Sunday 19 April 2020

Tertipu Belanja Buku Di Tokopedia


Tokopedia, pasti semuanya tau dengan marketplace yang satu ini. Saya sebenarnya sudah beberapa tahun ini menjadi pengguna setia Tokopedia. Mulai dari beli makanan, sampai elektronik seperti kulkas dan dispenser pernah saya lakoni di Tokopedia. Mulai dari transaksi belasan ribu sampai transaksi jutaan. Selama menggunakan Tokopedia, jujur saya cukup puas dengan layanannya. Jadi, Tokopedia adalah top of mind saya dalam mencari barang-barang secara online. Selain karena memang Tokopedia nyaris punya semua jenis barang, saya pun merasa cukup aman belanja di sini dengan sistem Rekening Bersama dari Tokopedia.

Jadi wajar saat Titha request kado ulang tahun ke 7 nya Komik Next G (buku yang selama ini dia sering baca di perpustakaan sekolah), saya langsung mencari di Tokopedia. Tetapi sialnya, saya dapat penjual yang sama sekali tidak komunikatif. Beberapa kali dichat sama sekali tidak pernah dibalas, padahal remark nya terlihat sedang online. Saat saya minta uang dikembalikan karena pesanan yang dikirim tidak sesuai pun, tidak digubris oleh penjualnya.

Tertipu di Tokopedia

Kronologis  Kasus 1:

Februari 2020

5/2 : Saya mulai mencari-cari penjual yang menjual komik Next G. Akhirnya saya menemukan penjual diomond dengan follower sudah 10ribu lebih.

6/2 : Saya check out membeli 5 buku Next G. Sekaligus setelah itu saya konfirmasi ketersediaan buku melalui chat. Tapi penjual walau statusnya online sama sekali tidak membalas.

7/2 : Saya tanyakan lagi tapi tetap tidak dibalas. Mulai feeling ga enak dengan penjualnya.
Saya sudah agak merelakan kalau transaksi ternyata tidak dikirim oleh penjual.

12/2 : Paket datang, dan ternyata dari penjual komik Next G.

14/2 : Saya langsung konfirmasi menerima barang tanpa membuka dulu isi paket. Di sini lah kesalahan saya. Seharusnya jangan pernah mengkonfirmasi pesanan sebelum kita membuka paket dan memeriksa kelengkapannya. Karena saya sebelumnya tidak tau Komik Next G setebal apa, jadi saya tidak bisa mengira-ngira juga sebenarnya dari paket yang datang itu isinya berapa komik.
Karena saya sudah melakukan konfirmasi, dana telah diteruskan ke penjual pada tanggal yang sama.

16/2 : Saya membuka paket dan ternyata hanya ada 2 dari 5 buku yang dipesan dengan catatan dari penjual
 "Ada buku yang kosong, silahkan komplain ke pusat resolusi minta uang dikembalikan seharga buku yang kosong. Terima kasih"
Tertipu di Tokopedia

Akhirnya saya langsung komplain ke pusat resolusi dengan menjelaskan kronologis yang terjadi. Jawaban dari CS Tokopedia lumayan cepat, langsung saya terima di hari yang sama. Sayang jawabannya kurang memuaskan sbb :
"Jika barang yang Anda terima tidak sesuai, Toped sarankan Ibu/Bapak untuk menghubungi Penjual melalui fitur Tanya Penjual di menu Pembelian"
Karena saya sudah mengkonfirmasi penerimaan pesanan, dan uang sudah diteruskan ke penjual. Jadi simpelnya, kata Tokped kalau ingin uang dikembalikan, minta aja langsung sama penjual 


16/2 : Saya chat lagi penjual dengan ngasi screenshot pesan dr CS Tokped. Seperti sudah diduga, di read doank tapi ga dibales.


Tertipu di Tokopedia

17/2 : Saya chat lagi dan masih belum dibalas. Akhirnya saya putuskan komplain lagi ke Tokped, dengan menyampaikan screenshot chat yang tidak pernah di balas oleh penjual. Boro2 minta uang kembali, chat aja ga dibales-bales.

Tertipu di Tokopedia

Tokped bales dan minta bukti2 berupa foto barang yang diterima, saya langsung reply.

18/2 : Tokped akhirnya membalas, dana akan dikembalikan sejumlah buku yang tidak terkirim. Yey.. Proses akan dilakukan dalam 14 hari. 

