Saturday 10 July 2021

Menulis untuk Bahagia, dan Manfaat Menulis Novel lainnya

Pada postingan terdahulu, sempat saya mengatakan bahwa 'setelah pandemi ini berakhir, ketika melihat ke belakang saya ga mau menyesali waktu luang yang dimiliki terbuang percuma tanpa menghasilkan atau belajar apa-apa'. Soalnya selama WFH, saya jadi memiliki waktu lebih yang semula harus menghabiskan hampir 2 jam di jalan setiap harinya untuk dialihkan melakukan hal lain. Lumayan kan...

Saya pikir-pikir, dengan bakat saya yang ala kadarnya ini, paling apa yaa karya bisa dibikin 😅 Trus, saya jadi teringat cita-cita sejak kecil untuk menjadi penulis. Nah, kenapa saya ga realisasikan saja selama pandemi ini, kan? Itu lah yang membuat saya wkatu itu bersemangat untuk mulai kembali menulis novel.

Awalnya saya berhasil menyelesaikan satu draft novel untuk diikutkan lomba TWS 2020, kemudian satu lagi untuk ikut Author Rising Katadepan 2020. Memang dua-duanya tidak berhasil masuk sebagai pemenang, tapi lomba-lomba itu saya jadikan motivasi deadline menyelesaikan naskah. Setelah naskah selesai, berbulan-bulan kemudian saya masih sibuk mengedit, baik swasunting maupun memperbaiki sesuai dengan masukan dari editor.

Baca juga cerita tentang naskah yang saya tulis di postingan : Jadi Jawabannya Adalah 

Tidak terasa, hampir setahun saya mulai membiasakan diri menulis novel. Ketika tidak bisa WFH, saya bahkan menulis di perjalanan pulang dan berangkat kantor dengan HP. Saya juga nulis sambil tiduran saat anak-anak udah pada tidur (maklum emak-emak, gerak dikit aja anaknya malah ikut bangun 😅) dan weekend sambil menenamin anak-anak main. Dan tanpa saya sadari, menulis novel menjadi kebiasaan buat saya. Bahkan saat editing sudah mulai masuk ke editor dan tidak ada yang bisa saya tulis lagi dengan naskah lama, saya mulai memikirkan ide-ide lain untuk ditulis. 

Beruntungnya, ada lomba TWS 2021 yang bisa menjadi target saya untuk kembali membereskan naskah. Sekali lagi, saya ikut lomba mah bukan ngejar menang. Hehehe.. Tapi kalau ga ada lomba, saya susah masang target beresin naskah. 😁 Jadi doakan naskahnya beres sebelum deadline akhir bulan ini yaa...

Baca juga naskah saya di TWS 2021 : Adamina dan Akamu

Kebiasaan baru ini, tanpa saya sadari ternyata memberikan efek-efek positif. Efek ini sejak awal tidak sempat terpikirkan, bahkan tidak saya sadari. Karena awalnya menulis buat saya hanya sebatas menulis. Tanpa memikirkan efek-efek lainnya. Apa saja? 

Berikut adalah manfaat yang tanpa sadari saya peroleh dalam menulis novel: 

1. Menjauhkan diri dari pikiran negatif

Pandemi Covid-19 sedang parah-parahnya. Saya udah dua tahun ga mudik. Temen-temen deket saya juga udah banyak yang kena coivd, bahkan kemarin adik ipar saya juga sempat kena sekeluarga. Beberapa kali saya bahkan kehilangan teman, atau relasi di kantor. Rasanya? Ga bisa digambarkan. Kalau diturutin, bahkan bisa bikin saya murung, overthinking dan paranoid. Huhuhu...

Menulis draft novel sangat membantu saya untuk ga berlarut-larut memikirkan pandemi yang ga ketauan ujungnya ini. Kepala saya sibuk memikirkan, abis ini tokohnya ngapain ya? Eh, klo kayak gini, bakal logis ga ya? Mending riset lagi deh biar lebih meyakinkan, dan hal-hal sejenis lainnya. Dengan sibuk memikirkan itu, otomatis pikiran-pikiran negatif yang ada sebelumnya makin terdorong ke belakang. Alhamdulillah. 

