Diceritakan dengan gaya menulis yang mengalir, aku dibuat hanyut dengan kisah Kirana, Aji dan Keno. . . Separuh buku, aku diajak menyelami kehidupan remaja Kirana. Aku bisa memahami kekecewaan dia, sikap dia yang masih labil hingga kemudian dia dan Aji menikah. . . Aji hadir sebagai sosok suami yang dewasa, sabar, bijaksana dan benar-benar perhatian. Mengimbangi sikap Kirana yang masih suka impulsif. . . Kehadiran Keno kembali pun menjadi konflik yang menguatkan kisah ini. Bagaimana akhirnya Kirana bisa memilih yang terbaik buat hidupnya. . . Membaca kisah ini aku bisa merasakan kasih sayang luar biasa dari ayah Kirana, bagaimana pun menjadi orang tua itu tidak mudah. Bagaimana ayah Kirana berusaha memutuskan pilihan yang terbaik bagi anaknya. . . Membaca kisah ini campur aduk, antara rasa kecewa, bahagia dan terharu menjadi satu. . . Novel ini juga cukup rapi dari segi penulisan, walau dicetak secara indie. . . Pemesanan novel bisa langsung ke @stiletto_book ke nomor whatsapp 08812731411 . . Terima kasih Kak @thessalivia atas kesempatannya membaca novel ini ya ๐Ÿ’™
Sebuah kiriman dibagikan oleh Rizky Mirgawati || Indonesia (@rizkymirgawati) pada






Day 3 #BookTour #NovelNikahMuda @thessalivia @stiletto_book . . Kirana layaknya remaja lainnya, walaupun kehilangan ibunya. Kirana masih memiliki ayah yang sayang padanya juga Keno, kekasihnya. . . Kirana pikir hubungannya dengan Keno akan berjalan dengan lancar. Apalagi Keno telah menarik perhatiannya sejak lama. . . Hingga kemudian vonis dokter untuk ayahnya mengubah semuanya. Ayahnya kemudian meminta sesuatu yang sungguh berat dilakukan oleh Kirana. . . Ayahnya meminta Kirana menikah dengan Aji Laksono, salah satu bawahannya. Aji dianggap bisa menjaga Kirana jika sewaktu-waktu maut memanggil ayah Kirana. . . Apa yang harus dilakukan Kirana? Kirana berada dalam dilema, mana yang harus dia pilih? ayahnya atau Keno? . . Pemesanan buku bisa langsung ke @stiletto_book di no whatsapp 08812731411 . . #bacabuku #reviewkiky #obrolinbuku #UlasBareng #stilettoindiebook #stilettobook #thessalivia #bookstagram #bookstagramfeature #bookreview #bookish #bookphotography #bibliophile
Sebuah kiriman dibagikan oleh Rizky Mirgawati || Indonesia (@rizkymirgawati) pada







"Semua hal yang ada di dunia ini hanya sementara. Seburuk apa pun keadaannya, semua pasti akan berlalu." (h. 110) . Kiran, 16 tahun, dihadapkan pada pernikahan karena usia ayahnya tak lama lagi. Sedangkan dia tak punya saudara lain. Keno, 16 tahun, sayang Kiran tapi apa yang bisa dilakukan remaja abg seusianya? Aji, 26 tahun, jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Kiran dan siap menikahi gadis itu seperti permintaan sang ayah. #novelnikahmuda mengisahkan kehidupan dan kisah mereka dengan tulisan yg rapi dan mengalir. Kegalauan dan kesedihan Kiran karena kondisi sang ayah lalu tentang pernikahan itu terasa dengan baik. Separuh awal pembaca akan menemukan masa SMA Kiran. Sedang separuh akhir pembaca akan mendapati pergulatan batin dan konflik yg harus dihadapi Kiran dalam pernikahan. Novel ini mengangkat perbedaan usia karakter yang banyak, 10 tahun. Juga fakta bahwa Kiran masih anak SMA. Saya sendiri penasaran dengan blurb-nya. Hanya saja selepas membaca saya agak sulit bersimpati dengan Aji dan memahami lelaki itu. Jadinya merasa agak gimana dengan beberapa sikap yg diambilnya. Namun secara keseluruhan novel ini menarik dibaca. Terima kasih kesempatannya kak @thessalivia! Pemesanan buku bisa langsung ke @stiletto_book di no wa 08812731411 ___________ GIVEAWAY *UPDATE* . Selamat untuk @henibacabuku ๐Ÿ’™ sila DM untuk klaim hadiah. Buat yang belum beruntung bisa cek akun @caramelmachiato91 yuk ๐Ÿ˜‰ . #gamissfiore #missfioreview
Sebuah kiriman dibagikan oleh wardah | jogja (@missfioree) pada



