Saturday 23 May 2020

Tips Seru Belanja Buku di Pusat Buku Murah Blok M

Ada yang suka belanja buku di Blok M ga?
Saya termasuk yang masih suka secara periodik ke Blok M untuk belanja buku. Pusat Buku Murah Blok M itu berada di lantai basement Blok M Square. Total ada puluhan toko buku dengan koleksi sampai ribuan buku. Buku yang dijual sebagian besar adalah buku-buku lama, tetapi juga ada beberapa buku terbitan baru dan masih segel kok. Kenapa belanja di Blok M? sesuai dengan namanya, buku-buku di sini memang dibandrol lebih murah dibandingkan dengan buku di toko buku besar seperti Gramedia atau Gunung Agung.
Selain harganya, yang membuat saya masih setia ke Blok M adalah banyak buku-buku lama dan sudah tidak ada di pasaran yang saya temukan di sini. Belum lagi buku anaknya murah-murah banget padahal masih segel. Dengan membelanjakan uang seratus ribu, bisa dipastikan saya bisa membawa pulang lebih dari 5 buku.

Pusat Buku Murah Blok M


Ini beberapa tips seru belanja buku di Pusat Buku Murah Blok M menurut saya : 

1. Jangan Malu Bertanya
Pusat Buku Murah blok M itu terdiri dari banyaaak banget toko. Dan biasanya bukunya numpuk ga dipisah per genre seperti kita belanja di toko buku besar. Jadi kalau kamu memang sudah punya buku inceran, lebih baik nanya aja ke pedangangnya langsung "Mas jualan buku KKPK ga?" "Mas punya buku Harry Potter satu set ga?" Kalau dibantu dengan contoh covernya lebih bagus lagi, jadi lebih memudahkan mereka mencari.
Hebatnya lagi, walau buku mereka numpuk kaya ga karuan, tapi mereka bisa inget loh nyimpennya dimana buku yang kamu cari kalau mereka memang punya. hehehe.
Kalau mereka ga punya bukunya, kamu bisa cari di toko lain atau kadang mereka juga suka menawarkan untuk dicarikan ke toko lain. Kalau mereka cariin, itu bisa menghemat waktu kamu saat mencari buku. 

Pusat Buku Murah Blok M
Buku sebanyak ini pasti bikin bingung nyari. Jadi mending langsung nanya aja.

2. Cek kondisi buku
Pusat Buku Murah Blok M itu menjual buku bekas dan baru. Peminat buku bekas ini cukup banyak, terutama untuk buku-buku klasik. Atau series komik-komik lama yang sudah dibundle satu seri. Kalau kamu memang membeli buku bekas, jangan lupa pastikan kondisi buku memang masih layak baca dan tidak ada halaman yang hilang. 

Pusat Buku Murah Blok M
Contoh koleksi buku nonfiksi, kamus Oxford lengkap berjilid-jilid.


3. Jangan lupa untuk menawar dengan wajar
Penjual buku di Blok M ada yang sudah membandrol harga pas untuk bukunya, tetapi juga ada yang harganya baru muncul pas ditanya dan kadang harganya agak suka-suka penjual 😅. Jadi pas penjual bilang harga, jangan lupa sambil browsing harga wajar buku itu sebenarnya berapa. Kalau menurut kamu harganya tidak wajar atau ketinggian, tawar aja. Ingat, tawar dengan wajar yaa... Hitung-hitung kamu membantu pedagang di sana juga. Selain itu, kamu juga bisa minta bonus kalau membeli cukup banyak. Kalau saya sering dikasi bonus buku anak yang kecil-kecil atau buku mewarnai. Lumayan banget kan..

Pusat Buku Murah Blok M
Beberapa buku sudah dibandrol fix price seperti ini

4. Jangan beli buku bajakan
Belanja bukan di toko buku besar memang tidak menjamin buku yang kita dapat itu asli atau tidak. 
Sebenarnya kalau memperhatikan dengan cermat, kita dapat membedakan buku asli dan bajakan dari kuliatas cover, jilid dan kertas. Warna cover cenderung pudar dan tidak mulus licin, jilid ga rapi dan yang paling keliatan adalah kertas seperti kertas buram dengan tulisan seperti foto kopi. 


Pokoknya kalau harga buku (terutama buku baru dan segel, bukan buku bekas) yang ditawarkan jauuuh banget lebih murah dari harga di pasaran, kamu perlu curigai itu buku repro atau buku bajakan. Dan jujur saya beberapa kali menemukan buku bajakan di Blok M. Itulah makanya saya jarang membeli novel baru yang segel di Blok M. Saya lebih senang berburu buku lama yang sudah tidak ada dipasaran. Atau buku anak, termasuk buku aktivitas anak. Karena buku anak full color gitu nyaris ga ada bajakannya kan...

