Sunday, 10 January 2021

Review Novel Tanya Tania, Kisah Cinta di Tengah Kasus Pembunuhan

Adakah di sini pembaca Wattpad? Atau malah mungkin kamu rutin menulis di Wattpad? 
Baca buku dari Wattpad itu sebenarnya tantangan tersendiri buat saya. Karena banyak buku-buku Wattpad diterbtikan dengan iming-iming 'sudah dibaca jutaan kali' tapi ternyata plot hole dimana-mana. Tapi ga jarang juga, buku jebolan Wattpad memang ada juga yang keren-keren. 

Baca juga review buku jebolan Wattpad lain di: 


Review Tanya Tania Kinanti WP

Tanya Tania, adalah salah satu novel jebolan Wattpad yang diterbtikan oleh Penerbit Katadepan. Penulis buku ini adalah Kinanti WP yang sudah aktif di Wattpad dengan belasan ribu follower. Sebelum Tanya Tania, ia juga sudah menerbitkan beberapa buku lainnya.  

Blurb
Harta, Tahta, Tania!
Ya... Tania punya segalanya. Bisnis keluarga yang diwariskan ke tangannya,
karier bagus di perusahaan bergengsi ibu kota, dan sahabat baik seorang DJ paling
tampan sejagad raya. Nyaris sempurna!
Tania pikir semua akan berjalan baik-baik saja, hingga sebuah kejadian
menghantamnya tanpa ampun. Tania dipaksa untuk menjadi pagar pelindung atas
kekacauan yang mengancam hidupnya. Pilihannya hanya dua; bertahan atau jatuh
bersama perusahaan tempat dia bekerja dan orang-orang terdekatnya.
Jadi... benarkah Tania punya segalanya? Bagaimana dengan cinta, luka, dan air
mata?

The Story

Cerita bermula saat Tania terbangun di aparemen Will, temannya. Ia dan Will sudah bersahabat sejak lama, namun malam itu mereka melangkahi batas sepasang sahabat. Bahasanya Kinanti, mereka bobo-bobo persahabatan. Tania yang masih belum bisa memutuskan akan dikemanakan hubungannya dengan Will, akhirnya memutuskan menghindar sampai lebih dari enam bulan. 

Tania bekerja di sebagai PR sebuah klub terkenal di Jakarta bernama Exhale. Di sini diceritain Tania tipe perempuan independen, penuh percaya diri, bagus banget dengan kerjaannya, sampai orang-orang kalau ada apa-apa, pasti nanyanya sama Tania, Tanya Tania.  Pada suatu malam di Exhale, Tania kembali bertemu Will setelah enam bulan menghindar. Tapi sialnya, malam itu terjadi pembunuhan di Exhale. 

"Sayangnya kami belum bisa menemukan bukti kapan mayat Joseph Laksmono diletakkan di dalam mobil Nona Haidy..." hal 64

Nah, saat-saat genting ini benar-benar menguji kemampuan Tania sebagai PR perusahaan. Tania juga tidak mengira, ternyata pembunuhan ini juga membawa-bawa masalah pribadinya. Di saat ini juga lah Will selalu hadir nemeni Tania.


Tania-nya kece 😍

My Opinion

Jujur, buat saya ceritanya menarik dan sangat page turner. Apalagi awalnya saya kira ini sebatas kisah cinta friend-zone aja, tapi ternyata ada konflik lain dengan pembunuhan dan teror yang diterima Tania. Saya dibuat penasaran dengan sebenarnya apa yang terjadi dan jadi pengen buru-buru beresin baca bukunya. Saya malah lebih suka konflik ini dari pada konflik hubungan Tania dan Will, dan sedikit berharap thriller pembunuhannya dibuat lebih detail dan panjang. Hehehe..

Saya juga suka latar kerjaanya para tokohnya dibuat cukup detail, jadi ga kerasa cuma tempelan doang. Kerjaan Riana sebagai PR dan mengurus semua publikasi yang keluar dari Exhale. Will sebagai seorang DJ, dan urusan perusahaan-perusahaan di keluarga mereka.

Buat karakter, menurut saya karakternya khas stereotip Wattpad banget dengan segala kesempurnaannya. Will itu udah mana ganteng (ada campuran darah Austria-nya gitu loh), badannya bagus (the book keep saying about his marvelous biceps), DJ profesional yang ngisi sampai klub di Thailand, dan selain nge DJ ternayata dia juga pengusaha kaya raya yang perusahaannya ada di berbagai belahan dunia. Dan sikapnya ke Tania, bucin dan perhatian bangeet. Hehehe.. Tania juga, kayak udah di sebutin di blurb, dia punya segalanya. Ini masalah selera sih, tapi bagi saya pribadi malah jadi kurang kerasa gregetnya kalau karakternya sangat sempurna gini. 

"Lo harus berjuang seumur hidup kalau miliki gue" - hal 238.

