Monday 14 December 2020

Cluadia's Story, Graphic Novel of Interview With The Vampire

Adakah yang pernah menonton film Interview With The Vampire jaman dulu? Film yang mengisahkan tentang petualangan vampir bernama Louis (Tom Cruise), Lestat (Brad Pitt) dan vampir kecil mereka bernama Claudia (Kristen Dunst).

Film itu diangkat dari buku berjudul sama karya Anne Rice, dan merupakan buku pertama dari Vampires series-nya. Saya sudah pernah membaca buku ini, edisi terjemahan Gramedia yang sudah terbit 25 tahun yang lalu. Beberapa waktu yang lalu, saya menemukan buku edisi lainnya di BBW berupa Graphic Novel berjudul Interview With The Vampire, Claudia's Story karya illustrator Ashley Marie Witter.

Baca juga rewiew saya Interview With The Vampire by Anne Rice



The Story 

Pada buku edisi non graphic, kisahnya dimulai saat seorang pemuda bernama Daniel yang mewawancarai seorang vampir yang telah berumur 200an tahun. Wawancara cuma berlangsung 1 malam, tapi cukup untuk sang vampir menceritakan hampir seluruh perjalanan hidupnya. Vampir yang diwawancarai bernama Louis de Pointe du Lac. Dia dulunya bisa dikatakan bangsawan yang hidup pada tahun 1800an di salah satu kota di perancis yaitu New Orlens. 

Namun, kehidupannya berubah kita adik laki-laki kesayangannya meninggal dunia. Louis seperti dihantui perasaan bersalah dan mimpi buruk. Sampai pada suatu hari, seorang vampir menghisap darahnya dan mebiarkannya dalam keadaan sekarat. Louis yang terpesona dengan kesempurnaan sang vampir dan sudah tidak sanggup menjalani kehidupannya yang biasa akhirnya membuat kesepakatan. Loius akan menyediakan tempat berlindung untuk mereka asal sang vampir mau menjadikannya vampir juga. Vampir yang kemudian diketahui namanya adalah Lestat de Lioncourt akhirnya berbagi keabadiannya dengan Louise dengan cara menghisap semua darah Louise dan kemudian menggantinya dengan membiarkan Louis meminum darah vampirnya. 

Disitulah bermula kehidupan Louis dan Lestat yang penuh intrik. 
Sebenarnya inti dari ceritanya cukup sederhana. Louis diubah menjadi vampir oleh Lestat - Lestat melakukan segala cara agar Louis tetap di sisinya - Louis akan meninggalkan Lestat - Lestat merubah anak berumur 5 tahun menjadi vampir agar Louis 'terpaksa' merawat anak vampir mereka sehingga mencegahnya untuk pergi - daan seterusnyaa..

Lestat dan Claudia di versi movie

Sedangkan pada edisi graphic ini, karena sudut pandang yang diambil adalah dari Claudia, maka cerita dimulai saat Claudia berubah menjadi vampir. Termasuk pertanyaan dan pergolakan batin Claudia tentang bagaimana ia bisa terjebak sebagai vampir lebih tergambarkan di buku ini.

Sebenarnya ada peraturan tidak tertulis bahwa tidak boleh merubah anak-anak menjadi vampir. Karena menjadi vampir, artinya hampir berhidup abadi. Pertumbuhan pun berjalan sangat sangat lambat. Sehingga bertahun-tahun saat jiwa Claudia tumbuh menjadi dewasa, secara fisik ia terperangkap sebagai anak lima tahun. Dan itu membuat ia sangat marah, terutama kepada Lestat. Karena Lestat lah yang menjadikannya vampir, hanya agar Loius tidak pergi meninggalkan Lestat sendirian, egois!

