Saturday 12 September 2020

Baca Ebook di HP vs Kindle


Perkembangan teknologi menggeser banyak kebiasaan dalam kehidupan, salah satunya dalam membaca buku. Dulu kalau kita ingin membaca buku, kita harus ke toko buku dulu buat beli, atau beli online yang baru datang beberapa hari kemudian. Sekarang, kita bisa mendapatkan buku idaman langsung real time online. Tinggal klik klik, dan wuss buku sudah tersedia di gadget dalam bentuk ebook dan bisa langsung di baca. Selain di gadget seperti HP atau tablet, kita juga bisa baca ebook di alat baca elektronik seperti kindle, kobo reader, dll

Terinspirasi dari postingan Lia yang membahas kebiasaan barunya dalam membaca, saya jadi kepikiran buat nulis postingan ini, apakah cukup membaca ebook di HP atau perlu membeli Kindle?

Kindle adalah sebuah gadget yang digunakan untuk membaca buku. Iya, hanya untuk membaca buku. Ga ada game dan ga ada sosmednya 😁 Bisa sih dipake internetan, tapi terbatas banget. Saya punya Kindle sejak 5 tahun yang lalu dan selama itu juga udah menemani saya membaca banyak ebook, terutama english ebook. Buku biasanya saya beli di amazon, atau kalau tersedia ebook gratis, saya bisa pindahkan dari komputer dengan kabel data ke Kindle.

Sejak tahu Ipusnas 2 tahun yang lalu, saya mulai jarang baca di Kindle karena koleksi buku di Ipusnas sangat banyak dan tentu saja, Gratis! Hehehe.. 😁 Apalagi hp sekarang bisa disetting reading mode jadi lebih nyaman di mata dan ga bikin perih baca lama-lama.

Jadi, kalau beli Kindle jaman sekarang ga kepake donk? Wua belum tentu, karena ada 2 kelebihan Kindle yang menurut saya tidak terkalahkan oleh membaca di hp yaitu :
1. Batere tahan lama
Baterenya yang sangaaat tahan lama. Bisa sampai sebulan dengan penggunaan. Kalau dibiarin nyala, cuma dipake buat baca sesekali bisa lebih lama lagi sampai berbulan-bulan 😁
2. Ramah di mata
Kelebihan utama Kindle adalah karena teknologi e-ink nya, sehingga tidak perih dimata walau membaca dengan waktu yang lama. Ini pembeda utama Kindle dengan tablet yang bukan khusus untuk membaca lainnya.

baca di kindle
Kindle Paperwhite saya yang umurnya udah 5 tahun lebih tapi masih bagus, masih sama kayak awal beli performanya

Kelebihan lain pernah saya tulis di blog ini pada postingan Pros-Cons Kindle Papperwhite

Bagaimana dengan HP? Salah satu yang membuat membaca HP tidak bisa dikalahkan oleh Kindle adalah kecintaan saya dengan IPUSNAS. Hehehe.. Buat yang belum tahu, Ipusnas adalah aplikasi untuk meminjam ebook gratis. Tinggal download di Play Store atau Apple Store. Karena buku yang bisa dibaca di Ipusnas sifatnya dipinjam, jadi dalam beberapa hari buku akan hilang dari koleksi. Trus kalau belum selesai baca gimana? Tenang aja, bisa dipinjam lagi kok. Lebih detail bisa baca di web Ipusnas https://ipusnas.id.




Selain Ipusnas, kamu juga bisa berlangganan Gramedia Digital yang menurut saya itu jaauuuh lebih murah dari pada beli buku Amazon untuk Kindle. Aplikasi pinjam meminjam buku sekarang juga ada banyak, ada juga Perpustakaan Digital Banyuasin yang kamu bisa pinjam dan baca Novel Nikah Muda saya di sana.. #promosi 😂

Masih bingung mending Kindle atau cukup pake HP aja? Ini saya kasi beberapa pilihan ya :

baca di kindle
Apa jawaban kamu? 
Share di komen yaa...

Jadi, menurut saya kalau kamu banyak bepergian, Kindle ini amat sangat kepake. Karena saya pribadi, kalau bepergian cenderung menghemat batere hp (biar bisa puas dipake foto-foto 😁). Belum lagi kalau perlu harus menghubungi orang. Sedangkan bawa buku fisik juga menuh-menuhin tas. Apalagi kalau pergi agak lama, masa sampai harus bawa beberapa buku. Sedangkan Kindle, selain ringan juga bisa menyimpan sampai ratusan buku. Dulu saat belum punya kindle, saya sering banget berujung beli buku di bandara saat mau pulang karena bacaan yang dibawa udah beres dibaca semua. Soalnya saya termasuk yang ga terlalu suka nonton film di pesawat, lebih suka baca.

Sedangkan kalau kamu penyuka buku bahasa Indonesia, menurut saya ga terlalu urgent buat beli kindle. Karena banyaknya ebook yang tersedia in english. Kecuali kalau kamu ga bisa baca kelamaan di Hp karena bikin mata perih ya.. Atau kalau kamu gampang kegoda dengan sosmed saat baca, mending baca di Kindle. Hehehe.. Soalnya saya sering pas baca buku di Hp, tiba-tiba ada notif sosmed, ujung-ujungnya scroll sosmed bisa lamaa tau-tau udah setengah jam lebih 🤪

Jadi gimana, tertarik untuk beli Kindle? 

baca di kindle
Kindle si gadget kesayangan 💖💖


37 comments:

  1. Saya suka Kindle mba. Karena ringkas. Apalagi saya lebih banyak di jalan daripada di rumah. Dan alasan lainnya karena kebanyakan lihat hape bisa buat sakit mata. Makanya saya tetap beli Kindle meski sebetulnya bisa baca e-book via hape / ipad. Rasanya beda soalnya :))

    Saya dulu sempat maju mundur mau beli karena kalau beli berarti harus konsisten baca, plus jangan sampai Kindle-nya terbengkalai alias pakai hanya sementara habis itu malas beli e-book barunya hahaha. Setelah berpikir tiga bulan akhirnya saya beli juga dan nggak menyesal sampai sekarang, mba :D usia Kindle saya sepertinya sudah hampir 5 tahun sama seperti mba Thessa. One of the best purchased, karena saya jadi jaranggggg beli buku fisik (kecuali susah cari versi e-booknya) dan hemat tempat :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah toos Mba Enoo. Aku juga lama itu mikir mau beli kindle. Apalagi 5 th yg lalu yg pake kindle di sini jaraaang bgd kaan. Yg jual juga dikit.. Jd susah nyari referensi dr pengguna langsung. Hehehe. Tp pas beli sampe skrng saya ga nyesel sama sekali. Best buy bgd!
      Apalagi buat Mba eno yg sering bepergian. Plus hidup minimalis dg mengurangi buku kan. Cocok bgd deh memag pake kindle.. Klo hp memang ga ramah dimata, klo ipad ga praktis krn beraat menurutku buat baca.. 😁

      Delete
  2. Abis lihat postingan ini ditambah komentar dari kak Eno, kok aku malah tambah galau ingin beli 😵 wkwk.
    Makin galau tapi berkat alur penjelasan dari kak Thessa, aku jadi dibantu untuk merenung kembali. Sayang sih Kindle nggak bisa buka iPusnas dan Gramed Digital. Kalau bisa, mungkin aku nggak akan segalau ini untuk beli 😂

    Btw, terima kasih ya kak Thessa udah buat postingan ini. Membantu banget banget banget buat aku 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Lia, makasi juga udah menginspirasi aku buat bikin postingan ini 😁

      Kalau buat Lia, menurut aku krna lagi menggiatkan baca english book, ga ada ruginya kok beli kindle. Apalagi paperback english book itu jauh lebih mahal kan, jd mending beli ebook di kindle. Trus baca english ebook buat aku lebih cepet beres dibanding buku fisik. Soalnya klo ada yg ga ngerti tinggal pencet lama buat dictionary-nya. Dan itu tersedia walaupun saat kita offline. Jd lbh cepeet beres bacanya 😁 Maap yaa klo jd malah ngomporin 🤣

      Delete
    2. Sama-sama kak Thessa ��

      Wkwk terima kasih juga udah dikomporin ��. Aku senang kok dikomporin #lho
      Kindle ini akan aku pertimbangkan sampai beberapa bulan kedepan kak sambil melihat kebiasaan membacaku seperti apa. Kalau jatuhnya lebih banyak baca ebook, sepertinya akan jadi beli Kindle ��

      Delete
  3. Saya paling pecinta buku
    Dulu selalu membua anggaran, setiap bulannya paling tidak dua buku harus terbeli
    Maka tidak heran, jika kini koleksi bukunya sudah lumayan banyak
    Tapi saya kayaknya belum pernah baca buku versi ebook
    Entah mengapa, mungkin ya itu, mata sudah tidak mendukung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren kak sampai selalu memyediakan anggaran buat buku 😍 Pasti koleksinya banyak ya kak..

      Aku pun kalau memilih, paling nyaman memang membaca buku fisik. Ga ada yg ngalahin kenyamanan dan mencium bau kertas2 buku 😁

      Delete
  4. Udah tau kindle dari lama banget dan tertarik buat beli cuma memang kendalanya itu karena rata2 ebook di kindle kan bahasa inggris ya dan aku masih agak kagok kalo baca novel atau literasi inggris karena bahasa yang dipake itu terkadang beda banget sama bahasa inggris yang kita kenal sehari-hari. Sampe sekarang pun masih coba-coba beli novel berbahasa inggris yang gak ada terjemahan indonesianya dan hasilnya gak tamat-tamat dibaca hahaha

    Memang kendala kalau dari HP itu paling besar ada sosmed sih, paling susah kalau udah dapet notif ntah darimana aja. Jadi lebih lama buka socmed daripada baca bukunya hahaha. Akhirnya saya malah invest beli tablet khusus untuk baca aja jadi emang gak ada socmed sama sekali kecuali berhubungan sama baca jadi seenggaknya bisa membuat fokus sedikit.

    Thanks sharingnya Mba, siapa tau nanti aku bisa beli kindle juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin semoga suatu saat kesampaian buat beli Kindle ya Mba 😊

      Masalah kendala buku english, justru aku baca buku english di kindle buat aku lebih cepet beres dibanding buku fisik. Soalnya klo ada yg ga ngerti tinggal pencet word yg ga dingerti buat dictionary-nya. Dan itu tersedia walaupun saat kita offline. Jd lbh cepeet beres bacanya 😁

      Samaa mbaa, ujung2nya jd lbh scroll2 sosmed dr pada baca buku ujung2nya 😅

      Delete
    2. Wooo baru tau kalo kindle sepraktis itu Mba... enak banget dong kalo gak ngerti katanya bisa langsung cari di dictionary. Biasanya kan harus buka kamus khusus atau paling engga ke google translate. Wah ini menarik banget!

      Delete
    3. Iyaa mbaa, sepraktis itu memang. Hehehe.. Makanya aku klo english ebook lbh suka baca di kindle 😁

      Delete
  5. Wah... Saya baru tahu ada alat namanya kindle😃 kalau punya kindle emang asyik ya mbak buat yang suka baca. Apalagi baterenya bisa tahan berbulan-bulan. Cocok banget dibawa liburan jauh, atau di desa yang sinyalnya susah. Atau di pegunungan yang nggak ada colokan listriknya. Pasti membantu banget menghilangkan bosan. Jadi pengen ih...😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba Astria, kindle sepraktis itu sampai ga perlu nge cas sering2. Hehehe.. Cocok jdnya dibawa kemana2, traveling jauh atau kepelosok2 jg bisa. Ramah di mata lg 😍

      Delete
  6. Saya pembaca ebook juga, belum kepikiran buat beli kindle sih. Soalnya lebih suka baca via hp biar ga kelihatan lagi baca buku, padahal banyak buku tebal yg sudah saya tamatkan justru lewat baca di hp, kayak Don Quixote, misalnya. Soalnya mikir kalau scroll medsos aja bisa lama, kok buku ga bisa.

    Karena pake Google Books, jadi bisa nyambung ke beragam gawai. Selain hp utama, saya ada Galaxy Tab jadul buat dijadiin kindle2an hehe. Ini kalau lagi perjalanan yg dipake buat baca buku atau nonton film biar hp utama tetap awet. Tapi kalau ada yg ngasih Kindle ya saya ga nolak. 🤭🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau bukunya tebal ya mas, keliatan banget baca bukunya kan. Hehehe.. klo buka hp atau tab kan lbh nyaman ya. Selama mata tahan buat baca lama di hp, menurut ku memang blm ada urgensi nya buat beli kindle. Malah uang beli kindle bisa dipake buat beli lbh banyak buku di Google books 😁 Apalagi udah ada tab lain juga selain hp buat baca. Mantaab.. 😎

      Delete
  7. Saya suka baca e-reader. Biasanya lebih betah Kindle karena lebih ramah dibaca mata...
    Font tulisan blognya bagus mbak apa namanya ya..
    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, kelebihan utama Kindle itu memang mnrt ku paling juara teknologi ramah di mata nya itu..

