Thursday 11 June 2020

Dibacakan Buku Harry Potter Saat #dirumahAja

Tidak terasa sudah 3 bulan sejak pengumuman pertama kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sejak saat itu juga kita dihimbau untuk tetap #dirumahAja untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Selama di rumah, tidak dipungkiri kadang bosan melanda ya, apalagi di mana-mana pembahasan Covid-19 bertebaran yang membuat hati tidak tenang. Nah dari pada kamu bingung untuk mengisi wsktu saat di rumah, ini aku rekomendasiin kegiataan seru untuk mengisi waktu, yaitu : dibacain buku Harry Potter gratis oleh orang terkenal. 

baca buku Harry Potter gratis
My Harry Potter collections

Bagi yang sempat ngikutin blog ini dari dulu pasti tau kalau saya adalah Potterhead, pencinta berat buku Harry Potter. Semua bukunya sudah saya baca dan telah reread berkali-kali. Filmnya juga semuanya sudah saya tonton. Akhir-akhir ini saya sebenarnya pengen reread Harry Potter, tapi belum ketemu waktunya. Pengen reread Harry Potter yang English karena kangen sama gaya bahasanya Tante JK Rowling. 
Beberapa waktu yang lalu saya memperoleh informasi ternyata fanpage Harry Potter yang didalangi oleh Warner Bros mengadakan Harry Potter at Home. Pada Harry Potter at Home ini, akan ada beberapa orang terkenal yang membacakan buku Harry Potter yang pertama, Harry Potter and the Philosopher’s/Sorcerer’s Stone. Setiap minggu akan tayang 1 chapter, yang dimulai oleh Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter pada filmnya. Sampai saat ini sudah tayang 11 chapter yang bisa kamu nikmati di website Harry Potter at Home atau bisa juga didengar di Spotify. Semua itu bisa kamu nikmati secara gratis..

baca buku Harry Potter gratis
Harry Potter at Home

Buat saya emak anak 3 dengan WFH dan WFO, agak susah sebenarnya curi-curi waktu untuk baca buku. Jadi seneng banget pas ada yang mau bacain  buku, Harry Potter lagi kan. Jadi bisa dengerin sambil mandi, sambil pumpingsambil ngerjain kerjaan rumah, bahkan bisa sambil main sama anak. Ini juga bisa jadi alternatif kegiatan asik bersama anak untuk belajar listening bahasa Inggris selama #dirumahAja loh. Kamu tinggal buka bukunya bersama anak, sambil dengerin dibacain. 

Harry Potter at Home saat ini 

Chapter 1 
"The Boy Who Lived (Anak Laki-laki yang Bertahan Hidup)" dibacakan oleh Daniel Radcliffe (pemeran Harry Potter) dapat kamu tonton di SINI
Tidak terasa sudah 19 tahun sejak kita kenalan dengan Daniel Radcliffe saat film Harry Potter pertama muncul.  Sejak saat itu, kalau baca Harry Potter, pasti saya otomatis menvisualisasaikannya seperti Daniel Radcliffe.
  
Daniel Radcliffe masih imut banget di film Harry Potter yang pertama

Chapter 2
"The Vanishing Glass (Kaca yang Lenyap)" dibacakan oleh Noma Dumezweni (pemeran Hermione di Harry Potter versi broadway) dapat kamu tonton di SINI
Jadi Harry Potter selain difilmkan oleh Warner Bros, juga ada versi broadway Harry Potter and the Cursed Chilld. Nah Noma Dumenzi ini yang meranin Hermione, bukan Emma Watson. Dia juga pernah baca Audio book untuk The Tales of Beedle The Bard. Salah satu buku pelengkap pada buku seri Harry Potter.

Chapter 3 
"The Letters From No One (Surat dari Entah Siapa)" dibacakan oleh Eddie Redmayne dapat kamu tonton di SINI. Eddie Redmayne adalah pemeran Newt Scamander pada film Fantastic Beasts series (kejadian di dunia sihir jauh sebelum Harry Potter lahir). Eddie Redmayne juga pernah membacakan full buku Fantastic Beast, intonasinya asik dan enak banget didengerin.  
 
Newt Scamander beraksi

Chapter 4 
"The Keeper of The Keys (Si Pemegang Kunci)" dibacakan oleh Stephen Fry dapat kamu tonton di SINI. Hasil kepo sana sini, ternyata dia adalah aktor dan komedian Inggris. Ia juga menerbitkan beberapa buku dan ternyata Stephen Fry sebelumnya juga pernah bacain audio book Harry Potter versi UK. Makanya pas dengerin tuh nadanya enak banget, pelafalannya juga jelas. So far, Stephen Fry paling favorit saya dari semua yang bacain Harry Potter at Home. 

Hagrid, the keeper of theys

Chapter 5 
"Diagon Alley" dibacakan oleh oleh 3 orang saking panjangnya chapter ini. Kamu bisa tonton Simon Callow, Bonnie Wright, dan Evanna Lynch bacain chapther 5 di SINI
Simon Callow adalah sutradara dari banyak film pendek. Sedangkan  Bonnie Wright adalah pemeran Ginny Weasley, si bungsu dari keluarga Weasley. Evanna Lynch adalah pemeran Luna Lovegood, karakter unik salah satu teman Harry Potter di Hogwarts. 

Ginny Weasley dulu masih bocah 😁

Luna Lovegood dengan kaca mata legendarisnya

Chapter 6 
"The Journey from Platform Nine and Three-Quarters (Perjalanan dari Peron Sembilan Tiga Perempat)" dibacakan rame-rame oleh Jamie Parker dan cast Harry Potter and the Cursed Child New York tonton di SINI. Saya suka banget dengerin Jamie Parker saat bacain Chapter 6 ini, selain nadanya jelas dan tidak terburu-buru, dia selalu liat kamera kaya ga baca buku. Penasaran jangan-jangan memang dia udah ngapalin seluruh bab ini 😍 Selain itu, untuk percapakapan setiap tokoh pada chapter ini dibacain oleh orang yang berbeda (semuanya cast  Harry Potter and the Cursed Child). Jadi dengerin chapter ini berasa lagi denger drama. Seruu..

Chapter 7 
"The Sorting Hat (Topi Seleksi)" dibacakan oleh Olivia Colman, Jonathan Van Ness dan Kate McKinnon dapat kamu tonton di SINI. Ketiga orang tersebut adalah artis yang telah memperoleh berbagai macam penghargaan.


Chapter 8 
"The Potions Master (Ahli Ramuan)" dibacakan oleh Alia Bhatt dan Alec Baldwin dapat kamu tonton di SINI
Alia Bhatt adalah artis terkenal India sedangkan Alec Baldwin  telah membintangi berbagai film dan serial TV. Oiya, anaknya Alec juga ikut di chapter ini loh. 

Snape, the potions master

Chapter 9 
"Midnight Duel (Duel Tengah Malam)" dibacakan oleh Alison Sudol dan Dan Fogler dan dapat kamu tonton di SINI.  Oiya, Alison Sudol dan Dan Fogler adalah artis pada film Fantastic Beast. 

Chapter 10 
"Hallowe'en" dibacakan oleh Whoopi Goldberg dapat kamu tonton di SINI Whoopi Goldberg adalah artis senior yang memenangkan banyak penghargaan seperti Grammy, the Academy Award, the Golden Globe, the Emmy dan Tony.

Chapter 11 
"Quidditch" dibacakan oleh David Tennant dan David Beckham dapat kamu tonton di SINI.  Seru banget dibacain Harry main Quiddicth oleh pemain bola legendaris David Beckham.



Harapan Saya Harry Potter at Home akan : 
 
Sampai sekarang di Harry Potter at Home baru tayang sampai Chapter 11. Sedangkan Harry Potter and the Philosopher’s/Sorcerer’s Stone itu ada 17 chapter. Jadi masih akan ada 6 chapter lagi yang akan dibacakan oleh artis terkenal. Ada beberapa orang yang saya harapkan banget bakal ikut bacain buku Harry Potter ini, yaitu : 

1. Emma Watson
Pemeran Hermione ini kan nada bicaranya di Harry Potter khas banget tuh, campuran nada meyakinkan dan agak sok tahu. Hehehe. Jadi pasti seru banget kalau Emma Watson ikut meramaikan juga.