Untung ada Louis yang selalu sayang sama Claudia


The Review

Buku ini sangat cantik, apalagi bentuknya hard cover. Kalau sampul luarnya dilepas, dalemnya adalah sampul kulit warna merah yang keliatan mewah banget. Kulitas kertas di dalamnya juga bagus, bukan kertas biasa kaya komik, tapi kertas tebal mengkilap. Worthed banget dibeli dengan harga Rp 84.000 di BBW. 



Cover kulit merah saat sampulnya dilepas

Gambar di dalemnya, saya sukaa banget! Claudia digambarkan cantik, imut sekaligus sadis. Rambut keritingnya detail, termasuk dress-nya yang manis. Bercak darahnya saat para vampir memangsa manusia, atau saat berantem kerasa real banget. Warna merahnya bikin merinding..

Saat Claudia marah dengan Lestat

Itu review dari segi kualitas buku ya. Sekarang dari sisi cerita. 
Kalau kamu belum pernah baca buku versi Anne Rice, saya rasa di awal kamu akan agak kebingungan dengan ceritanya. Karena awal buku langsung dihadapkan dengan Claudia, Louis dan Lestat tanpa dijelaskan mereka itu siapa. Namun, kalau untuk menggambarkan perasaan, buku ini dapet banget ngejelasin kondisi Claudia. Karekternya juga dapet banget. Claudia yang dingin, karena sejak kecil sudah diajarkan membunuh oleh Lestat. Lestat yang egois dan menyebalkan, tetapi susah sekali dibenci. Louis yang lembut dan penyayang. Selain itu, love-hate story mereka bertiga itu kegambar banget, gabungan antara manis dan tragis. Huhu..

As much as I hated Lestat, with him we were complete - Claudia.
 
Jadi tentu saja 4 bintang untuk buku ini. 



Spoiler Alert
Karena buku ini dari sudut pandang Claudia, buku ditutup saat Claudia mati. Hidupnya berakhir karena segerombolan vampir jahat memasukan Claudia ke dalam sumur untuk dijemur dan terbakar matahari di siang hari. (Vampir di buku ini tidak bisa keluar di siang hari dan berbahaya kalau sampai terkena sinar mata hari langsung). Tadinya saat membaca buku ini, saya setengah berharap kalau Claudia itu berhasil selamat. Hahahha.. (Karena di buku Interview With Vampire diambil dari sudut pandang Louis, dan ia tidak menyaksikan langsung kematian Claudia). 
Tetapi ternyata sama aja, malah adegan Claudia menjadi abu saat kena matahari lebih detail. Sediiiihhhh...
Di buku ini juga tidak ada adegan saat Louis membalaskan dendam Claudia. Karena kembali lagi, buku ini habis begitu Claudia mati. Yang ada malah kata-kata terkahir Claudia saat matahari mulai berlahan muncul:
I would suffer no longer. My last thougt was of my precious, frail Louis... and how he might carry his own suffering on into eternity - Claudia
Sediiiihhh 😭😭😭

Demikian review buku kali ini, dan saya sebenarnya penasaran dengan buku lain di series ini tapi susaaah banget dapetinnya karena memang tidak diterjemahkan. Buku impornya juga susah ditemukan karena sudah jadul banget. 
Kalau ada yang tahu dimana tempat yang jual, boleh share di komen yaa.. Jangan lupa share juga pendapat kamu tentang buku ini, atau mungkin filmnya kalau kamu udah pernah nonton..


Salam sayang dari Claudia



11 comments:

  1. sepertinya menarik nih teh untuk di baca, mengigat cerita vampir ini selalu menceritakan pngalaman horor, yang berupa pembunuhan, mutilasi, pembacokan dan sejenisnya, dengan adegan tersebut sering kali menaikkan rating filmnya dan tentunya banyak novelnya yang laris terjual di pasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik Mas, apalagi buat aku yang suka cerita2 fantasi kayak vampir gini. Hehehe..
      Sebenernya klo soal sadis, (mutilasi, bacok dll) itu ga banyak di sini. Cuma sekali saat Claudia mau bunuh Lestat saking dia marah banget sama Lestat. Tp abis itu pun Claudianya nangis, jd lebih menonjolkan permainan perasaannya sebenernya. Istilahnya ini bukunya bikin baper parah. >.<
      Nah iay, skrng juga banyak buku2 n film2 yg adegannya bikin ngilu gt yaa. Walau biasanya berujung dg aku banyakan tutup mata pas nontonya. Hahaha..