Jadi, saya akan terus menulis, bukan sebatas untuk menghasilkan karya, tapi karena saya butuh menulis. 💖💖 

2. Mengurangi waktu sosial media

Harap digaris bawahi, saya tidak menganggap sosial media adalah hal yang buruk ya. Bahkan saya juga awalnya tidak berniat untuk mengurangi waktu bersosmed. Ini terjadi begitu saja saat saya banyak menulis. Waktu luang yang sebelumnya sering saya gunakan untuk scrolling sosmed, berubah menjadi  sibuk mengedit tulisan, membaca ulang tulisan, atau searching untuk riset bahan tulisan. 

Tanpa disadari, waktu sosmed saya jadi jauh lebih berkurang. Tadinya saya tidak mau detox sosmed karena takut ketinggalan info2 sekitar melalui update-an orang-orang. Namun, ternyata saya baik-baik saja loh tanpa tau update dari orang-orang 😍. Malah ada perasaan nyaman, seolah jadi berada di tempat tenang tanpa hiruk pikuk berbagai update. Pantas saja orang-orang sampai ada yang melakukan detox sosmed yaa...  

3. Belajar hal baru

Ini mungkin terdengar klise, namanya melakukan sesuatu yang baru ya pasti belajar hal baru ya. Hehehe.. 😁 Tapi saat kita menyukai sesuatu, kita akan berusaha menggali lebih banyak lagi. Saya bahkan ga sadar selama pandemi ini saya udah banyak ikut kelas kepenulisan. Mulai dari editor-editor terkenal, para penulis, atau sebatas dengerin ig live para penulis dan review buku. Beruntungnya sharing-sharing seperti ini selama masa pandemi tersedia banyak banget di online.  

Saat saya di jalan pulang dan berangkat kantor, dan terlalu capek untuk menulis, saya akan dengerin ig video sharing-sharing kepenulisan. Dan semakin saya belajar, semakin saya merasa ilmu saya itu ga seberapa.  Kalau saya memang mau menulis, saya harus belajar cara menulis itu sendiri. 

Selain materi kepenulisan, saya juga jadi banyak belajar hal-hal lain. Misal saat saya mengangkat tokoh yang berlatar belakang perusahan farmasi di naskah If I Met You First, saya jadi harus nanya-nanya ini itu ke temen yang kerja di sana. Atau saat naskah Adamina dan Akamu ini yang mengangkat brain disorder tertentu, saya bahkan mencari tahu banyak tentang penyakit ini. 

Buat teman-teman yang lain, pesan saya, jangan pernah berhenti belajar. Banyak ilmu menarik di luar sana, kita tinggal cari yang sesuai dengan passion kita. 

4. Menambah kenalan baru

Sudah hal yang lumrah kalau kita pasti senang apabila bertemu orang sefrekuensi dan sehobi. Sama halnya dengan menemukan teman-teman blogger di sini saat saya menulis blog. Rasanya seperti menemukan berlian di tengah lautan 😍😍. Lia, Mba Fanny, Mba Eno, Mba Jane, Mba Tika, Mba Reka, Mba Rey, Mbul, Mba Ghina, Mba Wening, Mba Ira, Mba Eya, Mba Endah, Mba Ainun, Mba Dini, Mas Agus, Mas Rahul, Mas Bayu, Mas Satria, Mas Dodo, Mas Rivai, Mas Himawant, Mas Edot, Mas Herman, Mas Cipu dan banyaaak lagi yang saya ga bisa sebutkan satu-satu.  

Dengan menulis novel, saya jadi kenal orang yang sebelumnya tidak saya bayangkan sebelumnya. 

