Wednesday 27 January 2021

Dari Rekomendasi Cerita Wattpad Sampai Cerita Tentang Jerman

Pada postingan saya tentang salah satu buku jebolan Wattpad tempo hari, terdapat beberapa komen dari teman-teman yang menanyakan tentang rekomendasi bacaan bagus di Wattpad. Saya termasuk yang jarang membaca cerita di Wattpad. Karena mencari bacaan bagus di Wattad memang agak sulit sulit susah 😅. 

Tulisan dengan jutaan view tidak menjamin bahwa bacaan itu memiliki kualitas yang bagus. Sedangkan ada juga tulisan yang tidak memiliki banyak view ternyata surprisingly kualitasnya sangat bagus. Kualitas di sini bisa dalam banyak hal mulai dari tata bahasa yang rapi, plot yang bagus, pendalaman karakter, dll.


Tips Memilih Bacaan di Wattpad

Salah satu tips yang saya berikan untuk mencari cerita yang berkualitas di Wattpad adalah : membaca cerita yang memenangkan The Wattys setiap tahunnya. Jadi, Wattpad setiap tahun selalu memberikan penghargaan untuk cerita-cerita yang bagus berdasarkan genre. Terakhir pada tahun 2020, terdapat beberapa cerita yang menjadi pemenang untuk genre Young Adult, Fiksi Penggemar, Fantasi, Fiksi Sejarah, Horor, Misteri & Thriller, Paranormal, Romansa, dan Fiksi Ilmiah.


Rekomendasi cerita wattpad


Pölzl, Pemenang The Wattys Genre Thriller

Jujur, saya pribadi belum membaca semua cerita pemenang The Wattys tahun kemaren. Tetapi ada salah satu cerita yang telah saya baca  untuk pemenang genre Thriller berjudul Pölzl karya penulis dari Medan bernama I Majid.





Blurb
Adakah yang lebih mengerikan dari sekadar menghadapi anggota keluargamu  mati satu per satu, secara bergiliran, tidak rasional dan tidak dapat diterka?
Sejak ditemukannya mayat seorang bartender yang tertimbun salju di halaman depan rumah keluarga  Pӧlzl, rentetan tudingan membuat kehidupan mereka terasingi. Keanehan tingkah dan perilaku satu per satu anggota keluarga mulai bermunculan. Masing- masing bersembunyi, menyimpan rahasia dalam tabir tak tersingkap.
Teror masyarakat desa menjadi pembangkit sejarah kesadisan nenek moyang keluarga Pölzl. Kekuatan baru pun  muncul ke permukaan. Seolah fitnah dan tudingan menjadi pemicu lahirnya si pembantai masyarakat.


Awalnya saya kira ceritanya sebatas pembunuhan dan bagaimana perjalanan menguak pembunuh tersebut. Keluarga Pӧlzl tinggal di sebuah kota kecil Jerman di sebelah ladang anggur mereka yang luas. Suami istri Pӧlzl memiliki dua gadis remaja dan seorang bayi laki-laki. Pada suatu hari di musim dingin bersalju, ditemukan mayat seseorang di halaman depan mereka. Kebayang kan bikin shock-nya keluarga Pӧlzl dan orang-orang di desa itu 😆 Seiring berjalannya cerita ternyata kisahnya tidak hanya tentang pembunuhan tetapi juga terdapat beberapa paranormal activity yang bikin merinding.

My Opinion About Pӧlzl

Ada beberapa hal yang membuat saya penasaran sekali untuk segera menyelesaikan membaca cerita Pӧlzl. Pertama, tentu saja penasaran dengan siapa sebenarnya yang membunuh orang itu dan motifnya. Semakin dalam membaca ceritanya, saya dikejutkan lagi ternyata pembunuhan bukanlah satu-satunya konflik pada cerita ini. Leluhur keluarga Pӧlzl ternyata menyimpan suatu rahasia kelam yang mempengaruhi jalan cerita dan keselamatan mereka. 

Penulis juga menurut saya cukup berani dengan memberikan kejutan-kejutan, seperti membiarkan beberapa tokoh-tokoh tidak memperoleh happy ending. Membaca ini rasanya seperti menonton sebuah film menegangkan di mana pada akhir kita harus kejar-kejaran karena hanya beberapa orang yang akan berhasil selamat.

Selain membuat penasaran, yang patut diacungi jempol pada cerita ini adalah bagaimana penulis berani untuk mengambil genre cerita yang jauh berbeda dari penulis-penulis Indonesia selama ini. Buat saya pribadi, cerita ini cukup menarik dan menegangkan. Tetapi saya tidak bisa membandingkannya dengan cerita-cerita bergenre thriller populer lainnya karena jujur saya cukup jarang membaca cerita genre ini. Mungkin bagi beberapa pembaca yang sudah biasa membaca thriller terutama terjemahan, bisa jadi akan berpendapat berbeda dengan saya. 

