Saturday, 24 October 2020

8 Film yang Diangkat dari Buku Karya Roald Dahl

Ada yang udah nonton remake film The Witches yang keluar minggu lalu? Sebuah film fantasy anak yang diperankan oleh Anne Hathaway.
Melihat cuplikan film ini membawa memori saya ke beberapa tahun silam saat pertama nonton film The Witches di TV waktu saya masih SD. Dulu rasanya merinding sekali melihat wanita-wanita yang ternyata penyihir merubah seorang anak menjadi tikus. Beberapa tahun setelah menonton filmnya, saya menemukan buku dengan judul yang sama, The Witches karya Roald 
Dahl. Dari situ lah saya tahu ternyata film yang sudah saya tonton dari kecil ini diangkat dari sebuah buku.

Perkenalan saya dengan Roald Dahl berlanjt tidak hanya dengan buku The Witches, tetapi juga dengan buku Roald Dahl yang lain. Saya bahkan punya book set buku Roald Dahl dengan ilustrasi dari Quentin Blake. Buku itu duluu banget dibelikan suami saat masih pacaran. Saat dia liat ekspresi kagum saya melihat book set ini di Gramedia, dia langsung mengangkut bukunya ke kasir (tanpa nanya-nanya saya), bayar dan memberikan ke saya. 😍😍 Waktu itu saya pengen banget beli pastinya, tapi saya kok berasa sayang mau beli karena saya udah punya beberapa bukunya yang sama. Sedangkan si pacar waktu itu tahu banget kalau saya ga beli bukunya pasti kepikiran. Hahaha.  Kalau dipikir-pikir, ternyata dia memang sudah bakat so sweet dari dulu 😍 

buku film roald dahl
Book set Roald Dahl dari sang pacar πŸ’–πŸ’–

Back to topic, buku-buku Roald Dahl itu imajinatif banget menurut saya. Sebagai pencinta fantasi dan buku anak, karya Roald Dahl wajib banget dibaca. Sebut saja ada kisah anak yang ke pabrik coklat yang ternyata sangat ajaib, atau saat kita bisa ke luar angkasa dengan elevator ajaib, berpergian menyebrangi lautan dengan buah peach raksasa, jari ajaib yang bisa merubah apapun, raksasa yang bisa menangkap mimpi dan banyaaak lagi yang lain.

Who is Roald Dahl?
Roald Dahl adalah penulis berkebangsaan Inggris. Ia lahir pada tahun 1916 dan meninggal di usianya yang ke 74 tahun. Salah satu yang  saya kagumi darinya adalah karena ia tidak saja berprofesi sebagai penulis, tapi dia juga adalah pilot pesawat tempur saat perang dunia. Ia juga sempat bekerja pada perusahaan minyak Shell di berbagai belahan dunia. Dan ia juga seorang atase. Wow! Jadi siapa bilang orang yang berprofesi lain tidak bisa menjadi penulis kan?

buku film roald dahl
Roald Dahl saat book signing bersama anak-anak di Amsterdam (1988)

Pada sela-sela waktunya bersama istri dan anak-anaknya, Roald Dahl menulis cerita-cerita luar biasa. Beberapa bukunya bahkan dikatakan memang terinspirasi dari anak-anaknya sendiri. Puluhan tahun sejak kematiannya, karyanya masih mendapat tempat istimewa di hati orang-orang. Sampai sekarang, bukunya telah diterjemahkan ke puluhan bahasa di dunia. Karya-karyanya juga banyak yang memperoleh penghargaan bergengsi.

Buat kamu yang tidak terlalu suka membaca, tenang saja. Kamu masih bisa kenalan dengan karya-karya Roald Dahl yang sudah banyak diangkat menjadi film. Yang terbaru tentu saja The Witches yang saya sebut di awal postingan ini.