Para editor kece, penulis-penulis yang telah menerbitkan banyak buku, atau kenalan yang masih hijau seperti saya. Anak kemaren sore di dunia tulisan dan masih berjuang untuk menyelesaikan naskahnya. Bersama mereka, saya bisa bercerita, meminta pendapat, bahkan meminta pompaan semangat. Dari mereka saya banyak belajar dan mendapat insight2 baru. Thanks so much, you guys!

5. Menulis untuk bahagia

Semua manfaat di atas, berujung pada satu hilir, BAHAGIA. Pernah dengar istilah, happiness is homade? Kebahagiaan itu kita yang bikin, dan saya menemukannya dengan menulis. 

Happiness is Homade

Kebahagiaan kecil seperti berhasil publish satu bab baru di GWP, atau tiba-tiba saya di-WA seseorang yang membaca naskah saya untuk memberikan masukan. Seseorang itu juga bukan kaleng-kaleng, penulis yang karyanya udah banyak, bahkan saya awalnya ga nyangka dia akan bisa meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya. Atau simple happiness saat saya dan suami have pillow talk about our senior prom, karena di naskah saya ada satu bab tentang prom. Atau kebahagiaan saat editor saya email kaya gini: 

Setelah bolak-balik editing beberapa kali, nashkah 40 Hari Menjadi Ibu alhamdulillah udah beres editing sama editor GPU. Sekarang udah mulai proofreader sambil nyiapin cover. Wuaa, so excited 😆😆! 

Jadi, apa inti tulisan ini sebenarnya? Hehhehe.. Sebenernya ini hanya sebatas sharing aja agar teman-teman bisa menemukan hal yang bisa bikin bahagia. Di tengah pandemi gini, kita harus ningkatin imun. Ga hanya dengan vitamin, tapi juga dengan perasaan bahagia. 😊 

Oiya, giveaway Diary Teacher Keder masih berlangsung ya, buruan dapetin buku gratisnya di postingan ini 

Kalau saya menemukan kebahagiaan dengan menulis, bagaimana dengan kamu? Share dong hal-hal yang bikin kamu bahagia akhir-akhir ini...



32 comments:

  1. Waaaa novel Mba Thessa yang di GPU udah sampe tahap pilih cover! Keren banget Mbaaa 😍
    Btw Mba, gara-gara Mba suka bahas tentang nulis novel aku juga beberapa kali baca lagi naskah-naskah yang pernah aku buat dan pengen nyelesain, meskipun ujung-ujungnya emang mandek sih hahaha tapi pengen bilang makasih karena dari cerita Mba Thessa kayaknya mimpi jadi penulis tuh emang bukan mimpi doang tapi bisa diwujudin 🥰 ya meskipun emang masih lambat banget sih hahaha

    untuk sekarang mungkin happiness aku masih di baca sih, setelah beberapa tahun (re: pas kuliah) waktu buat baca sekedar novel tuh susah banget akhirnya baru bisa bales dendam sekarang. Tapi emang sekedar nulis di blog dengan niat buat share aja tuh udah bikin seneng diri sendiri sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, udah mulai dimintain masukan buat cover, buat bahan mereka diskusi sama ilustratornya. Wuaa, aku deg2an tau mba nungguin prosesnya >.< Hehehe...

      Mba Tikaaaa, aku terharu bgd bacanyaa. Seneng bgd tujuan aku nulis buat bs bikin orng2 percaya sama mimpinya bisa terdeliver. Ayo Mba Tika, kita jangan pernah berhenti bermimpi. Semoga suatu saat dibukakan jalan untuk mewujudkannya kan... Mba Tika kan banyak baca, tulisan di blognya pun enak dibaca, aku yakin tulisan2 cerita mba tika bagus2. Semangaat!!

