Saturday 16 February 2019

Benerkah JK Rowling plagiat dari Rahasia Peron 13?


Welcome to thessaliviareza.blogspot.com

Rahasia Peron 13, adalah buku Eva Ibbotson yang sudah lama ingin saya baca. Saya sudah membaca beberapa buku Eva Ibbotson yang lain, dan saya sukaaa sekali dengan ceritanya. Klik banget sama genre nya, cerita anak2 ringan yang penuh imajinasi. Selain itu yang membuat saya penasaran dengan buku ini adalah karena buku ini sempat dikabarkan merupakan salah satu yang menginspirasi J K Rowling menulis buku Harry Potter yang legendaris itu. Parahnya lagi, ada yang bilang J K Rowling memplagiat buku ini karena peron 13 terbit jauh sebelum buku Harry Potter.

Jadi alkisah ada Gump, yaitu sebuah terowongan misterius yang menghubungkan pulau magical Avalon, tempat dimana makhluk2 magis tinggal. Pulau tersebut dipimpin oleh raja dan ratu manusia. Pintu masuk gump berada di peron 13 stasiun kereta api King’s Cross di Inggris dengan pintu rahasianya berada di balik dinding ruang mantel laki-laki tua yang penuh poster. Gump hanya terbuka setiap 9 tahun sekali. Banyak orang yang tidak sengaja masuk kesana akhirnya terperangkap di pulau ajaib Avalon, tapi buat mereka sebenarnya tidak masalah karena pulau adalah tempat yang menyenangkan dan dipimpin raja dan ratu yang baik hati.

Suatu hari saat Gump terbuka, anak dari Raja dan Ratu yang masih bayi tidak sengaja tertinggal di dunia manusia. Sayang sekali Gump tertutup sebelum bayi dibawa kembali. Hal ini meninggalkan sang ratu dan raja ke dalam kesedihan mendalam. 9 tahun kemudian, saat Gump kembali terbuka, dibentuk tim yang akan menjemput putra raja ke dunia manusia. Masalahnya tim yang dibentuk bukanlah dari pssukan khusus, tapi terdiri dari ogre bermata satu, hag yang bergigi biru, penyihir tua yang hampir pikun dan seorang fey. Kemudian dimulailah petualangan tim penyelamat di dunia manusia untuk mencari pangeran yang hilang.

Membaca buku Eva Ibbotson selalu menyenangkan buat saya. Bahasanya ringan, dan penuh dengan keajaiban. Penggambaran yang diberikan juga unik dan kadang bikin kita cengengesan saat membacanya, misalnya "wajah harpy itu mirip wajah seorang politikus wanita sok kuasa, yang muncul di TV untuk melarangmu makan makanan yang kau suka dan menyuruhmu membelanjakan uangmu untuk sesuatu yang berbeda. Rambutnya yang dikeriting dan bewarna kukuningan disisir kebelakang dan ditata membentuk ikal-ikal rapat, matanya yang bulat kecil berada di kedua sisi hidungnya yang begitu tajam sehingga seolah digunakan untuk memotong keju, dan mulutnya berkerut seperti lubang kancing yang dijahit asal-asalan"

Sudah lama saya mencari buku ini, berhubung buku ini sudah tidak dicetak lagi, jadi saya senang sekali menemukannya di salah satu garage sale dengan harga Rp10ribu saja 😁

Baca juga postingan tentang garage sale di sini 


Kembali ke bahasan di atas, yang katanya JK Rowling mengambil ide dari Peron 13 untuk Peron 9 3/4, ini jawaban dari Eva Ibbotson yang saya dapatkan dari sumber ini

I like to shake her by the hand. I think we all borrow from each other as writers.
Menurut saya jawaban dari Eva Ibbotson bijak sekali ya, apalagi di saat banyak orang lain malah mengomporinya untuk menuntut JK Rowling mencuri idenya. Memang ide cerita bisa didapatkan dari mana saja, dari buku lain pun ga masalah. Tapi bukankah kemudian para pengarang mengolah kumpulan ide itu menjadi pengembangan cerita, pendalaman karakter, gaya cerita, sehingga akan membentuk identitas yang berbeda. 

Jadi, 4 bintang untuk buku yang menyenangkan ini : 

Baca juga postingan tentang Eva Ibbotson saya di ini

Judul : Rahasia Peron 13 (The Secret of Platform 13)
Pengarang : Eva Ibbotson
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2002, copyright Eva Ibbotson 1994
256 halaman

6 comments:

  1. Jawabannya Ibu Eva Ibbotson atas tuduhan plagiat Harry Potter itu bijaksana sekali. Di dunia seni, ide sifatnya menular dan bebas. Tidak bisa diklaim hak milik begitu saja. (Tapi kalau tulisan plek-ketiplek sama, ya sudah pasti plagiat.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, salut sama jawabannya.. padahal kalau dia tuntut kan mungkin bs untung banyak yaaa.. tp dia memilih menanggapinya dengan bijaksana 😁

      Delete
  2. Aku jadi pengen baca bukunya juga, Kaaak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bacaa kak 😁 kalau suka buku cerita fantasi ringan2, pasti suka deh sama buku ini 😊

      Delete
  3. Aku jadi penasaran baca ini. Btw, beruntung sekali bisa dapat bukunya dengan harga murah. Yang penting isinya, ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba, beruntung banget, buku yg usah lama dicari berhasil didapet, murah bgd lagi 😁

      Delete