Monday 13 September 2021

Wonderstruck, Rekomendasi Novel Ilustrasi Karya Brian Selznick

Akhirnya akhir Agustus kemaren, saya berhasil menyelesaikan naskah novel untuk lomba TWS 2021. Selama menyelesaikan itu, saya menjaga mood dengan hanya membaca novel bertema sama. Selain juga karena waktu sudah banyak tersita untuk menulis, di waktu baca yang terbatas saya hanya memilih bacaan yang kita-kira bisa menambah insight saya dalam menulis. Selain itu, bacaan lain saya baca saat ada job untuk review buku. Jadi, rasanya sudah lama sekali (padahal baru beberapa bulan sih 😅) saya tidak membaca buku sesuka hati.

Berhubung job review sedang tidak ada, dan naskah novel saya sudah selesai, sekarang saatnya baca buku suka-suka 😁 Dan pilihan jatuh pada buku yang udah saya punya sejak lebih dari 5 tahun lalu, tapi kondisinya masih rapi tersegel karena belum dibaca sama sekali. Hahahha.. 

Sekitar tahun 2016, saya pernah memenangkan buku pada event yang diselenggarakan Penggemar Novel Fantasi Indonesia (PNFI). Karena liat bukunya cukup tebal, saya udah keder duluan buat baca. Maklum lah, sejak punya anak saya agak pesimis bisa namatin buku tebel 😅. Sampai suatu ketika saya baca review di Goodreads yang bilang kalau ini buku ilustasi. Saya langsung buru-buku buka segel bukunya (yang udah lima tahun tak tersentuh) dan ternyata bener dong ini buku ilustasi. Hahahha... Coba kalau tau dari dulu, kan saya udah baca dari dulu-dulu. Mana gambarnya kece banget. 

Mulai lah saya membaca

Dan ga berhenti sampai beres saking bagusnya

Dan tamat hanya dalam sehari

Sungguh pencapaian buat saya bisa beresin buku setebal ini dalam sehari 😆

dan bukunya adalah.... 

Wonderstruck
(Saya belum sempet fotoin bukunya, 
jadi kita ambil cover dari Goodreads dulu aja 😁)

Dua cerita berbeda

Cerita awalnya disuguhkan tentang seorang anak bernama Ben. Ben baru saja kehilangan ibunya karena sebuah kecelakaan. Karena tidak pernah mengenal ayahnya, Ben  akhirnya tinggal dengan paman dan bibi, serta sepupunya yang tidak menyenangkan. Pada suatu malam, Ben menemukan petunjuk tentang ayahnya di tumpukan buku milik ibunya. Sayangnya, pada malam itu juga Ben tersambar petir yang membuat telinganya tuli. 

Dari situ mulailah petualangan Ben untuk mencari sang ayah, dengan kondisinya yang tuli.

Setiap beberapa halaman cerita Ben, kita akan disuguhkan gambar yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan cerita Ben. Gambar-gambar tentang kehidupan gadis kecil yang tampak kesepian, dan sering kabur dari rumah.

Seorang gadis yang tampak sedih dan kesepian

Awalnya saya sempat bingung hubungan antara cerita dan gambar. Namun, cerita tentang gadis kecil dan Ben nanti pada akhirnya akan terhubung. Dan hubungannya sangat menghangatkan hati. Tadinya saya kira karena dapet buku ini dari PNFI dan yang menerbitkan adalah Mizan Fantasi, buku ini akan kental nuansa fantasinya. Ternyata ga juga, malah nyaris tidak ada hal magical yang ada di cerita fantasi di buku ini. Walaupun begitu, saya tetap sangat-sangat suka buku ini.

Perpustakaan dan Museum

Yang menarik lagi dari buku ini adalah profesi yang diangkat pada ceritanya. Ibu Ben adalah seorang pustakawan, dan ia senang menempelkan quote-quote menarik dari buku yang dibacanya di kulkas. Ben sendiri selain  suka membaca, juga suka mengumpulkan barang-barang, seperti seorang kurator. 
Anak kecil satu lagi, lebih kental dengan latar museum yang digambarkan cukup detail pada buku ini. Bagaimana tentang pekerjaan sebagai kurator, pembuat diorama di meseum, dan berbagai hal lain tentang museum lainnya. 


Museum yang digambarkan pada Wonderstruck

Ditulis oleh Brian Selznick

Buku ini adalah karya penulis dari Amerika bernama Brian Selznick. Tidak hanya sebagai penulis, ia sekaligus adalah ilustrator dari buku ini. Ada yang tau buku Hugo Cabret? Saya sih belum baca, cuma tahu filmnya aja. Dan ternyata Hugo Cabret adalah buku Brian Selznick sebelum Wonderstruck ini, dan itu juga buku ilustrasi. Wuaaa, saya jadi penasaran juga pengen bacaaa.