Pusat Buku Murah Blok M termasuk salah satu surga buku anak diskonan

5. Bawa uang cash yang cukup
Sebagian besar pedagang di sini hanya menerima uang cash ya. Jadi jarang yang bisa gesek gesek kartu. Kalau kamu mau belanja dengan tenang tanpa harus bolak balik ke ATM, sebelum belanja sediakan uang cash yang cukup dulu ya. ATM di Blok M Square ada banyak dan mudah diakses kok. 

6. Jangan tergesa-gesa membeli
Kalau kamu udah biasa belanja di pasar, pasti tau donk tips ini. Tanya harga dulu, cek ricek kondisi buku, kalau belum sreg, ga usah langsung beli. Cek dulu toko sebelahnya, dan sebelahnya lagi. Siapa tau kamu bisa mendapatkan best deal lain. Kalau tidak ada, kamu tinggal kembali ke toko awal deh. 

7. Minta kontak penjual apabila diperlukan
Kalau kamu punya buku yang ingin dicarikan, jangan lupa minta kontak penjualnya. Jadi begitu buku yang kamu pengen udah ready, kamu bisa minta dikabarin.. 

Sekian beberapa tips belanja asik di Pusat Buku Murah Blok M versi saya. Jadi gimana, setelah pandemi ini berlalu kamu berminat main ke Blok M ga? 

Pusat Buku Murah Blok M Square



35 comments:

  1. Mba Ica, ini tuh yang dulu ada di bawah terminal Blok M bukan si? Duluuu pas SMA aku suka main ke toko buku bawah stasiun, koleksinya gilaaak bagus bagus banget! Buku impor aneh-anehnya banyak, seru seru, dan boleh numpang baca apalagi dulu kan anak SMA gak punya duit buat beli hahaha. Penasaran jadi pengen ke sana deh, entar abis pandemi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, di bawah terminal Blok M, di Blok M Square.
      Udah ada dr lamaa yaa ternyata. Ca baru kesana pas kerja ini sih. Hehhehe.
      Iya banget, buku lama n buku impornya wow. Jadi berasa nemu harta karun kalau kesana.
      Semoga pandemi ini segera berlalu yaa, jd bisa jalan ke sini lg (plus menjelajah dunia kalau Justin 😁)

      Delete
  2. Oh ternyata sekarang buku ramainya di blok M ya mbak. Kalo aku biasanya belanja buku atau novel itu di Senen dekat terminal. Disitu juga lebih murah daripada Gramedia, cuma memang sekarang makin sedikit yang jualan buku.😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di Senen ya. Kayaknya setipe sama Bursa Buku Murah Blok M ini juga. Tapi aku belum pernah kesana, soalnya jauh dr rumah.
      Kalau blok M itu tengah2 antara kantor dan rumah. Jada kadang pulang kantor suka mampir ke situ dulu klo lg ada buku yg dicari, atau klo lg pengen liat2 buku 😁

      Delete
    2. Iya, dekat terminal Senen sebelah kanan. Aku langganan komik dan novel disitu sejak zaman presiden Gus Dur.

      Selain komik dan novel, banyak juga buku kuliah yang dijual disitu, komplit bukunya.

      Tapi terakhir aku kesana 2018 sudah sepi, hanya beberapa toko saja yang masih buka.😔

      Delete
    3. Ternyata sejak tahun 2019 udah pindah ke Pasar Kenari yg dari Senen Mas Agus. Tempatnya lebih nyaman yg di Pasar Kenari, tapi kayanya masih sepi.. Ga tau karena minat orang buat buku semakin kurang, atau pada belum tau kalau udah pindah 😁

      Delete
    4. pasar kenari itu dmn ya kak?? saya mau beli novel Amba cover lama blm dpt jg :((

      Delete
  3. Saya di masa dulu mungkin akan sangat mencintai tempat seperti ini, eh tapi sekarang udah banyak sih novel-novel yang diobral murah, meski nggak tiap hari.

    kayak di Gramedia, kadang di Surabaya setiap 3 bulan sekali diadakan cuci gudang dan novel bagus-bagus tuh harganya cuman belasan ribu hahaha.

    Belom lagi BBW, alhasil nih di samping meja laptop saya masih ada beberapa buku yang masih terbungkus plastik hahahaha *kabooorrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada ngga dibaca, mendingan novelnya buat aku saja mbak Rey.:D

      Delete
    2. Bener banget mba rey, sekarang banyak banget sebenrnya akses buat beli buku murah.
      Cuci gudang gramedia, sama out of the box nya Mizan. Itu event penerbit yg paling aku suka soalnya diskonnya gila2an. Bbw buat beli buku2 impor n buku aktivitas anak kalau aku.

