Tuesday 1 February 2022

2021 Wrap Up

Halo semuanyaa..

Senangnya di hari kejepit ini berhasil menyapa teman-teman lagi di postingan blog yang lebih proper. Hehehe.. Setelah hampir sebulan saya vakum, baik untuk tulisan baru maupun blog walking.

Kemana Aja?

Saya GeEr aja gitu ya, ada yang bertanya-tanya kemana saya atau kenapa sudah mulai jarang ngeblog lagi. Hhehehe.. Padahal belum tentu pada ngeuh juga yaa 😂 

Saya tidak kemana-mana guys. Hehehe.. Lagi struggle aja sama beberapa aktivitas seperti kerjaan kantor (yang sudah full WFO), kesibukan di rumah sebagai emak2, edit naskah dan satu lagi, saya memutuskan kuliah lagi guys. Baru mulai bulan ini, saya kuliah setiap weekend. Karena saya ambilnya MBA, jadi banyak business case yang harus dibereskan. Mana otak saya udah lama ga dipake mikir yang berat-berat in English pula. Jadi setiap abis kuliah rasanya energi saya habis 😆 Dan maunya rebahan ajaa.. 

Padahal saya udah janji buat beresin editing naskah ke editor juga. Molor sebulan dari yang saya janjikan 😆 Setelah perjuangan panjang (lebay), saya berhasil juga kirim naskah editing ke editor guys. Fuif legaa..

Naskah apa? Apalagi klo bukan naskah novel terbaru sayaaa... Yeeeyyy!

Awal tahun lalu saya nulis wishlist, dan di awal tahun ini Mba Eno kirimin message in the bottle dengan isi wishlist itu 😍 Walau keinginan saya untuk melihat buku If I Met You First di toko buku tidak terwujud, Allah ganti dengan buku Semangat, Tante Sasa! 

Temen-temen pembaca blog saya yang lama mungkin inget tahun lalu saya pernah cerita kalau salah satu naskah saya If I Met You First udah dipinang salah satu penerbit mayor (yang saya mention di message di atas). Saya bahkan sudah sign kontrak. Sayangnya, 6 bulan setelah sign kontrak (salah satu poin dikontrak menyebutkan kalau penerbit akan menerbitkan naskah saya maksimal 6 bulan setelah tanggal kontrak), buku saya belum juga diterbitkan. Saya akhirnya memilih untuk menarik naskah karena penerbit tidak bisa memberikan kepastian kapan buku saya bisa terbit. Untunglah penerbitnya ga masalah saat saya memutuskan menarik naskah. 

Setelah itu, saya mulai mencari rumah baru yang bersedia menjadi tempat untuk If I Met You First ini, dan tau siapa yang berminat? 

Editor saya di GPU guuyss 😍 

Kalau jodoh memang ga kemana yaa. Malah dapet penerbit mayor yang lebih besar dari yang sebelumnya meminang naskah ini. Sekarang kondisinya, naskah novelnya sudah direview sama editor, dan hasil editing sesuai masukan editor udah saya kirim balik barusan. Doakan tahun ini bisa menyapa pembaca lagi dengan buku baru yaa..

2021 Reading Wrap

Ga lengkap sepertinya mengawali tahun (padahal udah bulan Februari 😅) tanpa cerita reading wrap tahun 2021 yaa.. Berdasarkan reading challenge Goodreads 2021, saya berhasil menyelesaikan 51 buku dengan 12,803 halaman. Dari jumlah buku, nilai ini lebih sedikit dari tahun kemaren saat saya bisa menyelesaikan 56 buku. Tapi dari segi jumlah halamannya lebih banyak karena tahun lalu saya hanya menyelesaikan 10,925 halaman.



Saya sebenarnya hanya menarget 20 buku tahun 2021, lebih sedikit memang. Karena rencananya saya mau mulai memberanikan diri buat membaca buku-buku tebal, dan buku-buku non fiksi. Karena biasanya average pages buku yang saya baca itu 200-300an halaman.

Rencananya begitu, tapi ujung-ujungnya buku yang saya baca kebanyakan sama aja kayak tahun sebelumnya. Hahaha... 😆 Buku paling tebal yang berhasil saya bereskan tahun lalu adalah prequel Hunger Games, yaitu The Ballad of Songbirds and Snakes versi terjemahan setebal 656 halaman. Senang sekali akhirnya berhasil menyelesaikan buku yang di atas 400an halaman lagi. Yeeyy. 😁 

Biasa aja ya? Hehehe.. Tapi buat saya ini pencapaian, karena terkahir saya baca buku tebal-tebal itu udah lama bangeet, pas kuliah kayaknya dulu ya..