Apa saja karya Roald Dahl yang sudah difimkan? Ini dia daftarnya :

1. The Witches

Buku ini mengisahkan tentang Charlie yang tidak sengaja mengetahui ada konferensi penyihir di hotel tempat ia dan neneknya menginap. Kebetulan nenek Charlie adalah orang Norwegia, dan orang Norwegia sangat tau tentang penyihir. Kata neneknya, salah satu hal menakutkan tentang penyihir adalah mereka sangat membenci anak-anak. Sehingga mereka sering menculik anak-anak untuk dilenyapkan atau diubah menjadi binatang. Jadi agar anak-anak tidak diincar oleh penyihir, lebih bagus untuk tidak mandi agar penyihir tidak bisa mencium bau anak-anakmu πŸ˜†
Pada konferensi penyihir di hotel itu, Charlie ketahuan dan kemudian diubah menjadi tikus, dan dimulai lah petualangan Charlie sebagai tikus untuk melawan para penyihir jahat.


buku film roald dahl

Film pertama tayang tahun 1990 dan sangat berkesan bagi saya karena penyihirnya digambarkan sangat tidak enak untuk dilihat. Seperti ciri-ciri pada bukunya, penyihir (yang pasti perempuan) mempunyai kepala yang botak, kaki yang kotak dan kuku kuku yang panjang. Waktu dulu menonton film ini waktu kecil, saya sempat takut dengan wanita berkepaka botak karena takut ia adalah seorang penyihir πŸ˜…

buku film roald dahl

Film ramake terbarunya tayang bulan ini dan katanya banyak menuai kritik akan kualitasnya. Bahkan akting Anne Hathaway pun dikatakan tidak maksimal. Tetapi saya tetap penasaran buat nonton. Ada yang udah nonton?

buku film roald dahl

Lebih serem ratu penyihirnya di film yang dulu sebenernya dari pada Anne Hathaway 


2. Matilda

Kisah ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang sangat pintar bernama Mathilda. Ia sangat senang membaca, namun dianggap aneh oleh keluarganya yang lebih suka menonton televisi. Walaupun anak kandung, dia selalu diperlakukan seperti anak angkat oleh orang tua bahkan juga oleh kakak laki-laki. Orang tuanya bahkan lupa untuk menyekolahkan dia saat umurnya sudah 7 tahun.  Parah memang orang tuanya πŸ˜‚

Baca juga : 

Selain pintar dan suka membaca, ternyata Matilda mempunyai kekuatan ajaib seperti telekinesis. Awalnya di sekolah dia tidak diperlakukan dengan adil, sampai suatu saat dia bertemu dengan seorang guru yang baik hati bernama Miss Honey. 
Secara umum kisahnya seru, menggambarkan bahkan keluarga kandung juga bisa menjadi toxic loh. 
Film Matilda pertama kali tayang tahun 1996, dan bahkan sampai sekarang saya tidak pernah bosan menonton film ini.


buku film roald dahl

3. Charlie and the Chocolate Factory

Charlie and the Chocolate Factory bisa dikatakan adalah salah satu karya Roald Dahl yang paling populer. Bahkan sampai saat ini, film dari buku ini telah tayang dalam berbagai versi. Buku ini mengisahkan tentang petualangan Charlie, seorang anak yang miskin namun beruntung mendapatkan Golden Ticket dari coklat yang dibelinya. Ia dan 4 anak yang juga mendapatkan Golden Ticket kemudian diundang untuk factory tour di pabrik coklat milik Willy Wonka. Disinilah petualangan dimulai karena pabrik coklat Willy Wonka bukanlah seperti pabrik coklat pada umumnya. Coklat-coklat tumbuh dari pohon bahkan sungai yang penuh dengan coklat, rumput-rumputnya pun juga bisa dimakan 😍 Para pekerjanya pun bukan orang biasa tetapi kurcaci yang disebut dengan umpa lumpa. Membaca buku ini (dan menonton filmnya), membuat saya membayangkan andai ada pabrik coklat seperti milik Willy Wonka benar-benar ada, pasti seru sekali berpetualang di sana 😍😍
Film terakhir Charlie and the Chocolate Factory diproduseri oleh produser animasi terkenal Tim Burton dan dibintangi oleh Johnny Depp sebagai Willy Wonka


buku film roald dahl

Kelanjutan petualangan Charlie di pabrik coklat sebenernya dilanjutkan pada buku Charlie and The Great Glass Elevator, tapi sampai sekarang buku ini belum diangkat menjadi film.

