Sunday 13 March 2022

Deretan Penulis Wanita Indonesia Best Seller

Minggu ini, kebetulan tema postingan blog di grup 1minggu1cerita adalah Wanita. Dalam rangka hari wanita dunia juga kan. Nah, kebetulan banget, saya lagi pengen nulis juga tentang penulis-penulis wanita lokal yang menginspirasi. Bukan sembarang penulis, tapi penulis wanita yang buku-bukunya best seller. Saking best seller-nya, bukunya bahkan laku ribuan copy hanya dalam hitungan menit. 

Mungkin teman-teman udah familiar kalau mendengar bahwa literasi Indonesia itu cenderung di bawah negara-negara lain. Buat jualan buku di Indonesia, biasanya sekali cetak itu penerbit mayor cetak minimal seribu eksemplar. Dan biasanya kalau udah lebih dari setengah terjual dan peminatnya masih bagus, mereka akan mulai produksi untuk cetakan ke-2 dan seterusnya. Namun, banyak juga penulis yang tidak survive untuk bisa sampai cetak kedua, bahkan ngabisin buku cetak pertama saja bisa bertahun-tahun, itu pun sampe masuk obralan juga. 

Beda banget dengan di luar negri. Misal di USA, buku cetak pertama dan laku 20K itu dianggap 'okay' doang loh 😅. Padahal kalau di Indonesia, nilai segitu udah bagus pake banget. Kalau mau excellent di USA sana, paling ga laku 40K buku, atau kalau mau wow banget ya di atas 75K esksemplar (sumber dari careeruhtors.com).

Di lain sisi, khusus penulis-penulis yang udah punya based pembaca, biasanya penerbit Indonesia akan mencetak awal lebih dari 1K. Menariknya lagi, buku-buku cetakan mereka bisa habis hanya dalam hitungan menit saat PO. Keren, ya? 😍 Jadi, tidak selamanya dunia literasi Indonesia suram kok. Minat baca yang saya liat makin ke sini makin bagus.. 

Jadi siapa aja penulis itu? Ini dia deretan penulis wanita Indonesia best seller yang bukunya langsung sold out dalam waktu singkat. 

1. Almira Bastari

Almira Bastari adalah penulis metropop yang dikenal dengan sebutan Ratu Cungpret. Sebelum menerbitkan buku, dia udah aktif di wattpad dengan follower ribuan dan tulisan-tulisannya bahkan sudah dibaca jutaan kali di wattpad. 

Buku-buku Almira Bastari biasanya mengambil tema-tema percintaan perkotaan, karakter dengan kehidupan nyaris semupurna (cantik, success career, tajir) dan yang paling saya suka adalah balutan komedi di ceritanya. Jadi membaca cerita-cerita Almira Bastari selalu terasa menghibur 😁.

Sampai sekarang, sudah ada 4 buku Almira Bastari yang diterbitkan. Yaitu Melbourne Wedding Marathon, Resign, Ganjil Genap dan Home Sweet Loan. Saya sudah membaca semua buku Almira Bastari kecuali buku terbaru yang Home Sweet Loan. Buku ini baru terbit beberapa bulan yang lalu, dan langsung terjual ludes 1500 eksemplar di masa PO yang hanya beberapa hari 😍.


2. Ika Natassa

Saya pembaca buku Ika Natassa sejak buku pertama. Waktu itu buku pertama Ika Natassa berjudul Very Yuppy Wedding menarik minat saya karena menceritakan karakter bankers, RM corporate banking, yang sedang menyiapkan pernikahan. Dan itu persis sama profesi saya di kantor, dan saya sedang nyiapin nikahan juga waktu itu 😍. Dan tahun ini, saya udah  melewati 10 tahun anniversary. Artinya sudah lebih dari 10 tahun saya kenalan sama karya-karya Ika Natassa.