Lihat postingan ini di Instagram

[H-4, final review] #igbookreview judul buku : Nikah Muda penulis : Thessalivia penerbit : Stiletto Indie Book jumlah halaman : 255 halaman . . . Selamat sore! Sore ini aku mau lanjutin review novel Nikah Muda ya, dan hari ini hari terakhir. Yuk disimak. __________ Novel ini menceritakan tentang anak SMA, yang punya pacar ganteng, baik, pinter. Kirana punya pacar namanya Keno. Mereka udah serasi banget nih menurutku, dan tentunya mereka bikin aku baper. Tapi, saat Ayah Kiran sakit, aku kecewa karena Kiran akan dijodohkan sama orang yang sama sekali ga dikenalnya, namanya Aji. Kecewa si iya, soalnya gimana ya, mereka udah cocok aja gitu, udah dapet feelnya tapi ternyata Kiran bersama Aji, ga seburuk yang aku kira ya:') Malahan lebih baper? Haha๐Ÿ˜‚ Bahasanya mudah dipahami, alurnya bagus, dan i like it๐Ÿ˜˜ Menceritakan tentang percintaan, keluarga, pengorbanan, keihlasan, dan masih banyak lagi yang akan kalian dapatkan. Dan tentunya kalian wajib baca! Recomended banget untuk yang penasaran dengan novel ini. Rate⭐ : 5/5 __________ Terima kasih kak @caramelmachiato91 @thessalivia @stiletto_book yang sudah memberiku kesempatan untuk membaca dan mereview novel ini❤ . . . #reviewbooks #reviewbook #reviewerbuku #review #bookstagram #bookaddict #bookloves #bookreviewer #nikahmuda #thessalivia #stilettoindiebook #AyoMembaca #SuarakanKebaikanMembaca #gerakanoneweekonebook #oneweekonebook #salamliterasi #novelnikahmuda
Sebuah kiriman dibagikan oleh Bookstagram (@cinthya.reads) pada




Lihat postingan ini di Instagram

Day-4 (final) #IrReviewbook #dailyreview "Suami itu peran yang sulit, dia harus bisa menjadi tulang punggung keluarga. Ayah bukan bicara tentang materi, tetapi tentang tanggung jawab. Seorang suami harus mampu memikirkan jalan keluar setiap permasalahan, karena pada dialah keputusan utama keluarga berada." (Halaman 56) Judul : Nikah Muda Penulis : Thessa Alivia Penerbit : Stilleto Indie Books Tebal Buku : 255 halaman ISBN : 978-902-336-771-5 . Novel ini mengangkat tema tentang menikah muda karena perjodohan tanpa cinta tepatnya dan cukup membuat Kirana bimbang apa yang harus dipilihnya. . Novel ini begitu manis dengan adegan-adegan yang bikin baper, mengalir dan begitu realistis. Yah, walaupun sedikit terkesan terburu-buru untuk menamatkan ceritanya. . Aku sangat menyukai karater Aji yang lumayan sempurna menurutku; pengertian, bertanggungjawab, setia walaupun ia paham Kirana masih tertekan oleh statusnya. Membuatku pengen mempunyai suami seperti Aji kelak hehehe. . Puas banget dan aku suka. . #oneweekonebook #bookreview #reviewbuku #ayomembaca #resensibuku #indonesiamembaca #bookstagram #booklover #novelnikahmuda
Sebuah kiriman dibagikan oleh Indach Rahma (@indachrahma) pada




Lihat postingan ini di Instagram

#NovelNikahMuda - DAY 3 (FINAL REVIEW) #DailyReview Judul : Nikah Muda Penulis : Thessalivia Penerbit : Stiletto Indie Book Tahun : 2018 (Juni) Tebal : 257 hlm ISBN : 978-602-336-711-5 . . Novel ini tidak hanya berfokus pada kisah nikah muda. Di awal cerita ada penjelasan cukup panjang tentang kehidupan Kiran. Kesehariannya, hubungannya dengan Keno, juga proses kedekatannya dengan sang Ayah. Agak lumayan gregetan dengan konfliknya karena Aji bahkan gak segera dimunculkan. Dia baru disebutkan di bab 3 dan muncul di bab 5. Lumayan panjang penantiannya. Pergolakan batin Kiran dimulai saat sang Ayah tak sadarkan diri dan Aji muncul. Laki-laki yang dianggap menyebalkan oleh Kiran meskipun selalu bersikap baik. Tapi bisa dimaklumi sikap Kiran ini sih. Karena di tengah kesedihan akan kondisi ayahnya dan hubungannya dengan Keno, Aji adalah akibat yang harus dia terima. Satu hal yang membuat tidak nyaman adalah cara Aji memulai perasaannya pada Kiran. Meskipun diceritakan Aji jatuh cinta pada pandangan pertama, tapi terkesan terlalu terburu-buru. Dia laki-laki dewasa, dengan lingkungan yang membuatnya menemukan banyak wanita matang, tapi justru menggebu-gebu terhadap Kiran yang masih SMA. Kalau Keno sih tipe idaman para teenage girl ya. Ganteng, baik dan humoris. Suka seenaknya tapi sering romantis. Sikap Keno yang remaja labil ditunjukkan saat Kiran mengatakan tentang perjodohan. Awalnya dia menerima tapi sorenya marah...kan lumayan ngeselin. . . Yeeyy...selesai sudah bahas #NovelNikahMuda-nya. Makasih banyak kepada @thessalivia dan @missfioree untuk kesempatan yang diberikan aku menikmati kisah ini. Sukses terus untuk kalian. . . #HeniBacaBuku #IGBookReview #NovelNikahMuda #Thessalivia #StilettoIndieBook #nikahmuda #novelIndonesia #bookaddict #booklover #bookstagram #romance #romancelover #romanceaddict #bacabuku #sayabaca
Sebuah kiriman dibagikan oleh henis || Pati - Jawa Tengah ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ (@henibacabuku) pada

Itu beberapa dari review orang-orang untuk Novel Nikah Muda. Kalau ingin kepoin review yang lain tinggal cari aja tagar #novelNikahMuda di instagram ya.
Kalau kamu ingin baca masih bisa pesan dengan sistem pre order dengan cara pesannya di sini.
Atau kalau belum beli, kamu juga bisa baca gratis secara legal di aplikasi Perpustakaan Digital Banyuasin (di Ipusnas belum ada). Yuk dukung penulis dengan tidak membaca buku bajakan yaa. Karena akhir-akhir ini aku sering lihat buku aku ini dijual ebooknya murah banget di online. Huhu.. Stop book piracy, and read original




10 comments:

  1. Waw! Semangat terus mba menulis novel2 keren lainnya. Btw, yg review foto'y cakep2 amat ya. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasi yaa mbaa. Doakan suatu saat dapat menelurkan karya lg yaaa..

      Akupun amaze mba, kok bisa mereka foto keren2 banget gitu ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ hehehe..

      Delete
  2. Cinta bukan sekadar keinginan untuk memiliki, tapi juga bagaimana melepaskannya

    Jadi ingat waktu belum nikah dulu, saya pernah jatuh cinta sama cowok lain, dan pacar saya malah nyerahin saya ke cowok itu, ckckckck.

    antara dia cinta dan merelakan sama bukan pejuang sejati memang beda tipis hahahaha *baperrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasihan sekali mbak Rey.๐Ÿคฃ

      Delete
    2. Mungkin dia lg berekperimen mba rey, kalau dilepas trus kembali lagi, berarti itu cinta sejati. Hebehe. Iya ga Mas Agus? ๐Ÿ˜

      Delete
    3. wakaakakkakaakaka, dan lucunya saya udah pernah komen, terlalu baper sampai nggak ngeh dengan novelnya hahahahahahaha

      Delete
  3. Alhamdulillah para pembaca rata rata puas dengan novel nikah muda ya.๐Ÿ˜Š

    Berat juga jadi Kirana ya. Harus menikah muda dengan aji yang sama sekali belum dikenalnya dan harus melepaskan Keno kekasihnya. Tapi apa boleh buat itu keputusan ayahnya.๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, alhamdulillah responnya positif. Bikin pengen nulis lagi sebenarnya ๐Ÿ˜ Tapi apa daya blm ada ide lagi. Hehehe..

      Berat Mas agus, apalagi masih 16tahun ๐Ÿ˜ญ (sengaja bikin cerita yg bikin baper soalnya ๐Ÿ˜…)

      Delete
  4. Satu kata buat dikau mbaaa

    Keren uda nelorin buku

    Daebaaaaak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa makasiii banyaak mba nita ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Delete