      Salam kenal juga mba, terima kasih sudah mampir ya 😊 Wuaa aku lupa ini namanya font nya mba, coba aku oprek2 dulu buat cari tau ya 😁

      Delete
    2. Mba, nama tulisan blog aku 'muli'
      Semoga membantu infonya 😊

      Delete
    3. Aw Muli ya...makasih mbak Thessa. :)

      Delete
  8. Saya belum tertarik untuk beli kindle mbak, lebih suka beli hape saja. Soalnya kalo butuh duit hape bisa dijual secara cepat, kalo kindle sepertinya susah jualnya.😂

    Hape sekarang juga ada mode baca mbak, jadi ngga bikin mata cepat silau dan lelah membaca ebook. Memang sih warnanya jadi agak kekuningan layarnya tapi membaca ebook jadi nyaman. Katanya juga bikin batre lebih awet.

    Coba ah ke perpustakaan digital Banyuasin, mau baca ebook nikah muda. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas Agus, reading mode bisa bikin baca di HP lbh ramah di mata 😁 Aku skrng bahkan saat ga baca buku pun selalu aktifin reading mode, soalnya katanya ga bikin mata rusak. Hehehe.. wah aku baru tau tuh ternyata bisa bikin batere awet juga yaaa..

      Asiiik, Mas Agus mau baca novel Nikah Muda 😁 Ditunggu masukannya ya Mas Agus klo udah beres bacaa.. 😊

      Delete
  9. Baru tau saya klo ada kindle hahaha.. dasar kudet ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kindle baru rame di sini memang baru2 ini kok Mba. Jd wajar kalau Mba ga tau.. hehehe 😁 Blm terlalu booming soalnya di sini 😊

      Delete
  10. Jawaban kuisku adalah hape dan Kindle, padahal gak punya Kindle wkwkwk. Aku kalau novel itu lebih suka buku aslinya Mba Ica, gak ada yang ngalahin sih rasa pegang kertas kasar sambil baca, konvensional banget memang. Tapi kalau baca artikel termasuk yang disimpan di Pocket, itu aku setiap hari baca entah di hape atau ipad. Di Pocket juga bisa mode yang warna layarnya kuning, aku nyaman juga bacanya hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus beli kindle kalau gt Justin 😂

      Sayang ini hanya perbandingan ebook di hp dan kindle yaa.. Kalau perbandingan ebook vs buku fisik, pasti aku milih buku fisik jugaaa 😁 Ga ada yg ngalahin sensasi membalik halaman san mencium bau kertas buku yg baru dibuka segelnya.. hehehe..

      Skrng reading mode emank membantu banget, jd bikin ga perih di mata yaaa..

      Delete
  11. Saya dulu termasuk anti baca buku digital. Alasannya: kenikmatan baca buku fisik tak akan pernah tergantikan. Terutama mencium aroma kertasnya. Lebih nyaman juga karena enggak bikin sakit mata. Hingga akhirnya muncul iJak dan iPusnas, saya mulai berubah pikiran. Adakalanya saya butuh bacaan baru ketika belum sanggup beli buku baru, sejak itu mulai mengakses buku digital. Setelahnya justru berubah ketagihan. Hahaha.

    Soal beli Kindle, pengin juga sih. Cuma belum termasuk kebutuhan mendesak, jadi nanti aja kalau ada banyak uang berlebih. Atau barangkali ada give away maupun lomba hadiahnya Kindle. Ehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun dulu begitu, buku fisiki bener2 tidak terganti. Tp ketika aku mulai susah curi2 waktu buat baca di rumah, dan hanya bisa punya waktu baca pas di jalan, aku akhirnya nyoba ebook dan ternyata seru juga. Sama kayak Mas Yoga, malah jd ketagihan 😁

      Iya mas, selama masih bisa baca d hp sebenarnya memiliki kindle belum mendesak 😊

      Delete
  12. aku belum pernah menyelesaikan satu ebook sampai saat ini. Mata keburu lelah kalau menatap layar HP. Yaa akhirnya tetap setia pada bentuk fisik. Meskipun kalau bentuk fisik sering menghabiskan tempat ketika dibawa jalan-jalan. Aku sering kayak gitu. Sampai bingung. Yaa akhirnya beberapa buku dan barang terpaksa aku kirim pakai paket aja :D