Buku Ika Natassa adalah metropop pertama yang saya baca yang menggambarkan glamoritas perkotaan. Mungkin saya familiar dengan sederetan kesibukan para tokohnya, tapi semua barang bermerk yang disebutkan di buku ini adalah hal yang asing bagi saya dulu-dulu itu 😆. 

Makin ke sini, menurut saya cerita di buku Ika Natassa makin dapet feel-nya. Kalau awalnya lebih dominan fun nya, makin ke sini, makin beragam dan nano nano rasanya. Tidak salah makanya banyak buku Ika Natassa yang sudah diangkat ke layar lebar. Dari semua karya Ika Natassa, favorit saya masih di Critical Eleven 😍. Ada yang udah baca? 

Setelah bertahun-tahun sempat vakum, akhirnya tahun ini Ika Natassa kembali menerbitkan buku. Masih mengusung tema metropop, berjudul Heartbreak Motel. Para penggemar Ika Natassa yang haus dengan karya baru penulis ini, langsung berlomba memesan buku ini. 2K buku ini langsung ludes kurang dari 1 jam, dan 3K habis dalam 3 hari saja. Luar biasa! 

3. Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie 

Kalau dua penulis sebelumnya adalah penulis genre metropop, penulis berikutnya adalah penulis pemenang acara lomba novel bergengsi oleh Dewan Kesenian Jakarta. Padah tahun 2015, bukunya Di Tanah Lada memperoleh juara dua. Tahun berikutnya di 2016, bukunya berjudul Semua Ikan Di Langit memenangkan juara pertama. 

Di umurnya yang relatif muda, Ziggy Z adalah penulis yang produktif. Total sudah ada puluhan buku yang ditulisnya. Kalau diintipin di Goodreads, hampir semua buku Ziggy Z itu scorenya di atas 4 loh 😍. Mengukuhkan betapa berbakatnya penulis yang satu ini. 

Akhir tahun kemarin, Ziggy Z menerbitkan buku terbaru berjudul Kita Pergi Hari Ini. Buku ini di masa PO juga langsung ludes 1500 eksemplar 😍. Keren! 

💖💖💖

Tiga penulis wanita di atas menurut saya sangat menginspirasi. Mereka mematahkan stigma kalau minat baca Indonesia masih rendah. Buktinya, hanya dalam beberapa menit, karya mereka bisa langsung ludes seketika 😍. Wuaaa, doakan suatu saat karya saya juga memiliki peminat sebanyak itu yaa guys 😆🔥 Amiin! 

Selain 3 orang di atas, siapa lagi ya penulis wanita Indonesia yang karyanya jadi best seller, ya? Share di komen ya guys.. 😉

20 comments:

  1. Ziggy Z. Favoritkuuuu 🥰 beliau beneran produktif banget karena bulan ini saja sudah rilis buku baru lagi 😆. Cerita yang beliau tulis selalu menarik banget. Karakternya keseringan anak-anak, tapi ceritanya hampir sering "dark" untuk karakter anak-anak 😂.

    Penulis perempuan lain yang best seller, ada ibu suri Dee Lestari 😆, terus yang aku tahu tapi bukunya belum aku baca ada Laksmi Simajuntak dan Ayu Utami 😁. Kak Thessa juga salah satu penulis perempuan favoritku lhoo 💞💞💞

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaa, aku makin penasaran nih sama karya2nya Ziggy Z nih, Lia.. Aku lg baca Kita Pergi Hari Ini, tapi baru awal2 nih. Bukunya yg lain belum baca nih aku.. Jadi inget novel Neil gaiman, walaupun cerita anak, tapi dark. Tp itu lebih k fantasi sih..

