Sunday 19 February 2023

Rekomendasi Buku Science Fiction dari Artificial Intelligence

Halo semuanya.. 😊

Dalam rangka tulisan tema Artificial Intelligence (AI) di 1minggu1cerita, saya iseng nanya rekomendasi buku di chatGPT. Kebetulan saya jarang baca buku science fiction, jadi saya nanya apa saja rekomendasi buku scifi yang oke.


Tulisan warna biru dari chatGPT, dan hitam itu tambahan saya. Yuk kita simak apa saya rekomendasi buku science fiction yang wajib kamu baca 😊

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku fiksi ilmiah yang bisa Anda baca:

1. "Dune" oleh Frank Herbert

ini adalah klasik fiksi ilmiah yang mengikuti petualangan Paul Atreides di planet desert Arrakis dan perjuangan untuk memperebutkan sumber daya penting melalui perang dan politik.


Setelah saya cari tahu buku ini, ternyata ini buku klasik yang terbit sejak tahun 1965. Rating IMBD nya juga bagus, 4.2 dengan 1,1juta rating. Wuiih, kereeen!
Dune juga terdiri dari beberapa buku dalam serinya. Warner Bros juga sudah bikin filmnya tahun 2021 lalu, dengan rating IMDB dan rotten tomatoes di atas 80 semua 😍. Yang peranin si cute Timothée Chalamet lagi. Wuaa, saya jadi pengen nonton jugaa..



2. "The Hitchhiker's Guide to the Galaxy" oleh Douglas Adams

ini adalah novel fiksi ilmiah komedi yang mengikuti petualangan Arthur Dent sebagai alien menyelamatkannya dari pembangunan jalan tol dan melalui ruang angkasa.


Berbeda dengan Dune yang lebih 'serius', buku berikutnya apa yang direkomendasikan Ai Ini adalah buku komedi. Buku yang telah terbit sejak tahun 1979 ini juga telah difilmkan pada tahun 2005. Kebayang nggak sih kalau ternyata teman kamu adalah seorang alien dan mengatakan bumi akan dihancurkan oleh klan alien? 😆 Karena bumi posisinya ngehalangin penbuatan tol luar angkasa 🤣🤣. Kayanya emang seru nih..

3. "Ender's Game" oleh Orson Scott Card

novel ini mengikuti kisah seorang anak muda yang dipilih untuk berlatih sebagai pemimpin perang melawan alien yang membahayakan umat manusia.



Akhirnya ada juga buku yang direkomendasikan AI yang saya kenal bukunya 😆 Walaupun belum baca bukunya, saya udah nonton adaptasi filmnya. Walaupun rating filmnya cuma 60an, saya menikmati nonton filmnya. Ide cerita tentang anak kecil super jenius dalam startegi perang yang memimpin perang dengan alien itu keren sih menurut saya.


Kalau kata AI, buku Ender's Game itu:

Film ender game bagus kah?
Ender Game adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel fiksi ilmiah karya Orson Scott Card. Sebagian orang mungkin menyukai film ini, tetapi pandangan tentang kualitasnya tergantung pada preferensi individu. Beberapa orang mungkin menikmati plot yang kompleks, permainan strategi yang menarik, dan pertunjukan akting yang solid, sementara yang lain mungkin menemukan film ini membosankan atau terlalu serius.
Jadi, apakah Ender Game bagus atau tidak tergantung pada preferensi pribadi dan selera masing-masing. Namun, jika Anda menyukai film fiksi ilmiah dengan tema strategi, konflik antarplanet, dan aksi yang menarik, maka mungkin film ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk ditonton.
Bagusan bukunya ya?
Buku "Ender's Game" oleh Orson Scott Card adalah novel fiksi ilmiah klasik yang banyak dipuji oleh pembaca dan kritikus. Buku ini memenangkan banyak penghargaan, termasuk Penghargaan Hugo dan Penghargaan Nebula, dan dianggap sebagai salah satu novel fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa.
Novel ini mengikuti perjalanan seorang anak jenius bernama Ender Wiggin dalam pelatihan militer di masa depan ketika manusia sedang berperang melawan ras asing yang misterius. Ceritanya menarik dan kompleks, dengan karakter yang baik dikembangkan dan plot yang terasa menegangkan sepanjang cerita. Buku ini membahas berbagai tema penting, termasuk konsekuensi dari kekerasan dan cara manusia memperlakukan orang yang berbeda.
Jadi, jika Anda menyukai genre fiksi ilmiah dan mencari sebuah buku yang menarik dan bermakna, maka "Ender's Game" adalah sebuah pilihan yang sangat baik.

