Tuesday 31 May 2016

Short Interview with Dimas Abi

Tanggal 17 Mei lalu ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional. Dalam rangka memeriahkannya, BBI mengadakan posting bareng di bulan ini, posting apapun tentang buku tapi bukan resensi. Setelah bertapa mencari ide, akhirnya saya memutuskan untuk menulis tentang salah satu penulis Indonesia yang karya2nya sangat saya nikmati, Dimas Abi.



Siapa Dimas Abi? 
Abi adalah penulis buku2 bergenre komedi, karena misinya adalah untuk membuat orang2 bahagia ^^ Saya mulai membaca buku Pertama Abi di tahun 2011an. Sampai sekarang sudah ada 5 karya Abi, 3 buku yang ditulis sendiri, 2 lainnya karya yang ditulis bersama penulis  lainnya. 



Buku2 Abi menurut saya sangat berkembang dari buku pertama sampai dengan buku terakhirnya. Jika mampu menjaga konsisten dalam peningkatan penulisannya, bukan tidak mungkin Abi bisa jadi the next Adhitya Mulya atau Raditya Dika. Bahasa yang digunakan dalam tulisannya sangat ringan, tetapi sekaligus sangat menghibur dan menyenangkan. Beberapa review bukunya pernah saya posting di sini

(Abi in his signature style ^^)


Mungkin beberapa akan bertanya2, mengapa saya memutuskan mewawancara Abi, bukankah banyak penulis lain yang menelurkan lebih bagus bahkan lebih banyak karya? Sebagai pribadi, saya mengenal teman yang berumur 29 tahun ini sebagai sosok yang lucu dan menyenangkan. Selain itu pemilik nama lengkap Dimas Abi Aufan ini membuat sesuatu yang tampak tidak mungkin bagi sebagian orang, bahkan bagi saya, menjadi sesuatu yang bisa dicapai, apalagi kalau bukan 'menerbitkan buku'. Padahal backgroundnya Abi itu engineer loh, kerjanya pun bukan yang berhubungan dengan dunia buku, tapi Ayah satu anak ini berhasil menelurkan beberapa karya. Karena yang paling utama dalam menulis menurut Abi memang adalah motivasi.. 

Jadi dalam rangka bulan buku nasional ini, saya mau mengajak para pengunjung blog ini yang mungkin mempunyai cita2 terpendam dalam menulis dapat kembali bersemangat untuk mewujudkannya. Ga ada yang ga mungkin, Abi juga kasi tips loh di bawah. Oiya, tips2 menulis lain juga banyak di share Abi di blognya Nulis Yuk. Mari kita ramaikan kancah perbukuan di negri ini dengan buku2 karya anak negri yang makin banyak dan berkualitas.



Berikut chat singkat interview dengan Abi :

Halo Abi.. Makasi ya udah ngeluangin waktu masuk blog My Wonderful Life yaa.. ^^ Oiya, panggilannya Abi atau Dimas nih?

Abi aja soalnya dimas udah buanyak..😄

Hahha.. Iya nih, kalau diitung temen ca yang namanya Dimas ada  banyak sih, hmm... (Maaf OOT, jd ngitungin kan.. 😄) 
Abi kan sampe sekarang udah nerbitin beberapa buku, kalau boleh tau, awalnya dapat inspirasi dari mana aja?

Total 5 buku, 3 novel pribadi dan 2 proyek kerjasama, thess. Inspirasi semuanya berasal dr hal2 yg deket2 aja..

Contohnya apa aja bi?

 Ya, yg dekat2 dr diri kita sendiri aja tess.. misal buku pertamaku nih. Tema ceritanya ttg LDR, idenya diambil krn waktu itu aku lg LDR hehe. Yah, karena sebenernya ide itu justru melimpah enggak jauh2 dr kita tess..😄

Owhh jadi kalau cari inspirasi ga perlu jauh2 yaa.. Cukup lebih menyelami diri sendiri 🤔
Dari semua genre, kenapa Abi milihnya komedi?

Betul sekali kakak. 
Awalnya karena aku suka baca novel komedi tess.. buku2nya hilman, adhitya mulya, dll. Rasanya hepi klo baca komedi. Nah itu sebabnya aku tertarik di genre komedi, bisa bikin org bahagia 😄✌

and You nailed it.. Baca buku2nya Abi emang bikin fun banget 😄 
Kasi tips dalam menulis donk bi, biar karya kita bisa selesai bahkan sampai diterbitkan. Mungkin 3 tips utamanya..