buku film roald dahl

4. James and the Giant Peach

James and the Giant Peach adalah buku Roald Dahl paling favorit saya. Buku ini mengisahkan tentang anak yatim piatu dan harus tinggal dengan kedua bibinya yang sangat kejam dan menyebalkan. Pada suatu hari, seseorang memberikan James sebuah magic bean yang kemudian tumbuh menjadi pohon peach raksasa. Pada buah peach raksasa terdapat beberapa serangga yang tinggal di dalamnya. James kemudian berpetualang mengarungi lautan menggunakan buah peach bersama teman-teman serangganya sampai mencapai kota New York. 


buku film roald dahl
Buah peach dan serangga mengarungi lautan, benar-benar kisah imajinatif 😍

Buku ini telah diangkat menjadi film dalam bentuk stop motion musical pada tahun 1996.

buku film roald dahl


5. The BFG

BFG merupakan singkatan dari Big Friendly Giant. Buku ini mengisahkan tentang raksasa yang bisa menangkap mimpi anak-anak. Tidak seperti raksasa-raksasa lainnya, BFG ini sangat baik dan tidak suka memakan manusia. Raksasa itu berteman dengan seorang anak kecil yatim piatu bernama Sophie yang diambilnya dari sebuah panti asuhan.

Baca juga film yang diangkat dari buku lainnya di postingan  :

The BFG telah diangkat menjadi film yang diproduseri oleh produser terkenal Stephen Spileberg pada tahun 2016. Filmnya sendiri menurut saya sebenarnya bagus tapi entah mengapa terasa terlalu suram dan gelap, berbeda dengan film-film Roald Dahl yang lainnya yang terasa lebih ceria.


buku film roald dahl


6. Fantastic Mr. Fox

Mr Fox adalah seekor rubah yang tinggal di bawah tanah bersama istri dan anak-anaknya. Petani yang sudah tidak sabar karena hewan ternaknya sering dicuri oleh sang rubah mulai merencanakan perangkap untuk menangkap sang rubah dan keluarganya. Namun Mr Fox yang cerdik bersama dengan binatang-binatang lainnya bahu-membahu untuk melawan petani tersebut. Sebenarnya buku Fantastic Mr. Fox termasuk lebih lebih tipis dibandingkan buku Roald dahl lainnya, tetapi tetap saya ceritanya menarik. 
Film Fantastic Mr. Fox realease tahun 2009 dalam bentuk film animasi stop motion.


buku film roald dahl


7. Danny, the Champion of the World

Berbeda dengan buku-buku Roald Dahl lainnya, pada buku Danny, the Champion of the World ini tidak terdapat hal-hal ajaib seperti makhluk ajaib atau kekuatan magic. Buku ini menceritakan petualangan Danny bersama sang ayahnya, karena sang ibu telah lama meninggal dunia. Danny dan ayahnya mencoba memberikan pelajaran kepada seorang pria kaya yang berkarakter buruk pada acara  berburu burung pegar. Buku ini disebutkan Roald Dahl terinspirasi dari kehidupannya sendiri. Termasuk salah satunya caravan yang dijadikan tempat tinggal oleh Danny terinspirasi dari caravan yang berada di halaman rumah Roald Dahl sendiri. Walaupun tidak ada hal magical pada buku ini,  menurut saya temanya tetap menarik karena mengangkat tema keluarga. Selain itu, hubungan Danny dan ayahnya yang saling menyayangi sangat menghangatkan hati untuk dibaca. 
Buku ini telah diangkat menjadi film pada tahun 1989.


buku film roald dahl

8. Esio Trot

Berbeda dengan buku Roald Dahl lainnya, karakter pada buku ini bukanlah anak-anak tetapi merupakan orang yang telah berusia lanjut. Ini merupakan buku terakhir yang dipublish oleh Roald Dahl semasa hidupnya. Menceritakan tentang seorang pensiunan bernama Mr Hoppy yang jatuh cinta pada tetangga bawah apartemennya Mrs Silver. Mrs silver mempunyai peliharaan seekor kura-kura dan dia sering mengatakan kepada Mr Hoppy kalau kura-kuranya susah sekali untuk tumbuh besar. Mr Hoppy kemudian mengatakan dia mempunyai mantra untuk membuat kura-kura membesar. Ia kemudian memberikan kertas berisi mantra yang harus dibisikkan oleh Mrs Silver kepada sang kura-kura tiga kali sehari. Apakah mantra itu benar-benar bisa berhasil? Silahkan baca bukunya atau kamu bisa nonton filmnya film ini telah tayang pada tahun 2015 yang diperankan oleh Dustin Hoffman.


buku film roald dahl

Dari sekian banyak karya Roald Dahl, ternyata sudah banyak juga ya yang telah diangkat ke layar lebar. Apakah kamu sudah menonton semuanya? Kalau belum, film mana yang penasaran untuk kamu tonton duluan?