Menulis cerita genre ini tidak lah gampang. Apalagi Penulis mengambil latar bukan di Indonesia tapi di musim dingin pada sebuah kota kecil di Jerman. Jadi penggambaran tempat juga harus kuat agar pembaca dapat ikut merasakan berada di sana. Awalnya ada beberapa yang agak tidak pas dengan latar tempat. Tapi saya sangat mengapresiasi penulis yang terbuka dengan masukan dan terus memperbaiki tulisan untuk menjadi lebih baik. Dari segi tata bahasa pun penulis sangat rapi. Berbeda dari beberapa tulisan Wattpad lain yang kadang tata bahasa dan peletakan tanda bacanya yang membuat sakit kepala 😆😅.

Winterview of vineyard and Germany village
 (sumber:pinterest)

Additional Part About Germany

Tambahan sedikit yang bukan tentang review tulisan ya 😁. 

Pada cerita ini digambarkan bahwa keluarga Pӧlzl memiliki kebun anggur yang luas dan merupakan penghasil minuman anggur terkenal di daerahnya. Saat saya searching, ternyata memang Jerman cukup terkenal juga dengan kebun anggurnya. Padahal selama ini saya tahunya Jerman itu terkenalnya bukan dengan minuman anggur tetapi justru dengan bir. Top 3 tentang Jerman itu biasanya : Beer, Football, Palaces & Castles. 


Saya dan suami saat di Jerman kita nginepnya di hotel yang dulunya kastil, Schloss Montabaur

Back to beers, jadi di Jerman ini sampai mereka memiliki festival bir sendiri yang diselenggarakan setiap bulan Oktober yang bernama Oktoberfest. Saat saya ke Jerman beberapa waktu yang lalu pun, ceritanya tidak terlepas dari bir 🍺

Selama di sana kita kebetulan ditemenin oleh teman yang asli orang Jerman. Setiap makan pasti selalu ditawarkan bir. Saat mengatakan kalau saya tidak minum alkohol, maka mereka akan langsung memesankan bir tanpa alkohol. Jadi bagi mereka di sana, minum bir sama saja dengan kita makan yang minumnya es teh manis kali ya 😆. Ga lengkap kalau ga ada birnya. Hehehe..



Makan siang di Koblenz, lengkap dengan bir 😆



Dinner di salah satu restoran peraih Michelin, Bernhards Restaurant. Dikasih bir lagi, non alkohol tentunya 😁

Hampir tidak pernah selama makan bersama di sana mereka memesan air mineral atau air putih untuk minum. Selalu bir, baik saat makan siang maupun makan malam. Dan mereka semangat banget buat nawarin kita bir juga, sampai ga enak sendiri buat nolaknya 😆😁 Ekspresi kagetnya saat bilang kita ga mau bir itu loh yang ga nahan, berasa kita makluk paling aneh sedunia. Hehehe..

🍺🍺🍺


Eh, jadi ini mau review atau posting apa sih sebenarnya, Ca? Hehehe.. Abis baca Pӧlzl bikin saya jadi kangen liburan 😆 Karena pandemi dan belum bisa liburan kemana-mana, yaudah liat foto-foto aja buat obat kangen.. Semoga ga keberatannya liat foto naris saya dan suami.. 😅


Palaces & Castles in Germany


At the end, kamu ada rekomendasi cerita Wattpad apa aja? Atau lagi pengen cerita apa tentang Jerman? 

Cheers,
🍺🍺🍺

22 comments:

  1. Genre thriller itu favoritkuuuuu sangaaaattt hahahaha. Pasti aku bakal milih genre ini duluan, daripada genre2 yg lain.

    Menarik nih mba.. aku blm pernah baca wattpad. Ini berarti ada aplikasinya, trus tinggal register ya mba? Aku mau baca deh ceritanya apalagi kalo emnarik gini. Sebelumnya aku pernah baca cerita watpad yg sudah dibukukan.

