Thursday 24 October 2019

Serial Lulu dan Rara : Novel Pertama Talitha

Lebih dari 5 tahun yang lalu sejak postingan tentang buku pertama Talitha di sini. Ga kerasa, sekarang Talitha udah 6 tahun, dan alhamdulillah mulai lancar membaca 😁 Jadi kalau dulu, buku masih suka dibacain, sekarang Titha udah bisa pilih dan baca sendiri. 

Seperti biasa mamanya suka terlalu bersemangat beliin buku, padahal buku yang di rumah juga belum semuanya di baca. Hahaha.. Biasanya Titha membaca buku-buku bergambar anak-anak yang setiap halaman cuma ada beberapa baris cerita dan sisanya dipenuhin gambar, paling tebal belasan halaman. Hampir semua buku koleksi Titha pun masih mayoritas buku dengan dominan gambar seperti itu, kecuali buku non fiksi yang suka dibacain. Sampai suatu ketika saya liat di toko online anak menjual buku cerita anak dengan cover so cute seperti ini:
Jalan Mapel : Serial Lulu dan Rara

Harga bukunya cuma 15ribu per buku, dan itu kondisi buku masih baru dan segel. Kok bisa murah? Pas dilihat ini buku stok lama ternyata karena terbitan tahun 2010.

Waktu bukunya baru dateng, saya mengira Titha akan minta bacain karena tulisannya lumayan banyak per halaman. Bisa dibilang ini jenisnya novel, bukan buku bergambar. Tapi karena Titha memang dasarnya anak visual, seneng banget liat gambar yang super cute gini. Akhirnya dia memutuskan membaca sendiri bukunya. 

Baru kali itu saya liat Titha segitunya semangat baca. Sebelum tidur baca, lagi nemenin mama antri dokter di rumah sakit baca, pulang sekolah baca, bahkan waktu screen time (jam saat Titha boleh main hp) aja dia ga nyariin hp 😅 dan berhasil menamatkan 1 buku dalam 2-3hari. I'm really proud of her. 

Lagi nemenin mama antri dokter di RS yang rame banget pas weekend

Sampai ada anak lain yang kepo sama bacaan Titha 😁

Kemaren pas beli langsung 4 buku, kurang lebih 2 mingguan Titha kemana-mana selalu bawa buku ini buat beresin baca. Per buku rata-rata 70an halaman, dilengkapi gambar-gambar lucu (ada yang bewarna ada yang hitam putih), resep-resep, semuanya di kertas glossy. Walaupun buku lama, tapi buku ini worth the price banget ternyata.

Kertasnya bagus, glossy semua

Serial ini menceritakan tentang Lulu dan Rara, anak SD yang punya toko kue di Jalan Mapel. Toko kue mereka hanya buka weekend di saat mereka tidak sekolah. Pada buku pertama "Cupcake" diceritakan pertama kali mereka membuka toko kue. Awalnya mereka sedih kok tidak ada yang datang membeli. Akhirnya Bibi Sugar datang dan mengajarkan mereka memanggang cupcake, agar orang-orang bisa mencium bau masakan mereka dan datang membeli. Ternyata benar saja, pembeli langsung ramai, tapi bukan orang-orang, tapi oleh para binatang yang tinggal di hutan mapel 😁 Akhirnya toko Lulu dan Rara terkenal di kalangan penghuni hutan dan tidak pernah sepi pembeli. 

Buku-buku lain juga masih menceritakan Lulu dan Rara, tapi dengan menu yang berbeda dari toko mereka. Ada "Jeli Berkilau" pesanan Ratu Peri Hutan yang berulang tahun, "Coklat" untuk Hari Coklat, dan "Biskuit Cantik" untuk keluarga tupai di pohon ajaib mereka. 

4 bintang untuk Serial Lulu dan Rara, karena berhasil membuat Talitha tidak berpaling sampai bukunya beres

Serial Lulu dan Rara 
Pengarang : Yasuko Ambiru
Penerjemah : Rosie Anjani
Penerbit : PT Kreasi Imaji Sakti
Tahun terbit : 2010
Pertama kali terbit di Jepang 2005 oleh Iwasaki Publishing

Berhubung Titha udah mulai membaca novel, ada rekomendasi buku-buku novel ringan untuk makin meningkatkan minat baca Titha ga? Jangan lupa buku yang ada selipan gambar bagusnya 😁 Kalau sekarang Titha lagi senang baca buku-buku dongeng Beatrix Potter.





2 comments:

  1. Hai mba.. Kunjungan balik sy jg ygvpertama.. Wah kalo anak dr kecil udh hobi banget baca buku.. Bakalan gedenya nanti ikutan ngeblog nih ky mamahnya... Apalgi anak" biasanya suka bgtt dengan jenis buku yg ada gambar dan warna yg ceria... Saluut deh udh suka bacaa gitu... Btw templatenya keren dan imut ya mba apalgi gbr"nya...bikin sendiri ato gmn 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah senangnyaa dikunjungin balik sama Mba Heni 😍😍
      Alhamdulillah, semoga konsisten suka bacanya, biar emaknya ntr ada temen klo mau hunting2 buku. Hehehe..
      Makasii mbaa senangnyaa template nya dipuji 😁😁 Aku cuma oret2 idenya aja mba buat gambar2nya, abis itu order deh, pas beres aku pasang d blog 😆

      Delete