Sumber gambar 
Buku : koleksi pribadi
Foto Roald Dahl : wikipedia
Film : IMDB

36 comments:

  1. Keren juga yaa buku2 karya Roald Dahl yang akhirnya dijadikan beberapa film.😊😊 Bahkan lebih enak nonton filmnya, Karena berbentuk animasi lucu, Unik serta menarik.😊😊


    Saya malah tahunya yang nomor tiga doang yang berjudul Charlie and the Chocolate Factory...Baru tahu juga ternyata film itu karya buku dari Roald Dahl.😊😊

    Thanks ulasan menariknya mbak Thessa.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mas satria, filmya banyak yg animasi dan efeknya bagus2. Jd malah lebih kebayang secara visual dibanding saat baca bukunya. Hehehe..

      Charlie and chocolate factory memang buku dan film Roald dahl yg paling populer mas, apalagi yg main Johnny Deep 😁 Sebelum itu juga udah bbrapa kali juga diangkat film.

      Makasi banyak juga udah baca review saya ya Mas satria 😊

      Delete
  2. Hi good afternoon. All right? I am Brazilian, from Rio de Janeiro and I want to present my Blogger. New friends are welcome, no matter the distance. I would like to invite you to follow my Blogger.

    https://viagenspelobrasilerio.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Thank you for visiting my blog.. regard from Indonesia πŸ™
      Your blog is great, but I'm sorry I can not understand Brazilian language..

      Delete
  3. Saya belum menontonnya semua mbak thessa. Dari 8 film itu baru nonton Charlie and the chocolate factory dan The BFG.

    Dari dua film itu memang favoritku Charlie and the chocolate factory apalagi yang main Jhonny Depp, produsernya juga Tim Burton. Film Jhonny Depp dan Tim Burton lain yang aku tonton adalah Sleepy hollow yang tidak kalah bagus tapi genre horor. Eh kenapa malah film horor.πŸ˜‚

    Senang aku kalo mampir ke blognya mbak thessa, soalnya banyak bacaan atau film yang cocok untuk anak-anak, soalnya sekarang jarang film untuk anak kecil. Makasih ya infonya.πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Charlie and chocolate factory memang paling terkenal Mas Agus. Selain itu, film yg James and Giant Peach jg produser nya Tim Burton loh.

      Tetep ya Mas Agus senengnya horor πŸ˜‚ iya, Sleepy Hollow sama Johnny Deep juga. Selain itu bnyak jg yg film dark animasi nya Tim Burton yg bagus..

      Wah aku juga senang dikunjungi master blogger kaya Mas Agus. Makasi juga ya mas, semoga bermanfaat yaa..

      Delete
    2. Waduh, tutup muka pakai tutup panci ah dibilang master blogger. Saya hanya orang biasa mbak, yang ditulis kang satria itu ngaco semua.

      Coba ah ntar aku cari film film Tim Burton, sepertinya bagus ya.

      Delete
  4. Waaa ada Charlie and the Chocolate Factory, ini film kesukaaan bangetttt! Gak pernahh bosan tontonnya. Dan beberapa filmnya aku juga tau tapi belom nonton sih.

    Aku penasaran sama The Witches deh, kayaknya bagus deh dan aku suka banget sama Anna Hatheway. Tapi kok dapet sambutan kurang baik yaaa film barunya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah suka Charlie and chocolate factory juga ya Mba Tika? Toooss..
      The Witches yang terbaru aku juga blm sempet nonton nih. Tp mungkin sbnrnya bagus, tp namanya remake pasti orang mau ga mau jd suka ngebanding2in sama yg sblmnya kan..

      Delete
  5. Saya baru engeh Roald Dahl pas nonton BFG pas SMA. Salah satu alasan saya nonton waktu itu pengen lihat animasi terbarunya Steven Spielberg. Eh taunya malah kenalan sama Roald Dahl dan tau beberapa adaptasinya. Hampir semua judul pernah saya lihat, tapi yang pernah saya tonton hanya beberapa. Salah satu favorit saya mungkin Willy Wonka yang diperankan Johnny Depp. Mungkin karena akses nonton saat itu gampang, sering muncul di teve seperti film-film Home Alone.

    Kayaknya, saya tertarik untuk nonton Matilda. Sudah lama lihat dan pengen nonton, tapi keseringan lupa. Saya masukkan dulu ke watchlist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owwhhh malah pertama taunya dari film BFG ya mas.. Animasinya memang keren sih itu..
      Willy Wonka saking seringnya diulang2 di TV yaa 😁 karena memang banyak yg sukaa..

      Matilda buat aku baguuus, padahal jadul udah 20th yg lalu. Hehehhe. Tp suka aja liatnya, apalagi endingnya juga baguus. Mudah2an berkesempatan nonton jg ya Mas Rahul 😁

      Delete
  6. Keren banget ya karya roald dahl. Pengen nonton salah satu deh yang pertama The Witches.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, memang keren2 karyanyaa.. Hehehe..
      Pas klo gitu Mba, karena The Witches yang paling baru keluar :D

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Kalau dari judul-judul yang Kakak sebutkan, hanya Charlie dan Matilda yang pernah aku tonton, tapi untuk Matilda, aku nggak selesai nontonnya dan nggak pernah dari awal juga karena keseringan nontonnya di TV lokal, jadi pas lagi gonta-ganti channel, eh nemu film, yauda ditonton aja bentar 🀣, jadi aku nggak pernah selesai nonton Matilda. Baru-baru ini, aku tahu kalau Matilda merupakan salah satu karya terkenal dan aku malah jadi ingin baca bukunya 🀭
    Kalau Charlie, aku nonton dari awal sampai akhir dan aku suka apalagi ada Jhonny Depp yang selalu aku suka aktingnya (apalagi waktu main di Pirates of Carribean). Kisah Charlie ini endingnya hangat sekali, aku masih ingat akan endingnya. Juga makna yang ingin disampaikannya, ngena banget, agar kita jangan menjadi orang yang bisa menahan nafsu dan nggak serakah πŸ™ˆ.

    Nah, sisa dari 6 judul yang Kakak sebutkan, aku paling penasaran dengan The Witches sih hihihi. Katanya ditayangkan di HBO ya? Aku bingung kalau nggak langganan HBO, harus nonton dimana πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Charlie memang paling populer Lia, apalagi yang meranin Johnny Deep dan model rambut kotaknya, bener2 membekas di ingatan. Hehehe.. Baguus memang pesan moralnya. Dan ada kelanjutannya sebenernya petualangan Charlie sama Willi Wonka di buku Charlie & great glass elevator Lia, jd ga berakhir di buku ini. :D
      Matilda memang sering banget di puter yaaa.. Aku tiap diputer di TV biasanya nonton lagi dan ga bosen2.

      The Witches sih diiklannya tayang di bioskop Lia, tp kan lagi Covid ini entah gimana tuh. Huhuhu.. Mungkin nanti bakal tayang di HBO tp biasanya ga langsng abis release.

      Delete
    2. Jhonny Depp kalau main film selalu bagus-bagus dan berkesan ya, Kak πŸ™ˆ Aku suka om Jhonny #ehhh
      Nah, yang seri ke-2 dari Charlie itu aku belum nonton. Malah baru tahu kalau ada seri ke-2nya dari Kakak 🀭 sebagus seri ke-1 nggak isinya?

      Setahu aku yang The Witches memang ekslusif tayang di HBO. Apa aku salah ya πŸ™ˆ
      Semoga kita bisa nonton The Witches karena aku pengin tahu ceritanya gimana. Maklum, aku belum pernah baca The Witches πŸ˜‚

      Delete
    3. Eh maap Lia klo bikin salah pengertian, πŸ˜… Petualangan lanjutan Charlie adan Willy Wonka itu ada di buku Great Glass Elevator, tapi memang blm diangkat jadi buku. Hehehe..

