Saturday 26 June 2021

Reportase Asik Dunia Literasi Juni 2021

Sebelum bulan Juni berakhir, saya mau posting tentang Resik lagi yaaa, Reportase Asik Dunia Literasi. Ada beberapa hal yang menarik buat saya, jadi saya ingin bagikan juga di sini buat teman-teman semua. Oiya, disclaimer dulu, Reportase Asik ini postingan random saya aja, jadi mungkin menurut kamu bakal agak unfaedah. 😅 Hahahha.. Jadi jangan harapkan infonya selalu bermanfaat yaa.  
Ini dia Reportase Asik bulan Juni 2021 ini : 

1. Buku dibaca, bukan dipajang

Beberapa minggu yang lalu, sebuah penerbit memposting tulisan di instagram yang berbunyi "Buku dibaca, bukan dipajang". Setelah itu, kontan di instagram dan twitter para penimbun buku bersuara ramai. Intinya, memang kenapa kalau beli buku buat dipajang doang dan ga dibaca? Kan belinya juga pake duit sendiri, buku original lagi. Hhahaha.. 
Hampir sebulan ini postingan counter ini menjamur banget. Sampai akhirnya si penerbit ini minta maaf 😆. 
Siapa penerbitnya? Better ga usah dikasi panggung deh ya.. Yang pasti, Thanks buat Mba Ira yang sempat menjawab kekepoan saya dan ngobrol-ngobrol terkait ini. Hehehe..


Kalau saya pribadi, tentu ga setuju kalau sampai ada yang memojokkan para penimbun buku. Apalagi kalau liat di rak buku banyak banget buku-buku yang belum dibaca (Salam penimbun 😁✋). Justru dengan membeli buku, kita ikut menggerakkan perekonomian dengan memberikan keuntungan ke penerbit, penulis, dan toko buku. Setujuuu?? 😁 


Ini salah satu reading corner di kantor saya yang bukunya lebih banyak dipajang dari pada dibaca. Salah? Nggak dong, justru ini suatu terobosan menarik untuk meningkatkan minat baca. Jadi selain pajangan, juga bisa memberikan manfaat untuk pekerja yang kebetulan jenuh bekerja, jadi bisa refreshing sejenak dengan membaca.

2. Editor Storial

Pada tahu Storial ga? Salah satu platform menulis yang banyak digunakan. Terakhir bukunya yang sempat ngehits banget itu Rapijali, karya Dee. Nah, bulan ini kabarnya editor-editor Storial pada mengundurkan diri. Bahkan Chief Editornya Kak Jia juga. Salah satu editor lain yang saya tahu, Kak Nui juga mengundurkan diri. Kabar-kabarnya editor lainnya juga. Saya ga tau tapi siapa aja nama-namanya.

Buat yang ga tau Kak Jia siapa, baca juga postingan : 3 Rekomendasi Blogger yang Suka Berbagi Tips Menulis Novel 

Pas saya kepo tanya ke yang kenal, mereka bilang 'mereka ga bisa cerita alasannya'. Nah? Jiwa kepo saya kan menggelora.. hehehe.. Soalnya, kalau mereka misalnya pindah karena dapat tempat yang lebih baik, pasti jawabannya ga akan gitu kaannn... 😅  Jadi, ada apakah di internal Storial? Ada yang tahu?

3. Sharing Session Kepenulisan

Resik terakhir ini yang paling asik (menurut saya) 😂 karena menceritakan saya sendiri. Hehehe.. Ga boleh protes, karena suka-suka yang nulis 😂😂. Jadi beberapa waku yang lalu, saya dihubungin admin 1minggu1cerita. Ia minta saya mengisi sharing session tentang menulis novel. Masalahnya, selama ini saya kan belum pernah ngisi materi tentang menulis novel, yang ada malah selama ini jadi peserta. Hehehe.. Belum lagi juga ilmu saya yang remah rangginang banget kaann..


