Friday 13 October 2017

Kumpulan Dongeng Menjelang Tidur by Enid Blyton



Setelah hampir setahun tidak update blog, akhirnya berhasil mengumpulkan niat buat nulis lagi. Many things happen since my last post, did I mention you now I have second baby girl? Yeah, now I'm officially mother of two daughters.. ^^

Dalam rangka kelahiran anak kedua saya, postingan kali ini saya akan membahas harta karun buku anak yang baru-baru ini saya temukan. Jadi ternyata Pak Suami dulu punya buku Kumpulan Dongeng Menjelang Tidur karya Enid Blyton. Dulu saya tumbuh dengan membaca buku petualangan "5 Sekawan"nya Enid Blyton, dan belum pernah membaca buku-buku Enid Blyton yang bertema fantasi seperti buku dongeng ini. Buku ini adalah buku terjemahan terbitan Gramedia tahun 1984 (this book is older than me >.<).

Pada buku ini terdapat 30 cerita dongeng, ada tentang makluk-makluk magis seperti kurcaci dan peri, dan ada juga cerita menarik tentang binatang-binatang. Kisahnya diceritakan singkat sepanjang 2-3 halaman, cocok untuk pengantar tidur. Walaupun Titha biasanya minta dibacakan minimal 3 cerita sebelum tidur. Ilustrasinya membuat buku ini sangat terasa 'jadul' nya, membuat saya teringat akan buku-buku dongeng yang pernah saya baca jaman sekolah dasar dulu. 

Salah satu cerita favorit saya pada buku ini adalah "Petualangan yang Menakjubkan". Cerita ini berkisah tentang seorang anak bernama Paul yang melihat seorang peri mencuri di toko permen. Paul dan pemilik toko kemudian mengejar peri pencuri, tanpa mereka sadari mereka mengejar sampai ke Kota Mainan. Di kota yang ganjil itu bangunan disusun dari balok-balok kayu mainan anak-anak, polisi di sana pun adalah polisi kayu. Seru sekali membayangkan kalau kita tiba-tiba berada di kota mainan seperti itu kan? 



4 bintang untuk buku klasik ini


Judul : Kumpulan Dongeng Menjelang Tidur (The Enid Blyton Goodnight Story Book)
Pengarang : Enid Blyton
Penerbit : PT Gramedia 
Tahun Terbit : 1984
Jumlah Halaman : 114




4 comments:

  1. Aku baru baca karya Enid Blyton sekitar setahun yg lalu. Dan itu yg seri The Naughtiest Girl. Sudah lama penasaran karena dari kecil belum pernah baca bukunya. Dan ini gak nyangka kalau Enid juga nulis kisah fantasi. Btw salam kenal ya mba. (bukulova.blogspot.com) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal 😊😊 iya aku jg baru tau ternyata Enid blyton nulis dongeng2 kaya gini. Hehhe

      Delete
  2. Saya pengin beli buku yg spt itu secara online..ada saran dimana situs yg menjualnya? di Tokopedia dan Bukalapak saat ini stok kosong..trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau online emank untung2an.. blm tentu ada.. aku seringnya dapet buku kaya gini kalau ada yg garage sale koleksi pribadinya gitu paling..

      Delete