4. "The Martian" oleh Andy Weir

ini adalah novel fiksi ilmiah tentang astronaut yang terdampar dan berjuang untuk bertahan hidup di Mars sementara menunggu bantuan.


Rekomendasi berikut ini sepertinya semua orang tau ya. Waktu saya nonton film The Martian tahun 2015 dulu, saya sebenernya ga tau kalau ternyata ini diangkat dari buku. Baru ngeh setelah filmnya booming, bukunya cetak ulang dengan cover film dan banyak mejeng di toko buku. Sama dengan filmnya yang sukses box office, buku The Martian juga best seller. Tau kah kamu ada buku prekuelnya juga yang berjudul 'Diary of an Asscan'?

Karena saya udah cukup lama nonton The Martian, saya agak lupa-lupa ending filmnya. Ingetnya struggle Mat Damon yang berjuang hidup di mars. Jadi saya iseng nanya ke AI lagi, dan begini spoiler ending The Martian:

Klik tombol spoiler di bawah kalau kamu pengen tahu ending The Martian dari AI: 

5. "Snow Crash" oleh Neal Stephenson

ini adalah novel fiksi ilmiah tentang masa depan yang memperkenalkan dunia virtual dan perjuangan untuk mengatasi virus yang mematikan.


Berbeda dari buku-buku di atas yang merupakan buku seri, Snow Crash itu buku stand alone. Terbit tahun 1992 dengan rating goodreads di atas 4, walaupun reviewer nya ga samoe sejuta kaya buku-buku scifi di atas. Snow Crash juga tidak mengangkat tema alien atau luar angkasa, tetapi tentang dunia virtual.

Ini hanya beberapa dari banyak novel fiksi ilmiah yang bagus. Semoga membantu!

Bagaimana guys, rekomendasi AI cukup keren-keren juga, ya? 😍 Dari list di atas, buku mana yang kamu pengen baca duluan?




6 comments:

  1. Mba Thessaaaa, kepikiran aja mau nanya ke chatGPT itu 🤣
    buku-buku yang di rekomendasiin banyak yang lumayan jadul yak, tapi beberapa tau sih kayak Dune, Ender's Game, The Martian. Itu pun tau karena filmnya sih bukan bukunya malah. Kayaknya bisa nih nyobain tanya rekomendasi ke AI gini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa Mba Tika, ternyata seru juga minta bikinin postingan blog sama chatGPT 🤣 Ga perlu banyak mikir jadinya..
      Aku malah baru tahu Dune dr AI ini, pas aku browsing2 ternyata seterkenal itu, kudet bgd ya aku 🤣🤣

      Delete
  2. Kak Thessa, ayo nonton Dune! Ini bagus lhooo, mumpung part 2 nya belum keluar 🤣. Atau mau baca bukunya dulu? Sebentar lagi akan rilis terjemahannya dari Gramed. Duh, aku nggak sabar karena sebenarnya mau coba baca bukunya, tapi kalau versi Bahasa Inggris sih aku nyerah banget, makanya excited waktu tahu Gramed bakal terjemahin jadi aku bisa coba baca wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, ada terjemahannya dr Gramedia. Kmren sempet liat spill covernya. Wuaa ga sabaarr.. aku kayanya mau baca bukunya dulu, Li. Hehehe.. Lia udah baca bukunya atau baru nonton filmnya aja?

      Delete
  3. Ke apa pas nonton Dune aku ketiduran Yaa 🤣🤣🤣. Ntah Krn memang capek banget, atau memang ini bukan film fav. Tapi suami suka dan dia sibuk cerita film ini abis nonton. Jujurnya science fic memang bukan preferenceku sih mba. Aku baru mau baca kalo memang ada temen yg rekomendasiin. Ttg alien gitu aku lebih suka nonton film drpd buku. Tapi dari buku2 di atas, the Martian lebih bikin aku tertarik👍. Coba ntr cari bukunya, atau filmnya lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha malah ketiduran yaaa mbaa 🤣🤣 mungkin terlalu lelah mbaa. 😆 Eh tp cowok2 itu emang suka film2 scifi gitu sih, suamiku juga mba. Aku aja sampe skrng Starwars n Startrek nontonnya ga full n ga tau juga ceritanya gimana. 😆 Klo Dune, iata Lia bentar lg terbit terjemahannya Mbaaa, ayo kita antri beliii.. 😁

      Delete