Wednesday 3 June 2020

Cara Menjadi Menarik dalam 10 Langkah Sederhana dari Jessica Hagy

Saya baru saya menyelesaikan buku How To Be Interesting (Cara Menjadi Menarik) Dalam 10 Langkah Sederhana karya Jessica Hagi. Ini buku motivasi yang menurut saya serba nanggung ya. Ilustrasinya cuma diagram dan semacam coretan tulisan tangan doank, isinya juga kurang dalam, quotenya kurang ngena. Tapi secara keseluruhan lumayanlah buat kamu yang nyari buku motivasi ringan yang bisa cepet beres dibaca 😁


Biar bisa berbagi manfaat buku ini, saya coba tuliskan 10 langkah yang disampaikan Jessica Hagy, hitung-hitung sekalian untuk pengingat diri sendiri juga 

1. Ayo mengeksplorasi
Pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi.
Berbicara dengan orang baru.
Coba rutinitas berbeda.
Perhatikan detail di sekeliling kamu.
Coba lah lakukan yang belum pernah kamu dilakukan sebelumnya.

2. Bagikan yang anda temukan
Jangan malu berbagi apa yang sudah kita ketahui, bisa jadi itu informasi baru bagi orang lain.
Selalu menjaga silaturahmi dengan kenalan kamu.
Berbagi juga bisa dengan mengundang orang pada acara yang kamu buat sendiri. Lebih aktif mengudang, bukan sebaliknya. Beri orang pujian.
Jangan lupa untuk berbagi untuk orang yang membutuhkan

3. Kerjakan sesuatu. Apa saja

Berdansa. Mengbrol. Membuat sesuatu. Bergabung fengan jaringan. Bermain. Membantu. Mencipta. Tidak pedul apa pun yang Anda kerjakan, ya g penting Anda mengerjakannya. Duduk-duduk sambil mengeluh bukan "sesuatu" yang dapat diterima, kalau itu yang ingin Anda ketahui. Hal 55
4. Manfaatkan keunikan anda
Berangkatlah dari rumah sebagai diri sendiri.
Jadilah diri sendiri di manapunkamu berada dan pertahankan kepribadian kamu dengan bangga.
Miliki kegiatan sampingan atau carilah tempat bermain yang memberi kamu seuatu untuk dinikmati. Enjoy you life!

5. Miliki sebuah alasan
Jika kamu tidak peduli pada apa pun, tidak seorang pun peduli dengan kamu.
Selalu jadi alasan untuk berbbuat hal lebih besar.

6. Kurangi kesombongan
Jika kenagkuhan kamu lebih menonjol dari pada keahlian yang kamu punya, kamu bakal termasuk orang yang bakal dihindari orang lain.
Ingatkan, segala yang kita ketahui hanya sebagian kecil. Jadi ga perlu sombong dan rajinlah belajar apa pun dari sekeliling kamu.

7. Coba sajalah
Jangan takut gagal dalam mencoba hal, jangan merasa bersalah dan merasa buruk karena memginginkan sesuatu. Libatkan hati dalam melakukan apapun, kamu pasti jadi menikmati yang kamu lakukan, bahkan pekerjaanmu. Orang lain pun akan merasakan itu dan juga menyukainya.

8. Jangan ikut-ikutan
Jangan campur adukkan tradisi dengan keharusan - hal 186
9. Jadilah pemberani
Friksi itu biasa, jadi kita tidak perlu memaksakan diri untuk diterima. Jangan takut ditolak karena pasti akan banyak orang menolak, mengusir bahkan mengabaikan.

10. Abaikan celaan orang
Hindari orang-orang yang membuat anda merasa sagat buruk - hal 240
Dari 10 langkah di atas, langkah mana yang menjadi favorit kamu? 

16 comments:

  1. Covernya unyuk ya mba thess, aku jadi ingat pelajaran matematika tentang irisan, xixixii

    Quote2nya bagus bagus, terkesan lugas tapi to de point

    Aku suka yang nomor : 6,9, 10

    Nomer 6 penting banget, be humble n nice akan lebih dihargai orang, intinya makin berisi makin merunduk bagaikan ilmu padi ya mba, mengingatkanku lagi biar menjauhi sifat angkuh dan merasa diri tinggi

    9 dan 10 value hidup yang bikin mental jadi kuat.

    Nice sharing mba thessa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Quote nya bagus. Tapi sayang pembahasannya kurang dalam aja gitu bukunya. Hehehe..

      Favorit aku juga yg No 6. Kayak diingetin lagi gitu kalau kita itu ga ada apa2nya. Masih banyaak yg lbh baik, jadi selalu be humble dimanapun 💖💖

      Makasi Mba Nita 😊

      Delete
  2. di nmor 10 itu ya kadang saya g tahan... dengan celaan orng.. dasa rasa ingin nampolmkalo dah di cela...

    yuk mbak mari berteman sab saling follow😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya pasti pengen bales ya. Aku juga kadang2 gitu. hehehe..

      Tapi sebenernya di buku ini ngejelasin jangan sampe kita down karena perkataan orang lain. Kalau kita ga bisa mengabaikan mereka, lbh baik walk away. Pertemanan atau circle tidak sehat ga perlu dipertahankan..

      Delete
  3. Sederhana semuanya, list 10 tadi ada semua dalam kehidupan ..
    Guide nya jelas, tinggal melakukan atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas, apalah arti teori kalau tidak dipraktekaan 😁

      Delete
  4. Langkah favorit saya dan paling sering saya lakukan itu yang nomor 1 mba Thessa, karena saya suka banget yalan-yalan sepertinya jadi sangat related sama nomor 1 :D tapi di nomor 1 justru ada hal yang jarang saya lakukan yaitu berbicara dengan orang baru hahahaha entah kenapa selalu susah untuk bicara dengan strangers especially saat ketemu di perjalanan >,<v

    Terus yang nomor 2 saya lakukan pada part membagikan apa yang saya tau, tapi nggak sampai mengundang orang-orang ke rumah sih, hanya sebatas di blog saja :))) dan berbagi ketika seseorang membutuhkan itu juga sometimes saya lakukan ~ ehehe. Nah kalau yang nomor 3 well kerjakan apa saja sepertinya saya bukan tipe yang kerjakan apa saja. Karena lebih sering mengerjakan hal yang itu-itu saja (pekerjaan, tidur, makan, etc) jadi belum sampai tahap mencoba dansa dan hal-hal ekstrem lainnya :"D paling kalau lagi free, saya ada ikut kelas, tapi biasa lebih ke kelas craft dan itupun jarang ~ :3

    Nomor 4 sama 5 kurang related sama saya, dan nomor 6 ini yang paling penting menurut saya karena di atas langit masih akan ada langit, dan dengar-dengar di atasnya lagi ada Hotman Paris :))))) jadi saya berusaha untuk nggak melihat ke atas biar nggak pegal juga kepala saya mba :"D dana saya pun percaya, kalau sebenarnya kita ini nggak tau apa-apa, karena dunia ini sangat luas ~

    Dan sisanya setuju tapi bukan favorit saya, hehehe. Thanks for sharing mba, jadi tau point-point baru mengenai cara menjadi menarik. Tapi bingung juga ini maksudnya menarik dalam segi apa? Seperti yang mba bilang, bukunya kurang dalam tapi cukup untuk memberikan saya ilmu baru melalui tulisan mba Thessa <3 lavvvv ~ hihi keep sharing mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan2 dan melihat sesuatu yg baru menyenangkan ya Mba Eno. Apalagi kalau kita mencoba keluar dari rutinitas.

      Membagikan yg kita tau itu juga seru. Keep sharing mba eno di blog. Klo aku selain di blog juga seneng bagiin yg aku tau pas ngobrol. Apalagi klo keasikan ngobrol berasa ga beres2 saking asiknya. Hehehe.