    Bentuk fisik,hp, atau kindle hanya sebuah media, yang penting semangat untuk terus membaca yaa mbak thessa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang baca di hp melelahkan sih. Bahkan reading mode pun tetep aja ga senyaman baca buku fisik yaa.. hehehe

      Setuju Mas Rivai, medianya bisa apa saja, yg penting semangat baca ga padam.. Karena ga dipungkiri banyak manfaat diperoleh dr membaca kan 😁

      Delete
  13. Kalo liat orang pake Kindle terus di-cover cantik gitu bawaannya latah pengen punya juga 😂

    Tapi setuju, sepertinya Kindle memang lebih cocok yang mobilitasnya tinggi. Buat yang suka berpergian, Kindle ini praktis ya, bisa dibaca di mana aja bahkan di pesawat. Tapi untuk aku yang masih lebih suka baca buku fisik, sepertinya belum tergoda banget untuk punya Kindle (: baca iPusnas di hape aja sebenarnya nggak terlalu nyaman, belum lagi suka ditengokin bocah, mamanya bilang baca buku tapi kok liatin hape mulu 😂

    But anyway, terima kasih untuk sharing-nya, Mba Thessa! Buat jadi bahan pertimbangan ke depannya :D btw, itu sampai dibikinin grafisnya segala 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, jadi latah pengen beli juga ya Mbaa... Klo aku udah mana baca di kindle n hp, masaih aja latah beli buku fisik. Jadinya di rak buku banyak buku masih di segel, sampai suka disindir2 suami :D

      Bener Mba, kindle paling cocok mnrt aku buat yg mobilitasnya tinggi. Btw, klo baca kindle anakku malah ga tertarik nengokin mba. Dia pernah liat dan karena item putih dan isinya tulisan doank, jd dia ga terterik minjem. ^^

      Makasii juga ya Mba Jane udah baca. Info grafisnya cuma buat mempermudah pertimbangan aja mba, walau ala kadarnya. hehehe.. Semoga bermanfaat yaa postingannya.. ^^

      Delete
  14. Hmmm, mataku mata orang tua mba :p. Masih LBH suka buku fisik hahahahhaha. Sesekali baca sih ebook, dari ipusnas, tp kayaknya itu aja sih. Itupun jarang aku buka selama masih ada buku fisik yg blm selesai aku baca.kalo udh abis semua, dan blm ada stok baru, naah ipusnas gantinya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun kalau hrs memilih, pasti milih buku fisik Mba 😁 Mau pake reading mode, atau baca di kindle, ga ada yg ngalahin kenyamanan buku fisik di mata. Paling buat dibawa2 aja agak berat n makan tempat kaan..😅

      Delete
  15. Untuk perpustakaan digital Banyuasin, itu maksudnya Kabupaten Banyuasin yang ada di Sumatera Selatan ya mbak?
    Itu aplikasinya gimana? Didownload di playstore ya?
    Oh ya, kalo Mbaknya dari Banyuasin, aku dari Palembang. Salam kenal.. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Dodo, terima kasih udah mampir k blog ini 😊
      Iya Mas, buku Nikah Muda aku ada di perpustakaan Digital Banyuasin Sumsel. Tp aku juga ga tau knapa ada di situ (bukan krna aku orang sana) Hehehe.. Awalnya malah aku taunya krna ada yg baca buku aku disitu n mention di Ig aku. 😁 Sepertinya karena penerbitnya kerjasama dg Perpus Digital Banyuasin.
      Wah kota mpek2, jd inget dulu pertama ke Palembang aku nyobain model. Selama ini taunya mpek2, eh ternyata ada model juga 😁 Klo aku orang Minang mas, masih sama2 Sumatera kita. Hehehe..

      Delete
    2. Aku juga berdarah minang, loh. Ibuku lahir di Bukittinggi mbak. Kalo Aku, lahirnya di Palembang hahahaa

      Delete
    3. Wah tooos sama Bukittinggi 😍 Tp aku udah belasan tahun ini tinggal di Jakarta. Tahun ini malah blm sempet mudik gara2 Covid. Huhu..

      Delete