Dengan bujukan kalau ini cuma sharing session aja, sampai rela mindahin jadwalnya yang selama ini weekdays ke weekend (maklum emak-emak gini susah kalau weekday 😅) dan acara santai, akhirnya jadi juga saya ngisi materi. Walaupun ngisi materinya sambil grogi, mudah-mudahan aja ada yang memperoleh manfaat dari sharing ini. Buat yang pengen dengerin, 1minggu1cerita sudah upload di Youtube. Jadi, silahkan mampir kalau ada yang lagi lowong yaa 😆.



Demikian postingan Reportase Asik Dunia Literasi Juni 2021 ini. Kalau kamu, punya berita asik apa bulan ini? 😉 

35 comments:

  1. Salam penimbun! Dari aku yang juga kerjanya nimbun buku hahahahah 😆
    Inget banget di twitter ruameee banget bahas ini hahaha sampe banyak juga kayaknya blogger yang bikin postingan tentang ini. Aku juga masih bingung sih itu admin salah satu toko buku kenapa harus buat pernyataan itu, toh mereka engga rugi wkwkwk justru kita yang beli nih keluar duit hahaha

    Eh aku kepo banget dengan yang Storial! Aku juga taunya Kak Jia sih salah satu editor Storial karena beberapa kali ikut kelas yang ada beliau, kok bisa pada keluar gitu... pengen dibisikin dong Mba kalo tau eh hahahaha 🤣

    Kesel banget pas Mba Thessa ngisi aku ga bisa ikutaaan :( lagi ada kesibukan lainnya jadi harus skip hiksss sedihh 😭 Siapa tau nanti ada kesempatan lain tolong kabar-kabar Mba hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam penimbun 😆😆
      Iyaa, sempet ramee kan mbaa. Makanya aku jg bingung ama penerbit itu, kan penerbit ga rugi juga yaa. Hehehe.. malah banyak yg beli bukuny lbh bagus doong.

      Hahaha bikin kepo yaa mbaa yg storial. Aku jg sampe skrng ga tau ada alasan apa sebenernya. Udah nanya k bbrapa orang, mereka cm bilang, ada masalah yg ga bs diceritakan 😆😆

      Wuaa gpp mbaa, ada rekamannya kok d youtube. Hehehe.. siap, siapa tau pankapan ada yg khilaf lg ngajakin saya jd pembicara kan 😆😁

      Delete
  2. Kak Thessa, salfok banget sama reading corner di kantor Kakak! Yaampun koleksi bukunya menarik banget 😍🤤 aku bisa nongkrong di sana terus kali bukannya kerja 🤣.
    Sepertinya tiap bulan ada aja ya isu yang menyenggol soal buku wkwkwk

    Whaaa editor Storial pada resign? Jadi kepo juga kenapa 😂. Akutu lagi ikutan digitribe Rapijali 2 Kak, terus aku lihat belakangan ini pihak Storial nggak pernah muncul dalam membantu masalah teknis. Pas banget ada tulisan ini, aku jadi kepikir ke arah mungkin ada problem internal. Meskipun nggak tahu benar atau nggak, tapi semoga semua bisa cepat kembali pulih 🙏🏻

    Yihawww! Kak Thessa keren banget jadi pembicara 😍. Sukses selalu Kak Thessa 🥰 semangat menulis novel untuk GWPnya 💪🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Lii, koleksinya bagus2. Dan ada bbrapa rak sbnrnya. Tp aku baru sempet fotoin di salah satu corner aja. 😆 Sayang ga bs dibawa pulang, klo ga udah aku bawa pulang yg banyak itu. Hehehe..

      Toos Liaa, aku jg kepo itu ada apa di internal storial 😆😆 Soalny aku tanya bbrapa orang pd ga ada yg mau cerita 😅

      Khilaf yg ngajakin itu Li ngajak aku jd pembicara, mudah2an ga nyesel dia 😂🤣 wuaa makasii yaaa Li, tau aja aku lg berjuang beresin naskah Gwp nih 😘

      Delete
  3. Kak..kantor Kak Thessa dimana? Rasanya pengin nyamperin kesana. Kalo punya tempat kerja ada reading corner begini sih rasanya pasti betah aja ya walau lagi penat sama kerjaan 😆

    Topik pertama Hhhff ... ini emang sempat rame ya Kak di medsos. Lagian apa masalahnya juga sih buat orang-orang kalau ada sebagian dari mereka ada yg gemar menimbun buku, bukan berarti di timbun = gak dibaca. Hahaha maaf kok jadinya aku kayak ngomel-ngomel ke Kak Thessa😅

    Yuhuu Asik banget Kak Thessa jadi pembicara..sayang aku kelewatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jakarta Mba Reka, hehehe.. Jadi ada satu lantai buat coworking space gt, jd kita boleh ngantor di divisi kita, atau di coworking space ini. Lengkap sama alat band, buku2, coffee shop, jaringan internt kenceng, sampe alat2 fitnes di lantai ini 😁 Aku jg klo bosen di divisi, suka ngantor di sini jadinya.

      Nah itu, masalahnya apa cobaa. Hak yg beli mau ditimbun, dibaca, jadiin ganjelan pintu, ya hak yg beli kaan 😆😆

      Hehehe, iya nih perdana jd pembicara 😁😁

      Delete
  4. Tempat kerjaku juga ada rak khusus koleksi buku mba Thessa, tapi isinya jurnal-jurnal ilmiah penelitian dan sebangsanya gitu. Nggak ada buku macam Haemin Sunim. xD Huhu aku masih dalam taraf masukin buku itu ke wishlist dan rak belanja, belum check out karena...timbunan buku yang belum dibaca masih banyak lol salam penimbun!

    Mba Thessa keren banget itu jadi pembicara *insert emoji tepuk tangan*. Dan untuk berita Storial itu...tentu saja aku nggak tau wkwk karena baru tau pas baca tulisan mba Thessa ini. T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah klo jurnal2 yg lbh serius jg ada nih perpus kantor aku. Klo perpusnya, buku2ny boleh dibawa pulang. Justru aku nyari2 fiksi gt malah ga ada di situ. Klo di reading corner ini emang kece2 bgd sih bukunya. Aku jg udah lama galau mau beli atau ga itu buku Haenin Sunim 😆 Eh kebeneran nemu di sana. Tooss Mba Endah, hukum kekekalan timbunan, karena timbunan ga akan hilang 😁🤣

      Wuaa jadi maluu, perdana nih Mba Endah aku jd pembicara 😆😆 Yg Storial, sempet heboh yg bertanya2, tp ga nemu jawabannya nih mba. Hehehe..

      Delete
  5. Aku banget ini, Kak. Suka nimbun buku 🙈. Kalau lihat buku banyak di rak rasanya seneng gitu, Kak. Walaupun banyak di antaranya belum pernah aku baca. Bahkan masih ada yang plastiknya belum dibuka juga. 🤣

    Menurutku gak ada salahnya sih kayak gini. Toh pakai duit sendiri dan kalau dipikir-pikir bisa menguntungkan penulis, penerbit, dan toko buku. Gini-gini para penimbun buku juga berkontribusi terhadap perputaran ekonomi negara. Ya kan, Kak? Hehehe. 🤭

    Btw itu coworking space nya cakep banget, Kak Theeeees 😆. Kalau aku kerja di sana mungkin bakal lebih betah di coworking space nya daripada di ruang divisi. Berasa lebih nyaman dan gak sumpek lihat kubikel mulu. 🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toooss Mba Roem. Di rak aku juga banyak buku2 blm kebaca, masih segel juga 😂😂

      Setujuu!! Beli buku kan dalam rangka menggerakkan perekonomian jugaa 😁

      Bikin betah memang mbaa.. hehehe.. Aku juga suka kerja di situ, biar ga bosen di divisi terus kan 😆😆

      Delete
  6. Hahha.. bener tuh. Beli pake duit sendiri kenapa ngatur2 yak ahaha... untuk poin 2 daku masih penasaran hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanyaaaa 🤣🤣 penerbitnya haluu. Hehehe..

      Nah poin 2 itu udah jd pembicaraan kita dr kmren2 kan. Tp blm nemu jawabannya. 😅

      Delete
  7. Waah, koleksi bukunya banyak banget itu Tante thessa ? Dan, sekali lagi selamat karena sudah jadi pembicara salut deh pokoknya ? Oh ya, saya sudah lihat Vidio Tante thessa by live streaming sempurna . Lalu pertanyaannya adalah : kalau yang jadi pembicara Tante thessa terus mereka yang lain jadi apa ? Pendengar, penerjemah , atau yang lainnya. Terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi yaa Mba Tari ^^ Itu aku jadi teman diskusi aja, jadi yg lainnya jadi temen2 diskusi juga ngebahas tntng menulis novel. Hehhee...

      Delete
  8. Sebagai penimbun jugaa, aku merasa tersenggol hahaha. Tos mbak Thessaa!!🙌🏻😆 Ini menarik banget segmennyaaa, aku nggak ketinggalan baca kan mbak? Hehehe. Jadi ingat Reportase-nya Trans TV, tapi melaporkan berita tentang buku dan dunia kepenulisan tanah air😂 Saya sukeuuu saya sukeu😁🎉

    Btw, kok jadi ikut penasaran juga yaa sama masalah internal Storial, hihi. Apakah di Resik ini ada bala bala minceunya seperti lambe turah, mbak?😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooss Salam penimbun Mba Awl 😂😂
      Ga kok mba, ga ketinggalan. Ini baru reportase ke 2 kok. Mudah2an ntr bakal bisa konsisten tiap bulan. Hehehe.. Wuaa senangnyaa klo Mba Awl suka sama segmen iniii, makasiii yaaa ^^

      Aku juga penasaraaan sama Storial. Sayang bala2 minceu lamturnya ga ada nih, jadi yaudah berujung penasaran aja ga ada cerita detailnya 😂😂

      Delete
  9. Buku dibaca, bukan dipajang..wkwkwk..kena telak banget tuh buat penimbun buku..wkwkwk

    Di tempat saya kerja ada tempat baca yang bukunya banyak yang masih disegel dan tak tersentuh sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telak banget Mas Herman. hahaha..

      Wah, sama aja ya ternyata, ga kesentuh. Hehehe.. Kalau ini untung udah ga segelan, karna kayanya mereka harus catat krna udah ditemeplin nomer register nya di punggung buku.

      Delete
  10. Membaca poin 1, aku jadi tersipu malu. Kenak sentilan nih😅

    Beberapa buku terpajang maniz di rak buku, masih bersampul plastik...
    ntah kapan dijamah😇

    Mba Thessa, aku jadi kepo editor Storial...

    Btw, asik bener reading corner di kantornya mba... tadi aku ngebatin, "ah palingan juga buku2 tentang perbankan, bisnis, da semacamnya..
    Eh tapi setelah baca jawaban komen mba Thessa, ternyata ada buku2 yg menarik... keren abis..

    Ini jadi ide juga buat aku bisa bikin reading corner utk karyawan2 ku nanti setelah udah gak WFH...

    Daaaan,...
    Keren banget mba Thessa didapuk utk jadi pembicara... semoga semakin sukses ke depannyaaaa...

    Setelah ini meluncur ah ke youtube nya

    Tx iya mba Thessa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toos Mba Ikee, sebagai sesama yg kena sentil. Masih berplastik n segel. Hahaha... Aku juga banyak kaya gt di rak. Bakal dibaca kok, tapi nanti... (entah kapan) 😅

      Aku pun kepo mbaa. Tp ga nemu info lbh lanjut lg nih...

      Awalnya juga aku kira gitu mbaa. Eh pas dideketin satu2, kaget sendiri sama koleksinya. Termasuk koleksi2 bbrapa novel fantasi juga ada.
      Setuju Mba Ike, pasti karyawan Mba Ike seneng deh dibikinin reading corner kaya gini.