    Eh rasanya gimana sih beer tanpa alkohol hahahaha. Aku blm cobain, pas ke Jerman dulu, Krn ditemenin Ama papa mertua dan sodara nya suami, jd ga prnh nyobain yg aneh2 :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah Mba Fanny suka genre thriller yaa, berarti cerita ini patut dicoba buat di baca Mba ^^
      Iya, wattpad bisa pake aplikasi bisa buka di browser. Klo aku pake browser aja mba, soalnya jarang2 baca di sana, dr pd hrs nambah2 aplikasi lagi. Trus bisa pake akun bisa baca aja. Klo aku pake akun biasanya biar bisa sekalian vote cerita buat ngasi support ke penulis juga :D

      Rasa beer tanpa alkohol? Hmm, rasanya mirip butterbeer yang ada di AW Mba Fan. Buat aku sih nothing spesial. Lebih suka air putih sebenernya. hahaha >.<

      Delete
  2. Saya sukaa genre thriller. Terima kasih rekomendasinya, mbak.
    Belum pernah baca cerita wattpads sih. Memang sekali-kali perlu dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Phebie 😊 Terima kasih jg udah baca rekomendasi ini.
      Kapan2 boleh tuh mba dicoba baca wattpad 😁

      Delete
  3. Jujur, aku belum pernah buka watpad, jadi ngga tau apa sih itu watpad,hahaha ...malu2in yaa :D.

    Wuih mantul euy udah plesiran sampai ke Jerman.
    Nginepnya di kastil tua pulaak.
    Eh, tapi apa ngga scary suasananya disana, kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe wajar kok Mas Himawant, aku aja jg baru bbrapa kali baca cerita di wattpad 😁😆 Malah aku podcast dong yg blm pernh dengerin, cma sempet denger di postingan Mba Awl kmrrn. Hehehhe..

      Kastil tua memang Mas, tp di dalemnya udah dibikin interiornya kaya hotel. Jd malah kerasa modern, ga ada spooky nya sama sekali. Untung aja 😆😆

      Delete
  4. Makasih banyak2 untuk reviewnya Thessa... Wah pantes kamu kritis banget soal Jerman, ternyata kamu udh duluan ke sana dr pada aku ��
    Keren ini reviewnya. Thank you again

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, authornya langsng bacaa. Jadi maluuu 🙈🙈 Hehehe..
      Sama2 Kak Jid, sukses selaluu yaa. Semoga thn ini kesmpaian buat terbit buku barunya yaa 💖💖

      Delete
  5. Menarik. Padahal habis instal ulang hape untuk ngebersihin hape, eh kena racun lagi. Barusan langsung download ulang Wattpad untuk baca novel itu. Saya ngga bisa ngetiknya 😅

    Saya tadi kiranya, penulisnya asli Jerman. Ternyata tidak yah 😆 Dari prolognya, sudah ngasih perkenalan yang bagus. Kayaknya ini bisa jadi bacaan tahun ini 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa sampe download Wattpad lg ya Mas Rahul? 😆😆 Selamat baca yaaa, semoga sesuai ekspektasinya Mas Rahul yaa. Eh saya jg ini buat judulnya copy paste, karena ga bisa nulisnya 😂😂😂

      Iyaa, penulisnya dalam negri kok. Makanya aku cukup kagum dg penggambaran tempatnya 😁

      Delete
    2. Ternyata kak Thessa juga ngga bisa ngetik manual. Saya kira itu hasil ketik manual. Ha ha ha.

      Iya, semalam download Wattpad lagi. Sekalian baca prolog novel itu (masih ngga bisa ngetik sendiri) sambil cari-cari judul lain yang menarik. Kayaknya saya mau nulis cerita lagi, nih. Kayaknya seru euy

      Delete
    3. Selamat baca di Wattpadnya Mas Rahul 😁 Kalau nemu rekomndasi cerita bagus lagi di sana, sharing yaa..

      Wah asiik Mas Rahul mau nulis cerita jugaa. Semangat! Ditunggu karyanya yaaa 😊

      Delete
  6. Makasi mba Thessa, dikasih tips utk dapet bacaan yg bagus di Wattpat..

    Makasih jg reviewnya. Ceritanya bagus iya mba. Tapi, aku aga2'gak brani kalo ada trilernya. Tapi penasaran utk cari bukunya..

    And dari awal baca, aku pikir si penulisnya org luar, padahal org Indonesia. Hebat...

    Etapi mba Thessa jg penulis yg hebat. Aku udah baca bukunya mba Thessa🥰

    Btw, poto2 di German, mba Thessa sieht wunderschon aus ya🤩

    Mt beraktivitas, hv a good time...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg sempet agak ga berani, tp lanjut baca krna penasaran 😆 ceritanya ga yg serem ada hantu gitu kok Mba. Coba aja dibaca.. hehehe..

