Monday, 14 November 2016

My First Read on Wattpad "Auntum Rapsody"

Setelah setahun lebih menginstall Wattpad di hp, akhirnya saya membaca juga salah satu ceritanya. Hehehe.. Jujur saya termasuk orang yang agak pemilih untuk penerbit, saya jarang (atau malah ga pernah ya?) membaca buku terbitan penerbit indie, karena saya sangat terganggu dengan editing yang tidak bersih, bahasa yang tidak mengalir, dll. Itulah yang membuat saya belum mempunyai 'keberanian' membaca cerita di Wattpad selama ini..
Tapi tapi, waktu itu saya terjebak di kemacetan, tidak bawa buku, dan baterai kindle habis. Akhirnya saya bolak balik searching cerita rekomended di Wattpad, dan muncullah ini : "Auntum Rapsody" yang ditulis oleh akun forever_revoir



Damian adalah cinta pertama Keira, sejak mereka pertama bertemu saat berumur 14 tahun. 9 tahun kemudian, nasib kembali mempertemukan Keira dengan Damian. Pada pertemuan tersebut Damian bahkan langsung melamar Keira menjadi istrinya! Auntum Rapsody menceritakan naik turun hubungan mereka sebagai suami istri, benci dan cinta.. 

Jujur saya cukup menikmati kisah Keira dan Damian. Naik turun konfliknya seru untuk diikuti. Tetapi dengan bodohnya saya tidak mempedulikan judulnya yang diberikan kata-kata "DALAM PEMBAHARUAN". Jadi cerita di Wattpad berakhir di Chapter 22, sisa cerita sampai habis (kalau ga salah sampai Chapter 33) telah dihapus karena sedang dalam proses penerbitan ke buku. ZONK! Huhuhu T.T Padahal penasaran...

Berhubung cerita ini sedang proses penerbitan, saya mau sumbang saran terkait cerita ini, siapa tau aja penulisnya baca dan bisa jadi bahan perbaikan :D

1. Waktu
Masalah waktu pada cerita ini sebenarnya cukup mengganggu saya, eh malah sangat mengganggu. Hehehe... Berasa baru diceritain nikah kok tiba-tiba udah setahun aja? Sementara pada cerita keep saying "9 tahun yang lalu". Lah kalau udah setahun nikah berarti pertemuan mereka udah 10 tahun lalu donk? 
Selain itu yang membuat tidak masuk akal adalah tidak diberikan klu bertahap seperti "sebulan telah berlalu.." atau bisa "tidak terasa musim telah berganti dan 4 bulan telah berlalu.." Malah ujug2 udah setahun tanpa ada cerita "penggantian musim". Bukankah mereka tinggal di tempat empat musim karena ada musim gugurnya?



2. Tempat
Tempat tinggal Keira dan Damian adalah tempat tinggal fiktif bernama seperti pegunungan Conquer, Frolenberg, dll. Nama2 tempatnya menarik. Pasti kalau ditambahkan deskripsi tempat-tempatnya akan makin menarik lagi. Misalnya setahun Keira tinggal di tempat Damian, pasti lebih seru kalau banyak cerita eksplore tempat-tempatnya, karena akan jadi pengalaman baru dan seru bagi Keira (dan pembaca)

3. Hubungan Keira dengan keluarganya
Tau sih Keira suka banget sama Damian, tapi masak iya sejak pindah ke negara Damian (yang jaraknya ber jam2 pesawat) dia sama sekali tidak kangen orang tuanya? Kan ceritanya orang tua Keira juga tipe yang baik dan penyayang dengan anaknya, masak ga bikin kangen? Terutama di awal mereka berpisah tidak ada yang menyinggung Keira teringat orang tuanya. Setahun loh itu ga ketemunya, setahun! Hehehe. Saya malah tidak merasakan bonding apapun dengan pelayan Damian, ibu Margareth (yang sudah dianggap ibu oleh Demian). Jadi agak aneh baca Keira sedih banget waktu ditinggal, lebih sedih dibanding pisah dengan orang tua kandungnya gitu? Siapa elo? >.< Mungkin kalau hubungan dengan Ibu Margareth lebih digali, udah kerasa deket, mungkin sedihnya waktu ditinggal lebih berasa ya.. Atau yang sedih cukup Damian aja, Keira cukup dalam batas 'ikut prihatin'. Jadi lebih masuk akal..

4. Tata bahasa
Yayaya, pasti banyak sih kalau kekurangan tata bahasanya, EYD dan lain-lain, wajar kan belum ada editornya. Mudah2an karena mau naik cetak, bisa lebih bersih.

Oke itu beberapa hal yang agak mengganjal di hati saya, tidak tenang kalau tidak dituliskan, semoga bermanfaat ^^

Updated : 
Semoga lancar proses penerbitannya ya..  ^^ Can't wait!


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment