Sunday, 1 January 2012

Sehat Tanpa Dokter : Panduan Lengkap Memahami Tubuh Agar Tetap Sehatdan Awet Muda



Buku ini adalah #1 New York Best Seller yang ditulis oleh Mehmet C. Oz, M.D. dan Michael F. Roizen, M.D. Bagi yang sering menonton The Oprah Winfrey Show pasti tidak asing lagi dengan Mehmet C. Oz, M.D., atau sering dikenal dengan Dokter Oz. Beliau juga merupakan dokter terfavorit di Amerika. Sedangkan Michael F, Roizen, M.D. adalah penulis buku kesehatan best seller #1 versi New York Times.
Buku ini pertama kali diterbitkan tahun 1998 oleh penerbit Harper Collins Publisher New York dengan judul asli You: The owners manual. Sedangkan buku yang saya baca adalah yang telah diterjemahkan oleh PT. Mizan Pustaka, cetakan ke 4 tahun 2010 dengan Judul Sehat Tanpa Dokter: Panduan Lengkap Memahami Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda.
Buku ini dimulai dengan tes kecerdasan tubuh, semacam pre test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan kita tentang kesehatan tubuh kita. Bab-bab selanjutnya membahas masing-masing organ tubuh kita antara lain Jantung dan Arteri, Otak dan saraf, Tulang persendian dan otot, Paru-paru, Sistem pencernaan, Organ seksual, dan Pancaindra. Kemudian ditambahkan dengan bab yang menceritakan sistem imun, hormon, kanker, dan panduan diet. Tiap bab dibahas dengan gaya tulisan menarik, jauh dari kesan text book yang biasa kita dapatkan jika membaca buku non fiksi. Lengkap dengan gambar kartun untuk lebih mendeskripsikan. Setiap kalimat berisi informasi-informasi penting sehingga sayang apabila dilewat dengan melompat-lompat bagian-bagian tertentu. Berikut beberapa hal menarik yang berhasil saya rangkum dari buku ini (walaupun ini tidak seberapa dibandingkan dengan informasi yang ada di bukunya):
  • Memakan makanan yang tepat dapat membuat kita menjadi lebih muda dibandingkan dengan umur kita yang sebenarnya seperti: Memakan kacang 1 ons sehari bisa membuat 3,3 tahun lebih muda ( pria) dan 4,4 tahun lebih muda (wanita) dan Memakan coklat asli 1 ons sehari bisa membuat 1,2 tahun lebih muda
  • Orang yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan yang terlibat dalam kegiatan aktivitas yang merangsang pikiran lebih kecil kemungkinan mengalami penuaan mental. Orang yang lulusan perguruan tinggi akan menjadi lebih muda 2,5 tahun dibandingkan dengan jebolah sekolah menengah. So, keep thinking n studying, formal or informal.
  • Berhubungan seks juga bisa membuat awet muda. Hal ini disebabkan karena berhubungan seks yang berkualitas bisa membebaskan stress atau menurunkan proses penuaan kardiovaskular.
  • Stres adalah penyebab penuaan terbesar. Semakin kita stress, semakin besar risiko kecelakaan, infeksi dan kerusakan arteri
  • Semua tubuh memiliki mantra yang sama, “Digunakan atau hilang” atau “Use it, or lose it”. Jadi, selalu push otak kita untuk berfikir, gerakan semua tubuh dan sendi-sendi kita jika kita tidak ingin kehilangan semuanya lebih cepat karena penuaan dini.
Selain cerita tentang fungsi masing-masing organ tubuh dan dilanjutkan dengan cara untuk rencana hidup awet muda, pada Setiap 5 atau 10 halaman juga diselipakan informasi Mitos atau Fakta?. Berisi penjelasan mana yang mitos atau fakta dari hal-hal sekeliling kita. Terlalu banyak informasi mitos dan fakta sampai saya ingin menuliskan semuanya. Hehehe.. ^^ Berikut beberapa diantaranya:
Mitos atau Fakta? Penyakit Alzheimer
Berilah seseorang no telp untuk diingat. Orang-orang dengan aneka jenis kehilangan daya ingat mungkin memiliki hambatan untuk mengingat semua hal dengan cepat. Tetapi ketika 5 menit kemudian diberikan 3 macam no telp dengan salah satunya yang asli, orang yang menderita salah satu jenis kehilangan daya ingat akan bisa mengenali no yang asli, sedangkan orang Alzheimer sama sekali tidak bisa mengenalinya.
Mitos atau Fakta? Melekukkan buku-buku jari akan membuat terserang arthritis
Melekukkan buku-buka jari hingga berbunyi itu tidaklah hal yang mencelakakakn persendian, tulang-tulang, atau otot-otot, kecuali kalau kita merasa sakit pada saat melakukannya. Suara tersebut disebabkan oleh tekanan tinggi sedotan gas yang dikelauarkan ketika persendiaan bergesekan.
Mitos atau Fakta? Memencet jerawat dapat mempercepat kesembuhan
Memencet jerawat menggunakan jari akan merusak kulit sekitar jerawat dan dapat memperburuk kondisinya. Cara memencet jerawat yang benar adalah: Sterilkan sebuah jarum menggunakan air mendidih atau alkhohol. Tusuk jerawat bagian atas dengan meletakkan jarum sejajar dengan kulit. Masukkan jarum pada bagian ujung atas jerawat kemudian tarik. Pencet dengan sungguh-sungguh bagian bewarna putih sampai nanah keluar. Hal ini tidak akan menyakitkan karena ini adalah kulit mati, kemudian jerawat akan mengering sendiri.
Jangan menusuk-nusuk jerawat, dan hindari memencet jerawat di atas hidung karena urat darah disekitarnya mengalir langsung ke dalam otak dan anda akan mendorong bakteri masuk jika memencetnya.
Mitos atau Fakta? Anda bisa terkena flu karena hawa dingin atau hujan
Sebuah cerita kuno mengatakan bahwa Anda bisa terkena flu karena hawa dingin atau hujan tanpa pelindung. Penelitian membuktikan bahwa kedinginan atau kehujanan tidak memiliki pengaruh apapun dengan flu.
Buku yang sangat bagus untuk jadi pegangan kesehatan. Tiap rumah saya rasa harus memiliki buku ini sebagai manual bagi diri sendiri dan keluarga. Masa hanya elektronik yang punya manual book. Iya kan? ^^
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment