Saturday 15 September 2018

Menguak Masa Lalu melalui Ponsel yang Tertukar, Call from an Angel by Guillaume Musso


Blurb
Di New York, tanpa sengaja ponsel Madeline dan Jonathan tertukar. Saat mereka menyadari kesalahan tersebut, mereka sudah terpisah hampir sepuluh ribu kilometer. Madeline adalah seorang floris di Paris, sedangkan Jonathan memiliki restoran di San Fransisco.
Tidak membutuhkan waktu lama bagi keduanya untuk menyerah pada godaan dan menelusuri ponsel masing-masing. Namun, itu malah menguak sebuah rahasia yang ingin mereka berdua kubur selamanya. Sebuah rahasia yang bisa membunuh mereka berdua.


Madeline adalah seorang floris di Paris. Ia memiliki sebuah toko bunga yang dia jalankan bersama seorang asistennya. Madeline juga memiliki seorang pacar kaya raya yang sangat mencintainya. Tetapi ternyata Madeline memiliki masa lalu yang berusaha disimpannya rapat-rapat.
Berjarak ribuan kilometer dari Madeline, ada seorang pemilik restoran sederhana di San Fransisco, Jonathan. Ia dulunya adalah seorang koki sukses kaya raya, memiliki istri cantik dari keluarga terpandang, sering muncul di tv menjadi bintang tamu dan buku tentangnya sangat laku dipasaran. Semua kemudian berubah sejak terjadi sesuatu dalam hidup Jonathan. Sesuatu yang merenggut semua yang dimiliki Jonathan, termasuk semangat hidupnya.

Kehidupan Madeline dan Jonathan terhubung melalui hp mereka yang tidak sengaja tertukar di bandara New York.
Ekspektasi : Madeline dan Jonathan yang awalnya tidak saling kenal akhirnya saling menghubungi, sering chitchatchitchat so sweet gitu jadi jatuh cinta. Mereka janjian ketemu kemudian jadian dan happily ever after
Kenyataan : Madeline dan Jonathan yang awalnya tidak saling kenal kemudian saling membongkar rahasia masing2, rahasia dan obsesi masa lalu yang ternyata membuat hidup mereka dalam bahaya, adegan2 menengangkan sambil mencoba memecahkan teka-teki masa silam yang belum terselesaikan.


Ternyata novel ini bukan novel roman picisan yang manis saudara saudara! Hahaha. Saya tertipu oleh covernya yang super cute. Jadi kecewa donk? Sama sekali tidak donk. Karena thriller nya dibuat ringan tidak terburu2, setiap rahasia dibuka pelan2 jadi membuat kita makin penasaran. 

Selain itu saya sukaaa sekali dengan deskripsi karakter yang diberikan. Madeline diceritakan pemberani, tetapi juga memiliki kelembutan sebagai seorang florish

Madeline mewarisi kecintaan pada seni merangkai bunga dari ayahnya. Dia bangga bisa melakukan sesuatu yang menandai setiap peristiwa besar dalam kehipudan para pelanggannya. Bunga-bunga menyertai orang-orang dari buaian sampai ke liang kubur.

Jonathan seorang koki dari Paris yang brilian dan terkenal. Diceritakan apabila ia memperoleh inspirasi, maka dia akan memasak makanan yang menggambarkan perasaannya. Dan inspirasi itu mostly dulu dia dapatkan dari (mantan) istrinya. 

... chef termuda di Perancis dengan ranking bintang tiga dari Guide Michelin..
...bintang dalam banyak program televisi...
...senyum menawan, jaket kulit dan aksen Prancis yang tidak mungkin ditolak...
...pengusaha dengan serangkaian usaha : bistro, kedai bir, bar anggur, hotel mewah. Meluas ke seluruh dunia dari Las Vegas ke Miami, Beijing, London dan Dubai..


 Tidak semudah itu melepaskan diri dari masa lalu. Tidak semudah itu meloloskan diri dari pasir isap sebuah obsesi. – Hal. 262

OOT dikit ya, jadi setelah saya membaca buku ini, saya sempat membaca novel lokal dengan karakter utama juga seorang koki. Tetapi perbedaannya cukup jomplang, mulai dari penjelasan detail makanan yang dimasak besarta bahan2nya (novel satu laginya ga ada), sampai dengan penjelasan tentang rasa (di novel satunya cuma di bilang 'enak banget' tanpa penjelasan jadi ga bisa bayangin rasanya). Jadi ini novel juga rekomen buat penulis2 yang ini mengangkat koki sebagai karakter di novelnya ya.

Back to this book ya.. Call from an Angel adalah buku ke 2 Guillaume Musso yang saya baca. Hasil kepo dengan web pengarangnya, ternyata inspirasi menulis novel ini diperoleh saat hpnya tidak sengaja tertukar dengan orang asing di bandara. Ini cover versi buku asli sebelum diterjemahin, lebih kerasa thrillernya kan karena sambil megang pistol..

 Jadiii, tentu saja 4 bintang untuk buku yang menyajikan cerita tidak terduga ini.


Judul: Call From an Angel
Penulis: Guillaume Musso
Penerbit: Spring
Jumlah Halaman: 432 halaman; 20 cm
ISBN: 978-602-6682-08-6
Penerjemah: Yudith Listiandri
Penyunting: Selsa Chintya
Pengelaras Aksara: Titish A.K.
Desainer Sampul: Chyntia Yanetha
Cetakan pertama, Oktober 2017

0 komentar:

Post a Comment