      Setujuu, no 6 paling favorit. Ini juga ngajarin selain rendah hati, juga kita jd semangat untuk tetap belajar agar jadi lebih baik.. 😁

      Nah itu, di akhir buku pun ga ada kesimpulan jd menarik seperti apa yg dimaksud. Hehehe. Kalau menurut aku malah lbh menjadi lebih baik aja, tdk spesifik menjadi menarik. Hehehe.

      Aku juga makasii mba eno udah setia mampir n baca postingan aku 😘😘😘

      Delete
  5. Saya suka: abaikan celaan orang.
    Mungkin tak banyak yang mencela saya, karena saya percaya rasanya tak ada orang sejahat itu, mencela orang lain. Mungkin yang paling banyak lebih seperti nyinyiran orang, yang membuat kita jadi tak yakin melakukan apa yang sudah kita rencanakan.

    Thanks ya Mbak, sudah sharing isi buku yang dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mas, jarang sih skrng orang terang2an mencela. Tp kalau disini ga hanya celaan, tp bisa jd omongan yg merendahkan dan meragukan kemampuan kita. Termasuk nyinyirin kayak Mas agung bilang. Nah hempaskan semuanya, jangan dipedulikan. Hehehe..

      Sama2 mas agung, terima kasih juga untuk mampir 😊

      Delete
  6. Saya suka nomor 7 dan 10 mbak, coba apa saja dan jangan takut gagal serta abaikan celaan orang.

    Tapi secara keseluruhan 10 langkah sederhana ini bagus semua sih. Mengeksplorasi, membagikan yang anda temukan, mengerjakan sesuatu apa saja, memanfaatkan keunikan sendiri dan lainnya.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren Mas Agus, jd ga pernah takut mencoba sesuatu ya. Termasuk cmbisa mengabaikan celaan orang yang ga bermanfaat.

      Bener, secara keseluruhan 10 tips di atas bagus. Tinggal gimana kita mengaplikasikannya 😁

      Delete
  7. Menghindari orang yang membuat saya merasa buruk. Bener banget, tapi susah juga.. Apalagi kalau mereka berada di lingkungan yang sama. Tapi memang kita harus selalu punya alasan, alasan itu sebelas duabelas sama tujuan. Kalau nggak ada 2 hal itu mau ngapa-ngapain juga males😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sih mba, apalagi kalau toxic people ada di inner cicle kita, jadi kan ganggu banget ya..

      Jadi lebih semangat karena ada tujuan yang dituju dan alasan untuk melakukan sesuatu yaa..

      Delete
  8. Keceehh semuanya.
    Pertama, kece dengan konsisten baca bukunya, (malu saya baca buku 1 biji berminggu-minggu nggak selesai juga, ckckckck).

    Kedua, itu langkah-langkah pentingnya kece banget.
    Yang paling ingin saya terapkan adalah mengurangi kesombongan, kadang saya merasa saya itu terlihat sombong, ini empunya diri bilang sombong loh, apalagi orang lain ya, hahaha *plak!

    Kalau yang paling sering saya lakukan adalah yang nomor dua, rasanya apa yang saya dapatkan, ingin selalu saya bagikan, meskipun niat awalnya sebenarnya cuman pengen ngesave apa yang saya ketahui itu melalui tulisan, tapi ternyata juga dibaca orang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga masih belajar buat konsisten baca buku Mba. Ini malah bukunya isinya banyakan ilustrasi makanya bisa cepet beres. Kalau ga aku juga bisa sebulanan beresin 1 buku 😅
      Kalau saya kadang jd terlihat sombong mba, soalny kadang saya males basa basi sama orang baru n ga perlu2 amat. Jd aja kiatannya sombong. Harus mulai belajar juga nih saya buat jd lbh baik 😊

      Tos sama mba, no 2. Seneng sharing 😍

      Delete