      Oiya bener, Dee Lestari yaa. Aku baru baca yg perahu Kertas, entah kenapa aku ga terlalu cocok. jadi blm nyoba baca bukunya yg lain. Penasaran sama Rapijali series, tapi ngeliat tebelnya udah jiper duluan aku tuh. hahahha..
      Laksmi Simajuntak dan Ayu Utami juga ya, noted. Makasi inpunya, Lia ^^

      Wuaaa, suatu kebanggaan bisa jadi penulis favorit Liaaa.. Makasiii bangeeet supoortnyaa yaaa. peluk jauh.. :)

      Delete
  2. Jujurly, aku ga ada yg kenal sama penulis2 di atas mbak Thessa, hahaha maklum emang jarang banget baca buku.

    Aku taunya cuma Alberthiene Endah, Clara NG (karna mreka yg nulis bukunya Merry Riana dan aku suka baca2 buku Merry Riana hahaha), Dee Lestari jg tau hihhihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe, iya Mba. ketiga penulis itu banyaknya nerbitin di penerbit GPU. Kalau Alberthiene Endah aku malah belum baca nih karyanya. Klo Clara NG, aku juga suka buku2 anak2nya. Dia juga banyak nulis buku anak2 soalnya ^^ Nah, klo Dee Lestari emang penulis best seller banget juga. Makasii inputannya Mbaa ^^

      Delete
  3. Dari nama-nama penulis yang di atas, aku belum pernah baca karya Ziggy. Mungkin aku ini warga negara yang turut berperan menurunkan angka literasi di Indonesia wkwk tapi aku masih mengusahakan utk membaca buku sihhh. Semoga ya ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, dg ikut mnegusahakan membaca buku aja mnrt ku udah berperan banyaak kak, buat literasi di Indnesia. hehehe.. Klo buku Ziggy Z, aku juga baru baca 1 buku nih. and turn out, I like it so much. Mungkin ntr kapan2 bisa coba baca kak buku2nya Ziggy Z ^^

      Delete
  4. Aku suka banget sama cara nulis novel ala Almira, mba. Lawakannya khas banget, bikin ngakak mulu xD

    Kalo yang ziggy malah belum pernah baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, tiga2 itu punya khas sendiri yaa. Almira dg balutan komedinya, Ika dg karakter serba mapannya dan Ziggy dg cerita penuh ke-absurb-an nya. Hheehhe.. Cocok lah jadi best seller semuaa yaa :D

      Delete
  5. Ika Natassa keren banget sihh, banyak buku-bukunya yang diadaptasi ke dalam film. Kalau nggak salah yang terakhir difilmkan itu Critical Eleven ya, mbak?🤔

    Setauku selain daftar di atas ada Asma Nadia sama Ilana Tan. Dulu waktu SMA sering banget bacain bukunya Bunda Asma Nadia😅 Buku favorit dari kedua penulis ini so far ada Assalamu'alaikum Beijing sama Winter in Tokyo, melekat banget di kepala hihi sampe2 halu sambil ngebayangin bisa ke Beijing sama Tokyo beneran😆 By the way, walaupun belum baca buku Ziggy Z tapi aku juga sering lihat dia ini sering banget rilis buku. Awalnya kukira cetakannya aja yg terus nambah, ternyata emang seproduktif itu yaa, mbak huhu kereeen😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mba Awl, banyak bgd buku2nya Ika yg udah di film in. Tp aku malah banyak yg blm nonton film ny, takut mengubah gambaran yg udah ada di bukunya. Hehehhe..

      Oiya bener, ada Ilana Tan juga. Tp dia udah agak lama buku barunya, yg The Star and I. Dan waktu terbit itu memang pas PO jg langsng laku banyak. hehehe.. Nah klo bunda Asma Nadia aku ga terlalu ngikutin nih karya2 beliau. Banyak yg uda di film in juga itu buku2ny Asma Nadia yaa..

      Iyaa, Ziggy Z super produktif sih. Sampe puluhan buku dia udah tulis. :D Aku tp baru baca satu buku and turn out I like it so much. Jd kayaknya aku bakal nyari buku lainnya juga nih..