Film Hugo yang diangkat dari buku karya Brian Selznick

Rating

Dua cerita yang saling terhubung ini terasa menghangatkan hati. Ilustrasinyanya pun bagus banget. Ceritanya ringan, tapi penuh pesan moral, dan bisa dibaca untuk umur berapa pun. Buat anak-anak pun cocok. Saya aja nanti rencananya mau ngomporin anak saya Titha buat baca ini. Hehehhe.. Jadi, 4.5 bintang tentu saja buat Wonderstruck, sebuah novel ilustrasi karya Brian Selznick



WONDERSTRUCK
Penulis : Brian Selznick
Penerjemah : Marcalais Fransisca
Penerbit : Mizan Fantasi
Cetakan November 2013
643 Halaman
Demikian cerita saya menemukan harta karun buku bagus dari rak buku sendiri. Apakah kamu juga pernah punya pengalaman serupa? Lama membiarkan sebuah buku di timbunan, dan ternyata saat dibaca bukunya bagus banget?
Share cerita kamu yaaa... 😉

15 comments:

  1. Dan aku juga penasaran sama buku itu.. wkwk. Rating dari Mba Thessa 4.5 lagi..😁 Buku ini bahasa inggris bukan mba? Hehe

    Btw 5 tahun itu lama banget Mba.. aku paling lama setahun setengah. Ini 5 tahun 🤗. Wkwk.

    Btw aku mau tanya dong mba.. kalau Mba Thessa pas nulis novel gitu. Ide cerita langsung ngalir begitu aja?? atau pernah ada momen buntu ide?? Biasanya kalau gitu Mba Thessa ngapain? Sedangkan deadline makin tipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg aku baca versi terjemahannya Mas bayu, terbitan Mizan Fantasi. Terjemahannya ngalir banget, jadi rekomendid kok :D

      Hhahaha.. Jadi malu ketauan lima tahun nimbun buku. Selain ini, ada lagi yg umurnya lebih tua juga belum dibaca >.< Maklum, hobi ngumpulin buku dan hobi baca buku itu ga ada hubungannya klo di kamus aku. hahahha.. Ngumpulin dulu, bacanya kapan2 sesempetnya seniatnya se-ga magernya :D

      Aku nulis novel selalu pake kerangka dulu mas bayu. Aku ga akan mulai nulis klo kerangkanya belum kuat, sekarang aku kerangka pake metode save the cat. Jadi jarang buntu ide di tengah jalan. Yg ada buntu ide pas bikin kerangka, jadi ga lanjut lanjut :D
      Yg ada biasanya, eksekusi kerangka tp ga sreg, biasanya kalau gini aku banyak baca2 buku sejenis dan nonton film yg kira2 temanya sama. Biasanya suka dapet tambahan ide dari situ.. ^^ Trus suka diskusi juga sama temen2 yg nulis juga.
      Mudah2an menjawab ya Mas Bay :D

      Delete
    2. Okee dehh Noted.. ntar tak carinya.. 🤣🤣

      Ouh begitu. Panjang banget dong ya prosesnya.. haha. *yaiyalah disangka nulis blog, semengalirnya.. 🤣*
      Okee dehh terimakasih Mba 😊

      Delete
  2. Uwaaaah mbaaaa 600an halaman ilustrasi semua yaaa? Walopun aku tetep LBH suka buku tebal dengan tulisan , tapi ilustrasi aku ttp mau baca , apalagi kalo gambarnya baguuuus :D. Jadi penasaran ih. Bbrp bulan lalu aku diksh juga buku ilustrasi gitu, tp Korea punya ceritanya. Menarik juga, dan bawaan kalo baca cerita begitu, tangan langsung pengen mewarnai hahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga semua mba fan, setengah lebih lah yg ilustrasinya..
      Iyaa, gambarnya baguus. Coba aja mba fan, lumayan buat variasi dr bacaan selama ini yg tulisan mulu. hehehe.. :D Wuaa, aku malah ga mau mewarnain, karena aku ga terlalu bisa mewarnai rapi gt mba fan ^^ Tp kebayang klo ilustrasinya bewarna pasti makin keren sih memang yaaa...

      Delete
  3. Buku Hugo konsepnya juga sama kak dengan Wonderstruck ini. Paduan novel dengan gambar. Jadi makin mudah berimajinasinya.

    Aku suka banget dua karya beliau, terutama karya ini. Soalnya, jadi belajar bahasa isyarat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Ipeh, aku baru tau malah ternyata Hugo juga gt. hehehe.. Ini aku lagi searching2 dulu nih yg jual bukunya dg harga bagus. Ada rekoemndasi beli dimana ga kak ipeh?

      Delete
  4. Lebih dari lima tahun menyimpan buku bukunya masih tersegel rapi banget cara menyimpannya. Kalau saya dapat atau beli buku pasti langsung dibuka segelnya maklumlah jarang dapat atau beli buku jadi pas ada langsung dibuka segel walau terkadang ngga selesai dibaca..hihihi

    Oh buku ilustrasi buku yang disertai gambar baru tau saya selama ini saya tau buku aja ngga tau kalau ada tambahan ilustrasinya..hihihi

    643 halaman cukup tebal juga dan belum pernah baca buku cerita yang setebal itu paling-paling 200 atau 300 halaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku memang jarang buka segel buku klo blm akan dibaca mas herman, soalnya bukunya jadi cepet menguning biasanya klo dibuka segel. Klo skrng malah buku2nya abis baca aku plastikin lagi. hehehe... Trus buku diplastikin itu sempet menyelematkan buku2 aku yg kena rayap juga waktu itu. Jd ada satu boks yg kena rayap, dan untungnya yg masih berplastik masih aman..

      Iya mas herman, aku jg kaget ternyata bukunya banyak ilustrasinya gt. Hampir setengahnya isinya gambar2 doang. Jadi jatohnya kaya baca buku 200an halaman sih memang. :D

      Delete
  5. Sudah lima tahun baru dibaca, berarti nyimpannya rapi ya. Aku kalo lihat buku halamannya tebal juga udah ngeper duluan, agak malas bacanya, kalo sekitar 200-300 halaman oke saja.

    Ternyata bukunya bagus ya, isinya gambar, tak heran kalo mbak Ica bisa menamatkan cuma dalam sehari. Eh tapi kalo aku belum tentu bisa tamat sehari sih.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga liat halamannya tebel gt juga jiper duluan mas agus. hahaha.. Tau2 isinya banyakan gambar, tau gt baca dari dulu ajaa.. :D
      Iyaa, 5 tahun, dan alhamdulillah masih kondisinya bagus. Banyak buku2 aku yg lbh tua lg sih di rak buku, ada juga buku2 yg aku beli dr ngumpulin uang jajan pas sekolah, brarti udah belasan tahun lalu >.<

      Delete
  6. Eh aku juga ada nih yang belum dibuka sama sekali, dua seri bukunya agustinus wibowo. Yang selimut debu aja nggak kelar-kelar saking nggak kuat sama ceritanya, eh novel semangat tante sasa kelar donk sekali baca nemenin malam mingguku, *eaaa

    Kalau bukunya ilustrasi nampaknya bikin betah ya mbak, jadi 600 alamat lebh ringan, pasti Thita betah juga baca bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku blm pernah malah mba baca buku karya Agustinus wibowo. hehehhe...
      Wuaaa, senangnya Mba Ghina udah baca buku aku. Makasii banyak yaa mbaaa ^^ Senang bgd Mba Ghina bisa betah n cepet kelar bacanya. Sekali lg makasi ya mbaaa...

      iya mbaa, buku ilustrasi bikin betah bacanya. cepet lg beresnya pas dibaca. lumayan nambah2an buku di reading chalange tahun ini kan. hehehe :D

      Delete
  7. kalau ilustrasinya cakep bikin betah baca berlama-lama ya mbak
    kadang kalau aku liat buku dengan ilustrasi yang bagus, jadi mikir "yang bikin kok kreatip banget sih,bisa sedetail itu bikinnya". pasti bikin ilustrasi aja udah makan waktu lama. keren
    apalagi ini 600an halaman ya, aku lupa buku apa yang pernah aku baca, yang jelas novel. Mungkin van de orange, kayaknya itu tebel banget dan aku bisa namatin mungkin ga sampe seminggu, saking penasarannya.
    sekarang susah bener mau namatin buku tebel hahaha

    dan sekrang masih ada beberapa tumpukan buku yang belum juga aku baca, PR dari dulu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mba Ainun. Klo ilustrasinya cakep gini, selain betah bacanya, beresin bukunya juga lebih cepeet. Hehehe..
      Van de orange aku blm baca mba, klo ga salah settingnya di Belanda yaa?
      Samaaa, yaampun, udah keder duluan aku tuh klo buku tebel. Hehehe.. Udah lamaaa bgd ga berhasil beresin buku tebel tanpa ilustrasi. >.<
      Tumpukan buku akan ada terus mbaa, karena timbunan itu adalah hal yg kekal.. Salam dr aku yg penimbun juga. Hahhaa..

      Delete