      Jd balas dendam pas kuliah ya mba. Hehehe.. Klo aku malah pas kuliah yg bisa baca banyak mba. Krna mungkin kebetulan punya temen yg suka bgd baca juga. Klo skrng circle sekeliling aku ga banyak yg maniak, malah pernah dikoemenin ga enak 'udah punya anak, masih sempet baca aja' >.< Tp aku beruntung keluarga ttp support hobi baca aku, dan aku ketemu banyak temen2 sehobi ini online, salah satunya mba tikaa.. Hehehe..^^

      Delete
  2. Kak Thessa, lewat tulisan Kakak ini, terasa banget bahwa Kakak suka sekali dengan menulis 😍 wahhh, aura positif dan produktifnya berasa banget! Salut sama Kakak karena jadi bisa punya habit menulis dimana aja dan kapan aja 😍 keren!! Semoga dilancarkan segalanya ya Kak untuk proses penerbitan buku-buku Kakak 😁. Lalu, kapan cerita yang di GWP bakal dilanjutkan? 🤪 *Udah kayak rentenir nih nagih2*

    Anyway, happiness aku sekarang juga sama kayak Kak Tika di atas yaitu baca buku sama kadang sih nonton film 🤭 soalnya lewat dua hal ini, aku bisa pergi melihat dunia yang lebih luas meskipun tubuhku lagi rebahan di kasur 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liaa, kerasa yaa ternyataa betapa aku suka bgd sama nulis di tulisan ini ya? Aku juga kaget sendiri pas sadar, kok bisa sampai segitunya pas nulis. Hehehhe..
      Amiin, makasii banyaak yaa Liaaa..
      Yg cerita GWP, baru berhasil upload sampe bab 11, baru setengahnya. Wuaaa mudah2an keburuuu. Lia mampir lg yaaa. Hehhee.. Klo Lia ada akun Gwp, sekalian minta vote bintangnya di bab yg Lia suka yaa. Maakasiii sblmnyaa ^^

      Alasan yg sama dg aku saat baca Lia, kerasa ikut berpetualang walau kita ga kemana2. Tooos kita tim rebahaan :D

      Delete
    2. Kerasa banget, Kak Thessa 😆. Aku jadi tertular aura positifnya lho! 😆
      Siaaap! Aku udah vote untuk bab yang aku sukaa, Kak! Nanti aku juga akan lanjut baca lagiii hihihi. Semangat Kak Thessa! Semoga bisa selesai tepat waktu ya 💪

      Delete
    3. Wuaa, makasii banyak yaa Liaa, udah baca dan vote cerita Adamina dan Akamu. Seneng bangeet ^^ Semoga bisa menghibur yaa.. Amiin, semoga bisa beres tepat waktu nih.. Heheh :D

      Delete
  3. Mba Thessa memang panutanku deh. 😁 baca ini aku jadi ingat kalau aku masih punya naskah yg dulu pernah aku ikutin lomba di acara event Asma Nadia.. haha. Pas itu cuma coba2 aja. Kata2nya juga masih ala kadarnya.. pengen tak bnerin.

    Btw. Aku setuju sama apa yg mba Thessa jabarin. Kondisi pandemi kaya gini. Daripada keder sndiri bacain kabar burung yg berseliweran di jagat medsos. Mending kita isi sesuatu dengan yg bermanfaat ya. Dan pastinya bikin hati senang juga.. 😄

    Saat ini. Aku lagi nyoba2 style gambar baru. Lagi nyoba banyak resep. Lagi sneng nulis di blog juga dan paatinya Bacain tulisan kalian2 yang I Love it 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Bayu, ayo ayo semangat di swasuntuing tulisannya mas, trus upload di blog. Aku tunggu! Penasaran pengen bacaaa.. :D

      Setujuu, baca berita malah bikin overthinking. Kemaren pas instagram, temen aku upload ada bayi meninggal gara2 covid, nular dr keluarganya yg dateng jengukin abis lahiran. Wuaa, energi aku lngsng habis pas baca berita kaya gitu. Huhuhu.. Kita alihkan ke hal happy2 aja. Semoga sehat selaluuu ya Mas Bayuu..