Akhirnya kasus selesai dengan happy ending. Namun saya sangat kecewa dengan sikap penjual. Kalau dari awal dia komunikatif membalas chat, saya lebih memilih bukunya diganti dengan judul Komik Next G yang lain yang ready stock. Atau saya bisa buru2 cari lagi di tempat lain, ga keburu mepet sama tanggal ulang tahun. Apalagi saya sudah janji memberikan Titha hadiah ulang tahun 5 komik, akhirnya Titha cuma dapet 2 komik pas ulang tahun. 

Btw, karena waktu itu janji saya belum lunas ke Titha, akhirnya saya pesan lagi buku dari seller lain. Walau baru dikasih setelah ulang tahun, setidaknya dia tetap dapat sesuai yang saya janjikan. Browsing2 penjual di Tokped, saya akhirnya nemu penjual dengan 13ribu follower, dan rating cukup bagus. 

Kronologis Kasus 2

Maret 2020

15/3 : Order 5 buku. Konfirmasi ke Penjual apakah buku yang dipesan ready semua. Penjual bilang akan mengabari nanti untuk stok buku yang ready

17/3 : Penjual belum mengabari tentang ketersediaan buku di chat, tapi paket sudah datang. 
Berkaca dari pengalaman sebelumnya, paket saya buka dulu sebelum dikonfirmasi di aplikasi Tokped. Kaget donk saya ternyata buku yang datang juga tidak lengkap, hanya 3 dari 5 buku yang dipesan. Lengkap dengan catatan yang persis sama dengan catatan pada Penjual pertama. 

Tertipu di Tokopedia

Ini nama tokonya doank yang beda, orangnya jangan-jangan sama. Hahaha. Atau mungkin salah satu dropshipper dari toko satunya, entahlah saya tidak tau pasti. 


Saya langsung komplain di pusat resolusi, barang datang tidak lengkap. 

18/3 : Dana diteruskan ke penjual sebesar buku yang dikirim. Dana buku yang tidak dikirim dikembalikan ke saya.

Dengan pengalaman tidak mengenakkan di atas, saya sangat mengapresiasi tanggapan CS Tokopedia yang cepat. Apakah itu membuat saya kapok belanja di Tokped? Tentu tyidaque 😁 Karena jujur, pengelaman menyenangkan belanja di Tokped jauh lebih banyak dari pada kejadian seperti ini. Tapi yang pasti saya sudah black list kedua penjual di atas. 
Agar belanja di Tokped senantiasa aman, ini beberapa tips dari saya 

Tips belanja aman di Tokopedia : 
1. Selalu konfirmasi ketersediaan barang sebelum melakukan transaksi. Selain untuk memastikan barang memang ready, juga untuk mengecek apakah penjual komunikatif saat ditanya-tanya
2. Jangan pencet konfirmasi kedatangan barang di aplikasi Tokped sampai kamu membuka paket dan mengecek satu persatu apakah barang yang diterima telah sesuai
3. Selalu cek rating dan review yang diperoleh Penjual. Kalau saya selalu memilih Penjual dengan bintang 4 ke atas. Jangan tergoda karena harga lebih murah, pas dibaca review dari pembeli bintangnya di bawah bintang 4 semua. Dari pada kecewa, lebih baik cari Penjual lain.
4. Jangan pernah mau apabila ditawarkan transaksi di luar aplikasi, misal bayar via transfer atau via pulsa. Hampir dipastikan kalau kejadian seperti itu, itu adalah penipu. Saya kebetulan belum pernah, tapi art saya di rumah pernah mengalami. Bayar via pulsa, barang akhirnya tidak dikirim. Komplain via aplikasi juga tidak akan bisa kalau kejadiannya begini.
5. Jangan memberikan kode OTP apapun ke siapa pun.

Tips di atas harusnya juga bisa untuk belanja di market place lain. Tapi karena saya belum pernah nyoba, jadi saya tidak akan berkomentar banyak.
Sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan pengalaman saya bisa jadi pelajaran buat kamu yang suka belanja online ya.



Sumber gambar gif Ryan Gosling : tenor.com


20 comments:

  1. Mb thess aku juga paling suka belanja di tokped, menurutku harganya lebih murah ketimbang e commerce lain

    Kalau untuk tipsnya, ini penting banget, apalagi sebelum beneran bayar, memang kitanya sih yang kudu aktif chat dulu sama seller apakah barangnya ready atau ga hehe, saya juga kadang masih main langsung bayar sih, karena saking antusiasnya liat barang ketimbang mutar muter di toko buku kagak nemu judul buku yang dimaksud, e di tokped ada... tapi untungnya saya belum pernah nemu barang ga ready sih...jadi pas uda bayar barang selalu ada dan siap kirim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, hrs nya kita emank lbh amannya chat penjual dulu buat ketersediaan barang ya. Tp ada jg tipe penjual yg bilang "selama produk masih dipajang, brarti barang ready. Tdk perlu nanya ketersediaan" hahaha, klo tipe kaya gini bisa lah lngsng kita pesen tanpa nanya..

      Soal harga, setuju mba. Klo pinter2 nyari, kita bisa dpt harga murah2 banget di tokped 😁

      Delete
  2. Aku juga dulu sering langganan belanja online di tokopedia. Dan nggak ada masalah seperti yang kamu alami. Syukur ya. Tapi aku sekarang berganti haluan ke shopee. Karna waktu itu barang yang aku cari rata rata di tokopedia gaada yang jual. Di shopee malah lengkap. Coba deng sopie juga. Wkwk aku dah kaya sales sopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciee dibayar berapa sama shopee kak? 🤣 tp emank klo kita pengalamannya bagus, pasti dengan senang hati merekomendasikan yaa..
      Aku blm install shopee nih. Satu tokped aja udah bentar2 ada yg teriak paket di rumah, apalagi klo nambah marketplace lain 😅

      Delete
  3. Walaupun berakhir bahagia karena uang kembali tapi tetep kesel juga kalau ada kejadian seperti ini ya, Mbak. Ini tulisannya oke banget lho, Mbak. Supaya kalau ada orang-orang yang bernasib sama tidak bingung lagi.

    Kalau aku sih belum pernah belajar di tokopedia. Biasanya kalau belanja pake marketplace lain. Pernah juga kejadian terlanjur check out, ternyata stoknya habis. Tapi seller sudah konfirmasi dan nyelipin uang cash di dalam paketnya sebesar harga barang yang habis itu sih. Jadi gak merasa dongkol sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga selama ini sama seller2 lain jg gt kak. Klo ada yg ga ready, dia selipin uangnya di paket. Jd kita ga repot2 komplain ulang2 ke pusat resolusi. Hehehe.. tp kayaknya kemaren lg sial aja nih aku dpt ny seller yg gini 😅

      Makasi ya mba, semoga bermanfaat yaa 😁

      Delete
  4. Ya ampuuunn, yang gini-gini nih yang bikin saya selalu ketakutan belanja online.
    Saya dulu pikirnya beli di marketplace itu lebih aman, karena dana kita ditahan marketplace, belum dicairkan sebelum kita terima.

    Mungkin karena udah dipencet konfirm kedatangan barang kali ya, kalau saya bahkan udah saya buka pun kadang malas saya pencet wakakakaka.

    Alhamdulillahnya sih selama ini masih aman, belanja di marketplace (iya jelas aman, orang beli online bisa dihitung jari banget hahahahaha)

    Tapi makasih ya Mba udah dituliskan pengalamannya, biar jadi pelajaran juga buat lainnya. JUGA BUAT PENJUAL DAN MARKETPLACE nya *eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku malah skrng bentar2 belanja online mba. Sampe beras aja aku pake tokped. Hahaha. Abis anak skrng 3 n masih kecil2, tiap pergi2 udah berasa pindahan bawaannya seabreg. Hehehe. Jd belanja dg tenang tinggal kenangan. Blm lg macetnya jalanan, boros di bensin n tol 😅😅

      Makasi jg ya Mba Rey, semoga bermanfaat. Btw tau aja mba, ini tulisan emank sekalian buat nyindir penjual n marketplace nya 🤣

      Delete
  5. Pengalamannya kurang menyenangkan ya mba :(

    Saya pribadi belum pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan bersama TOKOPEDIA ehehe, jadi so far masih nyaman dalam menggunakannya ~ dan saya akui sistem CS-nya memang juara, especially permasalahan pengembalian dana karena proses refundnya cepat, nggak butuh waktu sampai 60 hari kerja! :)) by the way, kalau belanja buku online di TOKOPEDIA saya biasa di DOJO BUKU, mungkin next time bisa coba cari-cari di sana mba siapa tau ada barangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mba eno, respon CS nya lumayan cepet. Walau hanya lewat chat n ga ada no hp yg bisa ditelpon.