My Rating

Jadi, overall buku ini saya rekomendasikan buat kamu yang pengen baca kisah cinta ringan dengan sedikit sentuhan thriller. 3,5 bintang buat Tanya Tania




Oiya, ini bukunya bukan buat yang dibawah umur yaa. Soalnya pergaulan Tania dengan kelab malamnya, dan kebiasaan mereka buat bobo-bobo persahabatan, bukan buat adek-adek gemes di bawah umur, yaaa... 
  
Kalau kamu, ada rekomendasi cerita Wattpad yang asik buat dibaca ga?

TANYA TANIA
Penulis : Kinanti WP
Penerbit : KATADEPAN
340 halaman
Cetakan Pertama, Desember 2020
ISBN: 978-623-7567-29-5

17 comments:

  1. Aku sama sekali belum pernah baca cerita di Wattpad atau karya penulis Wattpad yang dibukukan 😂
    Sebab aku bingung harus dimulai darimana untuk membacanya karena pasti udah puluhan ribu cerita yang terbit di sana 😂. Mirip Webtoon gitu~
    Kalau Webtoon aku bisa lihat dari gambar covernya, kalau gambarnya sesuai selera pasti aku baca. Kalau novel di Wattpad, agak susah menentukan untuk memulai dari mana 😂. Kak Thessa ada saran?

    Aku juga kurang sreg dengan karakter yang terlalu sempurna 😂. Mirip kisah-kisah teenlit gitu jatuhnya kalau terlalu sempurna wkwkwk.
    Kak, spoiler ending dari buku ini dong 🤪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lia udah baca Ganjil Genap kaan? Itu dr Wattpad 😆😆 Hehehe..

      Aku jaraang bgd baca lngsng cerita di Wattpad, biasanya baru baca klo ada yg rekomendasiin. Lumayan klo ada yg rekomendasiin biasanya nemu aja yg lumayan oke (walau jngan bayangkan seoke cerita yg udah dibukuin). Jd jarang bgd berburu sendiri. Mana kalau kita buka, itu halaman depan Wattpad (most read) biasanya kebanyakan cerita2 17++, which is not my type of genre 😆😆

      Entah kenapa karakter teenlit yg sempurna buat aku lbh nyaman dibaca dibanding karakter metropop yg sempurna 😆😆 Soalnya klo anak muda kan memang masalah hidupny blm banyak. Hehehe..
      Endingnya, hmmm... Lia pasti udah bs nebak kan, pasti Will dan Tania akhirnyaaa.... 😆😆 Ga ada twist endingnya kok mereka berdua.

      Delete
  2. kebayang kerjaan PR memang hectic banget, tapi aku baru kebayang PR tempat hiburan malam

    memang kadang kalau sebuah cerita ada core nya ya tentu akan menarik sepwrti halnya core yang diceritakan di sini lebih kepada soal pembunuhannya ya ketimbang cinta cintaannya..mengingatkanku sama Dunia tanpa koma heheh..

    tapi jujur aku sendiri sering dengar orang bicarakan watpadd dan fi sana kalau nulis cwritanya menarik bakal rame, tapi aku sendiri belom punya akun watpadd jadi belom tahu isinya apa saja....tapi sejujurnya saat memposisikan diri sebagai pembaca kadang kita memang inginnya kritis ya hahahhah...aku pun gitu sih tapi setelah nyoba latihan bikin cerita sendiri ternyata susah juga loh hiksss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakground kerjaannya memang menarik bgd Mba Nita, PR kelab mlm. Termasuk gimana dia hrs bikin con press saat ada pembunuhan. Dpt bgd feel nya.

      Iyaa Mbaa, klo cerita bagus bakal rame di wattpad. Ayoo cobaa bikin mbaa 😆😆 Klo aku pribadi ga pede buat nulis lngsng k Wattpad krna satu cerita aja aku bs editnya berkali2 😆

      Nah iya Mba Nita, klo nyoba nulis sendiri syusyaaah nya minta ampuuun. Makanya aku suka kaguum bgd sama orang yg produktif nulis 😁 Ayo Mba Nitaa semangaat nulisnyaa. Aku blm mampir nih lanjutan cerita Gadis Kecil yg belajar jatuh cinta, penasaran sama kelanjutannyaaa..

      Delete
  3. Iyahh Wattpadd lebih enak kalau ada yg ngerekomendasiin.. hehhe
    Saya juga pernah baca di wattpad. Tapi itu udh dulu banget.. itupun hasil rekomendasi temen kerja yg ikutan aku baca...
    Jujur di wattpad saya nggk terlalu banyak yg pernah di baca. Kayanya baru 2 judul... judulnya apa ya...? soalnya semnjak ganti hape tahun 2019 udh nggk instal wattpad lagi.. *sayang banget yah... Tapi jujur, saya lebih suka baca dri buku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Bayu, soalnya cerita di wattpad kan banyaaaak bgd. Jd klo ga ada rekomendasi ya susah nyari nya yaaa..😆
      Saya juga lbh suka baca dr buku Mas, soalnya biasanya editingnya udah lbh bersih. Klo soal ide, baik wattpad maupun buku idenya sama2 banyk yg seru..

