Saturday 11 April 2020

Quote : Buku Samudra di Ujung Jalan Setapak

Pernahkah kamu terpikirkan, bagaimana kalau ternyata sebuah ingatan tentang kejadian yang pernah kamu alami sebenarnya tidak pernah terjadi? Bagaimana jika sebenarnya realita tidak terjadi seperti yang kamu ingat? Bingung kan? Jujur saya juga bingung bagaimana menjelaskan bahkan memberikan review tentang buku Neil Gaiman yang baru saya baca ini. Bahkan blurb buku-nya saja tidak menjelaskan apa-apa tentang jalan cerita buku ini.

Unik, mungkin itu kata yang tepat untuk menjelaskannya. Kalau buku Stardust yang sebelumnya saya posting di sini, saya ceritakan sangat magical, kalau buku ini justru sangat unik. Setiap bab membuat saya bertanya-tanya, akan dibawa ke mana cerita ini dan kejutan apa lagi yang disiapkan Neil Gaiman.

Jadiii, dari pada bingung mau review apa, saya tulis quote yang paling ngena dan paling menggambarkan isi buku ini saja

Beda-beda orang, beda-beda ingatannya; tidak ada dua orang yang mengingat hal-hal yang sama persis. Entah mereka mengalami atau tidak. Walaupun dua orang berdiri bersebelahan, ingatan mereka bisa berpulau-pulau jauhnya - Neil Gaiman (Samudra di Ujung Jalan Setapak halaman 250)

6 comments:

  1. wih aku jadi tertarik buat baca bukunya. apalagi mengenai hal disekitar yang sukar di pikirkan. keren pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, keren bukunya. Bikin bertanya2 soalnya ceritanya bakal dibawa kemana 😁

      Delete
  2. Memang tiap orang beda cara pandangnya kok mbak. Ingatannya tentang suatu kejadian bisa jadi beda biarpun sama peristiwa nya. Contohnya yang agak serem itu kejadian kerusuhan Mei 1998.

    Ngga usah jauh sih, baca artikel ini juga pasti beda komentarnya, padahal postingan sama ya.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas Agus. Walau peristiwanya sama, bisa jadi tiap orang ngingat detail kejadiannya beda2.
      Wah, kerusuhan 1998, aku ingetnya cuma liat di TV pas SD (ketauan umurnya 😂) karena untung tinggal jauh dr ibu kota waktu itu..

      Delete
  3. Mbaaaa aku kok mendadak penasaran dengan buku ini ya
    Maklum lagi kerajingan baca buku penulis luar yang udah kondang akutuh
    Kadang kalau baca buku penulis luar kayak menceritakan sesuatu dengan objek penceritaan yang aneh, bikin mikir, bikin berfilosofi tapi menarik meskipun pembaca merasa bertanya tanya ini maksudnya akan dibawa kemana ya hihihi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, aneh.. aku tuh dr kmaren cari kata2 yg pas cuma nemu "unik". Tp setelah dipikir2, kata2 "aneh" juga cocok buat gambarin buku ini.
      Baca deh mbaa, seruu 😁

      Delete