      Eh, tau ga, karakter Akamu yg aku tulis, itu dia suka gambar juga pake Procreate, karena aku terinspirasi dr Mas bayu yg suka gambar. Hehehe.. Nyoba resep pasti mood booster bgd yaa. Dan setuju, blog walking malah lbh kasi positif vibe dr pd scrolling sosmed skrng ^^

      Delete
  4. Asiiik udah mau terbit lagi ya Ka buku terbarunya, duh Kak Thessa ini emang keren sekali...aku sudah penasaran nih dari judulnya aja, gimana rasanya ya 40 hari menjadi ibu 🧐 sekalian bisa nambah pengetahuan juga melalui tulisan Kak Thessa😁

    Akupun senang banget bisa kenal dengan Kak Thessa dan temen-temen blogger lain! Kalian semua sudah banyak membantuku dalam menulis, secara gak langsung. Semoga kita bisa terus bersilaturahmi ya kak walau gak pernah ketemu hehe jaga kesehatan untuk Kk dan sekeluarga!!😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa makasii Mba Reka ^^. Novel 40 Hari Menjadi Ibu ini banyak terinspirasi dari keseharian aku sebagai ibu. Mudah2an aja nanti bisa menghibur pembaca. Hehehe..

      Bener banget Mba reka, walaupun blm pernah ketemu temen2 blogger, rasanya selalu seneng bersilaturahmi lewat BW. Apalagi nemu temen sehobi kaya Mba reka, yg suka nulis dan baca. Makasi udah menceriakan dunia blogging aku Mba Reka ^^ Semoga silaturahmi ini tetap berjalaan yaa :)

      Delete
  5. Wah produktif banget nih Mbak Thessa bisa nulis di mana aja ... bener2 cinta banget sama nulis ya hehe. Bisa ngejar target juga nulisnya.. toppp :-D

    Tapi emang kalau kita ngejalanin sesuatu yang menyenangkan buat kita sendiri, kitanya jadi enjoy ya mbak, jadi nggak ngerasa ada beban tapi justru menikmati.

    Btw, Mbak Thessa jadi ini 40 hari menjadi ibu itu novel atau parenting? hehe
    Waaah jadi penasaran niiih ... semoga cepet selesai dan segera terbit. Nanti saya pesen langsung ke penulisnya biar dapet tandatangan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kadang juga kaget sendiri mas edot, kok segitunya. hehehe.. Mungkin sbnrnya aku susah nyari waktu buat nulis, makanya harus berusaha diselip2in , termasuk di perjalanan. :D
      Setuju, kalau kita udah suka, pasti kita akan menemukan jalan untuk melakukannya. Memang gitu kira2 aku dlm menulis. ^^

      Itu novel mas edot, tp nanti setiap akhir bab akan ada tips parentingnya. Mulai dari yg absurb, sampai yg beneran. hehehe.. Amiin, doakan yaa mas edot. Aku pun ga sabar. Tp sepertinya masih panjang prosesnya, karena selain cover masih ada profreader dan setter. >.<

      Delete
  6. Wiiih keren banget mba Thessa, semoga penerbitan bukunya lancar dan project yang sedang on going bisa selesai sebelum tenggat waktunya. <3 Aku pun merasa beruntung banget bisa kenal sama mba Thessa. <3 <3 <3 Stay safe terus~~~

    Aku akhir-akhir ini biar pikiran nggak stres dan overthinking itu nontonin video-video di Youtube yang nggak ada hubungannya sama berita pandemi hahahaha. Sama baca buku biar tumpukannya terus berkurang dan...bisa beli-beli lagi habis ini. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa makasii banyaak mba endaah. Amiiin. Doakan lancar sampe terbit yaa bukunya. Dan doakan juga draft Adamina dan Akamu juga bisa beres tepat waktu.
      Aku juga seneeeng bgd kenal Mba Endah. Makasii banyak udah menceriakan dunia blog aku ya mbaa. Mba Endah juga yg salah satu jd alasan aku bisa rajin ngeblog ^^

