Tuesday, 12 July 2022

Review 'RD Light' : Rekomendasi Novel Mengharukan Berlatar Jepang

Kematian tidak bakal salah alamat. Aku memercayainya seperti aku mengimani bahwa kesialan juga tidak bakal salah pintu. -page 193


Review novel kali ini saya akan membahas buku RD Light karya Ruth Pricilia Angelina. Saya baru saja beres baca buku ini, dan bingung menggambarkan buku ini seperti apaπŸ˜†. Bahasanya indah, ceritanya kaya, pendalaman karakternya oke punya. Selain itu, buat cerita lokal yang menggambil mayoritas setting luar negri (Jepang),  gambaran tempatnya juga bagus dan terasa nyata. 
Buku ini bahkan membuat saya berpikir, ternyata menulis narasi panjang lebar tidak selamanya menjadikan cerita jadi membosankan kok. Ternyata tidak harus selalu memasukkan dialog agar membuat cerita lebih page turner. Karena 400an halaman novel ini bisa saya bereskan cukup cepat. Usut punya usut, ternyata penulisnya Ruth Pricilia Angelina selain penulis ternyata adalah editor berpengalaman. Pantes aja tulisannya cakep bangeet 😍

The Story

Sebelum membahas lebih jauh pendapat saya tentang buku ini, saya mau cerita sedikit tentang alurnya. Buku ini bercerita dengan POV pertama dan dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama dengan POV Rika Wiyasa. Bagian kedua beralih ke POV salah satu anggota RD Light, Shigeru Arai, sang vokalis, dan POV ketiga beralih ke adik Rika, Riko Wiyasa. 

Baca di Gramedia Digital

Blurb 
Ditawari menjadi stylist pribadi dan asisten manager RD LIGHT, grup band rock Jepang dengan popularitas mancanegara, terasa bagai kisah penyelamatan untuk Rika Wiyasa. Namun, ceritanya bersama empat personel kemudian berubah menjadi skandal dan roller coaster emosi penuh sinyal berbahaya.
Melibatkan jadwal tampil yang padat serta lagu-lagu top chart yang dituntut terus dilahirkan, Rika mulai terseret-seret ke dalam masa lalu yang belum selesai. Rahasia-rahasia menampakkan diri. Ulang tahun yang tidak dirayakan, kematian personel kelimat, dan kebenaran kasus dua puluh tahun lalu. Di samping itu semua, Rika masih berurusan dengan mimpi buruknya sendiri. 
Shigeru Arai, Isao Fukuda, Ryou Uchida, Kazue Inoue. RD LIGHT. Mereka dulu berlima, lalu jadi berempat, dan kini kembali berlima bersama Rika Wiyasa. Mereka bersinggungan, saling terlibat, sesekali berkonflik. Perasaan-perasaan lain mulai tumbuh subur. Profesionalitas, persahabatan, kepercayaan, kerinduan, dan cinta. Tak ada yang menyangka suatu hari nanti perasaan mereka akan menuntut harga yang sangat mahal.

Rika, seorang wanita muda yatim piatu yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi asisten manager band terkenal di Jepang bernama RD Light. Rika yang sering merasa hidupnya tidak bahagia, akhirnya menemukan kebahagiaan saat pindah dari Jakarta ke Jepang untuk tinggal bersama RD Light.

Bagian awal novel RD Light ini tuh vibe ceritanya seperti fans-idol love trope. Orang biasa yang berjodoh dengan artis terkenal. Familiar banget kan sama cerita tipe seperti ini? 😁 Tapi jangan salah, ternyata ada yang terjadi jauh lebih rumit dari itu. Cerita bergulir mengupas masa lalu Rika dan personil RD Light, dengan masa lalu mereka yang penuh dengan trauma dan rahasia.

The character

Salah satu yang membuat saya kagum dengan tulisan Ruth Pricilia Angelina pada buku RD Light ini adalah karakternya yang kuat. Penulis ga ragu-ragu mengupas masa lalu tokohnya, diceritakan cukup detail tanpa membuat kita yang membaca overwhelming. Kenapa Rika tumbuh menjadi orang yang harus selalu kuat, kenapa Shigeru sang vokalis begitu skeptis dan sangat tertutup, kenapa Isoa walaupun awalnnya jutek teranyata bisa semenyenangkan itu, dan berbagai karatker lainnya. 

Hubungan antar karakternya juga bagus. Misalnya gimana hangatnya hubungan Rika dengan her little brother, Riko. Belum lagi hubungan love hate realtionship Rika dengan anggota RD Light, terutama Shigeru. 

Berkat? Kata berkat alergi dekat-dekat denganku. Berkat bagiku serupa dengan April Fools yang berlangsung sepanjang tahun. - Rika Wiyasa

The Setting

Mengambil lokasi di Jepang dan latar pekerjaan yang menurut saya bukan jalur aman penulis, yaitu dunia idol. Seberapa detail sih orang umum cukup familiar dengan hidup kehidupan para artis? Apalagi artis luar negeri. Luar biasanya, penulis sukses menghidupkan setting itu melalui cerita buku ini, seperti jadwal padat para artis, konser, pemotretan, meeting dengan manager dan relasi, pembuatan video klip dan berbagai hal lainnya. 

