Sunday 15 May 2022

Gambaran Menyeramkannya Sosial Media pada Asinlit Novel 'Happiness Battle' karya Joo Youngha

Halo semuanya!
Apa nih buku gratis pertama yang kamu terima tahun ini? Waktu awal tahun, saya sempat menerima buku dari Gramedia untuk direview. Sebenernya novel Asianlit ini bukan tipe buku yang akan saya beli sendiri. Mungkin pembaca blog ini tau, safe read saya biasanya tidak jauh-jauh dari romance atau fantasy 😆. Namun, saya tidak pernah membatasi diri untuk membaca genre lain, apalagi kalau ketebalan bukunya masih acceptable. Hehehe.. Maklum, waktu membaca saya agak2 susah, jadi saya tidak mau terlalu ambisius membaca buku yang lumayan tebal 🤣.

buku Happiness Battle Joo Youngha


Jadi, buku Happiness Battle karya Joo Youngha ini tentang apa sih?

Blurb
Sepasang suami istri ditemukan dalam kondisi mengenaskan di Apartemen High Prestige supermewah di Gangnam. Sang suami, Kang Do-joon, ditikam di punggung, sementara istrinya, Oh Yoo-jin, ditemukan tewas dalam posisi bergelantungan di pagar balkon. Ketika Jang Mi-ho mendengar tentang kematian Oh Yoo-jin, sahabat baiknya semasa SMA, ia pun terdorong untuk menyelidiki sendiri kasus aneh itu.
Mi-ho berhasil mengetahui bahwa Yoo-jin dan beberapa ibu TK terlibat “perang kebahagiaan” di media sosial, di mana mereka berlomba-lomba memposting foto untuk memamerkan diri bahwa mereka adalah orang yang paling bahagia, karena memiliki suami paling penyayang, barang paling mewah, dan anak paling pintar. Polisi secara resmi menyatakan bahwa Oh Yoo-jin bunuh diri setelah menikam suaminya, tetapi Mi-ho curiga bahwa alasan kematian Yoo-jin berhubungan dengan “perang kebahagiaan” ini. Juga berhubungan dengan USB misterius yang sepertinya diburu semua orang.
Namun, apakah kasus ini juga berhubungan dengan trauma dari masa SMA tujuh belas tahun yang lalu?

Sosial Media yang Menyeramkan

Kamu ngerasa ga sih, sosial media itu sekarang seperti tempat perang kebahagiaan? Semua orang berlomba-lomba terlihat paling sempurna di sosial media. Semua pun ingin nge-branding diri sendiri dengan label tertentu. 
Pada buku ini, korban dan teman-temannya terlibat perang kebahagiaan tersebut di sosial media. Ada yang memperlihatkan 'istri sempurna', 'ibu yang paling penyayang', atau 'istri yang paling dimanjakan suami' dan berbagai label lainnya. Mereka berlomba-lomba terlihat paling luar biasa. 
Namun, bagaimana jika perang kebahagiaan itu berujung maut? 

buku Happiness Battle karya Joo Youngha

Review

Yang pasti, setelah membaca buku ini, saya terbengong-bengong 😆 Twistednya itu loh, saya ga ngira. Apalagi twistednya semata-mata bukan tentang pelaku kejahatannya saja. 

Awalnya ya, saya kira ini cuma tentang motif dibalik penyebab ditemukannya sepasang suami istri ditusuk dan tewas di apartemen mewah. Tapi ternyataaaaa..... wuaaa..... jauh lebih komplek dari itu. 😆😆 

buku Happiness Battle karya Joo Youngha

Twisted berlapis, masa lalu yang akan mempengaruhi hidup bahkan belasan tahun kemudian, bagaimana sosmed begitu memporakporandakan hidup dengan perang kebahagiaan yang diperlihatkan, daan banyak lagiii 🔥🔥

Rating

Kalau kamu suka membaca buku thriller yang tidak terlalu berat, cocok banget loh sama buku ini. 
Saya juga super super merekomendasikan buku ini buat kamu yang lagi belajar nulis novel dengan karakter yang kuat. Ini persis banget sama yang pernah diajarin editor saya, ada alasan setiap sikap orang mengapa seperti itu. Terutama tentang masa lalu dan trauma. Dan dibuku ini bener2 membuat kita bisa ikut merasakan betapa hidupnya karakter tokohnya karena trauma dan masa lalu mereka.. 
Untung bintang, saya berikan untuk Happiness Battle karya Joo Youngha ini 4.5 bintang 😍😍

buku Happiness Battle karya Joo Youngha


Oiya, selain buku ini, saya juga punya dua asianlit lagi nih yang belum dibaca. Ada buku Keigo Higashino yang Salvation of A Saint, bingkisan dari gwp.id saat saya menang lomba sambung cerita di instagramnya 😁. Sama satu lagi buku Haruki Murakami yang Dengarlah Nyanyian Angin, dari Peri Kecil Lia 💖💖. Menurut teman-teman, saya baca yang mana duluan yaaa?

Sumber gambar gif : tapsnapblog & giphy.com


.

2 comments:

  1. Aku kaget banget waktu lihat Kak Thessa review buku ini. Pertama, karena ini bukan genre yang biasa Kakak baca. Kedua, buku ini ada di TBRku!! Jadi aku excited banget waktu lihat judulnya, pengin baca opini Kakak 🙈
    Tadinya nggak pengin komentar sampai selesai baca bukunya, tapi sampai sekarang aku masih belum mulai baca bukunya 😂🥲 dan sekarang jadi penasaran karena twist berlapis!! Aaaakkk sebagai penikmat novel thriller, twist berlapis adalah kesukaanku 🤣. Semoga aku bisa segera bacaaaa 🙈. Nextnya coba baca Salvation of A Saint, pleaseee!! Dengarlah Nyanyian Angin agak butuh mikir 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, Lia tau ajaa. Heheheh... kalau ga dikirimin GPU, aku blm tentu juga bakal baca ini sih Li :D Tapi aku enjoy bacanya. Soalnya penasaran ini sebenernya motif n pelakunya siapa. Buat aku yg ga biasa baca thriler, ini tuh berasa penuh kejutan. Tp mungkin buat temen2 yg udah biasa baca thriller udah bisa menduga kali yaaa >.<
      Salvation of A Saint aku juga udah bacaaa. Sehari beres yaampun saking penasarannya. Itu lah kenapa aku udah jarang baca buku2 detektif lg. Karena bisa menyedot energi krna pengen buru2 beres baca. hahahaha.. Hmm, mnrutku rasanya sih kaya baca buku Agatha Christie klo Salvation of A Saint. Jadi kita dsepanjang cerita dibawa buat nyari2 klu siapa pembunuhnya gt. Klo suka buku2 Agatha Christie kayaknya bakal cocok Li..

      Delete