      Aminn, makasii banyak ya Mba Ikee. Masi banyak kekurangan mba aku jd pembicara. hhehehe.. Sukses selaluu jugaa yaa buat Mba Ike ^^

      Delete
  11. Ya ampuuunnnn, ketampar, hahahaha.
    Buku dibaca Rey!
    Jangan majang doang!
    wakakakkaak

    Buku saya kemaren banyak yang saya bawa ke rumah mama, saking di sini jadi pajangan, trus jadi kuning, di sana dengan harapan ada yang baca, :D

    Btw, nyesek banget deh ga ikutan acara sharingnya Thesa, hiks, bisa-bisanya saya lupa sih, udah jarang cek grup 1m1c dong, bahkan saya lupa, udah 3 minggu ga setor di web, ampir aja saya ke tendang keluar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhahaa aku juga mbaaa.. Sebagai yg hobi majang buku, dan hobi kecepatan beli buku ga sebanding dg kecepatan baca juga aku ngerasa ketampaar.

      Mudah2an pas di sana jd lbh banyak ya baca ya mbaa..

      Aku kmren juga, update blog tp lupa bgd setor di 1m1c, baru ngeh udah mau 4 minggu bolong. Buru2 deh setor. Yaampun aku seneng bgd Mba Rey mau ikut dengerin, makasii ya mbaa.. Siaran ulangnya ada di YT nya 1m1c :D

      Delete
  12. jujur sih, aku jg punya buku 1 tuh, entah beli kpn lupa, ampe skrg msh blm kelar jg aku baca. Alhasil msh mejeng aja di rak buku. Hadeuh... minat bacaku lg menurun nih, lg beralih demen nonton filem, hehe... :D

    dulu sih, buku setebal Harry Potter aja aku lalap abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton film memang menggoda yaa.. Klo aku skrng jarang nonton karena udah dibajak duluan sama anak2 buat muter film2 kartun. yaudalah Mama nya ngalah. Hheehe...

      Delete
  13. Ditempat kerjaku kebanyakan buku P.O 🤣🤣hahah. itu keren bangett btw Mba, mau punya kantor gtu, wkwkw
    Soal nimbun buku.. hahaha. Bukuku di rak juga mulai banyak. Banyak yang baru, dibacanya dicicil 🤣..

    Ya Ampunn mba keren banget,, udah cocok buat jadi pemateri... aku tadi nonton, mba luwes banget kok.. pembahasannya juga mantep dan detail.. aku siihh YESss..
    Btw semnangat buat GWPnya😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Bay, aku pun ngerasa keren ini buku2 koleksi2. Tp jd greget sendiri krna aku ga sempet baca jadinya. Hehehe..
      Samaa Bacanya dicicil. Eh lg nyicil baca, tau2 ada lg yg baru masuk rak, eh timbunan jd makin banyak 🤣🤣🤣

      Wuaaa makasii banyaak Mas Bayuu.. Aku terharuuu, lg grogi gt dibilang luwees yaampuuunnn...
      Semangaatt!! Doakan ya mas bayu, masih sebulan lg nih buat beresin GWP. Hehehe...

      Delete
  14. Yah, aku juga ada buku yang belum dibaca, sih. Dibilang untuk pajangan juga gak, karena ditaruhnya di tas dari toko bukunya. Tapi kalau sebagai penulis, apa Kak Thessa gak keberatan kalau buku yang ditulis Kak Thessa hanya dipajang dan gak dibaca?

    Storial ya, sepertinya ada teman Facebookku yang menulis cerita di situ. Yah, ada editor yang mengundurkan diri bukan berarti websitenya akan tutup, kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan belum keluar dr tas tokbuknya sejak beli ya mbaa. Hehehe...
      Sebagai penulis, mereka udah mengeluarkan effort dg membeli buku aku aja, itu aku udah seneng bgd Mba Sella. Waalaupun ga selalu berujung bs dibaca. :D

      Nah, kalau platformnya bakal tutup kayaknya sih ga ya mba. Soalnya mereka lg buka lowongan buat editor2 baru. Jd mereka kakyanya lg sibuk nih nyari editor2 pengganti setelah editor sblmnya banyak yg keluar.