2. Tom Felton
Sejak film Harry Potter pertama tayang 19 tahun lalu, Tom Felton yang memerankan Malfoy adalah salah satu favorit saya. Si ganteng yang parlente, dengan rambut sisir licin ke belakang, gaya ngomongnya yang selalu merendahkan orang. Hahaha.. But I think I just miss his smile 😏


3. JK Rowling
Kayaknya ga lengkap dibacain Harry Potter  kalau yang nulis bukunya ga ikut baca yaaa...

Thank you Tante JK Rowling yang udah ciptakan dunia semagical Harry Potter

Baca juga postingan saya tentang Harry Potter di sini

Kalau kamu berharap siapa yang akan membacakan chapter berikutnya di acara Harry Potter at Home? 


 

26 comments:

  1. Aku akui publikasi seri Harry Potter ini ngga main-main dan itu pasti memerlukan dana promosi yang sangat besar.
    Melibatkan beberapa nama pesohor dunia begitu bukan memerlukan beaya yang ngga sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku sempet kepikiran juga, itu mereka bacain buku Harry Potter dibayar berapa kira2 sama Warner Bros kan 😁

      Delete
  2. Suka banget pas yang baca Eddie Redmayne 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa, aku juga sukaaa 😍😍
      Selain Newt, favorit aku yg dibacain Stephen Fry.
      Chapter 6 juga asik banget Mba, Jamie Parker ngomongnya enak banget kaya ga pake teks, trus rame2 lagi jd tiap orang suara ya beda 😁

      Delete
  3. Aaak senang banget ya dibacain sama pemerannya langsung. Ingat banget dulu mau beli novel haryy potter ini tunggu kenaikan raport dan nilainya harus bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuh typo maksudnya harry potter. Untung nggak harry tanoe #Eh

      Delete
    2. Hehehhe bukan Harry Tanoe ya mba 🤣
      Wau klo rapornya bagus dpt Harpot ya Mba? Kereen.. kalau aku hrs nabung uang jajan dulu pas mau beli. Hehehe 😅

      Delete
  4. Wehehe seumur-umur saya baca buku Harpot kayaknya cuma yang ini saja deh mba itupun butuh waktu 3 bulan sampai tamat satu buku Harpot padahal yang bukunya termasuk tipis dibanding series buku lainnya 😂 and well, sisa buku Harpot belum pernah baca. Movienya juga belum pernah menonton sampai tuntas. Sempat sekali coba menonton eh ketiduran 🙈 huhu.

    Jadi nggak bisa berkomentar banyak soal Harpot. However dari dulu penasaran mau iseng beli bukunya tapi takut nggak kebaca 😅 alasan mau beli pun karena pernah ada edisi Harpot (lupa cetakan yang mana) sampul covernya bagus-bagus banget 🤭😂 hahahahaah 👈 jangan ditiru ya pembacanya mba Thessa, masa beli buku berdasarkan gambar sampul bukan sneak peek cerita 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mba eno bukan pecinta buku semacam ini ya? Memang tiap orang genre favoritnya beda2 sih. Kalau aku perdana baca Harpot pas SMP, perdana juga baca cerita semagical Harpot. Makanya langsung terpana mba. Hehehe.

      Aku juga suka beli buku karena sampul (tutup muka malu 🙊🙊) hehehe.. ini aja Harpot 1 aku punya 4 dg sampul yg berbeda. 😅

      Delete
  5. Saya baca Harry Potter sampai the Prisoner of Azakaban, tapi semua film nya sudah saya selesaikan bahkan sampai berulang-ulang. Istri saya lebih potterhead sih, baik film maupun bukunya yang English version sudah ditamatkan sama dia. Link nya saya share ke istri saya ya, siapa tahu dia kegirangan dengan pembacaan Harry Potter ini. Thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga filmnya sampe diulang2. Apalagi kalau di Hbo suka tayangin maraton Harry Potter 😁

      Wah istri mas Cipu Potterhead juga yaa, salaam yaa 😍 Dijamin pasti seneng deh dia dibacain Harry Potter kaya gini. Suami aku aja yg ga sefanatik aku suka Harpot nya seneng juga ikut dengerin pas aku muter ini 😁

      Terima kasih juga udah mampir Mas Cipu

      Delete
  6. Sebenarnya aku bukanlah potterhead, bahkan buku Harry Potter satupun belum pernah kubaca, even teman-teman SMP-ku pada heboh Harry Potter aku malah berpaling keJRR Tolkien alias LOTR hihi
    Tapi meski begitu, untuk filmnya aku paling suka yang pertama, pasti Daniel dkknya masih kecil haha, masih imoet soalnya
    Dan pas pertama itu even part awalnya aku langsung terpana banget dong banyak adegan sihir ala imajinasi anak2nya, terutama oas adegan liat uler di kebun binatang apa ya terus sepupunya harry yang badung karena nyebelin jadi ditowel ama tu uler deh, ama satu lagi dulu ampe takut banget aku ama bibi harry yang gualak hihi
    Makasih mba thessa uda disarikan semacam podcast ini, mana tau lagi pengen dengerin orang ngedongeng ya

    ReplyDelete
  7. Walah aku kok komen pertama banyak typonya ya, yaudah aku ketik lagi, maaapkan ya mba thess

    Sebenarnya aku bukanlah Potterhead, bahkan buku Harry Potter belum ada satupun yang pernah kubaca, even teman-teman SMP-ku pada heboh tentang Harry Potter baik film maupun bukunya yang kala itu terbilang prestise kalau kita bisa memiliki maupun menontonnya. Cz dulu pas kecil, tempatku ga ada bioskop...

    Nah, pas lagi heboh itu, aku malah berpaling ke J.R.R Tolkien alias LOTR. Kalau LOTR baik film maupun bukunya uda aku baca, hihi

    Tapi meski begitu, untuk film Harry Potter, aku paling suka ama yang pertama, pas si Daniel dkknya masih kecil, haha, soalnya kan tampang mereka masih imoet kan ya, haha...tapi entah kenapa aku lebih suka sohibnya si Ron..

    Dan di film pertamanya itu, part yang bikin aku terpana banget adalah pas adegan liat uler di kebun binatang apa ya (aku lupa), terus sepupunya Harry yang badung itu ditowel ama tu uler karena nyebelin, ama satu lagi tuh yang bikin aku takut pas lihat film sesi pertama, yaitu karena bibinya Harry gualak hihi


    Makasih mba thessa uda disarikan semacam podcastnya ini, mana tau aku pengen dengerin orang dongeng yang langsung keluar dari mulut pemain dan penciptanya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah padahal santai aja Mba Nita ada typo juga, ini aku aja di postingan sering banget bertabur typo padahal perasaan udah di cek berkali2 😅

      Samaa dulu juga di tempat aku ga ada bioskop. Nonton Hp 1 dr Cd bajakan, mana gelap gitu lagi bajakannya 🤣 Harry, Ron dan Hermione nya semuanya emank imut2 banget di film pertama itu. Aku juga suka itu pas adegan uler tiba2 lepas dr kandangnya gara2 sihir Harry.

      LOTR aku malah yg baru nonton filmnya, belum baca bukunya. Suami aku yg suka banget LOTR, film dan bukunya. Dan filmya emank bagus bangeet 😍😍

      Sama2 Mba Nita, siapa tau suatu saat pengen denger. Lumayan buat ngisi waktu yg bisa disambil ngerjain kerjaan lain. Aku aja sambil gosrek kamar mandi dengerin ini 🤣 makasi juga yaa Mba Nita udah setia mampir di sini..