      Mba Ike udah baca buku aku? Wuaa makasi banyaak yaa 😍😍seneng bgd dengernyaaaa. Semoga bs menghibur ya Mbaa 😍😍

      Dankeschön Mba Ike.. Selamat beraktifitas jugaa. 💖💖

      Delete
  7. jadi penasaran dengan rasa bir...penasaran doang....ga pengen ngicip kok si nita...mungkinkah rasanya kayak cola? #eheeew


    yang penting es teh manis yah hahhaha

    fotonya sumringah banget, tergambar masa masa hanimun dengan pak suami di sana susah untuk dilupakan ya mbaaa...apalah aku yang ke jerman itu akronimnya jejer kauman....kebumen mba hahahhahaha

    Pӧlzl ini cara bacanya gimana ya? bingung...kalau dari sinopsisnya memanglah seru ya..uda macam nonton film thriller...ga sangka ternyata penulisnya nda tinggal di germany ya..cuma masih bisa dimaafkan walau ada yang beberapa hal yang kurang pas terkait setting atau apanya tadi aku sekilas baca karena mba thessa pernah ngerasakan langsung tinggal di sono


    uh ya ampun sekelas penulis popular dan feimes begini direview super duper kritis oleh mba thessa...hihi..apakabar aku yang kalau nulis fiksi masih awur awuran, pasti dibantai habis diriku hahahahhahaah...sungkem mba thessa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa bir gimana yaaa.. Hmm, enakan es teh manis pokoknya mba nita 😂😂

      Tau aja nih Mba Nita, halan2 sama suami di situ ga pernah terlupa pokoknya 😆😆 Hehehe.. Kauman n kebumen malah aku yg blm pernh ke sana mbaa 🙈🙈

      Eh aku juga ga tau dong itu Pӧlzl bacanya gimana 😅 Nulisnya aja aku sampe copy paste. Krna ga bs munculin topi di huruf o nya. Hahaha..

      Yaampun aku cuma mengutarakan masukan mba, sekalian masukan 😆. Karena apalah aku juga ilmunya masih cetek, dibanding Mba Nita malah yg pernh jd penulis pro kaya wartawan. 😘

      Delete
  8. Huwaaaa, gagal fokus liat foto-foto sumringahnyaaa 😍

    Jerman mengingatkan saya akan Kaka Ina hahaha.
    Atuh mah, saya memang receh.
    Tapi saya kadang suka nontonin yutubnya si Kaka Ina yang sekarang tinggal di Jerman.

    Btw, saya dong belom pernah baca di wattpad, terlalu banyak yang bisa dibaca ya zaman now ini,seharusnya minat baca orang-orang jadi lebih ditingkatkan 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang klo lg jalan2 sumringah bangeet yaa Mba Rey foto2nya. hahaha..

      Wah, Kak Ina yg tinggal di Jerman ya? pasti seru ya nonton youtubenya..
      Bener Mba rey, terlalu banyak yg bs dibaca. Bahkan di wattpad sendiri juga ceritanya bejibun luar biasa. Setuju, sekrang media buat baca udah sangat beragam, semoga dg begitu minat baca orang2 bisa makin meningkat 😊😊

      Delete
    2. Kayaknya polzl ini menarik ya mbk, baru baca sinopsisnya aja saya udah kebanyang-bayang adegan thriller😁
      Saya juga kadang baca novel di wattpad mbk, tapi kalau di wattpad malah carinya genre komedi romantis gitu. He..he...

      Delete
    3. Menurut aku menarik Mba. Apalagi buat Mba Astria pencinta horor n thriller kan 😁
      Wah, mau dong mba rekomendasi cerita romantis wattpad yg baguus 😆

      Delete
  9. Jerman memang terkenal dengan negara seribu kastil.. total ada 20.000-an yang hampir sebagian besar berada di Jerman barat.. masuk akal karena dulu Jerman kan terdiri dari negara-negara kecil, macam kerajaan-kerajaan kalo di Indonesia.. :D

    btw, FYI, bir non-alkohol ini bukan berarti tidak ada alkoholnya. sesuai undang-undang di Jerman, bir yang kandungan alkoholnya di bawah 0,5% disebut dengan bir no-alkohol. jadi sebenarnya bukan bebas alkohol..

    anyway, orang Jerman gemar dengan cerita kriminal (terutama misteri pembunuhan). kalo ke toko buku, biasanya ada bagian atau rak khusus buku berisi cerita atau novel kriminal dan misteri. selain itu, serial televisi kriminal juga populer di Jerman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah terima kasih info2 menarik tentang Jermannya Mas. Tentang kastil dan bir nya 😁 Mudah2an suatu saat aku bs ke Jerman lagi n bs mengunjungi lbh banyak kastil.

      Nah kalau cerita kriminal aku baru tau nih. Ga ngeh jg pas masuk ke toko buku 😆 kalau film2, aku ingetnya pas di sana semua film luar di dubbing pake bahasa jerman ya? Hehehe.. Jd ga pake subtitle kaya di sini 😁

      Delete