      Delete
  4. Dulu aku pernah baca di wattpad tapi udah lama. Banyak penulis sukses dari sana ya apalagi yang punya pengikut puluhan ribu.

    Sekarang komentari novelnya. Menurutku karakter Tania itu agak gimana ya, kalo terlalu sempurna menurutku kurang menarik karena tiap manusia pasti ada kekurangannya. Tapi terserah penulisnya ya mbak, yang baca ngga boleh protes.🤣

    Berarti awalnya seperti cinta dan pertemanan biasa tapi berubah sejak ada pembunuhan di tempat kerja Tania.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas agus pernh jd pembaca wattpad juga yaa.. ga berencana bikin akun wattpad mas? 😁 cerita2 horor mas agus pasti banyak peminatnya..

      Nah iya juga sih mas, suka2 penulisnya mau karakter yg gimana ya 🤣🤣🤣 dan karakter kaya gini memang banyak loh penggemarnya, makanya banyak penulis wattpad ngambil karakter kaya gini..

      Iya mas agus, perhatian Will saat menemani Tania menumbuhkaann... nah silahkan ditebak kelanjutannyaa 😆😆

      Delete
    2. Ngga mbak, di wattpad banyak master penulis, pemula sepertiku nanti ngga dilirik, kalo di blogger kan udah pada kenal.😆

      Delete
  5. Emang khas Wattpad banget ya kehidupannya selalu sempurna, fisiknya pada cakep wkwk. Tapi kayaknya konflik di buku ini cukup menarik ya, jadi penasaran pengen baca juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, yg bikin menarik krna konflikny ga hanya love story nya aja, tp ada kasus pembunuhan dan terornya juga.. seru mba, baca deh 😁

      Delete
  6. Udah lama banget aku gak ngecek Wattpad kak, gara-gara waktu itu cerita nya gak ada yang sesuai di aku. Terakhir kali baca kayaknya tahun 2015? dan sudah tidak ingat apa yang aku baca saat itu hahaha. Tapi aku masih lumayan ingat cerita wattpad yang ditulis sama orang LN lumayan bagus ceritanya.

    Sempet juga aku nulis disana, tapi gak lanjut karena tahun itu lagi sibuk kuliah, sampe sekarang masih terlantar :p

    Wah aku belum nemuin nih cerita lokal wattpad dibalut dengan unsur thriller, Thanks kak Thessa buat reviewnya! aku mau ceki-ceki dulu di wp :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo aku malah belum pernh nih baca wattpad karya penulis luar kak.. Kapan2 jd penasaran juga mau baca 😍

      Sempet punya akun wattpad n nulis dinsana ternyata ya Mba Reka. Kereen. Coba lanjutin aja ceritanya Mba, di blog atau ga. Hehehe..

      Sama2 Mba. Aku ada lg rekomendasi cerita thriller watpad. Tp blm dibukukan. Kapan2 aku post deh 😊

      Delete
  7. aku pernah buka wattpad dan buka tulisan yang ratingnya bagus karena udah dibaca oleh banyak orang, eh tapi pas buka isinya, entah kenapa susah yang srek ceritanyaa. jadinya tak hapus lagi deh aplikasinya.

    gimana cara nemu tulisan bagus dengan singkat di wattpad mbak thes? hihi

    Kalau ada pembunuhan gini, apakah tania dan will menjadi bagian dari saksi dan ikut penelusuran pembunuhan tersebut? haha, jadi penasaran juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang view ga menjamin kualitas tulisan Mba 😆😆 Aku sering bgd jg gt, itu yg bikin aku sampe skrng maju mundur searching2 cerita wattpad sendiri. Hehehe..

      Ntr kapan2 aku upload juga rekoemndasi wattpad di sini ya Mba. Siapa tau ada membantu 😁

      Klo di cerita ini sebagai saksi. Yg bikin seru itu krna ternyata kemudian kasus pembunuhannya nyeret permasalahn keluarga Tania juga 😁

      Delete
  8. Aku tau wattpad, tp jujurnya baca lgs dr situ blm pernah. Tapi sepertinya ada kalo baca buku penulisnya yg sudah diterbitkan, kayaknya udh, walo ga yakin buku yg mana hahahahh.

    Eh ini kok menariiiik sepertinya. Ga nyangka juga ada pembunuhan segala. Ga ada di ipusnas yaaa hahahahaha. Penasaran, aku hrs cari kayaknya :D.

    Bacaan ringan gini, tp ada sentuhan misteri, itu favoritku mba. Dari dulu aku memang LBH milih buku thriller suspense drpd yg lain. Tp kalo digabungin Ama romance bolehlaaaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku baru baca wattpad klo ada rekomendasi dr orang2 paling Mba. Ntr kapan2 aku post di sini deh rekomendasi cerita wattpad yg oke 😁

      menarik mba, walau thrillernya cuma dikit, tp cukup bikin penasaran dan bumbu cerita di antara kisah romance Tania dan Will. hehehe.. 😊😊

      Delete