Friday, 8 April 2016

The Little Prince by Antoine de Saint-Exupéry



The Little Prince adalah buku anak klasik sejak tahun 1943. Buku ini adalah karya penulis Prancis Antoine de Saint-Exupéry dengan judul asli La Petit Prince. Buku ini mulai booming kembali di Indonesia setelah rilisnya film dari buku ini tahun lalu, kemudian terbitnya kembali terjemahannya dengan judul Pangeran Kecil oleh penerbit Gramedia. Sedangkan buku yang saya baca adalah versi ebook kindle yang saya beli di Amazon Store. Berikut cover buku dalam bahasa aslinya yang saya dapat di situs Amazon.



Buku ini menceritakan tentang seseorang yang bertemu dengan makluk asing yang menyebut dirinya 'Little Prince' saat pesawatnya jatuh di gurun Sahara. Little Prince berbentuk anak kecil dan berasal dari planet lain. Sambil memperbaiki pesawatnya, laki-laki ini dibawa bercerita tentang planet asal Little Prince dan planet-planet lain yang pernah ditemuinya. Walaupun buku ini adalah buku anak-anak, tetapi kisah yang disampaikan begitu sarat nilai. Terutama saat kita dibawa berpetualang di planet-planet yang dikunjungi Little Prince sebelum ia sampai ke bumi, seolah penulis ingin menyampaikan sentillan-sentilan terhadap kehidupan lewat ceritanya. Oiya, planet mereka sangat kecil dan hanya ditinggali oleh satu orang, bisa jadi itu sebenarnya hanya sebuah asteroid. Setiap planet itu berisi seorang dewasa yang aneh dan sibuk dengan kebodohannya. Salah satunya dihuni oleh lamplighter, yang sibuk mematikan dan menyalakan lampu setiap menit. Di sini kita disentil bagaimana kadang kita hanya melakukan apa yang disuruh dilakukan tanpa mengetahui alasan di balik itu. Hal ini membuat apa yang dilakukan hanya sebatas menghabiskan waktu tanpa memberikan manfaat sama sekali. Pada akhir cerita, kita dibuat kaget saat Little Prince memutuskan akan kembali ke planetnya, tetapi dengan cara yang tidak diduga oleh sang pilot. Akhir ini cukup membuat sedih untuk ukuran buku anak-anak. 
Berikut quote yang cukup terkenal dari buku ini : 



Film atas buku ini telah dirilis tahun lalu dengan judul yang sama. Cerita pada film  dibuat agak berbeda dari bukunya. Menceritakan tentang persahabatan anak perempuan dengan lelaki tua tetangganya yang kebetulan adalah pilot yang pernah bertemu dengan Little Prince, jadi semacam ada cerita baru yang di dalamnya ada kisah sang pilot bertemu dengan Little Prince di Sahara. Termasuk nanti petualangan anak kecil ini memcari Little Prince yang ternyata telah dewasa. 

Baik buku maupun film ini sangat menghibur dan memberikan nilai-nilai yang mendalam. Jadi saya akan beri buku ini 3,5 bintang. ^^





Reaksi:

12 comments:

  1. udah lama banget pengin buku ini. tiap baca reviewnya jadi pengin baca :')

    ReplyDelete
  2. Bentar, bentar! Apa bilangnya? "Pada akhir cerita, kita dibuat kaget saat Little Prince memutuskan akan kembali ke planetnya, tetapi dengan cara yang tidak diduga oleh sang pilot. Akhir ini cukup membuat sedih untuk ukuran buku anak-anak."

    Duuh parah nih aku belum kesampean mulu baca ceritanya, tapi santer terdengar kalo akhirnya emang bikin sedih, tapi gimana ya, nambah pengen baca aja nih. Dan filmnya iya, aku nonton trailernya ada tokoh lain yg kurasa bukan original dari bukunya, semoga secepatnya bisa baca ya, buku anak kayak gini tuh keren banget karena pesan yang ingin disampaikan bisa masuk segala usia xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoo bacaa.. Hehehe.. Emank bikin sedih, walau ga sampe termehek2 sih.. Film nya juga walau ditambahin dr cerita asli jg sarat nilai banget

      Delete
  3. mba icha, dengerin soundtracknya juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. #langsung googling sountracknya :D

      Delete
  4. aku sudah baca bukunya tapi belum nonton filmnya mba :") buku ini bagus banget, walaupun narasi-narasinya sangat sederhana dan lugu... tapi banyak pesan yg berhasil menyentil bahkan menampar aku sebagai orang dewasa (20 tahun sudah dewasa kan ya? hihihi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sentilan nya khas banget yaa.. Kadang jd mikir, klo anak kecil baca ini dia ngeh ga yaa.. :D

      Delete
  5. udah berkali-kali mau beli buku ini tp ga jadi mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli teeh.. Hehehe.. Di big bad wolf banyak lg diskon.. ^^

      Delete
  6. aku pernah baca buku ini waktumasih smp.... lupa -lupa ingat tentang isinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca lagii ajaa, baguus soalnya ^^

      Delete