Best Book 2021

Dari semua buku yang saya baca di 2021, buku terbaik tentu saja adalah Semangat, Tante Sasa! Hahahha… Bercanda 😆. Namanya penulis pasti menagnggap bukunya bagus ya, walau masih banyak kekurangan here and there. 


Jadi, buku terbaik yang saya baca di tahun lalu saya bagi jadi beberapa, yaitu: 

Buku fiksi terbaik adalah buku Petualangan Jack dan Piggy Natal karya JK Rowling. Kisahnya sangat imajinatif, tentang Jack yang mencari boneka beruang kesayangannya di dunia benda-benda hilang.

Buku fiksi paling menghibur adalah Diary Teacher Keder karya Edot Herjunot. Kocak banget pokoknya petualangan Pak Edot saat menjadi guru SD ini 😁. 

Buku non fiksi, adalah Zero to One karya Peter Thiel. Saya tidak banyak membaca buku non fiksi tahun kemarin sebenarnya, salah satu yang terbaik adalah tentang bisnis start up yang ditulis oleh founder Paypal ini.

Buku penulis lokal terbaik yang saya baca tahun lalu adalah Bung di Banda karya Sergius Sutanto. Novelisasi hidup Bung Syahril dan Bung Hatta saat dibuang ke Banda Naira oleh Belanda. 

Buku romance terbaik tahun lalu jatuh pada penulis romance favorit saya, Nicholas Sparks untuk buku Walk to Remember. Sebuah novel lawas bergenre sicklit, tentang bad boy yang jatuh cinta dengan temen sekolahnya yang alim banget.

Buku paling membekas yang saya baca tahun lalu adalah buku Pasukan Buzzer karya Chang Kang Myong. Cerita tentang 3 orang ahli IT yang bekerja sebagai buzzer. Plot twist di-endingnya bikin saya teringat-ingat terus sama ceritanya. 

Baca juga : 2020 Wrap Up dan 2019 Wrap Up


Book Haul 2021


Seperti biasa, saya ga ngitungin berapa buku yang saya beli tahun lalu. Takut merasa bersalah karena yang berhasil dibaca ga semuanya 😆 Cuma sebagian kecil yang berhasil dibaca, sisanya masih dipajang dan tersegel rapi di rak buku. Hehehe.. 


Selain book haul, saya dapat lumayan banyak buku gratis tahun lalu. Setelah dihitung, ternyata total saya dapet 21 buku gratis tahun lalu 😆.  Alhamdulillah, pas diitung banyak ughaa ternyataaa..

9 buku dikirimin penerbit/penulis buat direview. Sisanya itu saya beli dari menang giveaway dari Mas Rahul, dikasi anak sulung saya (so sweet ya dia beliin saya buku 😆), dan dikasi temen-temen saya yang so sweet banget. Salah satunya Mas Edot yang waktu itu bikin surprise banget ngirimin saya banyak banget buku. Salam penimbun Mas Edot, tooss 😁.


Naskah Novel 2021


Pada salah satu postingan saya sebelumnya, Mas Edot sempet komen, tahun ini bisa dibilang tahunnya saya. Wuaa, saya ga tau sih memang seperti itu atau bukan, tapi yang pasti banyak hal yang saya syukuri di tahun ini. Terutama dengan naskah-naskah novel saya, yang akhirnya berhasil tembus penerbit mayor dan terbit di penerbit impian saya. Apalagi kalau bukan Semangat, Tante Sasa! yang terbit September 2021 lalu di Gramedia Pustaka Utama. 


Selain naskah itu, ada juga naskah If I Met You First yang sempat saya cerita di atas. Novel romance dengan sedikit sentuhan fantasi, tentang pegawai farmasi yang menemukan mesin dingdong ajaib pengabul keinginan di Hong Kong. 

Satu lagi naskah yang saya bereskan di tahun 2021 adalah untuk lomba The Writers Shows 2021 (oleh Gramedia Writing Project) berjudul Adamina dan Akamu. Tentang dua orang remaja yang namanya sama-sama berarti bumi, dengan struggle hidup yang harus mereka jalani. Walaupun tidak menang, saya tetap cinta sekali dengan karakter Adamina dan Akamu di naskah ini. Hehehhe.. Bahkan ada beberapa yang DM saya cerita kalau mereka juga mengalami mental health seperti kisah itu, dan merasa related banget dengan ceritanya. 

Cerita Adamina dan Akamu bisa kamu baca di GWP di link ini yaa.. Cerita masih full sampai tamat. Buruan baca sebelum nanti ada penerbit yang berminat dan saya harus take down sebagian cerita. (kayak bakal ada aja ya, hahahha..) Amin kan dulu aja guuysss.. 😁

Blogpost 2021


Tahun lalu ternyata saya cukup rajin juga nge-post tulisan. Heheheh.. Ditotal ada 50an post dan itu artinya saya tiap minggu ngepost tulisan. Kecuali pas akhir tahun yang sempet super hectic banget. Tahun ini saya ga muluk-muluk, bisa post dua tulisan per bulan aja udah alhamdulillah banget nih.

