Tuesday 15 October 2019

Demonata Series, buku bagus yang tidak kunjung beres dibaca


Siapa di sini yang penggemar Darren Shan? Saya awalnya tau Darren Shan dari buku series tentang vampir yang berjudul sama, Darren Shan. Total ada 12 buku, dan sukses membuat saya hang over saat menyelasikan seriesnya. Pokoknya sukaa pake bangeet.. Baca review saya di sini

Lama berselang, waktu itu ada yang garage sale Domanata Series by Darren Shan ini dengan harga super miring. Tanpa pikir panjang, saya langsung beli satu set yang terdiri dari 5 buku.

Setelah sekian lama mejeng di rak buku, saya akhirnya mengambil buku pertamanya tanpa harapan apa2 dan mulai membaca. Walau di Goodreads nilai setiap bukunya di atas 4, saya tidak berharap apa2 saat membaca karena apa? Karena cover bukunya. Hahahha.. I know, don't judge the book by its cover, tp cover series ini bukannya jenis cover buku2 yang biasa saya baca 😁


 Covernya gambar monster2 jelek kaya gini

Btw, kenapa dinamakan Demonata series? Karena buku ini bercerita tentang selain manusia, ada mahkluk iblis seperti monster yang tinggal di dunia mereka. Iblis2 ini biasa disebut dengan Demonata. Demonata kadang2 bisa menyebarang ke dunia manusia dan menimbulkan kekacauan. Walau hanya bisa menyebrang sebentar, selama di dunia manusia mereka akan membabi buta membunuh manusia, brutal nyaris seperti binantang buas. Di antara demonata yang tidak banyak berpikir dan berperasaan, ada juga demonapta yang pintar dan cenderung culas. Berusaha menipu daya manusia karena tidak ada yang lebih membuat mereka bahagia dari pada melihat penderitaaan manusia (penderitaan tidak hanya dalam siksaan fisik, tapi juga kesedihan, kehampaan kehilangan). Salah satunya demonata yang seperti itu adalah Lord Loss, demonata yang telah hidup ribuan tahun.

Book 1 : Lord Loss
Saat mulai membaca, seperti biasa Darren Shan udah bikin kita korban perasaan karena baru di awal2 buku si tokoh utama yang masih bocah (12 tahun) harus kehilangan seluruh anggota keluarganya yang dibunuh oleh demonata, dan dia harus masuk rumah sakit jiwa tanpa mengerti apa yang sebenarnya terjadi dengan keluarganya.
What I Think : Apa2an ini bukunya, temponya cepet banget, kenapa Grubbs yang awalnya hanya anak sekolah biasa tiba2 hidupnya jadi jungkir balik karena didatangi iblis yang dikenal dengan nama Lord Loss?


Langsung di situ saya jatuh cinta pada cerita Grubbs seperti saya jatuh cinta sama series si vampir Darren Shan. Bukunya bisa dibilang relatif tipis, tapi banyak banget yang terjadi yang membuat kita ga berenti kaget. Semuanya pelan2 membuka masa lalu leluhur Grubbs yang membuatnya bersinggungan dengan Lord Loss. 4 bintang untuk buku ini.



Book 2 : Demon Thief
Saat saya mulai jatuh cinta dengan kisah Grubbs, buku pertama berakhir dengan sedikit question ending dan betapa kagetnya saya ternyata buku ke 2 bukannya ngelanjutin cerita Grubbs tapi malah ngeceritain orang lain. Argg sebaal. 
Buku ke 2 menceritakan tentang Kernel, anak ajaib yang memiliki kekuatan magis untuk membuka jalan ke dunia Demonata, tempat Lord Loss tinggal. Karakter Kernel bukan tipe yang gampang disukai, ga tipe jagoan, botak agak gendut, ga populer juga. Jadi saya agak malas2an sebenarnya baca buku ke 2 ini. Tapi lama2 kok mulai keliatan Kernel ternyata heroic juga, dan pelan2 mulai suka juga sama ceritanya. Apalagi endingnya lumayan bikin kaget n tidak terduga. Di akhir buku saya jadi sedih n simpati sama Kernel, slowly I start to love his story.. Kasian udah bermasksud baik buat berjuang ternyata malah tetep ga bahagia. Huhu..


Book 3 : Slawter
Buku ke 3 akhirnya balik lagi ke cerita Grubbs, yeeyy!! Seruu. Petualangan Grubbs dengan pamannya saat terjebak di tempat syuting film yang ternyata adalah jebakan Lord Loss untuk menyiksa Grubbs dan pamannya. Beberapa kejutan juga disiapkan Darren Shan di cerita ini, membuat kita ga sabar buat beresin baca. Di buku ini juga awal mulai ketauan ternyata Grubbs punya kekuatan luar biasa untuk melawan demonata.