      Waah asik donk klo tayang di HBO 😍😍 Iyaa, semoga yaa Liaa. Ntr sharing pendapat Lia klo udah nonton yaaa πŸ˜‰

      Delete
  9. aku baru tahu jika film Charlie and the Chocolate Factory itu diangkat dari sebuah buku. Aku sudah beberapa kali nonton film tersebut dan tidak pernah bosan. Suka dengan aktingnya Johny Depp. Terutama pas main di Pirates Of Carrabian. Mungkin akan tertanam karakter jack sparrow adalah Johny Depp. Kalau diganti yang lain, mungkin penggemarnya akan merasa aneh...hahahha

    kemudian nonton the BFG juga. Ceritannya bagus. Meskipun dia tidak makan manusia, si raksasa juga tidak menyukai manusia. Beberapa kali dia menunjukkan kejengkelannya terhadapa manusia..hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal udah sering nonton ya Mas, tapi baru ngeh kalau ini diangkat dari buku Roald Dahl yaa..
      Johnny Deep aktingnya memang juara, di film ini atau di film2 lainnya kayak di Pirate of Carribien. Bahkan waktu jd Mad Hatter di film Alice juga dia jagoan bgd, tiap peran berasa liat orang yang berbeda..

      BFG jalan ceritanya bagus aku juga sukaa, tp entah kenapa mnrut ku filmnya agak gelap. padalah klo baca bukunya sbenernya ga sesuram itu.. :D

      Delete
  10. Keren banget Roald Dahl, karyanya banyak yang diangkat ke layar lebar.
    Dan dia nggak hanya kerja sebagai penulis aja.

    Kisah hidupnya aja udah cukup menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, saking banyak peminatnya, buku2nya jd banyak yg diangkat ke layar lebar Mas Rudi 😁
      Kisah hidup ya sbnrnya dua sisi sih, ada yg inspiring ada jg yg mengecewakan. Tp yasudahlah, aku cuma pengen bahas sisi positifnya aja..😁

      Delete
  11. Waaah saya baru tahu loh mbk mengenai roald Dahl, keren2 ya karyanya. Dari 8 film yang telah dipaparkan tadi, aku cuma tahu 1. Yaitu Charlie and the Chocolate Factory, film ini beneran terkenal sih hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Dodo, memang walau ga semua orng tau Roald Dahl, setidaknya mereka tau karyanya yg Charlie & Chocilate Factory. Terkenal bgd memang yg satu itu 😁

      Delete
  12. Seingat saya, udah nonton 1,2 dan 3 deh, tapi yang paling diingat karena sering nontonnya ya si Charlie itu :D

    Btw keren banget ya dirimu Mba, maksudnya kebayang nggak sih asyiknya kita nonton sesuatu yang kita udah baca bukunya, meski nggak semua film sebagus bukunya.

    Salah satu yang saya ingat filmnya tidak seheboh bukunya adalah my stupid boss deh, entah mengapa, saking saya baca bukunya tuh mengalir banget tulisannya, ngegas.
    Pas liat akting BCL jadi kek lebay gitu.

    Mungkin karena nggak sama banget ama filmnya.

    Nah yang agak mirip tuh buku Rectoverso dengan filmnya, khususnya Curhat Untuk Sahabat, Acha benar-benar menghidupkan apa yang ditulis di buku tersebut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah nonton 1,2,3 ya Mba Rey? Di antara semuanya, ketiga itu juga yg pertama2 aku tau n tonton loh. hehehhe.. Charlie memang paling diinget yaa..

      Asiik mbaa. sebenarnya tergatng filmnya juga sih. Banyak juga visualisasi film yang ga sesuai sama bukunya. Tapi khusus buat film2 Roald Dahl ini mnrt ku bagus2. Walau ga persis sama sama bukunya tapi feel nya dapet semua.

      Aku juga ga nonton My Stupid boss donk, liat trailer nya doank udah agak ga sreg. Hehehe.. Rectoverso bukunya Dee kan ya? Aku liat review filmnya di blog Mba Rey. Jadi penasaran juga pengen nonton...