Ada label baru yang saya posting di tahun lalu, yaitu Reportase Asik Dunia Literasi (Resik). Berisi beberapa hal menarik di dunia literasi yang menarik (buat saya) 😆. Tadinya saya mau posting Resik tiap bulan, sekarang udah dua bulan malah sempet vakum 😅.

Sebelum saya tutup, mau minta saran dong teman-teman, Resik saya lanjut atau ga usah ya? Menurut kalian cukup menarik ga label Reportase Asik ini?


 

16 comments:

  1. Luar biasaaaaa 👏👏👏👏👏
    Itu adalah ekspresi pertama aku setelah selesai baca postingan Mba Thessa ini
    Mba Thessa tahun 2021 nya beneran sibuk dan produktif banget! Udah baca bukunya banyak, berhasil nerbitin buku terus udah ada buku lain lagi yang udah mau terbit (ini ditunggu bangetttt ada fantasi-romancenya hihihi) terus sekarang lanjut kuliah lagi... luar biasa bangettt sih Mbaaaa 😍 panutan sekali emang!

    Semoga tahun 2022 ini jauh lebih baik lagi ya Mbaaa dan buku barunya bisa segera terbit jugaaa. Btw buat label Resik aku sih suka Mba soalnya suka ketinggalan gitu kalo ada info2 seputar dunia perbukuan. Kalo gak sibuk sih bisa banget Mba dilanjutkan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaa ini nih yg selalu bikin kangen ngeblog dan blog walking, saling menyapa dan menyemangati di kolom komen. Makasiii banget bangeet yaaa Mba Tika. Baca komen Mba Tika hangat bgd rasanya di hati. Kiss jauh dulu sinih, muaachh 😘😘 Semoga sehat2 selalu ya Mbaa..

      Amiin, doakan semoga If I Met You First terbit tahun ini yaa 😁
      Buat label Resik, makasi bgd insightnya Mba. Aku bakal berusaha update juga nih buat Resik 💖💖

      Delete
  2. Huwooo semangat mbakk.. Nampaknya, di tahun 2022 ini bakal sangat produktif ya. Menulis naskah novel, weekend kuliah pula, jadi ibu, dan tetap kerja di kantor. Aku ngebayanginnya aja pasti capek sekali itu yaak 😁😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaatt!! Makasii ya Do 😊 Tahun ini aku berencana ga nulis novel baru, Do. Mau fokus kuliah. Mumpung masih (merasa) muda 🤣 dan masih bisa online walaupun seharian dr pagi sampe malem pas weekend. Hehehe..
      Novel aku hanya sebatas editing naskah yg udah aja paling. Lelaaah emang Do, 😭 tp mau nyerah kok ya tanggung. Hehehe. Doakan lancar sampe lulus yaaa..

      Delete
  3. KAK THESSA KEREN BANGET!!! HUAA AKU NGGAK SABAR BACA BUKU IF I MET YOU 😍😍😍 congrats ya, Kak Thessa! Ternyata memang jodohnya sama penerbit yang lebih besar 😝
    Please lanjutkan konten RESIK-nyaa! Aku terbantu sekali dengan hadirnya konten ini karena kan nggak selalu update dengan dunia perbukuan 😂 teman-teman lain juga pasti terbantu sekaliii, jadi jangan dihentikan ya Kak kalau bisa ✌
    Anyway, aku salut sama Kak Thessa yang bisa baca buku sebanyak itu meskipun sibuk kerja, nulis novel dan urus anak! Waw waw Kak Thessa panutanku 😍
    Semoga segalanya di tahun ini dilancarkan ya, Kak! Dari mulai kuliah, pekerjaan dan proses penerbitan novelnyaa. Please colek aku kalau bukunya udah terbit, aku mau baca donggg karena dari kemarin-marin waktu diceritain kalau ini tema ada unsur-unsur fantasynya, udah bikin merasa excited sekali untuk baca wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liaaaa, MAKASIIIIII BANGEEETTT YAAA!! Ikutan teriak excited nih jadinya. hehehehe...

