Monday, 5 September 2016

My 3 Months Books Recap

Ternyata sudah 3 bulan lebih blog ini berdebu tanpa postingan baru.. Wuaa.. Jadi mumpung ada waktu (dan niat), mari kita posting rekapan buku yg saya baca 3 bulan belakangan ini 

In the Blue Moon by Ilana Tan

Sophie adalah pemilik toko kue dengan tarlet terenak di New York. Takdir kembali mempertemukannya dengan Lucas, orang yang sangat dibenci Sophie sejak SMA. Keadaan diperparah karena ternyata kakek Sophie dan kakek Lucas telah menjodohkan mereka berdua. 
Perjalanan perubahan rasa benci Sophie menjadi rasa suka dan cinta diceritakan Ilana Tan dengan sangat manis. Tidak dipaksakan dan sangat mengalir. Setiap kisah bagaimana Lucas berusaha mememangkan hati Sophie sungguh menyenangkan untuk diikuti. Selain itu yang sangat saya suka dari Ilana Tan adalah, penggunaan Bahasa Indonesianya yang baik. Tidak perlu menggunakan banyak kata serapan atau bahasa asing untuk membuat ceritanya menarik dan enak dibaca. Jadi 4 bintang untuk buku ini.


The Poor Governess by Barbara Cartland
Buku ini adalah buku pertama Barbara Cartland yang saya baca, dan saya sangaaat menikmatinya. Barbara Cartland, welcome to my list^^ Karya-karyanya cukup banyak, hasil ngintip info di Wikipedia, seumur hidupnya ternyata novelis Inggris ini sudah menerbitkan lebih dari 700 buku. 
Cerita The Poor Governess sebenarnya cukup sederhana, tentang seorang lady miskin yang hidup di pedesaan dan jatuh cinta dengan bangsawan kelas atas kaya raya. Ibarat pungguk merindukan bulan, Lara dipertemukan dengan Marquis sang bangsawan saat menjadi guru privat keponakannya. It's just a simple story, but I'm easy to pleased by romance. Hahaha. Jadi buku ini sangat menghibur. Belum lagi cerita juga dibumbui dengan detail kondisi Inggris pada zaman Victoria. Di gambarkan bagaimana kastil mewah dipenuhi dengan ratusan pelayan, halaman dengan tempat pacuan kuda, dan bunga warna warni bak istana di cerita negeri dongeng. 
Jadi, buku ini sangat direkomendasikan untuk yang mencari buku-buku romance ringan. Halamannya yang sedikit (216 halaman versi terjemahan yang saya baca) juga cocok bagi yang tidak mempunyai banyak waktu luang banyak untuk membaca. 3,5 bintang buku ini.
 

Cabin Fever by Jeff Kinney

Buku ini adalah salah satu best buy di Big Bad Wolf yang lalu. Buku ini dibandrol hanya 30ribu, sementara di toko buku harganya masih berkisar di atas 120ribu. Yeeeyy. Namanya juga emak modis alias modal diskon ^^ Buku ke 6 dari seri Diary Of Wimpy Kid ini menceritakan tentang Greg yang beberapa kali kena masalah, salah satunya saat dia dituduh sebagai pelaku vandalisme yang merusak tembok sekolah. Ceritanya ringan dan menghibur, namun entah kenapa humornya tidak sesegar buku-buku Wimpy Kid sebelum-sebelumnya. 3 bintang untuk buku ini.


Robohnya Surau Kami by AA Navis

AA Navis adalah seorang sastrawan dan budayawan terkemuka di Indonesia yang berasal dari Padang Panjang. Buku Robohnya Surau Kami adalah kumpulan cerpen karya Aa Navis yang terdiri dari 10 cerita pendek. Semua cerita begitu sarat nilai dan sentilan-sentilan akan hidup. Seperti pada cerpen pertama yang menggambarkan betapa 'egois'nya kakek Garin yang mengabdikan hidupnya di surau, hanya untuk sholat dan mengaji. Tapi kakek Garin melupakan tanggung jawabnya yang lain, yaitu menafkahi istri dan anaknya. Dan berbuat hal bermanfaat lainnya. Sehingga mengabdikan diri di surau belum tentu membuatnya bisa masuk surga. 
Cerita favorit saya sendiri pada buku ini adalah "Penolong" Menceritakan tentang usaha evakuasi saat terjadi kecelakaan kereta api. Berlatar kodisi tempo dulu dimana transportasi utama di Sumatera Barat adalah kereta api batu bara, terdapat seorang anak korban kecelakaan yang terjepit kakinya. Untuk menyelamatkannya para penolong harus memotong kakinya atau sebenarnya juga bisa dengan memotong gerbong yang menimpanya. Tragisnya adalah pilihan yang diambil dalam menyelamatkan anak itu karena sang penolong ternyata adalah seorang ... (Baca sendiri ya bukunya ^^) 
Buku ini merupakan salah satu wishlist saya dari lama. Tidak diduga saya menemukan buku ini di rak buku di rumah orang tua waktu mudik lebaran kemaren (yang ternyata punya kakak ipar). Umur bukunya bahkan lebih tua dari saya (terbitan 1986). Berasa nemu harta karuunn >.<
Overall, bukunya keren, pake banget! 4 bintang untuk buku ini.


The Lightning Tief (Percy Jackson) by Rick Riordan

Berhubung tidak lengkap kalau belum baca buku fantasi, buku terkahir pada daftar kali ini adalah buku pertama dari seri Percy Jackson. Saya selalu suka buku-buku yang menceritakan seorang anak biasa yang ternyata menemukan hal luar bisa dan magical tentang dirinya. Seperti dalam kisah ini, Percy Jackson yang selalu bermasalah dengan sekolahnya ternyata adalah seorang anak dari dewa laut, Poseidon. Parahnya, ternyata Percy dituduh mencuri petir milik Zeus. Akhirnya Percy dengan ditemani oleh Annabeth (anak dari Dewi Athena) dan Chiron (Seekor Satyr pengawal Percy) bahu membahu mencari petir Zeus untuk mencegah terjadi perang antar dewa. 

Buku yang saya baca adalah english ebook di Kindle. Bahasa Rick Riodan benar-benar bikin jatuh cinta. Ringan dan fun. Ceritanya pun seru, dalam petualangan Percy mencari petir, 3 sekawan ini sering menemukan masalah dengan dewa-dewa dan monster Yunani yang mencoba menghalangi mereka.  Oiya, don't you ever judge this book by its movie yaa.. Karena filmnya jaauuuhh banget dari bukunya. 4 bintang untuk buku ini.


Demikian 5 buku yang saya baca belakangan ini. Sedangkan buku yang saya baca sekarang adalah Amulet of Samarkand, dalam rangka karena saya berencana membaca semua cerita-cerita fantasi yang telah terbit sekian tahun tapi selalu mendapat tempat di hati para penggemar fantasi. Mumpung gampang nyarinya di Kindle ^^

Tapi sementara itu I'm soooo craving for love story. Pengen baca cerita romance yang bikin baper, menye-menye gapapa, yang penting ringan, bahasanya enak dan ngena ke hati. Punya rekomendasi? 


Reaksi:

2 comments: