Saturday 9 September 2023

Reportase Asik: Acara Literasi pada September 2023

 Halo semuanyaaa!

Kangen sekali bisa nulis di blog lagiiii😍. Quick update about my lyfe guys (walau ga ada yang nanya atau nyariin juga). Hahahaha.. Aku udah beres sidang tesis! Senangnyaaa.. Jadi weekend aku udah ga ada kuliah, dan udah ga sibuk baca jurnal dan bikin tesis lagi. Bahagianyaaaa 💖💖 Karena weekend aku udah ga ada kuliah, akhirnya aku bisa punya waktu untuk ikut-ikut kegiatan lain, salah satunya acara literasi. Yeeyy!

Bulan September 2023 ini kebetulan banyak kegiatan literasi di Jakarta. Ini aku list beberapa yang bisa kamu ikuti.

1. Festival Literasi 2023

Taman Ismail Marzuki tanggal 6-10 September 2023

Festival Literasi 2023 ini diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinas Pusib) Jakara. Acara diisi dengan berbagai bincang dengan para penulis, penerbit dan penggiat literasi lainnya. Kabarnya ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasioal pada 8 September 2023. Jadi juga akan ada workshop, pameran kegiatan komunitas, pentas bazar buku perpustakaan keliling, dongeng, ajakan berdonasi untuk membaca bersama, pameran arsip dan kegiatan seru literasi lainnya. Lengkapnya kamu bisa kepoin tagar di instagram #festlitjkt23

Ini ada beberapa bincang menarik, salah satunya yang diisi oleh temen penulis aku Dimas Abi dan Ranieva: 



2. Festival Buku Asia 

Posbloc tanggal 2-10 September 2023

Acara berikutnya adalah inisiasi dari Penerbit Haru dengan kolaborasi bersama patjarmerah. Sebenarnya acara ini udah ada sejak tahun 2020, tetapi sebelumnya masih online. Baru perdana tahun ini acaranya dibuat offline, jadi pasti bakal seru.


Selain diskon-diskon menarik buku, ada bincang-bindang dengan penulis tentunya. Ada Eka Kurniawan, Ziggy Z, Puty Puar, Alexander Thian, dan banyak penulis-penulis lainnya. Kepoin aja instagram @patjarmerah_id buat acara lengkapnya. 

3. Islamic Book Fair 2023

Istora Gelora Bung Karno Senayan tanggal 20-24 September 2023

Salah satu book fair favorit aku akhirnya ada lagi, yeeyyy! Islamic Book Fair (IBF) ini deket banget dari kantor aku, jadi biasanya langganan datang pas pulang kantor. IBF ini adalah event yang diinisiasi oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta. Jadi bakal ada banyaaaak banget stnad dari hampir semua penerbit, dan tentu saja diskon-diskon menarik. hehehe.. 

4. Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) 2023

Ice BSD Tanggerang tanggal 27 September - 1 Oktober 2023 

Boof fair berikutnya juga udah event rutin tahunan. Bahkan pada tahun 2021 aku pernah ikut jadi salah satu pembicara di IIBF setelah buku Semangat, Tante Sasa! keluar, tapi waktu itu eventnya lebih banyak online. 



Pesta Literasi Indonesia 2023

Selain acara-acara di atas, awal September kmren juga ada acara Pesta Literasi Indonesia 2023 yang diadakan oleh penerbit Kompas Gramedia Grup. Ada banyak stand menarik, ga hanya buku. Jadi kalau abis dengerin bincang buku, bisa jajan yang lucu-lucu dan ngemil.  