      Tooss, banyak buku plastikan yg blm dibaca. Itung2 buat amunisi selama Wfh klo akunsig alesannya (padahal ga Wfh jg banyak numpuk buku 🤣). Mau mas agus? #nanyaDoank 😁

      Delete
    3. Kalo bukunya novel nikah muda mau mbak, tapi gratis.😅

      Delete
  4. Wahhh aku juga sering banget beli buku bila sedang perlu buku yang sangat langka di toko toko, dan biasanya di tempat seperti ini banyak banget bahkan harganya murah.. Tapi memang kalau dari segi kualitas berbeda dengan ada yang di toko pada umumnya, tapi kan yang terpenting isinya heheh ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, banyak buku langka disni. Berasa nemu harta karun rasanya klo udah ketemu. Hehehe. Terkahir aku pernah beli buku terbitan hampir 20th yg lalu dan kondisi bukunya masih sangat bagus 😁

      Delete
  5. saya suka baca buku tpi yidak semua.. tergantung buku nya tentang apa.. saya suka tentang musik.. btw harga novel nya murah ya..


    yuk mbak mari berteman dan salin follow :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku juga suka buku tp ga semua genre juga 😁
      Murah2 banget emank. Hehehhe. Makanya blok M salah satu tempat belanja favorit. Hehehe.

      Delete
  6. Wuih di Bali saya nggak tau ada di mana pusat buku-buku seperti Blok M, taunya hanya Gramedia :)) alhasil sekarang lebih banyak cari online kalau sedang ingin buku sebab lebih banyak pilihannya. Terus jadi ingat salah satu toko buku online langganan ternyata lokasinya di Jaksel, mungkin bagian dari toko buku blok M juga :D ehehehehe.

    Surga banget ya mba Thessa bisa hunting buku langsung ke pusatnya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Online emank segala ada yaa mba eno, aku juga apa2 suka nyarinya online. Klo beruntung bisa dapet harga murah2 banget juga pas online. Tp buat aku, ga ada yg ngalahin rasa pas muter2 ditempat yg banyak banget kaya tokbuk 😁

      Delete
  7. Aku doooong hihi

    Bahkan aku pernah nulis toko-toko di blok m square yang ada di lantai basement sampai 2 kali saking seringnya aku ke sana,
    Penjualnya pun beberapa ada yang uda apal sama aku dan tiap aku ke sana mereka langsung cariin apa-apa aja yang aku cari hehe

    Ah kangen pengen nge blok m lagi, pas masih belom nikah aku sering tuh weekend nglayap sendirian ke sana, cuma buat jalan2 penyegaran mata liat buku2 jadul dan komik2 marebuan hihi
    Koleksi komik lawas dan buku2 ku juga banyak yang beli di blok m

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mba Nita itu di Jakarta ya? Tau ga, selama ini aku ngira Mba Nita di Jawa tengah loh, karena sering posting kulineran sekitar Jogja dan Solo 😁😁

      Trus aku kepo donk sama tulisan Mba Nita tentang Blok M dan barusan aku udah baca dua2nya. Liat foto2 blok M di postingan Mba Nita bikin aku makin kangen belanja di Blok M 😆😆

      Toss Mba, liat2 buku jadul di sana berasa harta karun banget yaa 😍

      Delete
  8. Oh, tempat di blok M square ini apakah kumpulan pedagang buku pindahan yang dulu banyak di stasiun Senen dan pasar Jatinegara ya, kak ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah katanya yg di Senen dan Kwitang itu pada pindahnya ke Pasar Kenari mas. Itu pusat buku bekas mirip blok M jg, malah lebih nyaman kalau liat2 reviewnya.
      Kalau yg Jatinegara aku malah ga ngeh, udah ga ada ya?
      Tapi pedagang di Blok M sih katanya beberapa memang sebelumnya ada juga yg sebelumnya jualan dr tempat lain kaya Kwitang gt mas.

      Delete
  9. Ohmaigat, seandainya disini ada toko2 seperti itu 🙀 🥰 di gramed aja bisa gak pulang-pulang apalagi kalo harus di suguhi buku sebanyak itu dengan harga murah, jadi pengen nangis kenapa ya gak ada yang seperti itu disini 😂

    Sebenernya dulu ada sih disini, tapi yang dijual kebanyakan buku-buku pelajaran atau non fiksi ada yg bekas dan ada juga yang baru, paling banter, majalah bekas yang bisa dibeli, lumayan buat bacaan di waktu senggang.

    Tapi tempat itu akhirnya kena gusur juga, trus hilang gak tau kemana pindahnya, belakangan akhirnya muncul lagi di deket situ, tp buku2 dan penjualnya hanya sedikit, apalagi pengunjungnya.

