Wednesday, 31 October 2018

Goosebumps Movie : Boneka Hidup Beraksi Kembali (Bonus wawancara dengan RL Stine)

Selamat datang di thessaliviareza.blogspot.com

Siapa yang hari ini merayakan Halloween? Seru2an pake kostum pasti asik yaa 😁 Saya pribadi sebenarnya tidak merayakan Halloween karena keyakinan yang saya anut. Tapii, mumpung lagi Halloween saya jadi teringat kalau duluu banget waktu masih SD, saya baru tau tentang Halloween ini pertama kali dari buku Goosebumps.

Baca juga postingan nostalgia Goosebumps saya sebelumnya di sini

Siapa di sini yang masa kecilnya dihiasi dengan merinding disko saat baca Goosebumps? 😁
Rasanya dulu itu seram sekali kalau udah mau Hallowen gitu kan, kostum2 seram yang ujung2nya jadi hidup, boneka hidup, tetangga hantu dan banyak hal lainnya. Pas banget juga bulan Oktober 2018 ini rilis film Goosebumps ke 2, Haunted Halloween. Film ini menceritakan karakter legendaris yang sudah muncul di beberapa buku Goosebums sebelumnya, Slappy si Boneka Hidup.

Karru Marri Odonna Loma Molonu Karrano

Jangan berani membacakan mantra itu kalau tidak mau boneka kalian hidup dan menghantui hari-hari kalian.

Living Dummy atau dalam buku terjemahannya disebut sebagai Boneka Hidup, pertama muncul di buku Goosebumps ke 7 dengan judul Si Boneka Hidup Beraksi. Lindy bersama saudara kembarnya Kris menemukan sebuah boneka ventriloquis di tempat sampah sebuah rumah yang baru direnovasi dekat rumah mereka. Slappy, nama yang diberikan Lindy kepada boneka itu. Awalnya semua berjalan cukup menyenangkan, Lindy mendapat banyak orderan untuk tampil bersama bonekanya di berbagai acara di sekitar rumahnya, orang2 sangat suka dengan Lindy dan Slappy. Tidak berapa lama setelahnya, Kris juga mendapatkan boneka yang mirip dengan Slappy, Mr Wood. Mr Wood dibelikan ayahnya di toko barang antik dekat rumah mereka karena Kris juga ingin memiliki boneka seperti milik Lindy.  Anehnya, banyak hal-hal menyeramkan terjadi sejak mereka membawa Slappy dan Mr Wood pulang ke rumah mereka. Terutama setelah Kris membaca secarik kertas yang berasal dari kantong Mr Wood, kertas yang ternyata berisi mantra untuk menhidupkan yang tidak terduga.


Berdasarkan epilog pada buku Boneka Hidup Beraksi, asal usul boneka ini adalah pada tahun 1800-an seorang penyihir kuno membuat dua boneka dari kayu peti mati curian. Kayu itu relah dikutuk, sangat dikutuk! Dan 2 boneka itu adalah Mr Wood dan Slappy. Dan kata-kata mantra di atas akan menghidupkan mereka.

Tampilan cover Si Boneka Hidup Beraksi yang dipinjam di iPusnas

Selain pada buku Boneka Hidup beraksi, Slappy juga telah beberapa kali muncul dalam buku Goosebumps yang lain seperti Si Boneka Hidup Beraksi II dan III, Pengantin si Boneka Hidup, dan Mimpi Buruk Slappy.

Selain di buku, tentu saja yang terbaru, Slappy muncul di film Goosebums. Udah pada nonton?


Di kota kecil Wardenclyffe pada suatu hari, dua anak laki-laki bernama Sonny (Jeremy Ray Taylor) dan Sam (Caleel Harris) menemukan sebuah naskah di sebuah rumah kosong yang sebelumnya dimiliki oleh R. L. Stine (Jack Black) berjudul “Haunted Halloween.” Salahnya mereka malah membaca mantra yang menghidupkan Slappy. Tanpa mengetahui kalau Slappy sebenarnya boneka hidup, Sam dan Sonny membawanya pulang ke rumah. Dan mulailah hal-hal aneh terjadi.

Film Goosebumps Haunted Halloween ini sebenarnya tidak menjanjikan cerita yang luar biasa. Tapi bagi pencinta Goosebumps seperti saya, menyenangkan sebenarnya melihat karakter2 pada film Goosebums hidup dan menjadi nyata. Slappy memang tidak semenyeramkan Chucky, tapi tetap saja cukup membuat bergidik. Jalan cerita filmnya cukup ringan untuk bisa ditonton semua umur. Recommeded kok buat ditonton di saat mengisi waktu bersama keluarga 😁

Tapi ada sedikit yang agak mengganjal di hati saya sebenarnya di film ini. Entah mengapa Jack Black yang memerankan RL Stine sama sekali tidak sesuai dengan  bayangan saya dengan RL Stine. Dalam bayangan saya pengarang ini lebih menyeramkan, tirus, mungkin semacam mirip Snape di Harry Potter. Heheh. Dan Jack Black buat saya jauh dari kesan itu, lebih terasa cute and funny malah 😅

Oiya, sebagai bonus, ini ada wawancara dengan RL Stine yang saya dapatkan di buku Si Boneka Hidup Beraksi. Bagi yang belum tau RL Stine itu siapa, klik di sini ya..


Apa yang menginspirasi Anda untuk menulis Si boneka Hidup beraksi?

Sejak dulu saya menganggap boneka-boneka itu menakutkan. Ada kesan tertentu tentang mata mereka yang terbuat dari kayu dan menatap kosng, memandangimu, lalu tahu-tahu menjadi hidup. Seram sekali?

Apakah anda mempunyai boneka ventrilokuis seperti itu? Kalau ya, apakah boneka itu pernah mengatai , mengejar-ngejar atau menyerang Anda?
Saya memang mempunyai satu boneka ventrilokuis. Bentuknya persis seperti saya. Sejauh ini, boneka itu belum pernah mengejar-ngejar atau menyerang saya. Sejauh ini, boneka itu belum pernah mengejar-ngejar atau menyerang saya. Tapi Anda tahu kan, orang-orang sering mengatakan pada saya bahwa anjing selalu bisa merasakan kehadiran hantu-hantu dan makhluk-makhluk jahat sebelum manusia menyadarinya. Nah, anjing saya, Minnie, biasanya sangat tenang dan tidak banyak ribut, tapi dia takut setengah mati pada boneka itu. Dia suka menggonggonginya dan gemetar ketakutan kalau melihat bonek itu! Jadi, sekarang saya suka penasaran, apakah dia tahu sesuatu yang tidak saya ketahui tentang boneka itu..

Slappy adalah makhluk jahat yang ditakuti sekaligus disukai para penggemar. Apa yang membuat dia begitu populer?

Terus terang saja, kita semua suka kepingin bersikap agak jahat dan agak kasar sesekali. Slappy jahat dan kasar SEPANJANG WAKTU. Saya rasa, itu sebabnya para penggemar sangat menyukainya.

Demikian nostalgia Goosebumps kali ini. 

Sampai jumpa lagi 😊

2 comments:

  1. Aku nih dulu ngoleksi buku2 gb, sampe ngumpulin stikernya juga.. tapi setelah pindah2 nggak tau itu buku2 pada kemana. Asli klo baca buku2 gb aku yg takut gitu masak 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaa sayang bgd.. pdhal sekarang2 banyak bgd loh yg hunting goosebumps edisi lama. Aku jugaa, berasa merinding bgd dulu, apalagi bacanya jaman2 masih SD gt kan 😅

      Delete