      Delete
  8. Saya dulu semasa smp cintaaa... Banget sama harry potter, sampe minjem hapenya kakak buat kepoin daniel redclife, catat tgl lahirnya, makanan faforitnya, dll.😁
    Setiap ada harry potrer di tv, saya pokoknya kudu nonton. Dan kalau nonton senenggg banget. Pas SMK saya baca bukunya lewat hape. Beneran nggak bisa berhenti baca. Sayangnya ada buku yang terjemahannya nggak jelas jadinya saya malah sebel bacanya.
    Walaupun sekarang udah nggak pernah ligat harry potter, tapi kalau denger namanya disebut, wah... Auto heboh saya. Ternyata saya masih cinta harry😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaampun Mba Astria, seneng banget aku ketemu sesama pencinta Harpot 😍😍 Dulu aku juga gt Mba. Pas SMP, sampe dinding kamar penuh sama poster2 Harpot karena aku beli setiap majalah yang mengulas Harry Potter waktu itu. Hehehe..
      Sekarang juga udah ga sefanatik itu dg filmnya. Suka reread bukunya aja paling kalau sekarang. Tapi Harpot bakal selalu dpt tempat spesial di hari aku.. cieee 😂

      Delete
  9. Saya bukan penggemar berat Harry Potter tapi kadang memang nonton filmnya, tapi tidak semua sih, hanya beberapa saja yang tayang di televisi.

    Ternyata Warner Bros sampai bikin Harry Potter at Home yang dibacakan oleh beberapa orang terkenal seperti Daniel Radcliffe pemeran Harry Potter waktu kecil, Noma Duwezneni, Eddie Redmayne dll. Pasti butuh biaya besar ya, karena mereka terkenal semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, filmya udah agak lama sebenernya, dan udah beberapa kali tayang ulang di Tv 😁

      Nah itu aku juga mikir, kira2 mereka dikasi honor berapa ya pas bacain. Hehehe.. Di bab 11 malah sampe ada dibacain Davi Beckam 😍

      Delete
  10. Assalamualaikum..Mbak Thes. Sillaturahmi Blogwalking

    Wah saya belum pernah membaca novel aslinya, hanya melihat film-nya saja. Seandainya saya membaca, mungkin belum belum tentu sama imajinasi saya dengan film-nya.

    Saya lebih suka karya Arthur Conan Doyle.

    sila mampir blog saya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam PaknDokter, terima kasih sudah bw ke sini 😁

      Wah Sherlock holmes ya, saya malah belum pernah baca bukunya. Pengen suatu saatt baca juga soalny banyak temen2 saya bilang ceritanya bagus banget 😁

      Delete
  11. Wah, saya baca buku Harry Potter pas masih kuliah. Dan, saya lebih suka bukunya daripada filmnya. Jadi penasaran dengan Harry Potter at Home nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Dyah, saya juga lebih suka bukunya. Filmnya juga bagus, tapi sayang ga semua di buku itu masuk ke filmnya. Soalnta kalau dibikin sama persis, bisa2 ga cukup kali durasinya ya 😁

      Delete
  12. Ya ampuuuun baru tau aku, ada begini. Ntr aku mau dengerin juga mbaaaa :D. Akupun sukaaaa banget Ama serial Harrypotter. Buatku yaaa, untuk serial buku luar, blm ada yg ngalahin serunya Harry Potter , Ama 1 LG buku yg aku anggab terbaik Gone with the wind juga sekuelnya Scarlett , lalu Rhett Butler's people.

    Ga bosen2 walo diulang sampe berkali2. Itu salah satu kriteria buku bagus kalo menurutku sih :D. Mau diulang berapa kali, keseruannya ttp berasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaampunn senangnya ketemu sesama Potterhead 😍😍 Mba wajib dengerin ini kalau suka Harry Potter, apalagi sekarang udah tayang sampe final chapter. Seruu 😁

      Aku kalau Gone With the Wind belum baca mba, baru nonton filmnya. Dan aku juga sukaa bangeet. Berkali2 pengen baca mundur terus liat tebel bukunya ga santai 😂

      Delete
  13. Sayang Alan Rickman sudah tiada ya kak. Menarik sekali jika dengar suaranya baca buku Harpot...Ssssnape...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener kaak. Trus dia bacain part yg hari pertama Harry ikut kelas ramuan. Sambil bilang fame is not everything ke Harry. Pasti seruu ya kak ^^

      Delete