    Doain semoga suatu saat saya bisa hunting2 kesana, tapi gak tau kapan bisanya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di Sumut ga ada ya Mba? Mungkin karena peminatnya ga banyak kali yaa. Blok M aja yg menurutku isinya bagus banget gt juga sepi kok mba. Tapi kadang aku sering banget liat mereka bungkus2in buku buat dikirim, mungkin beberapa jualan online juga mereka.

      Semoga suatu saat bisa mengunjungi blok M dan hunting buku di sana sampe puas ya Mba Rini 😁

      Delete
  10. Baca kata " Belanja buku " saya jadi ingat waktu dahulu, sebab saya suka belanja buku second di emperan kaki lima. Buku favorite saya dahulu adalah buku yang bertemakan pengetahuan, tapi kok sekarang ditempat saya sudah jarang ditemukan penjual buku di emperan kaki lima.Entalah apa penyebabnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren Kang Nata baca pengetahuan. Sedangkan aku masih berkutat seputar buku fiksi 😁
      Mungkin pedagang kaki lima banyak yg udah ditertibkan Kang Nata. Deket kantorku kadang ada pedagang buku kaki lima di jembatan busway. Tapi kalau ada satpol PP mereka ngumpet 😆 Lucu liatnya pada kucing2an gitu. Hehehe..

      Delete
  11. Waaaa, aku belum pernah ke sana. Surga banget ya kayanya. Aku suka banget baca buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toos kak, sama aku juga suka banget baca 😁

      Delete
  12. Wah, aku baru tahu ada tempat seperti ini di Blok M. Racun sekaliii tapi sayangnya jauh dari rumahku tinggal, aku tinggal daerah Bekasi soalnya :')

    Tapi mungkin suatu hari nanti bisa main-main ke sana. Harus siap-siap uang nih kalau mau ke sana karena kayaknya bisa borong banyak juga 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga jauh2 banget kok itu Mba, masih Jabodetabek ini. Hehehe.. ntr kapan2 main deh Bursa Buku Murah Blok M ini, dijamin kalap deh. Aku biasanya klo ke sini suka nargetin paling lama 1jam atau molor2 jd 1,5jam. Soalnya klo ga gitu bisa2 aku ga pulang2 sampe Blok M nya tutup 🤣

      Delete
  13. Iya kapan-kapan kalau main ke daerah sana, pingin deh main ke bursa buku murah ini dan sepertinya harus kasih target durasi juga, kalau nggak gitu, aku juga bisa bernasib sama dengan Kak Thessa 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ketinggalan, apa kakak suka open jastip kalau lagi ke sini?

      Delete
    2. Aku hampir ga pernah buka jastip Lia klo ke sana. Maklum klo mau ke sana harus curi2 waktu 😅 di rumah ditungguin anak2, jd emaknya ga bisa lama2. Hehehe.. abis kalau ajak anak, malah ga puas liat2 bukunya, yg ada sibuk ngejar2 anak 😆

      Delete
    3. Hihi soalnya aku kepo di sana jual buku apa aja 😂
      Pasti itu, bisa kebayang gimana riwehnya kalau bawa anak ke tempat kayak gitu, nggak konsen nyari buku huahahaha

      Delete
  14. Blok M sbnrnya agak jauh dari rumahku, makanya jaraaaang kesana. Tp sejak pak suami pindah kerja, dan kantornya di sentraya, aku prnh mampir ke sana cari buku. Tapi aku agak kecewa pas Nemu buku2 bajakan banyak banget mba :( . Sejak itu jd males. Mungkin ga semua pedagang yaaa jual bajakan. Tp Krn aku ngeliat ada banyak, lgs hilang mood untuk eksplor yg lain. Jujurnya aku LBH suka beli buku bekas tp asli, drpd bajakan walo terlihat baru ..

    Skr ini, aku paling sering beli buku bekas Ama langgananku, tp agak jauh di Banyuwangi hahahaha. Cuma koleksi dia bagus2 dan lengkap :D. Jadi aku bela2in kalo kangen buku, pasti nyari dari dia dulu :D. Tetep sih aku LBH suka baca buku fisik drpd e-book. Mata udah terlalu minus soalnya, capek kalo baca dari layar gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang di blok M kalau beli buku baru harus hati2 mba, banyak bajakan. Huhu.. Aku kalau kesana biasanya hunting buku impor bekas. Atau buku aktifitas anak. Kalau itu biasanya ga bajakan.. hehehe..

      Mbaa mau donk dibisikin nama sellernya yg di Banyuwangi 😁 Klo baca skrng aku udah mulai suka juga ebook, ga hanya hardbook. Tp biasanya abis baca ebook misal di Ipusnas, kalau bagus aku tetep beli bukunya. Jd aja banyak buku masih segel nangkring di rak buku karena aku udah baca ebooknya 😁

      Delete