      Nonton sesuatu yg ga berhubungan sama pandemi emang terasa lbh menyenangkan yaa mbaa. Dr pada liat berita2 tntng covid terus. Huhuh.. Pecalah mba endah, tumpukan itu ga akan berkurang, karena begitu beres dibaca, buku baru bakal lbh banyak yg dibeli n masuk tumpukan. Hahaha.. Karena aku udah membuktikannya sendiri :D

      Delete
  7. SUka banget deeh baca tulisan Mba Thessaaa 💖💖 Betul banget di masa-masa baca berita bisa nambah stres, kita butuh banget pengalih perhatian. Dan baca tulisan ini kerasa banget gimana dengan nulis tuh banyak membantu Mba Thessa di banyak hal..

    Aku meluncur baca tulisan Mba Thessa di GWP~~ mungkin nanti balik lagi ke sini habis baca hahaha.. Semangat Mba Thessa, semoga buku barunya segera terbit 💪💪💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senengnya denger mba eya suka baca tulisan ini :) Makasii banyaak yaa mbaa..
      Bener mbaa, mending kita alihkan ke hal2 yg lbh fun yaa, bisa stres liat berita covid terus. And yes, writing really help me a lot ^^
      Asiikk, dibaca yaa Mba Eyaa cerita Adamina dan Akamu. Klo ada yg kurang2, feel free kasi masukan yaa. Karena pasti masih banyak kekurangannya disanasini. Amiin, makasi mba eya ^^

      Delete
  8. Wah bukunya yang di GPU sudah tahap nyiapin cover berarti ngga lama lagi bakalan terbit bukunya nih, oh ya bukunya ini genrenya apa, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah Mas Herman. Doakan bisa terbit dalam tahun ini yaaa.. Sedang proses cover, tp selain itu juga masih ada profread n setter. Jd masih agak panjang sebenernya. Hehehe..
      Genrenya drama keluarga mas. Tentng seorang cewek yang terpaksa jagaian ponakannya yg umur 6 thn selama 40hari. :) Semoga bisa menghibur pembaca nih nanti..

      Delete
  9. nahhh ini nih mbak kalau ada lomba lomba naskah novel begini yang aku jadikan pemacu semangat buat kelarin naskah. selama ini cuman diangan-angan aja, tapi banyak gagal terealisasinya.
    kalau ada lomba, mau nggak mau kita harus menyelesaikan sesuai deadline.
    kalau nggak ada lomba akhirnya mangkrak sia sia gitu

    harusnya sehari atau dua hari sekali pengennya ngedraft naskah buku, belum terlaksana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mba ainun, kalau ada deadline, bawaannya jd terpacu buat beresin. Kalau ga, aku biasanya suka nge ntar-ntar terus. Hahahha..
      Ayo mba ainun pankapan ngedraft naskah buku jugaa, siapa tw bisa dierbitkan. Apalagi kan mba ainun cara penulisannya udah enak bgd dibaca ^^

      Delete
  10. Stuju.. MEnulis itu dapat menambah kenalan baru. Lewat blog ini contohnya. Aku bisa mengenal mbak Thessa,mas Bayu, Om Agus, Mbak Lia,dll nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Do. Klo ga lewat nulis dan blogging, aku ga akan kenal orang2 seru dg hobi sama kaya kalian ^^. Makasi udah menceriakan hari-hari blogging aku ya, Do.. :D

      Delete
  11. Saya setuju banget poin 1 dan 5. Keren. Saya sekarang sih lagi fokus lagi ngeblog di masa pandemi gini. Dulu pernah nantang diri sendiri bikin 150 postingan dan 200 postingan dan bisa terlewati dengan baik. Semoga kali ini bisa 1000 postingan bahkan 10k postingan hehehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren mas adi, bisa konsisten ngeblog sebanyak itu.. Aku aja yg udah 10an thn lebih ngeblog, jumlah postingan mentok di 200an. Hehehe..
      Semoga bisa mencapai 1k bahkan lbh postingan ya mas adi ^^