      Wah makasi rekomendasinya mba 😍😍 Barusan aku kepoin memang banyak koleksi bukunya. Followernya juga 20ribu lebih.. boleh juga nih buat alternatif tempat beli buku online 😊

      Delete
  6. Alhamdulillah, sampe sekarang blom pernah yang parah2 banget kalo saya mba. Paling kesalahan dari saya, pernah juga pertama kali belanja, pas teflon buat daleman rice cooker itu, gak ada sekrup di pegangannya jadi lepas, tapi sayangnya udah di konfirmasi barang diterima baik, jadi ya sudahlah, cuma laen kali harus inget belajar dari kesalahan kyk gitu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama donk mba, keburu pencet konfirmasi terima barang.. sekarang aku ga lagi2 deh pencet konfirmasi sblm paket dibuka n barang dicek semua.. 😁

      Delete
  7. Aku jarang jajan di Tokopedia karena jarang dapat kupon gratis ongkir..ha..ha. ongkir ke tempatku bisa sampai 70rb lebih. Makanya kalo mau jajan online mikirnya berkali-kali. sejauh ini selalu jajan di toko teman meski belum 3 bintang, masih siver apa gimana, jadi alhamdulillah nggak pernah ada masalah. Mungkin karena jajan di toko teman sendiri kali ya. he.he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaampun 70ribu lumayan juga ya Mba Atria 🙀 Malah lebih enak mba kalau belanja di toko teman gitu, jd simbiosis mutualisme jadinya kan 😁

      Delete
  8. Dulu memang aku suka belanja di Tokopedia mbak, tapi sekarang pindah ke shope karena banyak voucher gratis ongkir nya, sebenarnya Tokopedia sama sih banyak gratis ongkir dan cashback.

    Pengalaman saya selama ini oke oke saja sih belanja, baik di Tokopedia atau shopee. Tapi memang perlu sekali mengecek barang apakah sudah sesuai pesanan atau tidak.

    Dulu aku pernah beli baterai Samsung galaxy J1, ternyata setelah datang itu buat j2. Akhirnya aku komplain dan disuruh kirim balik. Akhirnya memang dikirim balik sih, tapi saya rugi 16 ribu ngirim baliknya.😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum punya shopee, takut kegoda free ongkir ntr malah belanja macem2. Maklum agak lemah iman aku liat promo2 gt 🤣🤣

      Setuju, harus banget itu ngecek barang kalau belanja online. Kalau harga barangnya lumayan, sekalian pas unboxing divideoin aja biar klo ada apa2 gampang komplainya.Untung itu dikirim balik ya Mas, aku di bales aja ga chat nya sama Penjualnya 😅

      Delete
  9. Pengalaman menarik, noted nih.
    Case pertama, sy baca lumayan dibuat kesal juga si.
    Case kedua, jangan2 tempat yang sama, atau dropshiper gitu. Kadang2 di onlineshop itu kita gak tw, bisa saja kita dihadapkan pada sumber yang sama.

    Makasih sharing kaya begini #penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga ya mas udah mampir ke sini 😁

      Feeling saya juga gt, ini kayaknya di belakangnya orangnya sama semua. Dan sialnya 2 kali pesen kok datengnya ga lengkap semua 😅

      Delete
  10. Aduh lelah banget ya kalau ketemu seller macam begini ):

    Selama belanja di Tokopedia puji Tuhan aku nggak pernah ada pengalaman gimana-gimana sih. Pernah sekali aku beli palm sugar beserta bahan-bahan lainnya, tapi yang dikirim palm sugar merek lain tanpa diinfokan terlebih dulu kalo merek yang aku mau sedang kosong. Not a big deal sih karena masih sama-sama gula 😂 tapi untungnya seller responsif.

    Btw, setahu aku kalau paket baru tiba kita nggak bisa langsung konfirmasi penerimaan. Jadi butuh 24 jam baru bisa konfirmasi penerimaan. Soalnya aku pernah kayak Mba, paket datang, sudah dibuka dan aman, aku langsung kilk tombol konfirmasi penerimaan. Eh tapi muncul peringatan 24 jam itu. CMIIW yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lelaah mbaa, di chat apa susahnya langsung balas ya, padahal udah di read 😅

      Wah untung sama2 palm sugar ya mba. Hehehe.. kalau diganti tepung baru masalah. 🤣

      Eh harus nunggu 24 jam ya? Setau aku selama kurirnya udah remark barang nyampe, itu bisa langsung di konfirmasi Mba Jane. Kecuali kurirnya blm remark nyampe, itu kita harus nunggu dulu memang.. 😅

      Delete