      Iyaa, alhamdulillah, memang jodohnya mungkin di GPU yaa. Hehehe.. Doakan lancar sampe terbit ya Li. Pasti Lia termasuk salah satu orang yg bakal aku colek begitu terbit nanti ^^
      Resik akhirnya aku akan tetep lanjut, Li. Setelah emndapat insgiht dari Lia dan temen2 lain. Tp aku ga patok bulanan kaya waktu dulu, biar aku ga terbebani. Aku posting seadanya ide dan sesempetnya nulis rencananya :D
      Amiin, makasii banyaak ya Li. Semoga juga semua rencana Lia tahun ini juga diberikan kelancaran yaaa. Sehat selalu Liaa.. Peluk jauh, hug >.<

      Delete
  4. KEREN Kak Thessaa. Semoga naskah untuk novel terbaru bisa selesai, dilancarkan dan dipermudah segala prosesnya ya kak, aamiin 🙏💐🙂

    Konten Resik terusin aja kak, aku terus memantau tulisan Kak Thessa disini buat menambah info seputar literasi, lebih enak dan nyaman juga kalo baca di blog 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiinn.. Wuaaa, makasiii banyaaak ya Mbaa Rekaaa ^^
      Semoga apapun rencana mba reka dalam tahun ini juga diberikan kelancaran yaaa :)

      Asiik, makasi insight nya mbaa. Akhirnya aku lanjut, tapi ga mau dijadwal bulanan lagi ah. Biar lbh tenang nulisnya. Hehehhe..

      Delete
  5. Duuuuh mba thessaaaaa, pantesan tiap aku mampir ke blog, kemarin2 itu belum ada update an baru, ternyata kuliah lagiii 😘. Saluuut lah. Aku udh berkali2 disuruh suami, apalagi toh skr udah resign, tapi kok ya kayaknya udah ga sanggub diajak mikir wkwkwkwkkw.

    Aku agak malu buku mba yg semangat Tante Sasa masih dlm antrianku, blm dibaca. Saking banyaknya tumpukan buku yg aku beli dari THN lalu, dan tahun skr pun ada beli lagi 🤣🤣, jadi kisaran 200 buku msh blm berkurang hahahaha. Tapi Krn aku ikutan reading challange Lia dan Jane, kalo tema wrna nya sesuai Ama Semangat Tante Sasa, langsung aku kelarin 😄.

    Ditunggu buku baru ya mbaaa 😘.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbaa Faann.. Udah greget banget pengen nulis and update, tapi waktunya ga nemu2 terus. hehehe.. Baru mulai awal tahun ini banget nih Mba. Sama, aku juga yg memotivasi juga suami, klo dia malah bilangnya mumpung pandemi, jadi bbrapa kuliah masih online juga kaan..

      Santai aja mbaa, take ur time ^^ 200 buku mbaaa? wuaaa kereeen bangeet! Aku juga antrian buku banyak nih, tp masih dalam puluhan sih kayanya. Hehehe.. Klo 200 di aku kayaknya baru beres bertahun2, kecepatan baca aku kaya siput bgd nih soalnya akhir2 ini :D

      Amiin, makasii ya Mbaa. Semoga lancar nih proses naskah baru ini ^^

      Delete
  6. Mba Thessaaa ya ampun why you so cool. T_____T Mba Thessa punya time turner ya? xD Semoga penerbitan karya-karya mba Thessa berjalan lancar dan kita-kita ini bisa menikmatinya segera. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Endaahh, mau dong time turner kaya punya Hermoine, beli dimana ya? Ke Diagon Alley dulu kali yaa 🤣🤣 24 jam sehari ga cukup cukup ini rasanyaa. Huhuhu..
      Ga cool kok mbaa, bener deh, ini struggle banget rasanya. Doakan aku tetep bisa jaga semangaatt! hehehe..

      Delete
  7. saya jadi penasaran dgn novel diary techer keder dan terutama bung dari banda. semoga makin banyak kisah pendiri bangsa yang dinovelkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mas, semoga makin banyak novelisasi dari pahlawan bangsa ya. Soalny baca novelisasi itu kerasa lbh ringan n lbh hidup aja dr baca buku sejarah. Makanya aku suka bgd buku Bung di Banda ini 😁 Kalau Diary Teacher Keder, itu genre komedi. Memghibur banget 🤣🤣

      Delete
  8. Halo, mbak Thessa! Aku baru pertama kalinya baca postingan mbak Thessa nih, BW dari 1M1C. Aku pengen bilang kalau mbak Thessa KEREN BGTTT!!! Meskipun sibuk tapi masih sempat ini itu ya mbak, walaupun sempat vakum tapi barusan lihat konten Resik itu menarik lho. Mau baca lebih lanjut ahhh~

    Semoga segala urusannya dilancarkan ya mbak. Terima kasih sudah memotivasiku untuk terus menulis nih! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Ayu, salam kenal yaaa 😊 Makasii yaa udah mampir ke sini. Senang sekali kalau menarik buat Mba Ayu.. Makasii banyaak yaaa, semoga kita biss saling memotivasi untuk terus menulis yaaa 😉

      Delete