      Delete
    2. Ralaaatt, yang nomor 1 itu barusan saya tonton say kemaren, nanti mau nulis ah reviewnya, yang dulu saya tonton kayaknya film lama, dan udah lama juga, saya ingat kok tapi samar-samar, kayaknya dulu nonton di TV dan cuman sebagian-sebagian :D

      Iyaaa, yang my stupid boss kan saya baca duluan, baru nonton, jadinya kurang greget, nah rectoverso itu setelah saya nonton, saya baca yang curhat untuk sahabat, adegannya itu loh persis sis dengan yang di film eh salah di buku hahahaha

      Delete
  13. Dari 8 baru nonton Charlie :D dan baru tahu ada film Esio Trot. jadi pengen nonton yang itu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton Mbaa, klo Esio Trot genre nya lebih ke drama, bukan fantasi.. Hehehe.. :D

      Delete
  14. Demi apaaa aku baru tau Charlie Chocolate itu ceritanya Roald Dahl πŸ™ˆπŸ™ˆ filmnya aja tuh aku suka wowww sendiri melihat animasinya yang sangat sangat imajinatif. Itu Roald Dahl gimana ceritanya ya bisa membayangkan pabrik cokelat yang isinya seperti itu. Terus pesan morilnya juga bagusss, aku suka sekalii (:

    Aku memang jarang baca buku anak-anak, tapi sejak Mba Thessa review buku anak-anak jadi kepingin baca satu per satu, karena sepertinya seruuu menyelam ke dunia fantasi anak-anak, meski penulisnya sih orang dewasa yaa πŸ˜†

    Terima kasih banyak untuk ulasannya, Mba Thessa! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa walau baru tahu, tapi ternyata udah menikmati karya2nya Roald Dahl dari dulu melalui film2nya ya Mba Janee.. Hehehhe.. Baguus banget emank itu imajinasinya, bikin pengen ke pabrik coklat yang kayak gitu kan jadinya. Coba aja benerannya yaaa >.<

      Jarang baca buku anak2 ya Mba? Klo aku karena lebih seneng baca buku ringan2 dan fun gitu, dan itu tentu aja bisa didapet dari buku anak. Walau penulisnya memang orang dewasa. Oiya ada juga buku fantasy anak yg bagus judulnya A Mosnters Call karya Patric Ness, itu juga bagus banget, baca deh Mba. Pesan moralnya dapet banget.. ^^

      Terima kasih juga udah baca ulasan saya Mba. Muaachh :*

      Delete
  15. Saya pernah nonton yang Charlie and the cocholate factory sama the BFG mbk😁, yang the witches itu kemarin mau download karen lihat di tik tokπŸ˜‚ tapi belum jadi. Jadi pengen nonton deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaa Astriaa, si penganten baru akhirnya muncul lg. Hehehe..
      Yg udah Charlie sama BFG ya Mbaa. Coba nonton The Witches mba, ntr share di blog reviewnya klo udah nonton yaa 😁

      Delete
  16. aku suka kalau baca buku cerita anak, sampe sekarang pun suka. bukunya yang colourfull bikin enak dilihat. nggak heran kalau dulu koleksi buku ceritaku lumayan juga dan paling seneng kalau soal tokoh dunia
    film charlie and the chocolate factory ini bagus mbak, aku suka, ada pelajaran menarik yang bisa diambil
    dan malah aku penasaran sama matilda ini,cari dimana ya mbak, ku jadi pengen nonton deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku anak memang selain ceritanya yg imajinatif, paling asik juga liatin ilustrasinya yaa..

      Matilda aku nontonnya selalu pas ditayangin di TV paling mba, dan itu sering bgd diulang2. Ga pernah bosen aku nontonnya 😁

      Delete
  17. Dan aku baru tau dooong kalo road dahl ternyata laki2 ekwkwkwkwkwk. Selama ini mikirnya perempuan mba :D.

    Aku agak kudet kalo bicara buku2 road dahl, Krn sejujurnya ga banyak yg kubaca. Baru Matilda doang. Nth kenapa buku2 Enid blyton LBH menarik perhatian dulu. Bisa jadi yaaa Krn gambar covernya mba :). Dulu aku LBH memilih buku2 yg GBR covernya jelas. Kan beda bgt tuh GBR cover Enid Ama road. Kalo road memang LBH berkesan buku fantasy bgt. Dan dulu aku ga terlalu suka buku2 yg begitu. Makanya ga terlalu tau ttg karya2 road dahl. Tp aku mau coba ngenalin buku2nya ke Fylly, supaya referensi dia ttg cerita anak makin banyak, ga terbatas Enid doang :).

    ReplyDelete