Saturday 11 April 2020

Istilah Pada Dunia Buku dan Bookstagram yang Wajib Kamu Tahu

Teman-teman para pencinta buku, pasti ngeh makin kesini makin banyak akun bookstagram yang bertebaran di Instagram. Semua dengan tema-tema foto yang berbeda, ada yang minimalis, ada yang warm, ada juga yang biasa aja fotonya tapi reviewnya dalam dan kece. Buat yang belum tau, Bookstagram adalah akun Instagram pecinta buku yang postingannya berisi tentang buku-buku dan hal-hal seputar buku. Biasanya mereka menggabungkan hobi membaca, review buku dan fotografi. Sehingga selain membaca review buku, followernya juga dimanjakan dengan foto-foto yang bagus.


Istilah buku bookstagram
Follow juga akun bookstagram aku @mybooklyfe yaa..

Banyak istilah-istilah seputar buku pada dunia bookstragam. Ada yang familiar, ada juga yang jarang didengar, sampai dengan yang banyak orang tidak tau artinya. Jadi pada postingan kali ini, saya akan membahas beberapa istilah yang banyak dipakai dalam dunia buku dan bookstagram : 

Macam-macam istilah pencinta buku
Ternyata, ada banyak sebutan untuk pencinta buku loh. Semua berbeda tergantung sifatnya masing-masing. Kamu juga akan banyak menemukan istilah dengan depannya Biblio-something. Biblio merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti buku. Ini beberapa istilah untuk pecinta buku yang biasa dipakai oleh para bookstagram :

Abibliophobia adalah istilah untuk orang yang akan merasa sangat frustrasi apabila tidak memiliki bahan yang mau dibaca. Oleh sebab itu, baginya akan lebih baik membeli banyak buku sekaligus karena takut kehabisan bahan bacaan tiba-tiba.

Bibliobibuli adalah sebutan untuk orang yang kecepatan membacanya di atas rata-rata, jadi ia bisa menyelesaikan buku dalam waktu singkat. 

Bibliognost adalah istilah untuk orang yang mengetahui tentang suatu buku sampai hal-hal detail. Misalnya mulai dari daftar pustaka hingga isi dari setiap halaman.

Biblioklepts adalah kleptomania-nya buku sehingga mereka sengaja mengambil atau meminjam buku tetapi tidak dikembalikan. Ayo loh, ingat-ingat masih ada buku yang kamu pinjam tapi belum dikembalikan nggak? Hati-hati jangan sampai nanti kamu dicap biblioklepts loh.

Bibliomania adalah orang yang terobsesi untuk mengoleksi buku tanpa henti. Beli lagi, beli lagi. Urusan dibaca atau tidak itu belakangan. secara terus menerus sehingga koleksi bukunya telah menumpuk. Bahkan terkadang buku tersebut ada yang tidak dibacanya sama sekali. Dan tak jarang pula perilaku ini seolah menjadi salah satu bentuk pelarian karena hatinya yang tidak bahagia dengan hidupnya.

Bibliophile adalah pencinta buku, pecandu buku, dan bisa dibilang kutu buku. Saking cintanya dengan buku, biasanya diikuti dengan hobi membaca dan mengoleksi bukunya. Ini artinya hampir sama dengan Bookworm. 

Bibliotaphs adalah pencinta buku yang posesif sama buku-bukunya. Jadi biasanya bukunya diumpetin bahkan di lemari terkunci biar tidak rusak atau dipinjam orang lain. 

Book Hoarder adalah sebutan untuk orang yang suka menimbun buku. 

Book Sniffer merupakan sebutan untuk orang yang suka mencium dan menghirup aroma buku karena memberikan kenyamanan dan kepuasan tersendiri. Baik aroma khas dari buku lama ataupun buku yang telah usang. 

Librocubicularist adalah orang yang suka banget baca buku di tempat tidur. Jadi ini cocok banget istilah untuk kamu yang termasuk kaum rebahan.

Macam-macam istilah kegiatan dalam dunia buku dan bookstagram
Selain istilah sebutan untuk pencinta buku, di dunia bookstagram dan pecinta buku banyak juga istilah-istilah yang dipakai untuk kegiatannya. Berikut adalah isitlah apa saja kegiatan seputar buku dan bookstagram yang wajib kamu tahu sebagai berikut

Book Blind Date Ini adalah kegiatan tukar menukar buku tanpa kita tahu bukunya apa. 