 1. Idenya harus kuat dan memiliki motivasi
2. Bikin target menulis yang jelas dan masuk akal
3. Action
Itu 3 tips utama versi dimas abi tess..✌

Makasi tipsnya bi 😊😊
Sekarang kita ngomongin Abi yuk, biar yang mampir ke blog ini makin kenal. Pilih 5 kata yg paling menggambarkan Abi donk..

Wah pertanyaan susah, klo yg bagus2 ntar dikira narsis haha..
Berdasarkan temen2 aja y, katanya aku : 
1.pendiam
2.pendengar
3.culun
4.item
5.penulis


Setuju banget yg no.2, Abi emank pendengar yang baik. Hehehe. Masih suka jd tempat curhat ga bi? (Pertanyaan colongan 😄)

Hehe.. lumayan tess, buka praktek asik kayanya ya haha

Asal jangan dikasi tarif aja bi 😝
Ceritain kesibukan sehari2 Abi selain nulis buku apa aja sih?

Klo skrg lg sibuk2nya kerja tess, dan juga main sama anak 😄

Ngebagi waktunya gimana bi antara keluarga, kerja n nulis?

Saat ini justru itu yg sulit tess.. sekarang aku mulai coba membiasakan nulis di waktu subuh.. karena itu waktu yg paling fresh. Berat emang, tp kudu semangat kan?👍🏻

Iyaa, semangaat Abii!! Brarti kapan nih kita bakal nikmatin buku baru Abi nih?

 Semoga segera ya, doakan aja semangat ini tak pernah pupus. Asik.

Amin semoga segera yaa 😊 
Ngomong2 tentang penulis, biasanya penulis pasti juga suka baca kan? Dalam rangka hari buku nasional di bulan Mei ini, boleh cerita tentang buku lokal favorit Abi?

 Yap, penulis dan membaca itu sahabat sejati tess. Hehe..
Buku lokal favorit yang membekas bgt itu: Jomblo (Adhitya Mulya). Gaya penceritaan adhit buagus bgt tess padahal ceritanya simpel.

Udah lama pengen baca bukunya, tp blm kesampaian juga.. Baru pernah nonton filmnya. Filmnya sama kaya bukunya ga bi?

Filmnya juga bagus kok tess, salah satu film komedi romantis favorit juga..

 Iyaa, apalagi syutingnya di kampus ica.. (Abaikan alasan ini 😄)
Terakhir, ada pesen2 buat pembaca blog dalam hari buku nasional ini ga bi?

Buku itu adalah benda paling keren di dunia. Jadi, bersyukurlah wahai pecinta buku, kalian termasuk orang keren. Jangan pernah bosen baca buku! Selamat hari buku nasional!




13 comments:

  1. hmmm ...
    seru interviewnya . walaupun sebentar pasti sangat puas

    ReplyDelete
  2. Kayak ditampar nih saya, jadi malu ada 5 buku menumpuk belum saya baca hihihi.

    Btw, keren banget ya udah nerbitkan 5 buku.
    Jadi pengen baca bukunya, paling suka deh buku komedi.

    Keren banget juga, idenya mengalir dari pengalaman pribadi dan beneran dijadiin nyata dalam buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun suka numpuk buku bacaan kak.. tumpukan belum beres dibaca, malah nambah terus bukannya berkurang. Hehehe

      Delete
  3. Aih, ide itu ada di sekitar memang ya. Cuma kadang sulit menggalinya. Duh, kapan bisa bikin buku solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kak 😁 semoga tercapai bisa segera bikin buku solo yaa..

      Delete
  4. Seru interviewnya. Saya selalu kagum dengan orang yang bisa punya ide menulis dari hal-hal sederhana di sekitarnya. Keren ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba 😊 Saya jg suka kagum mba, makanya dari kecil selalu bercita2 buat nerbitin buku sndiri.. hehehe

      Delete
  5. Saya juga belajar nulis komedi terinspirasi dari Hilman dgn buku lupusnya... Tapi sampai skrg blm kelar😂 ya Tuhan kapan buku aku terbit ya 😓

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya waktu itu diajarin Abi buat pasang target dlm menulisnya. Jadi tiap minggu hrs beres berapa halaman.. nungkin bisa dicoba tips nya mba. Hehehe.. semangaatt!!

      Delete
  6. Keren banget ya Dimas ini, masih muda udah terbitin buku.. ah jadi pengen..

    ReplyDelete