      Delete
  6. Dari ketiga penulis wanita terkenal yang mbak Tessa tulis aku cuma kenal Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie , bukan kenal bukunya tapi karena namanya yang unik banget itu, kalo diucapkan bisa bikin lidah keseleo.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku aja sampe ksrng blm bisa nulis atau melafalkan namanya dg benar, Mas Agus. Bisa nya copy paste namanya aja biar ga salah. hahahaha :D

      Delete
  7. Dari tiga penulis di atas, yang namanya familiar buatku cuma Ika Natassa dan Ziggy Z walaupun belum pernah baca buku mereka😅 yang pernah aku baca itu Ilana Tan mba Thessa. Lainnya kayak Orizuka gitu-gitu juga pernah baca bukunya, pokoknya yang teenlit gitu lah. Cuman ya itu, mereka kayaknya bukan termasuk penulis best seller ya? Atau pernah tapi terus udah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilana Tan aku juga sukaaa mba. Penulis best seller juga itu. Entah udah berapa kali cetak ulang bukunya mereka. AKu udah baca semua bukunya kecuali buku terakhir belum nih. Hehehe. Buat pencinta romance yg manis2 itu cocok emang sama buku Ilana Tan. Kalau Orizuka aku udah punya yg Chronicle of Audy, tp blm dibaca. Masi di timbunan 😅

      Delete
  8. Dari 3 di atas, cuma Ziggy yg aku ga terlalu suka baca bukunya 😣.. Pernah baca sekali, dan Krn ga sesuai feel, jadi ga kepengin baca buku2 dia yg lain 😅.

    Tapi Ika Natassa dan Almira aku suka bangetttttt 😍😍😍. Pengen cari juga yg home sweet loan itu mba thes.

    Hebaat Yaa di Amrik bisa banyak gitu sekali terjual. Semoga aja Indonesia semakin bertambah tingkat literasinya dan penjualan buku juga meningkat.

    Kalo kayak mba trinity naked traveler masuk ga Yaa. Soalnya tiap ada buku baru, dan PO, selalu cepet abis juga, dan aku kebetulan salah satu fans berat dia 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baca Ziggy Z krna keracun sama Lia sebenernya Mba Fan. AKu baru baca satu yg Kita Pulang Hari Ini. Sungguh itu bukunya kaya racauan penuh ke-absurb-an. Tapi aku sukaaaaa, seru aja bacanya. Unik dibanding buku2 lain. Hehehe..
      Ika Natassa dan Almira emang keren2 ya. Ini aku lg baca buku terbaru Ika yg Heartbreak Motel.
      Iyaa mba, aku liatnya literasi indonesia makin bagus makin kesini tu. Dulu buku bener2 dianggap barang mewah. Klo skrng udah banyak bahkan anak2 sekolah rela nyisihin uang jajan buat beli buku..

      Oiya Trinity itu juga best seller. Udah berkali2 cetak ulang juga buku2nya. Tapi kayaknya blm ada buku baru lagi yaa. Sma yg Naked Traveler juga udah ga lanjut lagi ke seri terbaru..

      Delete
  9. Dari tiga penulis best seller di tas tak ada satu pun yang saya tau, maklumlah jarang baca buku sayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi dg mampir ke sini jadi setidaknya pernah denger ya mas herman 😄😄. Dan penulis ini kebetulan memang banyaknya yg baca pembaca cewek, jadi wajar klo mas herman ga terlalu familiar sama nama2nya. Hehehhe..

      Delete
  10. Duh sedihnya saya.. tak satupun yang saya tau penulis di atas :(

    Saya bagian kelompok yang minat bacanya kurang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penulis ini kebetulan memang banyaknya yg baca pembaca cewek milenial, jadi wajar klo Bang Day ga terlalu familiar sama nama2nya. Hehehhe.. Bang Day pastin taunya penulis2 text book nih kayanya. ^^

      Delete