      Delete
  15. Mba Icaaa itu di Brilian Center? Udah segitu banyak bukunya? WOW baru tempe. Jarang ke sana juga hahaha. Aku suka numpang kerja di Corpu, buku di perpusnya lebih dikit dari yang di Brilian Center. Eh tapi aku juga suka di perpustakaan BRI 1, banyaaak buku, majalah juga ada. Pankapan ke Brilian Center lah ya wkwk.

    Btw wow keren Mba Ica udah jadi narasumber! Ciyeee novelis bok! Seneng deh aku punya temen novelis gini. Semoga makin produktif makin cetarr Mba Ica.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Justiin, itu di Brilian Center. Banyaaak, ini yg aku fotoin cuma salah satu rak. Rak lain juga ada lagi n koleksnya juga keren2. Hehehe.. Perpus Corpu mah banyaknya buku non fiksi kaan, text book gt banyaknya. Eh perpus BRI 1 lantai berapaa? Aku taunya perpus di lt 31 itu loh. Itu juga bagus2 bukunya, buku pengembangan diri n non fiksi jg tp, klo fiksi blm nemu. Nah klo yg perpus lt 31 itu boleh tuh dipinjem bawa pulang bukunya..

      Apalah aku dibanding justin, yg pernah jd pembacara acara travel fair dulu, bareng bu direktur lg. Hehehe... Amiiin, pandemi gini jd makin produktif. Makasii yaa Justin..

      Delete
  16. Buku itu dibaca, bukan dipajang. Sebagai orang yang lebih banyak memajang buku daripada membacanya, saya ngga tersinggung sama sekali. Toh menurut saya tujuan buku itu dipajang supaya bisa dilihat, diambil dan dibaca. Kalo diumpetin mana tau ada bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya bener ugha ya mba, klo disimpen mana tau ya ada bukunya. Yg ada ntr malah lupa, trus ga jd kebaca2. Buku dipajang agar inget suatu saat harus dibaca. Gitu kan mba? Setujuuuu :D

      Delete
  17. nimbun buku? aku ngacung deeeeh... anehnya beli buku fisik tapi aku bacanya buku buku online di gramed dan ipusnas. gitu aja mulu. sampai aku taruh tuh d meja tempat aku biasanya ngeblog. masih nggak kesentuh juga. wkwk

    aku lagi ngebayangin kalau ada rak buku di tempat umum kayak punya mbak thessa gitu, kira2 orang2 banyak yg nyerobot atau nyuekin ya? jadi nyambung ke konsep bookhive yg ditulis sama Lia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kok sama sih Mba Ghinaaa.. bukannya baca buku yg udah dibeli, eh malah sibuk baca2 buku di Ipusnas n Gramedia Digital. Eh abis itu pas ada diskonan buku, belanja buku lg. Gitu aja terus sampe timbunan numpuk. Yaampuuunn....

      Ga tau kalau kondisi biasa ya mba. Tp dg adanya pandemi gini, mungkin orang2 ga selalu aktif buat ambil. Takut juga kan megang2 benda di tempat umum gt. Tp klo kondisi udah normal lg, itu menarik bgd sih..

      Delete
    2. Teruntuk guru guru ku dari sekolah hingga kuliah, izinkan aku mencurahkan rasa ini padamu:
      Rasanya senang sekali kalau kita bisa dekat dengan guru kita. Ada guru yang sabar banget ngadepin murid yang astaghfirullah. Tapi ia tetap nasehatin dengan cara halus lembut gak pernah marah. Sampai suatu ketika udah nggak ngajar lagi di kelas baru rau rasanya ditinggalkan guru penyabar. Ada lagi guru yang ternyata kenal dengan muridnya, dosen kenal dengan mahasiswanya, bukan sekedar tahu namanya tapi ternyata tahu juga karakter kita gimana, orangnya seperti apa, hingga mau bertegur sapa ketika berjumpa. Terharu kalau ada guru atau dosen yang seperti itu, guru rasa teman. Namun tetap menghormati beliau

      Izinkan aku mendapatkan buku inii, aku tau buku ini dari temanku yang memasang profil WA nya "buku diary teacher keder" menjadi aku penasaran ingin membacanya. Semoga buku ini masuk di rak buku kamarku

      Delete