Book 4 : Bec
Buku ke 4 bukan tentang Grubbs atau Kernel. Aarggg, Darren shan, why you did this to me! 😭😭 


Cerita buku ini tentang remaja bernama Bec, penyihir jaman dahulu kala, yang juga bersinggungan dengan Lord Loss. Tapi entah karena alurnya lebih lambat, atau karena saya kepinginnya baca kelanjutan nasib Kernel atau Grubbs, akhirnya di setengah buku saya menyerah dan sampai sekarang saya belum berhasil menyelasaikan buku ke 4 ini.

Book 5 : Blood Beast
Buku ke 5 akhirny lanjut ke cerita Grubbs lagi yeeey.. Jadi kutukan di keluarga Grubbs yang membuat mereka bersinggungan dengan Lord Loss itu adalah mereka memiliki semacam kelainan gen yang bisa membuat mereka menjadi menjadi manusia srigala. Ketika kelainan itu muncul (biasanya di umur belasan tahun), secara berlahan srigala akan mengambil alih tubuh mereka. Mereka akan menjadi srigala buas sepenuhnya, tanpa ada tanda2 kalau dulu mereka adalah manusia. Itulah yang membuat mereka berhubungan dengan Lord Loss. Lors Loss bersedia membantu agar kutukan itu hilang dengan syarat yang tentu saja sebenarnya tidak menyenangkan. Di buku ke lima ini berisi perjuangan Grubs untuk melawan kutukan itu. 



Book 6 (Demon Apocalypse) & Book 7 (Death's Shadow)
Seperti yang saya sudah ceritakan di atas, saya membeli buku ini sampai buku ke 5 dan betapa terkezut nya saya ternyata series ini belum beres di buku ke 5. Dan bodohnya saya baru ngeh saat menutup halaman terakhir buku Blood Beast.


Yaampun kemana aja bu 😭😭 Nyari2 online kok ya ga nemu lagi yg jual hardbook nya, toko offline apa lagi, karena ini kan udah terbit dari belasan tahun lalu. Apa jangan2 emank Gramedia cuma terjemahin sampai buku ke 5 ya?

Akhirnya purchase english ebook nya, dan cerita berlanjut dengan petualangan Grubbs di buku ke 6 dan ke 7. Serunya masih, nilainya juga saya kasi 4. Malah petualangannya makin seru karena para Demonata mulai nyerbu ke bumi dan banyak korban jiwa. Huhu.. Demonanta ga hanya iblis tricky yang berusaha melakukan tipu muslihat kepada manusia. Tetapi mereka mulai melakukan penyerangan dan ingin menguasai dunia manusia. Di buku ini juga keliatan benang merah antara Grubbs, Kernel dan bahkan Bec.

Book 8 and still counting...
Buku ke 8, pasca demon apocalypse, saya entah kenapa merasa lelah membaca cerita demonata dan berhari2 tidak beranjak dari halaman puluhan buku ke 8..

Jadi intinya apa? Ga ada intinya, hahaha. Mau cerita aja pengalaman pas baca buku Demonata series. Bukan review juga sih, pengen cerita aja 😂 Intinya, ternyata buku bagus juga bisa bikin overwhelmed sampai ga ada minat buat beresin baca ceritanya.

Hmm, ga over juga sih, mungkin nanti2 bakal lanjut baca lagi tapi ga tau kapan 😅

Demonata Series by Darren Shan
1. Lord Loss - 6 June 2005 (5 October 2005 in the US). Terjemahan Gramedia November 2009
2. Demon Thief - 5 October 2005 (7 June 2006 in the US). Terjemahan Gramedia Februari 2010
3. Slawter - 1 June 2006 (1 November 2006 in the US). Terjemahan Gramedia Mei 2010
4. Bec - 2 October 2006 (1 May 2007 in the US). Terjemahan Gramedia April 2011
5. Blood Beast - June, 2007 (1 November 2007 in the US). Terjemahan Gramedia Desember 2011
6. Demon Apocalypse - October, 2007 (1 May 2008 in the US)
7. Death's Shadow - May, 2008 (1 November 2008 in the US)
8. Wolf Island - 1 October 2008 (1 May 2009 in the US)
9. Dark Calling - 1 May 2009 (October 2009 in US)
10. Hell's Heroes - 1 October 2009 (May 2010 in the US)


Sumber gambar friends dari giphy.com karena sekarang lagi rewatch series ini 😂


0 komentar:

Post a Comment