      Delete
  12. Aku kira mbak icha full jadi penulis. Ternyata masih ngantor juga. Keren mbak..!! Semangat untuk terus berkarya :D

    Sama seperti yang lainnya. Aku sangat setuju dengan poin 1-5. Apalagi di poin 1, itu pikiran dan ide datangnya bisa dari mana dan keadaan apapun. Diajak mikir ide satu, kemudian malah menyambung ke ide-ide lainnya. Kenapa bisa begitu yaa..? aku juga ssering mengalaminya. Walaupun sering stuck, selalu aja dapat ide baru dan dan bahkan pernah ngerombak tulisan sebelumnya. :D

    di poin 2, aku malah sudah sering detox sosmed (IG) mbak. Biasanya bisa lebih dari 1 bulan. Biasa sih, seringnya karena merasa jenuh dan perlu istirahat dari IG. Nanti balik lagi dan semuanya berjalan seprti biasanya. Ini aja aku aku sedang deactive IG. Mungkin sampai tahun depan. Doakan saja bisa kuat sampai tahun depan :D

    Semangat mbak icha untuk buku barunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Rivai. hehehe... menulis adalah yg aku coba usahakan dilakukan disela2 waktu sama keluarga n kerja. Makanya suka timbul tenggelam juga di blog atau pun nulis draft novelnya. 😆😆

      Iyaa, jadi idenya nyambung2 gitu kan yaa. Dr pd overthinking dg kondisi skrng, mending pikirannya dipake sibuk sama berbagai ide yaa. Klo aku biasanya sangat terbantu dg adanya outline. Ini mencegah kita keluar dr jalur, karena sama kya mas rivai, kadang idenya bs kemana2, eh tau2 bisa jauh dr cerita awal klo diturutin.

      Waah mantaab. Aku selalu kagum sama orng yg kuat detox sosmed kaya ig sampai berbulan2. Hehehe.. Klo aku masih tiap haru buku IG, walau klo diliat, waktunya juga ga banyak. Klo liat statistiknya, ga nyampe setenah jam per hari.

      Makasi mas rivai.. Semangat juga buat mas rivai, semoga sehat selalu yaaa ^^

      Delete
  13. Aku bener2 salut sama mba Thessaaaa, bayangkan saja diperjalanan ke kantorpun sempat2nya menulis... "saya bahkan menulis di perjalanan pulang dan berangkat kantor dengan HP"

    Dari situ ketahuan, mba Thessa bener2 hobi menulis. Bukan sekedar sukaaaa...

    Mba, aku ambil poin 1 dan poin 5.
    Menulis untuk menjauhkan diri dari pikiran negatif. Sangat terbukti mba. Ini udah aku terapkan. Meski aku nulis hal2 yg ringan2 saja.
    Situasi pandemi ini, banyak sekali menguras pikiran kami yang punya karyawan. Mau dirumahkan saja sudah jadi beban pikiran kami. Tar biaya hidup mereka sehari2 gimana? makan gimana? Duh, musti berpikir keras.

    Tapi, begitu aku menulis, bersyukur pikiran ini bisa tenang.

    Kemudian menulis untuk bahagia, ini juga sangat membantu. Meski aku juga gak menulis hal2 besar. Tapi, jika sudah bisa selesaikan tulisan utk diri sendiri, dibaca, terus disimpen, hehe... sudah merasa hepii...

    Membaca artikel mba Thessa saja udah bikin hepi. Aku tunggu terbitannya novel mba Thessaaa
    Sukses ya mba dengan karya2 terbarunya.

