Sunday, 22 March 2015

Interview with the vampire by Anne Rice

The Vampire Chronicles
Interview with Vampire karya Anne Rice adalah buku jadul klasik yang pertama kali terbit tahun 1976. Buku ini adalah buku pertama dari buku seri Vampire Chronicles Anne Rice yang terdiri dari buku2 sbb: 

Interview with the Vampire (1976)
The Vampire Lestat (1985)
The Queen of the Damnes (1988)
The Tale of the Body Thief (1992)
Memnoch the Devil (1995)
The Vampire Armand (1998)
Merrick (2000)
Blood and Gold (2001)
Bloockwood Farm (2002)
Blood Canticle (2003)
Prince Lestat (2014)

Buku pertama yang saya baca pada seri ini justru buku ke-3 The Queen of The Damned pada saat saya SMP tahun 2000an. Sudah lama penasaran dgn seri ini dan akhirnya menemukan salah satu shop online yang menjual buku pertamanya, Interview with The Vampire. 
Buku yang saya baca adalah used book yang terbit 20 tahun yang lalu (cetakan ke-2 April 1995) versi terjemahan dengan judul Wawancara dengan Vampir diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. 

The Summary and Review
Buku ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Daniel yang mewawancarai seorang vampir yang telah berumur 200an tahun. Wawancara cuma berlangsung 1 malam, tapi cukup untuk sang vampir menceritakan hampir seluruh perjalanan hidupnya. Vampir yang diwawancarai bernama Louis de Pointe du Lac. Dia dulunya bisa dikatakan bangsawan yang hidup pada tahun 1800an di salah satu kota di perancis yaitu New Orlens. Tapi kehidupannya berubah kita adik laki2 kesayangannya meninggal dunia. Louis seperti dihantui perasaan bersalah dan mimpi buruk. Sampai pada suatu hari, seorang vampir menghisap darahnya dan mebiarkannya dalam keadaan sekarat. Louis yang terpesona dengan kesempurnaan sang vampir dan sudah tidak sanggup menjalani kehidupannya yang biasa akhirnya membuat kesepakatan. Loius akan menyediakan tempat berlindung untuk mereka asal sang vampir mau menjadikannya vampir juga. Vampir yang kemudian diketahui namanya adalah Lestat de Lioncourt akhirnya berbagi keabadiannya dengan Louise dengan cara menghisap semua darah Louise dan kemudian menggantinya dengan membiarkan Louis meminum darah vampirnya. 
Disitulah bermula kehidupan Louis dan Lestat yang penuh intrik. 
Sebenarnya inti dari ceritanya cukup sederhana. Louis diubah menjadi vampir oleh Lestat - Lestat melakukan segala cara agar Louis tetap di sisinya - Louis akan meninggalkan Lestat - Lestat merubah anak berumur 5 tahun menjadi vampir agar Louis 'terpaksa' merawat anak vampir mereka sehingga mencegahnya untuk pergi - daan seterusnyaa..
Walau ceritanya tidak komplek, tetapi ceritanya sangat kaya akan pendalaman karakter. Deskripsi karakter dan lingkungan dijelaskan dengan sangat detail dan deskriptif. Bagi yang tidak suka  penjabaran yang detail mungkin akan merasa beberapa bagian membosankan.
Digambarkan bagaimana karakter Lestat yang egois, tidak memiliki kepedulian dengan manusia yang menjadi korban2nya, sok kuasa, senang menghambur2kan harta Louis tetapi dilain pihak juga seperti memiliki misteri. Lestat sepertinya juga memiliki sisi manusiawi karena dia menjaga bapaknya yang buta sampai akhir hayatnya. Padahal diceritakan bapaknya pernah membuat Lestat sangat kecewa dan sakit hati. 
Sedangkan Louis digambarkan sebagai seorang pemuda yang sangat tampan, terpelajar, memiliki rasa manusiawi yang tinggi sehingga di dalam hatinya selalu ada pergolakan batin bahwa dia adalah makuk terkutuk karena harus hidup dengan membunuh setiap harinya. 
Hubungan Louis dan Lestat pun digambarkan sangat kompleks, karena penuh dengan pergelokan perasaan. Beberapa kali Louis berniat meninggalkan Lestat karena sikapnya yang semena2, tetapi Lestat selalu mengatakan bahwa banyak hal tentang vampir yang Louis tidak tahu dan dia tidak akan bisa bertahan tanpa Lestat bersamananya. Sedangkan Lestat tentu saja membutuhkan Louis untuk hidup dalam penyamarannya sebagai 'manusia biasa'. Seperti kata Claudia, anak vampir cantik mereka, dengan Lestat bersama mereka, mereka merasa Lengkap.
Ini dia penampakan bukunya, not bad lah kondisinya buat buku yang umurnya udah 20 tahun..




The Movie
Buku ini telah difilimkan pada tahun 1994 dengan judul yang sama. Film ini bisa dikatakan bertabur bintang karena dibintangi oleh Brad Pitt (Louis), Tom Cruise (Lestat), Antonio Banderas (Armand - tetua vampir yang pernah ditemui Louis dan Claudia -), dan Kirsten Dunst (Clauida). Alur cerita pada buku diceritakan dg sangat baik pada filmnya, tetapi pergolakan batin dan perasaan2 para tokoh yang dirasakan sangat mendalam pada bukunya sayangnya tidak cukup tergambarkan di filmnya. Beberapa plot juga ada yang berbeda, seperti Louis yang digambarkan kehilangan anak dan istrinya (di buku kehilangan adiknya), Claudia yang berumur 12 tahun (di buku 5 tahun, mungkin susah nyari pemeran untuk mengeluarkan karakternya kalau 5 tahun. Hehehe). 


Reaksi:

13 comments:

  1. wuih asyik banget bisa dapet buku cetakan ke-2nya :)
    saya malah blum baca dan blum nonton jg :D

    ReplyDelete
  2. Iyaa, buku yg udah berumur 20tahun.. ^^ Filmnya juga jadul. Nonton deh teh, kadang suka diulang di HBO..

    ReplyDelete
  3. Lagi baca buku keduanya The vampire lestat..
    Cerita dr point of viewnya lestat...
    Ternyata lestat orgnya baik bgt dan pas dirubah jd vampire dia resist bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli bukunya dimanaaa? Pengeeen bacaaa.. Hehehe..

      Delete
    2. ga beli agak susah klo nyari skr ada playbook android/ebook
      Atau sist ada account fb ga ? nanti aku japri linknya

      Delete
    3. Kalau ebook biasanya aku baca d kindle, tp blm liat ada atau ga ^^ Mau donk link nya. Makasi yaaa ;) email ke mywonderfulbooklife@gmail.com

      Delete
  4. saya ada tapi belum baca ^^ favorit banget malah the mummy nya anne rice. ga kehitung sdh berapa kali re read pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. The mummy yaa? Pengen baca jugaa deeh.. Cari aaah.. ^^

      Delete
  5. Aku suka kagum sama penulis luar yang bisa membuat buku sampai beranak pinak hingga yang ke sekian, rasa-rasanya imajinasi mereka ga pernah berhenti. Vampire, yang aku pernah tonton filmnya cuma Van Helsing, itu terkenal banget kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Aku malah belum nonton van helsing ^^

      Delete