Book Challenges adalah event/kegiatan berupa tantangan membaca buku. Tantangan bisa macam-macam misalnya tantangan membaca minimal 20 buku dalam satu tahun, atau misalnya tantangan membaca book klasik, dll. Book challenge sekarang juga suka berbentuk photo challenge yang diupload di instagram, misal minggu ini foto buku dengan warna biru, foto buku dengan warna background pemandangan, dll

Book Bingo adalah salah satu book challenge yang terdiri dari beberapa tantangan, dan kalau kamu berhasil memenuhi beberapa tantangan dalam satu deret, maka kamu akan mendapatkan bingo! 
Ini contoh book bingo yang aku bikin untuk tamplate instastory :



Udah ada yang bingo belum?

Book Hangover adalah istilah untuk kamu yang lagi 'mabok buku'. Biasanya Book Hangover terjadi ketika kita baru selesai membaca buku yang baguuus sekali dan sangat berkesan. Beberapa waktu setelah membaca, ceritanya akan terus berputar-putar di kepala kita serta karkaternya seperti tetap hidup di sekeliling kita. Kadang kalau book hangover nya cukup parah, sampai ga mau baca buku lain dulu. 

Book Haul adalah buku-buku yang dibeli 

Book Unhaul adalah menjual buku-buku koleksi pribadi. Biasanya kondisi buku adalah bekas karena sudah dibaca yang punya, makanya biasanya dijual dengan harga yang cukup miring. 

Bookish Merch adalah barang-barang atau merchandise yang berhubungan dengan buku, misalnya lilin, pembatas buku, bantal, kaos, book jacket, dll

CR adalah singkatan dari  Currently Reading, buku yang saat ini sedang dibaca

Giveaway adalah kegiatan bagi-bagi buku gratis. Biasanya bookstagram atau book blogger suka bagi-bagi buku kalau ada event tertentu, atau kerjasama dengan penerbit/penulis buku saat buku mereka baru launching.
Baca juga tulisan aku tentang giveaway dan cara mendapatkan buku gratis di sini

Shelfie artinya foto rak buku yang tentu saja penuh dengan koleksi buku, plus kadang lengkap dengan bookish merch-nya.



Shelfie dulu guys..

TBR adalah singkatan dari To Be Reading. Ini adalah buku-buku yang antri untuk dibaca. Biasanya dibahasa pencinta buku juga suka disebut dengan timbunan.

Reading Slump adalah keadaan saat kamu tidak mau membaca buku karena tidak mood, atau karena bosan, tidak menemukan buku menarik untuk dibaca atau hal-hal laliinya yang bikin kamu tidak mau membaca buku. Pernah ngalamin guys?

Wrap Up adalah semacam ringkasan buku-buku yang telah dibaca dalam rentang waktu tertentu. Misalnya wrap up buku yang dibaca selama tahun 2019. Atau wrap up buku yang berhasil ditamatkan selama quarantine Covit 19 :D

Demikian beberapa isitilah dalam bookstagram yang banyak digunakan, kalau ada istilah yang mau ditambahkan, komen aja yaa...
















6 comments:

  1. Ya ampun aku jadi banyak dapat ilmu perbukuan waktu baca post ini

    Bukan bookstagram sih aku mainnya, tapi blogger buku hihi

    Maklum sering mampir ke blogger buku dan nemu istilah yang belum aku pahami, seperti haul gitu gitu
    Ternyata uda disarikan ama mb thessa, thengkyu mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah senangnya kalau postingan ini bisa bermanfaat mba 😍😍😍

      Delete
  2. omaigooddd..

    Saya baru tahu dong! :D

    Itu si buku juga tetep suka selfie ya Mba, meski namanya rada beda, shelfie hahahaha.

    Saya bahkan nggak tahu bahkan kayaknya banyak kata di atas yang baru saya kenal dan baca di sini, adaaa aja ya bookstagram segala :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rey, sampe buku pake Shelfie segala yaaa. Hehehe.. 😁

      Saya juga awal2nya banyak yg ga tau. Tp kok sering dipake bookstagtam istilah2nya. Akhirnya penasaran cari tau artinya deh 😁

      Delete
  3. Waw, ternyata ada beberapa istilah yang masih asing dan baru aku tau sekarang. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istilah para pecinta buku emang unik2 sih, jadi wajar klo banyak yg ga familiar mba 😁

      Delete