    Makasih sharingnya mba Thessaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis aku sayang klo waktu abis percuma pas di jalan gt Mba Ike. Akhirnya aku suka nulis jadinya, walaupun kadang ribet juga lewat hp 😅

      Bener mba, nulis bikin pikiran2 negatif mundur jauh2 ke belakang. Kebayang dg situasi mba ike, apalagi banyak rejeki orang yg dititipkan lewat usahanya mba ike. Tetap semangat ya mba. Semoga keadaan cepat normal kembali yaaa..

      Wah, aku terharu, senang klo artikel ini bs menularkan hepi k Mba Ike 😊 Sukses dan sehat2 selalu buat Mba Ike dan keluargaa 😍😍

      Delete
  14. Keren banget dah, harus kerja ngantor, masih juga bisa nulis, panutan banget deh :D

    Btw saya setuju banget nih, menulis itu bikin kita jadi teralihkan dari medsos.
    Saya juga kalau udah fokus di blog, medsosnya jadi nggak keurus wakakaka.
    Tapi kalau urus medsos, banyakan skrolnya ketimbang urus kontennya hahahaha.

    Lebih enakan nulis di blog, kalaupun skrol blog, bisa sambil blog walking deh.

    Semoga nanti bisa ikutan nulis novel kayak mama Thessa ya Allah, pengen juga gitu upgrade kemampuan nulis, nggak cuman curhat terooossss hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa, makasii Mba Rey. Sebenenrnya bukan keren, tp ini salah satu cara buat menyalurkan yg ada di kepala biar ga suntuk denger berita ga enak selama pandemi ini. huhu..

      Susah memang ya buat fokus dua2nya. hebat Mba rey bisa ttp aktif di blog atau sosmed, sama2 bs memonetasi keduanya lg. Keren!
      Blog memang juara, selaian bisa BW, interasksinya terasa lbh positif. Hehehe..
      Ayo ayo Mba rey, kapan2 ikut nulis yuk. :D Klo aku malah masih hrs belajar banyak nih tntng dunia blog sama Mba Rey ^^

      Delete
  15. Abis dari IGS-nya Mba sekarang aku mampir ke sini juga. Sekali lagi ikut senang sekaliii, Mba Thessa! *peluk jauh* pokoknya yang terbaik untuk proses penerbitannya ya! Nggak sabar ingin pegang novel fisik barunya Mba XD

    Abis baca ini aku pengen lanjutin naskah GWP lagi deh, udah lama banget dianggurin karena mendadak sibuk dan sempat hilang mood. Padahal kalo mau nulis novel nggak boleh tergantung sama mood bukan, sih, Mba? 🙈 dan untungnya diperpanjang sampai akhir bulan ini yaa hihi

    ReplyDelete
  16. hihihi samaaaaa...akupun lebih banyak seneng menulis cerita ketimbang mantengin sosmed...tapi kalau e commerce tetep ga bisa dikurangin scroll wae wkwkkw...

    tapi aku mah kemampuan nulis masih cetek belom sepro icha hiks hiks...kapan aku bisa berkembang ya nulisnya...gitu gitu ajabdan mentok hahhahahahah...temapun kebanyakan punyaku cinta menye menye wkkwkwkw...ketahuan sukanya genre itu doang. kalau nulis yang beneran blom bisa akuh hahahha

    aku kalau udah tenggelam nulis cerita berasa kayak asyik gitu...tau tau dah nulis panjang banget dan dulu waktu SMA malah nulisnya di buku tulis pake bolpoin wkwkwkkw...ampe ketika bukunya kubaca ulang udah mblobor bolpointnya...

    memang kalau uda nulis itu ketika dah niat jatuhnya disiplin sih...kayak sayang aja kalau mandeg dan belom selese ceritanya

    btw maafin mbul ya cha baru bisa njejak soalnya semalam lagi riweuh ngopenin si bungsu yang lagi anget ama bapaknya anak anak wkwkkw...ini disempet sempetin menjejak ke temen temen lagi. ntar aku marathon tulisan yang blom kubaca dulu ya heww

    ReplyDelete