Yang agak menganggu buat saya adalah pada buku ini terlalu banyak hal yang bersifat kebetulan yang terasa tiba-tiba πŸ˜†. Pada awalnya aja Rika tiba-tiba ditawarin untuk mengangani RD Light saat mereka di Jakarta (yang menjadi pertamuan awal Rika dengan RD Light). Untuk awalnya menurut saya masih acceptable ya, tapi kemudian masih ada aja hal yang bersifat tiba-tiba. Kayak awalnya ga pernah disinggung-singgung tentang Rika pernah punya pacar di Jepang, tau-tau udah sepertiga lebih buku  muncul mantan Rika dan ngaruh banget sama plotnya. Contoh lebih lengkap lainnya kurang lebih kaya gini: 

Silahkan klik tombol di bawah, aku umpetin soalnya agak spoiler.



The Ending

Baca awal buku ini bawaannya senyum-senyum. Siapa sih yang ga greget baca cewek biasa tiba-tiba diperlakukan spesial sama artis ganteng. Hehhehe.. Ga cuma satu lagi, tapi empat cowok ganteng sekaligus 😍. Kayak to good to be true gitu loh cerita awal-awalnya. Hahahha.. Saya sih seneng-senang aja baca cerita kaya gini, lumayan bisa jadi ikut senyum-senyum sendiriπŸ˜†. Tapi sayangnya makin ke belakang ceritanya makin suram. Dan endingnya jujur memabuat saya berkaca-kaca. Wuaaa, Kak Ruth..... How could you do this to me! 😭😭

The rating

Jadi, overall aku kasi rating buku ini 4 bintang. Aku rekomendasikan buku ini buat kamu yang mencari metropop dengan setting yang berbeda, atau buat kamu yang mengidolakan fans-idol love trope, atau yang menyukai segala sesuatu berlatar Jepang.


RD Light Vengeance
Penulis : Ruth Pricilia Angelina
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
432 halaman
Terbit Desember 2021
ISBN : 9786020657370

10 comments:

  1. Aku udah pernah baca review buku ini di blogger lain dan beneran emang tidak sesuai imajinasiku banget! Aku kira ini kayak buku romance rebutan 1 cewek diantara banyak cowok gitu Mbaaa dan ternyata tuh bukan, apalagi kisahnya jauh lebih kelam ternyata..... dan aku baru ngeh kalo penulisnya tuh yang juga nulis Tokyo dan Perayaan Kesedihan! Itu buku yang aku suka bangettt sampe dapet bintang 5 πŸ˜† kayaknya ini aku juga harus segera baca deh karena dari penulis yang sama. Makasih reviewnya Mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku malah baru perdana baca tulisan Kak Ruth ini mba, dan sebagus itu emang.. Iyaa, kelam sih menurutku. Bahkan bagian awal yg cerita pun tetep kerasa vibe suram gitu. Karena karakter utamanya bukan tipe cewek ceria gt juga. Hehehhe.. Menurutku Mba Tika bakal cocok baca ini, apalagi udah pernah baca tulisan Kak Ruth sebelumnya. Dan ini buku Kak Ruth yg aku liat rating di Goodreadsnya paling tinggi juga mba. Cus langsng baca di Gramedia Digital Mba ^^

      Delete
  2. Aaa aku belum pernah baca buku Kak Ruth, tapi udah sering lihat buku-buku beliau bersliweran dari mulai Tokyo dan Perayaan Kesedihan (ini covenya manis banget! Aku pikir novel orang Jepang wk), Forever Monday sama yang RD Light ini, semuanya bikin aku penasarannnn! 😍. Kalau buku hasil editan beliau, kayaknya aku pernah baca salah satunya hahaha.
    Kayaknya aku mau coba baca karya beliau deh karena jadi penasaran setelah baca ulasan Kak Thessa ini wkwk. Kak, coba baca Forever Monday kalau mauuu, katanya ini juga bagusss tapi agak sedih πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan buku ini pun pas baru keluar juga aku mikirnya ini buku terjemahan Li πŸ˜†πŸ˜† Sepertinya buku2 Kak Ruth memang terkenal suram dan sedih deh. Ini pun begitu. Awqlnya sih hapoy, lama2 kok malah makin suram πŸ˜†πŸ˜†. Baca deh Lu, mudah2an cocik yaa sama buku2nya Kak Ruth. Aku soalnya juga berencana mau hunting buku2 dia yg lain..

      Delete
    2. Kak, aku cari di GD udah ga ada buku ini :( jadi aku coba baca buku lain yang Tokyo&Perayaan Kesedihan, itu muram banget πŸ˜‚ tapi aku suka sih gaya penulisannya, enakk bacanya.

      Delete
    3. Eh udah ga ada yaa?aku kmren baca awal bulan. Dan pas pertengahan bulan aku upload di ig, memang sempet ada yg komen skrng udah ga ada lg di GD. Ternyata bener yaaa πŸ˜† wuaa, untung aku kmren sempet baca brarti ya. Hehehhe.. Judulnya aja ada perayaan kesedihannya, pantesan muram yaaa, Li 😒

      Delete
  3. mbak thessa, apa kabarnya ??'', tari penasaran lho mbak sama novelnya karena ceritanya sedikit membuat hati meronta ingin menanggis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Mba Tari 😊 Iya nih, ending bukunya lumayan bikin sedih soalnya. Huhu..

      Delete
  4. Sepertinya ini buku ceritanya bakalan berakhir tragis dan menyedihkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat banget tebakannya, Mas Herman πŸ˜†πŸ˜† Sediiiiih akhirnya. Huhuhu..

      Delete