      Delete
  2. kyknya ngeri juga ya kalo baca sendirian tengah mlm, di dlm kamar, trs lampunya dimatiin... hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sendirian di kamar, dan lampu dimatiin, ujung2nya aku bs ketiduran Mas. Krna klo mau baca ga keliatan 😆😂 hehehhe..

      Delete
  3. hahahaha, auto googling dong, saat baca Tom Cruise bahahaha.
    Ya ampuunn, kenapa ya si Tom itu, malah gantengan pas makin dewasa dan menjelang tuah, hahaha.

    Saya belum pernah nonton dong, saking baca ini, yang ada pen nonton filmnya :D
    Abisnya yang main cakep-cakep amat :D

    Dan lucu juga liat si Kristen masih bocah :D
    Kalau vampir-vampiran saya mah nggak takut, cuman memang skip deh nonton darah-darah, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brad Pitt dan Tom Cruise nya jaduuul bgd kan di film ini 😆😂 Jauh lbh ganteng sekarang
      Hehehe...
      Filmnya lebih banyak drama nya kok mba, ga berdarah2 yg bikin mual gt kok.. Sebagai pencinta Tom Cruise, wajib nonton mba.. Hehehe... 😄

      Delete
    2. Subuh kemaren saya cari dong, udah nemu eh saya ngantuk, hahaha.
      Mau nonton pokoknya, wajib! :D

      Delete
  4. Filmnya aku blm pernah nonton, Krn pas muncul dulu, aku masih SD wkwkwkwkwkw. Dan pas udah gede, lupa malah Ama tuh film.

    Tapi aku tau ada film ini Krn sempet heboh kok. Kalo ga salah Krn ada adegan kissing anak kecil dan dewasa itu.

    Mbaaaa bukunya rada serem yaaa gambarannya, tapi ntah kenapa menarik sih. Sengaja bgt 2 warna doang, jd kesannya beneran berdarah :o.

    Coba aku tanya tobuk bekas langgananku, dia ada ga buku ini :D. Aku juga mau sih kalo ada. Eh tapi , aku jd tertarik utk nonton filmnya jugaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nonton filmya krna suka diulang2 di tv mba. Hehehe.. Awalnya aku malah taunya bukunya dulu, yg Queen of Damned. Pas liat filmnya, lngsng pengen nyari bukunya. Nemu di toko buku bekas 😆😂
      Nah yg graphic novel ini di BBW Tokped Mba. Saran aku klo Mba Fanny pengen juga, nunggu BBW ada lg mba. Awal tahun depan ada lg soalnyaa 😆

      Gambarnya baguus Mbaa.. Apalagi pas ada noda darahnya, berasa real 😁 Selamat hunting buku n filmnya Mbaaa..

      Delete
  5. Yaa film Interview With The Vampire. Baru tahu saya ternyata itu kisah dari sebuah novel karya Anne Rice.😊😊

    Dan kalau dipikir2 lagi ini film sebenarnya Lucu, Romantis, Horor sudah pastilah. Karena dari kisahnya ada Vampir baik dan jahat.. Uniknya lagi kalau saya bilang Claudia itu Vampir yang memang romantis.🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Satria, diangkat dari buku ternyata fimnya..:D

      Sebenernya memang romantis sih, klo horornya mnrt aku ga terlalu serem. Apalagi Claudianya kan manis gitu ya, bukan yg nyeremin mukanya. Hehehe..

      Delete