Aku sempet dateng dan seneng banget jadi bisa meet up sama editor-editor Gramedia Pustaka Utama dan temen-temen penulis. Buat kamu yang lagi berjuang untuk jadi penulis juga, aku saranin wajib banget ikut Pesta Literasi berikutnya. Karena salah satu eventnya adalah Coaching Clinic Naskah bersama Gramedia Writing Project (GWP). Kamu bisa bawa naskah untuk ngobrol dan dapat review langsung dari editor Gramedia. Kalau beruntung, naskah kamu bisa dipilih untuk diterbitkan. 
Salah satu contohnya yang naskahnya berhasil menggaet editor saat coaching clinic itu ada Mutiarini, penulis Ten Year Challange. Seru, kan? 😍 

Jadi, dari acara di atas, mana yang rencana akan kamu datangi? Siapa tau kita bisa meet up sekalian kaaann.. Komen di bawah yaa..

8 comments:

  1. Banyak bangettt yaaa acara-acara buku dan aku ga sempet untuk ikut semua.... sayang banget... padahal aku pengen banget ikutan cuma gak sempet...
    Pengen banget dateng ke Festival Buku Asia dan Pesta Literasi Indonesia... rame banget yang ngomongin itu soalnya di IG aku jadi iriii 🤣
    Semoga kedepannya bisa ikutan juga festival berbau literasi atau buku gini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, September kemaren itu lagi banyak2nya. Aku aja FOMO bgd rasanya pas ga bisa ikut. Hehehe.. Untung aja sempat dateng yg Pesta Literasi walau sekejap >.< Festival Buku Asia bahkan ada penulis internasionalnya yg dateng, aku liat foto2 temen2 kayanya seruuu.. Mudah2an kedepannya makin banyak lagi acara kaya gini yaa. Ntr siapa tau kita bisa meet up, Mba Tika :)

      Delete
  2. aku selalu ketinggalan info-info seputar festival literasi, bahkan pameran buku pun juga sering ketinggalan.
    Kalau bazar buku gede, rata rata diadakan di ibukota, jadi kadang memang perlu waktu dan akomodasi lebih buat kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti2 kesampaian buat ikut acara2 literasi yaa, Mba Ainun. Kalau bazar buku, makin k sini aku malah makin jarang dateng, karena sekarang harga marketplace juga udah bersaing banget. Heheheh.. Jadi ujung2nya aku milih belanja online :D

      Delete
  3. Wah thanks infonya. Menarik nih, saya jarang ikut acara literasi. Sekalinya ikut festival literasi tahunan jatuhnya jadi panitia. Review masing masing festival literasinya ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren banget sampe jadi panitia, Mas Cipu. Kebayang klo aku yg jadi panitia, pasti udah kalap duluan beli2 buku n ketemu pembicaranya yg seru2. Hehehe.. Btw, long time no see (online), seneng Mas Cipu udah balik aktif lagi di per blogging an :D

      Delete
  4. halo kak thesa, gimana kabarnya?
    Sudah lama aku ga mampir di blog ini..hiiks

    Aku ikut seneng akhirnya kak thesa lulus dari S2. :D
    Seru yaa, banyak acara yang berkaitan dengan literasi dan selalu ramai. Di semarang sudah lama ga ada acara oameran buku.

    Terakhir pameran buku dengan skala besar itu pas big bad wolf 2022 lalu. Beruntung dapat buku yang dicari dengan harga lebih murah daripada di toko buku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Rivai! Alhamdulillah aku sehaat dan ceria. Hehehe.. Semoga Mas Rivai juga sehat selalu :). Udah lama ga mampir karena memang blog ini sempat lama berdebu ga ada postingan baru mas. Hahahha.. Sekarang baru sempet update2 lagi dikit2 nih. Makasi yaa, aku pun juga seneng akhirnya terbebas dari segala kewajiban saat S2. ^^

      BBW malah aku terakhir dateng itu pas jaman sebelum pandemi, udah lamaaa bangeet. Sekarang karena banyak bazar online yg harganya juga miring2 bgd, ujung2nya aku jd blm ke bazar2 lg nih. Padahal seru banget itu lg berburu buku di sebanyak itu tumpukan :D

      Delete