Saturday 30 April 2016

Mari Kenalan dengan Penulis Buku Anak "Eva Ibbotson"



Dalam rangka posting bareng BBI April 2016 yang bertema "children book", saya akan sedikit menceritakan tentang Eva Ibbotson, salah satu penulis buku anak favorit saya. 

Duluuu, waktu saya baru baru saja lulus SD, saya menemukan buku yang berjudul Which Witch? - Penyihir Mencari Istri karya Eva Ibbotson. Menceritakan tentang seorang penyihir yang mencari istri, penyihir wanita yang terkejam sepanjang masa. Cerita yang ditawarkan disajikan dengan bahasa ringan, tetapi ide dan jalan ceritanya sangat menarik buat saya waktu itu. Buku Penyihir Mencari Istri yang saya baca dulu adalah versi terjemahan terbitan Gramedia. Usut punya usut ternyata buku Which Witch? sendiri sebenarnya telah diterbitkan sejak tahun 1979. 


Eva Ibbotson adalah penulis kelahiran Austria tahun 1925. Sampai akhir hayatnya pada tahun 2010, Eva Ibbotson telah menerbitkan lusinan buku anak dan young adult. Buku anak karya ibu 3 anak ini antara lain : 

The Great Ghost Rescue  (1975)
Which Witch (1979)
The Worm & the Toffee Nosed Princess (1983)
The Haunting of Hiram (1987)
Not Just a Witch (1989)
The Secret of Platform 13 (1994)
Dial-a-ghost (1996)
Monster Mission (1999)
Jouney to the River Sea (2001)
The Stat of Kazan (2004)
The Beasts of Clawstone Casle (2005)
The Dragon Pool (2008)
The Ogre of Oglefort (2010)
One Dog and his Boy (2010)
The Abominablee (2012)

Jujur saja belum semua karya Eva Ibbotson yang sudah saya baca, saat ini masih dalam tahap hunting2 beberapa bukunya yang memang sudah agak susah ditemukan. Buat menuhin koleksi, karena selain buat diri sendiri, juga nanti biar bisa dibaca bareng Titha ^^

Buku Eva Ibbotson favorit saya adalah Dial-a-gosh. Buku ini sangat menyenangkan, ide ceritanya unik tentang agensi hantu yang memberikan jasa-jasa untuk hantu yang membutuhkan tempat tinggal. Tetapi ternyata terjadi kekeliruan, keluarga yang memesan hantu ramah tertukar dengan orang yang memesan hantu-hantu mengerikan. Pokoknya jadi keos banget deh, belum lagi karakter hantunya yang aneh-aneh dan lucu ^^

Adapun buku yang sangat ingin saya baca tetapi sampai saat ini belum kesampaian adalah The Secret of Platform 13. Menceritakan tentang pintu pada Platform 13 yang membawa ke dunia rahasia, buku ini sempat diisukan merupkan sumber imajinasi JK Rowling untuk Platform 9 3/4 Harry Potter. 

Sekin bahasan postbar kali ini. ^^ Oiya, Giveaway April tinggal 1 jam lagi loh, jadi yang belum ikutan buruan gabung sebelum ditutup ^^ 
http://thessaliviareza.blogspot.co.id/2016/04/giveaway-april.html?m=1

Sumber gambar : wikipedia


2 comments:

  1. aku termasuk telat tau buku2 eva ibotson.. suka sama which witch dan haunting hiram. jadi penasaran sama dial a ghost. semoga buku2 lainnya juga diterjemahkan sama gpu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ^^ semoga kesampaian baca2 buku eva ibbotson yg lain jg yaa.. :)

      Delete